Cara Budidaya Ikan Mujair Paling Menguntungkan [Recommended]

6 min read

9_Budidaya Ikan Mujair

Budidaya ikan air tawar menjadi satu hal yang cukup menjanjikan di Indonesia. Tingginya konsumsi ikan air tawar dan kondisi alam yang sangat membantu, membuat budidaya ikan merupakan salah satu pilihan tepat jika berbicara tentang bisnis. Seperti ikan mujair. Budidaya Ikan Mujair memiliki peluang besar mendatangkan keuntungan.

Namun tentu dalam memulai lakukan budidaya ikan satu ini, perlu pemahaman lebih dalam seputar budidaya ikan jenis air tawar. Sebenarnya sangat banyak makalah budidaya ikan mujair yang bisa Anda jadikan referensi. Di bawah ini terdapat ulasan Jurnal Manajemen tentang bagaimana budidaya ikan air tawar khususnya ikan mujair. Berikut ulasannya :

Peluang Budidaya Ikan Mujair

Mengapa ikan mujair bisa mendatangkan keuntungan dan memiliki peluang besar dalam bidang bisnis? Sebab ikan mujair sendiri merupakan salah satu ikan yang banyak dipilih sebagai bahan makanan sehari-hari oleh masyarakat. Walau masyarakat Indonesia mempunyai banyak pilihan bahan makanan lain, ikan ini bisa dibilang sebagai salah satu ikan populer yang dengan mudah didapatkan.

Anda bisa dengan mudah menemukan ikan ini di pasar atau tukang sayur sehari-hari. Cara mengolahnya pun sama seperti ikan lain yang tidak sulit. Jika Anda ingin memanfaatkan peluang yang ada, lalu terjun ke bisnis budidaya ikan ini, maka mulailah pelajari bagaimana proses serta tahapan budidaya ikan.

Perlu diingat, bahwa setiap bisnis, apalagi yang berskala besar, ada beragam risiko di baliknya. Sama juga dengan bisnis ikan mujair dengan pembudidayaan. Anda harus siap menghadapi masalah dalam proses dan tahapan budidaya. Serupa dengan beternak atau pun memelihara hewan yang banyak diperjual belikan untuk konsumsi masyarakat.

Artikel Terkait
Harga Ikan Mujair
Manfaat Ikan Mujair

Cara Budidaya Ikan Mujair

Tahapan dalam budidaya ikan tawar mujair dibagi menjadi enam, yaitu:

1. Pembenihan

Sebagian besar proses budidaya ikan paling mendasar ialah pembenihan. Pembenihan ini berupa memelihara dan merawat benih-benih ikan mujair yang telah melalui proses pembuahan. Jadi, Anda bisa lebih dulu membeli ikan-ikan mujair indukan untuk melalui proses pembuahan. Nantinya sang induk betina akan bertelur yang mana semua telur akan dia erami di dalam mulut.

Kemudian ketika telur-telur sudah waktunya menetas, maka akan dikeluarkan dari mulut dan menjadi benih ikan. Dibutuhkan air dengan suhu 25 sampai 17 derajat celcius agar induk betina merasa nyaman mengerami telur-telur di mulutnya. Benih ikan kecil yang baru lahir biasanya akan dijaga oleh sang induk kurang lebih dua minggu.

Barulah induk melepas anak-anaknya tersebut. Nah, Anda bisa memisahkan benih-benih ikan kecil yang baru berusia sekitar dua minggu untuk dipelihara lebih lanjut.

2. Pemeliharaan

Pastikan dalam tahapan ini, kolam khusus yang Anda buat sudah diatur memang untuk pemeliharaan benih atau bibit ikan mujair. Kolam harus terbebas dari ikan-ikan liar. Kolam juga harus bersih. Dalam tahapan pemeliharaan Anda harus memberi makanan anakan ikan mujair dengan pakan dalam jumlah cukup. Pakan ikan mujair untuk usia anakan bisa dengan dedak khusus.

3. Tahap Pertumbuhan atau Pembesaran

Selanjutnya, masuk ke tahap pembesaran ikan. Di sini Anda harus paham kapasitas ukuran kolam yang dibutuhkan. Ada banyak pilihan kolam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi. Seperti budidaya ikan mujair di kolam terpal bila lebih memungkinkan menggunakan material terpal.

Terdapat dua pilihan dalam tahap pertumbuhan atau pembesaran yaitu cara monokultur dan polikultur. Monokultur merupakan cara pembesaran ikan yang dibesarkan dengan fokus hanya satu jenis ikan tawar mujair saja. Sementara polikultur adalah penggabungan beberapa ikan air tawar (tidak hanya ikan mujair).

4. Pemupukan Kolam

Masuk ke tahap pemupukan kolam. Pemupukan kolam ini berhubungan dengan kondisi kolam ikan mujair milik Anda. Bila kualitasnya tidak begitu baik atau mengalami penurunan kualitas yang mana pastinya akan memengaruhi proses pembesaran, Anda bisa melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk hijau. Skalanya 50 sampai gram per-meter kubik. Tidak hanya pupuk hijau, Anda bisa juga gunakan pupuk kandang.

5. Pemberian Pakan

Kemudian tahapan pemberian pakan ini harus disesuaikan dengan usia dan kondisi ikan-ikan mujair. Anda bisa memilih pakan ikan yang mengandung bahan-bahan khusus. Misalnya pakan yang mengandung tepung ikan, tepung kopra, dan dedak halus. Selain itu juga bisa dengan pemberian pelet ikan yang tinggi protein pada pagi dan sore hari.

Terdapat juga beberapa makanan alami atau alternatif yang pas dikonsumsi bagi ikan mujair agar cepat besar. Pemberian pakan ini harus diikuti memerhatikan kondisi kolam. Karena bila salah memberi dosis, akan memengaruhi kondisi air dalam kolam.

6. Pemeliharaan Lebih Lanjut

Tahapan pemeliharaan lainnya merupakan tahap lanjutan yang lebih rinci lagi. Seperti harus selalu memastikan kondisi kolam dan air. Lalu bisa memerhatikan aktivitas ikan-ikan mujair Anda. Tidak jarang ada indukan jantan dan betina yang bertengkar hingga menyebabkan kematian.

Menentukan Jenis Tempat untuk Budidaya Ikan Mujair

Kembali lagi, bentuk dan jenis tempat untuk budidaya akan sangat memengaruhi proses budidaya itu sendiri. Ada beberapa jenis kolam yang bisa Anda pilih dengan cara budidaya yang berbeda-beda. Jenis-jenis kolam yang banyak digunakan sebagai berikut:

1. Kolam Terpal

Sesuai namanya, jenis kolam ini menggunakan material terpal yang tahan terhadap suhu dan perubahan cuaca. Juga dari segi biaya pembuatan, cukup terjangkau dan sangat bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat keberadaan kolam terpal tersebut. Tidak hanya ikan mujair, beragam jenis ikan air tawar lainnya bisa dibudidayakan pada jenis kolam ini.

Selain membuat kolam berbahan terpal sendiri, Anda bisa juga membelinya langsung di toko-toko yang menjual perlengkapan budidaya ikan. Karena sudah banyak dijual dengan ukuran berbeda-beda.

2. Kolam Tembok

Jenis berikutnya ialah kolam tembok. Kolam ini menggunakan material untuk membuat tembok seperti umumnya sehingga dari segi biaya cukup lumayan mahal. Bukan hanya itu, tetapi juga membutuhkan lahan khusus dan memungkinkan. Tentu kolam jenis ini akan lebih awet untuk digunakan dibanding kolam terpal.

3. Kolam Beton

Serupa dengan kolam tembok, kolam beton untuk budidaya ikan ini menggunakan material yang lebih kuat. Sehingga akan lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama. Cara budidaya ikan mujair di kolam beton tergolong mudah-mudah sulit. Karena Anda harus sangat memerhatikan kondisi kolam dan lingkungan sekitar.

4. Skala Kecil di Rumah

Jenis tempat lainnya ialah dengan membuat aquarium khusus di rumah. Pemeliharaan ikan mujair di rumah bisa berupa pemeliharaan mujair sebagai ikan hias, atau mujair sebagai ikan konsumsi. Anda harus memilih agar bisa menyesuaikan kolam serta pemberian pakannya.

Makanan Ikan Mujair Agar Cepat Besar

Apa saja makanan-makanan yang cocok dikasihkan untuk ikan mujair agar cepat besar dan bisa segera dijadikan induk ikan. Pakan ikan mujair di antaranya berupa:

1. Pelet Ikan

Ini memang menjadi jenis makanan yang paling praktis. Anda bisa mendapatkan pelet ikan khusus untuk ikan mujair di pasaran atau toko penjual ikan. Pelet ikan ini bisa mengandung berbagai macam kandungan yang tergantung pada masing-masing produk. Begitu pun dengan harganya. Bisa Anda dapatkan dengan harga mahal, sampai terjangkau.

Perlu diperhatikan pakan ikan mujair jenis pelet yang Anda pilih harus mengandung karbohidrat dan protein yang memang dibutuhkan oleh ikan-ikan Anda. Pakan pelet dengan kandungan lengkap akan menghasilkan ikan mujair yang berkualitas.

2. Lumut

Lumut merupakan makanan alami yang disukai oleh ikan mujair. Jadi bukan hanya sebagai makanan, lumut sering juga dipilih para pemancing di Indonesia untuk bisa mendapatkan ikan mujair dengan menjadikannya sebagai bahan pancingan. Umumnya lumut bisa tumbuh dan muncul sendirinya di kolam-kolam secara alami.

3. Kangkung

Kangkung mengandung protein dan vitamin tinggi bagi ikan mujair. Harganya pun terjangkau dan cocok menjadi makanan alternatif yang bisa diberikan sebagai makanan pelengkap.

4. Cacing Tanah

Ikan air tawar memang rata-rata menyukai cacing tanah dan akan lebih cepat besar bila diberi makan cacing tanah. Sebab cacing tanah mengandung banyak lemak dan protein. Cacing tanah bukan hanya digunakan sebagai bahan pancing, tetapi bisa diberikan sebagai makanan ikan sehari-hari.

5. Cacing Sutera

Sementara itu cacing sutera ini lebih cocok diberikan kepada anakan dari ikan mujair. Ukurannya yang lebih kecil, serta kandungan lemak dan proteinnya yang cukup, membuat anakan akan lebih cepat tumbuh dan berkembang.

6. Daun Talas

Ikan mujair adalah hewan pemakan segalanya. Mereka juga suka memakan daun-daunan seperti daun talas. Daun talas bisa menjadi makanan alternatif alami untuk ikan mujair.

7. Artemia

Berikutnya adalah artemia. Artemia kaya akan protein dengan ukuran tubuhnya yang kecil. Sama seperti cacing sutera, artemia juga lebih cocok menjadi Makanan Ikan Mujair yang masih berukuran benih atau bibit.

8. Nasi

Biasanya mereka yang pelihara ikan mujair di rumah, lebih gemar memberi makanan berupa nasi. Cara budidaya ikan mujair di rumah dengan pemberian nasi ini akan membantu melengkapi kebutuhan ikan mujair karena nasi tinggi karbohidrat.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Budidaya Ikan Nila Budidaya Ikan Gurame
Budidaya Ikan Lele Budidaya Ikan Bawal
Budidaya Ikan Patin Budidaya Ikan Bandeng

Permasalahan yang Kerap Muncul pada Proses Budidaya

Seperti yang sudah disebutkan di awal, jika Anda ingin coba budidaya jenis ikan air tawar dalam skala berapa pun, mulai dari untuk pribadi hingga komersil, Anda harus siap menghadapi berbagai permasalahan yang bisa saja terjadi.

Beberapa masalah yang kerap muncul pertama ialah perubahan atau kurang cocoknya kondisi kolam dan air yang mana membuat ikan-ikan tidak nyaman. Masalah ini umum dialami dengan beragam faktor seperti perubahan suhu dan cuaca, atau tidak sengaja masuknya kotoran dan zat-zat yang merusak air di dalam kolam. Sehingga akan lebih berisiko membuat ikan mujair cepat mati.

Permasalah kedua adalah datangnya musim kemarau. Bukan hanya karena jumlah pasokan air yang menjadi terbatas, musim kemarau juga umumnya mengubah kondisi air dan lagi-lagi bisa membuat ikan merasa kurang nyaman.

Tidak hanya kemarau, tetapi ketika musim hujan datang pun, bisa menjadi masalah. Sebab kadar pH air akan berubah yang mengubah ekosistem ikan. Lalu belum lagi masalah yang mengikutinya seperti air kotor, banjir, longsor, dan banyak lagi.

Selanjutnya, masalah jangka waktu pemeliharaan. Jangka waktu budidaya ikan satu ini tergolong lama. Jadi, jika Anda kurang telaten dan kurang sabar dalam pelihara ikan-ikan Anda, maka akan sangat berisiko. Terakhir yaitu munculnya wabah dan hama yang merusak kondisi kolam hingga menyebabkan kematian dalam jumlah banyak secara bersamaan.

Keunggulan Budidaya Ikan Mujair

Kemudian, apa saja keunggulan dalam budidaya ikan satu ini? Keunggulan yang pertama ialah ikan mujair mudah bertelur. Ikan mujair menjadi salah satu ikan air tawar yang sangat mudah bertelur dengan proses pembuahan dan pemijahan yang cukup cepat. Jadi bisa dibudidayakan dalam waktu yang stabil.

Keunggulan lainnya ialah dalam hal ketersediaan benih. Benih ikan mujair sangat mudah ditemukan di tempat-tempat penjual ikan hias atau pun ikan air tawar. Benih ikan ini banyak dijual dengan harga yang beragam.

Menjadi peluang bisnis, ikan mujair menjadi ikan yang banyak dicari. Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap ikan mujair tinggi yang mana daya konsumsinya pun tinggi. Berikutnya, ikan mujair memiliki harga jual yang cenderung stabil. Selain karena cara budidaya ikan mujair di kolam tembok tidak begitu sulit, tetapi juga karena mudahnya ikan ikan mujair dalam bertelur.

Memilih Benih Ikan Mujair yang Bagus

Benih Mujair
Benih Mujair

Sudah yakin ingin belajar budidaya ikan ini? Anda bisa mulai coba mencari benih ikan mujair dengan kualitas baik. Ciri-ciri benih ikan mujair dengan kualitas baik di antaranya:

  • Gerakannya lincah.
  • Memiliki responnya tinggi.
  • Berwarna bagus.
  • Tidak cacat dan bentuk fisik normal.
  • Ukuran benih yang seragam.

Ikan mujair yang ketika tumbuh besar berkualitas, sebagian besar karena benih yang juga berkualitas. Benih yang kurang bagus seperti mengalami kecacatan atau berlendir biasanya akan tumbuh kurang baik, atau bahkan cepat mati. Anda bisa perhatikan lebih dulu apakah benih-benih yang dijual memenuhi ciri di atas.

Untuk mengetes gerakan lincah dan respon tinggi bisa dengan coba memberi pakan. Apakah benih-benih ikan tersebut bergerak lincah dan langsung spontan menghampiri sekaligus berebut makanan yang diberikan. Atau hanya diam saja seperti kurang peduli.

Lalu bisa dilihat dari warna ikan mujair. Hindari memilih benih yang warnanya pucat. Karena kemungkinan akan tumbuh kurang baik atau cepat mati. Anda bisa budidaya ikan mujair dengan skala kecil lebih dulu bila ingin mencoba. Seperti membuat kolam terpal kecil, atau pun aquarium khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *