5 Cara Cek Nomor Telkomsel (Simpati, Kartu As, Loop, Kartu Halo) Terbaru

5 min read

paket internet telkomsel

Saat ini lupa atau tidak hafal dengan nomor HP sendiri adalah hal biasa yang sering terjadi. Fenomena ini disebabkan karena banyak orang sering berganti nomor HP. Entah berapa kali seseorang sudah berganti nomor HP hingga lupa atau tidak tahu saat mau mengisi pulsa atau diminta oleh kerabat, teman-teman atau relasi sendiri. Adanya fitur canggih dalam smartphone saat ini juga memungkinkan orang bisa menyimpan nomor HP tanpa perlu mengingat.

Sebelum ada kewajiban registrasi kartu SIM dalam peraturan Menteri Kominfo  tahun 2017 lalu, kepemilikan kartu SIM pada setiap orang tidak dibatasi jumlahnya, sehingga banyak orang mudah gonta-ganti kartu SIM hanya untuk mencari paket internet murah dengan kuota besar. Saat paketan internet habis, kartu SIM tidak dipakai lagi alias dibuang dan ganti dengan kartu SIM yang baru.

Tapi sejak ada peraturan dari Menteri Kominfo pada tahun 2017 tentang kewajiban registrasi kartu prabayar, maka ada pembatasan satu nomor KTP hanya bisa untuk mendaftar maksimal tiga kartu SIM. Tetapi informasi terakhir ada perubahan dari peraturan ini, bahwa satu nomor KTP bisa untuk mendaftar banyak kartu SIM tanpa ada batasan.

Telkomsel dengan kartu prabayar Simpati, Kartu As maupun Loop, saat ini mempunyai jumlah pelanggan terbesar di Indonesia.

Di lain pihak ada banyak orang yang tidak mengetahui cara ngecek nomor Telkomsel sendiri. Oleh karena itu, kali ini Jurnal Manajemen akan memberikan panduan bagaimana cara cek nomor Telkomsel, yang meliputi baik kartu Simpati, Kartu As, maupun Loop.

Ini merupakan cara cek nomor Telkomsel terbaru dan mudah secara lengkap, mulai dari cara cek nomor Telkomsel lewat HP hingga cek nomor Telkomsel online.  Meskipun ada beberapa cara cek nomor Telkomsel, Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah. Dengan mengetahui cara cek nomor Telkomsel sendiri, maka Anda bisa juga mengetahui cara cek nomor telkomsel orang lain atau teman Anda.

5 Cara Cek Nomor Telkomsel

Ada 5 Cara Cek Nomor Telkomsel yang akan kami bahas di sini, yaitu Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Miscall atau SMS ke nomor lain, Cara Cek nomor Telkomsel Via Dial Telepon, Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel, Cara Cek Nomor Telkomsel Via Layanan Operator dan Cara Cek Nomor Telkomsel via WhatsApp. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Cara Cek Nomor Telkomsel sendiri dengan Miscall atau SMS ke nomor lain

Cara cek nomor Telkomsel di hp sendiri yang paling cepat, praktis dan paling mudah adalah dengan melakukan panggilan atau sms ke nomor teman Anda atau nomor lain. Syaratnya adalah sisa pulsa Anda harus mencukupi untuk melakukan panggilan atau sms ke nomor lain.

Saat melakukan panggilan tersebut, maka nomor  hp kartu simPATI / Loop / Kartu As / Kartu Halo Anda akan muncul di layar HP teman Anda maupun di Call History. Selama teman Anda tidak mengangkat hpnya, maka pulsa Anda tidak akan terpotong (miscall).

Tapi sejak adanya layanan Collect SMS dan Collect Call dari Telkomsel, maka Anda tetap bisa melakukan panggilan atau sms walaupun sisa pulsa Anda tidak mencukupi. Layanan Collect SMS dan Collect Call ini membebankan biaya panggilan atau sms kepada nomor yang dituju.

Artikel Terkait Artikel Terkait

Cara Registrasi Telkomsel

Cara Daftar Paket Telkomsel Murah

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Cara Setting APN Telkomsel 4G/3G

2. Cara Cek Nomor Telkomsel Via Dial Telepon

Cara berikutnya  untuk mengecek nomor Telkomsel sendiri yang lebih mudah adalah dengan menggunakan dial telepon ke nomor tertentu.

Cara mengecek nomor Telkomsel sendiri dengan dial telepon ke *808#

Tekan *808# pada layar panggilan HP Anda, lanjutkan dengan tekan tombol Call / Panggil.

Maka secara otomatis akan muncul pop up dilayar HP yang berisi informasi tentang nomor Telkomsel yang sedang Anda gunakan. Selain itu Anda juga akan mendapat SMS dari operator Telkomsel dengan nomor 98888 yang berisi tentang informasi nomor HP yang Anda cek beserta tarif layanannya. 

cara cek nomor telkomsel lewat HP

Pastikan sisa pulsa Telkomsel Anda masih mencukupi untuk menggunakan layanan ini, karena layanan cek nomor Telkomsel sendiri lewat dial up ini dikenakan biaya sebesar Rp 55.

Cara mengecek nomor Telkomsel sendiri dengan dial telepon ke *999# khusus pengguna Simpati.

  • Buka menu Call atau Panggilan.
  • Lakukan panggilan ke *999# dengan cara ketik *999# lalu tekan tombol Call / Panggil.
  • Balas dengan ketik angka 6 yang menunjukkan menu Lainnya, lalu pilih Send/Kirim untuk menampilkan menu Lainnya.
  • Balas lagi dengan ketik angka 7 (Lainnya) lalu pilih Send/Kirim.
  • Balas lagi dengan ketik angka 8 (Layanan Lain) lalu klik Send/Kirim untuk pergi ke menu berikutnya.
  • Selanjutnya dari menu yang muncul ketik angka 4 (menu Cek Nomor) dan klik Send/Kirim.
  • Beberapa saat kemudian akan ada SMS dari operator Telkomsel dengan nomor 808 yang berisi tentang informasi nomor Simpati Anda.
  • Layanan ini dikenakan tariff Rp 55.

Cara mengecek nomor Telkomsel sendiri dengan dial telepon ke *100# khusus pengguna Kartu As :

  • Buka menu Call atau Panggilan.
  • Lakukan panggilan ke *100# dengan cara ketik *100# lalu tekan tombol Call / Panggil.
  • Balas dengan ketik angka 4 (Paket Lainnya) lalu pilih Send/Kirim
  • Balas dengan ketik angka 5 (Lainnya) lalu pilih Send/Kirim
  • Balas dengan ketik angka 7 (Lainnya) lalu pilih Send/Kirim
  • Balas dengan ketik angka 7 (Layanan Lain) lalu pilih Send/Kirim
  • Balas dengan ketik angka 3 (Cek Nomor) lalu pilih Send/Kirim
  • Kemudian akan ada SMS dari operator Telkomsel dengan nomor 808 yang berisi tentang informasi nomor Kartu As Anda.
  • Layanan ini dikenakan biaya Rp 55,-

cara cek nomor telkomsel di hp

mengecek nomor telkomsel

3. Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

MyTelkomsel adalah aplikasi self-service dari Telkomsel yang memberikan pengalaman pengguna yang baru dan mudah untuk pelanggan Telkomsel. Dengan aplikasi MyTelkomsel Anda dapat memenuhi segala kebutuhan layanan nomor Telkomsel, mulai dari cek nomor HP, cek sisa pulsa dan masa aktifnya, isi pulsa, Cek Kuota Telkomsel untuk internet, cek masa aktif kuota, cek dan Tukar Telkomsel POIN, bayar tagihan kartu Halo serta berbagai promo menarik yang sedang berlangsung.

Aplikasi MyTelkomsel dapat didownload melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) maupun App Store (untuk pengguna iPhone) di smartphone Anda.

Semua pengguna Telkomsel, baik kartu simPATI, Kartu As, Loop, hingga kartu Halo, bisa menggunakan layanan aplikasi MyTelkomsel. Untuk bisa mengakses MyTelkomsel daftarkan nomor Telkomsel Anda terlebih dulu. Anda bisa mendaftarkan nomor Telkomsel hingga maksimal lima nomor berbeda dalam satu akun MyTelkomsel, tanpa perlu login atau logout nomor lainnya. Tetapi pastikan aplikasi MyTelkomsel yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Sehingga di kemudian hari nggak akan repot lagi jika ingin Cek Nomor Telkomsel sendiri.

Setelah berhasil mendaftar maka Anda bisa login di aplikasi MyTelkomsel. Dalam dashboard MyTelkomsel di bagian beranda akan ditampilkan berbagai fitur dan update terbaru MyTelkomsel terkait dengan nama pengguna, nomor HP pengguna, sisa pulsa dan masa aktifnya,  sisa kuota internet Telkomsel, sisa kuota VideoMax, sisa kuota MAXstream, sisa kuota telpon, sisa kuota SMS, dan berbagai promo yang sedang berlangsung.

cek nomor telkomsel online

Untuk dapat mengakses menu lainnya pada aplikasi MyTelkomsel, klik ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih fitur yang Anda inginkan, mulai dari pilihan Paket Internet Telkomsel dan paket pulsa, isi pulsa, informasi akun, Telkomsel POIN, event dan berbagai promo menarik lainnya.

 

Baca Juga : Cara Beli Paket Internet Telkomsel Murah

 

4. Cara Cek Nomor Telkomsel Via Layanan Operator

Jika Anda malas untuk menghafal kode dial up atau tidak memiliki kuota untuk mengakses situs Telkomsel atau membuka aplikasi My Telkomsel, maka Anda dapat meminta bantuan dengan menghubungi Customer Service Telkomsel, baik untuk pengguna kartu Simpati, Kartu AS, Loop maupun Kartu Halo.

Cara cek nomor Telkomsel dengan menghubungi Layanan Operator dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

Cek nomor Telkomsel Simpati : telpon ke nomor 188

Cek nomor Kartu As : Telpon ke nomor 188

Cek nomor Telkomsel Loop : Telpon ke nomor 188

Cek nomor kartu Halo : Telpon ke nomor 133

Bagi pengguna prabayar Simpati, Kartu As dan Loop, layanan telpon ke 188 dikenakan biaya Rp 300 setiap terhubung dengan customer service. Sedangkan untuk pengguna Kartu Halo, layanan telpon ke 133 tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Jika sedang berada di luar negeri, Anda bisa menghubungi Customer Service Telkomsel di nomor +62811 0000 333 melalui ponsel tanpa dikenakan biaya.

Cara lain cek nomor HP adalah dengan telpon Call Center Nasional Telkomsel di nomor 0807 1811 811. Nomor ini bisa dihubungi dengan operator telpon apapun di luar Telkomsel dan dikenakan biaya telepon lokal.

cek nomor telkomsel sendiri

5. Cara Cek Nomor Telkomsel via WhatsApp

Selain sering Anda gunakan untuk chatting, aplikasi WhatsApp ternyata bisa digunakan untuk cek nomor HP Anda. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik ikon 3 titik di pojok kanan atas
  • Klik Setelan / Settings
  • Klik Foto Profile / nama Anda
  • Nomor Telkomsel Anda akan muncul di bagian paling bawah

cara ngecek nomor telkomsel

Selain muncul di aplikasi chatting seperti WhatsApp, nomor HP Telkomsel Anda biasanya juga tersimpan di profil aplikasi-aplikasi lain seperti

  • e-commerce,
  • ojek & taksi online
  • perbankan 
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Lazada
  • GoJek
  • Grab
  • BCA mobile
  • BNI Mobile Banking

Kelima cara cek nomor Telkomsel di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan cara cek nomor Telkomsel dengan kondisi Anda dan tentunya yang Anda anggap paling mudah dan praktis. Jangan lupa juga untuk selalu update informasi tentang cara cek nomor Telkomsel, karena bisa jadi akan berubah di waktu yang akan datang.

Dengan mengetahui cara cek nomor Telkomsel terbaru ini, baik Simpati, Kartu As, Loop maupun Kartu Halo,maka Anda bisa mengecek nomor Telkomsel Anda jika sewaktu-waktu lupa atau ada teman yang minta nomor HP Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.