Cara Tukar Poin Telkomsel dengan Pulsa, Kuota, dan Hadiah

7 min read

cara tukar poin telkomsel

Dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggannnya, Telkomsel sebagai operator seluler terbesar di Indonesia sering melakukan berbagai inovasi program promosi. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan  pelanggan terhadap produk-produk Telkomsel.

Telkomsel POIN menjadi salah satu program yang menarik bagi konsumen. Apa itu Telkomsel Poin ? dan bagaimana cara mengetahui jumlah POIN dan cara menukar poin telkomsel dengan pulsa, kuota, dan berbagai hal lainnya ? Mari simak penjelasan Jurnal Manajemen berikut ini :

Apa Itu Telkomsel POIN ?

Salah satu program promosi dari Telkomsel untuk memanjakan pelanggannya adalah Telkomsel POIN. Telkomsel Poin adalah program loyalitas yang ditujukan untuk pelanggan Telkomsel, baik Kartu Halo, Simpati, Kartu As dan Loop. Pelanggan akan mendapatkan POIN yang bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran menarik.

cara cek poin telkomsel
cara cek poin telkomsel

Untuk pengguna Kartu Halo, poin didapatkan dengan syarat jumlah total tagihan minimal dalam sebulan sebesar Rp 50.000. Pengguna akan mendapatkan 1 POIN untuk setiap kelipatan Rp 10.000 dari total tagihan yang dibayarkan

Sedangkan untuk pengguna Simpati, Kartu As dan Loop, akumulasi isi ulang pulsa dalam sebulan harus mencapai minimal Rp 50.000. Pengguna akan mendapatkan 1 POIN untuk setiap kelipatan Rp 10.000 dari akumulasi isi ulang pulsa.

Selain syarat minimal transaksi, jumlah poin yang didapat juga tergantung dari status/tier pengguna Kartu Halo, Simpati, Kartu As dan Loop dengan ketentuan sebagai berikut :

Status/Tier

Produk

Status / Tier

Poin yang didapat

Prabayar (simPATI, KARTU As, dan Loop) dan Pascabayar (kartuHalo) Priority Setiap kelipatan Rp 10.000 dapat 3 POIN
Gold Setiap kelipatan Rp 10.000 dapat 2 POIN
Red Setiap kelipatan Rp 10.000 dapat 1 POIN

Adapun penentuan status / tier pelanggan ketentuannya adalah sebagai berikut :

Status / Tier

Rata-Rata Transaksi / Tagihan per Bulan

Priority Rp 1.000.000 up
Gold Rp 150.000 –  < Rp 1.000.000
Red Rp 50.000 –  < Rp 150.000
Mass Di bawah Rp 50.000
  • Pelanggan kartuHalo akan mendapatkan status / tier Priority, Gold, atau Red yang didasarkan pada rata-rata tagihan yang dibayarkan selama 6 bulan terakhir.
  • Untuk Pelanggan simPATI, KARTU As, dan Loop akan mendapatkan status / tier Priority, Gold, atau Red berdasarkan pada rata-rata pengisian pulsa selama 6 bulan terakhir.
  • Pelanggan yang berada di status / tier Mass, jika mengisi pulsa (pra bayar) atau membayar tagihan (pasca bayar) sebesar minimal Rp 50.000 dalam sebulan, maka status tiernya akan naik menjadi Red.
  • Poin dan tier untuk pelanggan yang melakukan migrasi dari prabayar ke pasca bayar juga akan dimigrasi dan periode evaluasi tier, perhitungannya diulang kembali sejak pelanggan beralih ke pasca bayar.

Program loyalitas pelanggan Telkomsel Poin ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan Telkomsel.

Artikel Terkait Artikel Terkait

Cara Cek Kuota Telkomsel 

Cara Cek Nomor Telkomsel 

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Cara Setting APN Telkomsel 4G/3G

Cara Cek Telkomsel Poin

Telkomsel Poin yang dimiliki setiap pelanggan Telkomsel  mempunyai masa berlaku hingga tiap akhir tahun, yaitu tanggal 31 Desember. Jika sampai batas akhir tahun tersebut poin Telkomsel tidak ditukar dengan penawaran-penawaran yang ada maka poin akan hangus. Itulah sebabnya menjelang akhir tahun banyak pengguna Telkomsel ramai-ramai menukarkan poin Telkomselnya dengan promo-promo yang menarik.

Selanjutnya bagaimana cara cek poin Telkomsel yang sudah Anda kumpulkan? Sehingga Anda bisa menukarkan dengan berbagai hadiah menarik dan agar poin tidak hangus terbuang karena kadaluarsa?

Cara cek poin Telkomsel yang digunakan untuk melihat jumlah poin Telkomsel Poin yang dimiliki dapat dilakukan dengan 3 metode, yaitu :

  1. Melalui SMS,
  2. lewat aplikasi MyTelkomsel
  3. Dengan cara Dial Telpon (Dial-up).

1. Cara Cek Poin Telkomsel Lewat SMS

Cara pertama untuk mengecek POIN Telkomsel yang Anda miliki adalah dengan SMS ke nomor 777. Meskipun menggunakan sms, cara ini tidak dikenai biaya alias gratis. Adapun format dan langkah-langkah pengirimannya berikut.

Buka aplikasi Pesan / Message di HP Anda, lalu kirim pesan dengan ketik POIN dan kirim ke nomor 777. Maka dalam beberapa saat, Anda akan mendapatkan balasan sms dari nomor 777 yang berisi informasi mengenai jumlah POIN Telkomsel terakhir dan status / kategori Anda.

cara cek poin telkomsel lewat sms
cara cek poin telkomsel lewat sms

2. Cara Cek Poin Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk cek poin Telkomsel merupakan cara yang lebih praktis, cepat dan sangat cocok bagi pengguna smartphone. Jika belum mempunyai aplikasi MyTelkomsel maka Anda dapat mendownload melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) maupun App Store (untuk pengguna iPhone) dari smartphone Anda.

Buka aplikasi MyTelkomsel dan sebagai langkah awal maka lakukan registrasi dengan nomor telepon Telkomsel Anda untuk bisa login. Setelah sukses login, jumlah poin Telkomsel dan status Anda akan ditampilkan di beranda aplikasi MyTelkomsel bagian bawah secara realtime setiap Anda membuka aplikasi tersebut.

cara cek poin telkomsel lewat MyTelkomsel
cara cek poin telkomsel lewat MyTelkomsel

Untuk info yang lebih lengkap mengenai poin Telkomsel, Anda dapat mengaksesnya dengan cara klik ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih menu Telkomsel POIN. Selain untuk mengetahui jumlah Telkomsel Poin, dalam aplikasi MyTelkomsel juga dapat untuk mengetahui sisa pulsa dan paket data internet yang digunakan.

3. Cara Cek Poin Telkomsel Dengan Dial Telpon (Dial up)

Cara cek poin Telkomsel yang ketiga adalah dengan dial telpon. Tekan *700*1*1# pada layar panggilan HP Anda, lanjutkan dengan tekan tombol Call / Panggil. Maka secara otomatis akan muncul pop up dilayar HP Anda yang berisi informasi tentang jumlah poin Telkomsel yang Anda miliki. Selain itu Anda juga mendapat SMS dari operator Telkomsel dengan nomor 777 yang menginformasikan tentang jumlah poin Telkomsel Anda sampai saat ini dan status / kategori Anda.

cara cek poin telkomsel lewat Dial
cara cek poin telkomsel lewat Dial

Bagaimana Cara Tukar Poin Telkomsel

Setelah Anda mengetahui jumlah poin Telkomsel yang Anda miliki, kini saatnya untuk mengetahui cara tukar poin Telkomsel dengan hadiah / reward  yang menarik. Telkomsel Poin yang didapatkan pengguna dapat ditukarkan  dengan berbagai produk  dan penawaran menarik sebagai berikut :

  • Produk Telkomsel (telpon, SMS, dan internet).
  • Paket produk digital, seperti nada dering, konten, dan game.
  • Berbagai produk dan diskon menarik dari merchant yang berkerjasama dengan Telkomsel.

Cara tukar poin Telkomsel dengan hadiah-hadiah yang menarik ada 2 cara, yaitu dengan dial telpon dan melalui aplikasi MyTelkomsel.

1. Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Dial Telpon

Kode menu dial telpon untuk penukaran poin Telkomsel adalah *700#.

Ketik *700# di layar panggilan HP Anda kemudian tekan Panggil / Call. Maka sesaat kemudian akan muncul pop up dilayar HP Anda yang berisi informasi pilihan penukaran Telkomsel poin, seperti 

  1. Kategori
  2. Lelang poin
  3. Produk Telkomsel
  4. Merchant
  5. Airport Lounge
  6. Belanja Online dan
  7. Link Aja.
cara tukar poin telkomsel dengan dial
cara tukar poin telkomsel dengan dial

Untuk menukar poin dengan hadiah sesuai dengan pilihan yang Anda inginkan ketik angka-angka tersebut lalu tekan Send / Kirim. Misal jika ingin menukar poin Telkomsel dengan produk dari Telkomsel, seperti paket SMS, Paket Telpon, dan Internet, maka ketik angka 3. Jika ingin menukar poin Telkomsel dengan voucher belanja online, maka ketik angka 6.

 

Baca Juga : Cara Daftar Paket Telkomsel Murah

 

2. Cara Tukar Poin Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara penukaran poin Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel lebih mudah dan praktis, cukup melakukan klik pada item penawaran yang akan ditukar. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel, di beranda bagian bawah klik jumlah poin Telkomsel Anda atau klik tulisan Telkomsel POIN atau bisa juga dengan klik ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih menu Telkomsel POIN.
  1. Setelah masuk ke menu Telkomsel POIN geser ke bagian bawah dan Anda akan menemukan banyak pilihan penawaran menarik dan terbaik dari berbagai kategori terkait Telkomsel POIN. Klik salah satu pilihan Anda lalu klik Tukar POIN untuk menukar poin dengan hadiah tersebut
cara tukar poin telkomsel dengan aplikasi MyTelkomsel
cara tukar poin telkomsel dengan aplikasi MyTelkomsel

Jenis Penukaran Poin Telkomsel

Poin Telkomsel yang Anda miliki dapat ditukarkan dengan berbagai reward atau hadiah yang terdiri dari beberapa  kategori sebagai berikut :

  • E-Commerce, berupa diskon pembelian di berbagai marketplace di Indonesia.
  • Musik, berupa diskon untuk tempat karaoke keluarga, tiket konser musik
  • Kesehatan dan Kecantikan, berupa diskon perawatan dan produk kesehatan di merchant tertentu
  • Telko, berupa Paket Internet Telkomsel, SMS dan telepon.
  • Hiburan, berupa diskon masuk tempat hiburan keluarga.
  • Undian, berupa undian berhadiah dari Telkomsel.
  • Film, berupa diskon pembelian tiket bioskop.
  • Otomotif, berupa diskon untuk service kendaraan.
  • Belanja, berupa berbagai voucher diskon di pusat perbelanjaan.
  • Digital, berupa diskon langganan majalah digital
  • Jalan-Jalan, berupa diskon hotel, penginapan, tiket pesawat dan wahana liburan lainnya.
  • Makanan, berupa diskon di berbagai merchant restoran dan rumah makan
  • Olahraga, berupa diskon untuk sewa tempat olahraga.
jenis penukaran poin telkomsel
jenis penukaran poin telkomsel

Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Pulsa

Cara tukar poin Telkomsel menjadi pulsa dapat dilakukan dengan dial telpon  *700# pada  smartphone Anda. Selanjutnya dari pop up yang muncul Anda dapat memilih menu Produk Telkomsel dengan ketik angka 3 lalu Send /  Kirim. Kemudian muncul pop up lagi dengan pilihan menu 1. SMS, 2. Paket Telepon, atau 3. Internet. Ketik angka 1 lalu Send /  Kirim untuk menukar poin Telkomsel dengan 300 SMS gratis.

Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Pulsa
Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Pulsa

Ketik angka 2 lalu Send /  Kirim untuk menukar poin Telkomsel dengan paket nelpon, yang terdiri dari 2 pilihan, yaitu Paket Nelpon 30 menit Siang dan Paket Nelpon 30 menit Malam.

Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Pulsa2
Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Pulsa2

Setelah menentukan pilihan tersebut maka Anda dapat mengikuti petunjuk selanjutnya dalam proses penukaran POIN Telkomsel.

Cara tukar poin Telkomsel jadi pulsa menggunakan aplikasi MyTelkomsel dilakukan dengan klik kategori Telko pada menu Telkomsel POIN. Untuk menukar dengan paket 300 SMS gratis dibutuhkan 50 poin. Sedangkan untuk menukar dengan paket nelpon 30 menit Siang maupun Malam dibutuhkan 70 poin.

"<yoastmark

Cara Tukar Poin Telkomsel Dengan Kuota Internet

Untuk Cara Tukar Poin Telkomsel dengan Paket Internet dapat dilakukan dengan dial telpon  *700# pada  smartphone Anda. Selanjutnya dari pop up yang muncul Anda dapat memilih menu Produk Telkomsel dengan ketik angka 3 lalu Send /  Kirim.

Kemudian muncul pop up lagi dengan pilihan menu 1. SMS, 2. Paket Telepon, atau 3. Internet.  Ketik angka 3 lalu Send /  Kirim untuk menukar poin Telkomsel dengan paket data,  yang terdiri dari 3 pilihan, yaitu Paket Internet 25 MB, Paket Internet 60 MB dan Paket Internet 100 MB.

"<yoastmark

Pada aplikasi MyTelkomsel, cara tukar poin Telkomsel dengan paket data dilakukan dengan klik kategori Telko pada menu Telkomsel POIN. Untuk menukar dengan Paket Internet 25 MB dibutuhkan 50 poin, Paket Internet 60 MB dibutuhkan 80 poin. Sedangkan untuk menukar dengan Paket Internet 100 MB dibutuhkan 100 poin.

telkomsel poin
telkomsel poin

Selain tukar poin dengan pulsa dan paket data, hadiah lain yang menarik bagi para pelanggan Telkomsel adalah undian berhadiah dan voucher diskon KFC. Tetapi saat kami mencoba mencari cara tukar poin Telkomsel dengan undian dan cara tukar poin Telkomsel dengan KFC ternyata sudah tidak tersedia karena sudah berakhir.

Pada  periode sebelumnya program undian dari Telkomsel sering dilakukan dengan berbagai hadiah menarik seperti mobil mewah, sepeda motor, smartphone, voucher belanja  dan voucher pulsa. Kupon undian didapat dengan cara tukar poin Telkomsel secara langsung dan bermain Wheel of POIN.

 

Baca Juga : Cara Beli Paket Internet Telkomsel Murah

 

POINtastic Deal BUMN

POINtastic Deal BUMN merupakan program penukaran Telkomsel poin yang menarik dan saat ini sedang berlangsung. Program ini diluncurkan dalam rangka merayakan anniversary Telkomsel  dan berlangsung dari tanggal 2 April 2019 sampai dengan  2 Mei 2019.

Reward dari program POINtastic Deal BUMN berupa penawaran diskon POIN mulai dari cashback Tokopedia, evoucher Blanja.com, saldo LinkAja, paket internet dan smartphone Samsung J5 Prime hingga Samsung Galaxy S9.

Program ini hanya dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel dan berlaku untuk seluruh pelanggan Telkomsel, baik Kartu Halo, Simpati, Kartu As, maupun Loop.

pointastic BUMN
pointastic BUMN
hadiah pointastic BUMN
hadiah pointastic BUMN

Mekanisme POINtastic Deal BUMN

Untuk Mekanisme Program POINtastic Deal BUMN dapat disimak berikut ini :

  • Setiap pelanggan Telkomsel mempunyai kesempatan  mendapatkan 1 penawaran diskon POIN selama sesi program, di mana 1 sesi adalah 1 minggu.
  • Download atau update aplikasi MyTelkomsel ke versi terbaru di Play Store (Android) dan App Store (iOS).
  • Buka aplikasi MyTelkomsel lalu klik banner POINtastic.
  • Lakukan registrasi dengan mengisi captcha dan menukarkan 10 Telkomsel POIN (penukaran 10 Telkomsel POIN untuk registrasi hanya dilakukan satu kali selama periode program). Bagi pelanggan yang sudah melakukan registrasi, pengisian captcha selanjutnya tidak mengurangi POIN.
  • Penukaran POIN berlangsung setiap hari Selasa – Jumat, mulai jam 00 WIB dan berakhir 1 jam kemudian sejak penukaran dimulai atau saat kuota masing-masing penawaran diskon POIN sudah habis.
  • Saat program dimulai pelanggan dapat memilih penawaran diskon POIN yang diinginkan dengan menukarkan Telkomsel POIN sesuai dengan jumlah POIN yang dimiliki.
  • Setiap sesi penawaran memiliki jumlah terbatas, sehingga pelanggan yang tercepat menukarkan Telkomsel POIN yang berhak mendapatkan diskon POIN.
  • Dalam setiap sesi, pelanggan hanya dapat memilih 1 diskon POIN yang tersedia.
  • Pelanggan yang berhasil menjadi yang tercepat dan mendapatkan diskon POIN akan memperoleh notifikasi berupa SMS dari 777.
  • Jika pelanggan memilih e-voucher online shopping, maka kode voucher dan masa berlakunya langsung dikirimkan via SMS, dan bisa langsung digunakan untuk transaksi di website online shop tersebut. Apabila pelanggan mendapatkan produk fisik lainnya, maka akan dihubungi oleh petugas Telkomsel maksimal 7 (tujuh) hari setelah memperoleh notifikasi.
  • Pelanggan yang belum beruntung dapat mencoba kembali POINtastic Deal BUMN pada sesi berikutnya.

Itulah beberapa  Cara Tukar Poin Telkomsel Terbaru Dan Terlengkap, yang disertai dengan cara cek poin Telkomsel, baik untuk kartu Simpati, Kartu As, Loop maupun Kartu Halo. Segera cek dan tukarkan poin Telkomsel Anda dengan berbagai reward yang menarik agar tidak hangus dan sia-sia.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.