17 Bisnis Online Terpercaya dan Tips Cara Memulainya

21 min read

bisnis online

Apa yang dimaksud dengan bisnis online ?

Sekiranga banyak pertanyaan seperti itu yang ditawanyakan orang awam saat ini. Memasuki era digital telah banyak merubah gaya hidup umat manusia. Salah satu yang paling tampak adalah dari segi ekonomi. Saat ini, kebanyakan orang ingin melakukan semuanya dengan cara cara yang efektif dan efisien. Sistem online yang lahir di era digital ini menjadi salah satu yang banyak digandrungi. Itulah mengapa bisnis online menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan. Kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online shop misalnya, membuat pola konsumsi masyarakat perlahan lahan ikut berubah.

Peluang bisnis online dilirik banyak orang karena berbagai hal. Pertama, bisnis ini sangat fleksibel, bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut membuat bisnis online bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama yang dimiliki. Kedua, bisnis ini juga sangat praktis karena transaksi jual beli cukup dilakukan via smartphone. Peluangnya juga terbilang luas karena apa saja bisa dijalankan secara online, mulai dari jual beli barang yang memiliki wujud fisik, barang yang tak memiliki wujud fisik dan juga jasa.

Fakta tentang Pertumbuhan Pengguna Internet di Indonesia

Sebagai negara berkembang, Indonesia menunjukkan angka yang cukup fantastis untuk pengguna internet di Dunia. Pada tahun 2000 pengguna internet di Indonesia hanya berjumlah 2 juta jiwa. Akan tetapi pada akhir tahun 2017 sudah terhitung sekitar 250 juta lebih penduduk Indonesia sebagai pengguna internet aktif. Tingkat pertumbuhan juga menunjukkan angka 7,063%. Hal ini membuat Indonesia menempati posisi ke-5 sebagai pengguna internet terbanyak di Dunia.

peluang bisnis online saat ini
bisnis online

Kondisi ini tentu saja menjadi peluang bisnis tersendiri khususnya untuk bisnis online. Tentu saja peluang ini harus diraih mengingat jumlah wirasusahawan di Indonesia masih tergolong cukup rendah yaitu 1,65% dari jumlah penduduk di Indonesia. Padahal menurut PBB jumlah pengusaha minimal harus 2-3% dari jumlah penduduk di negara tersebut.  Tentu saja menjadi sangat menyedihkan bila harus dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang jumlah pengusahanya sudah melebihi 5%, bahkan singapura sudah menapai 11%.

Oleh karena itu peluang bisnis online dengan memanfaatkan pengguna internet di Indonesia diharapkan dapat menciptakan pengusaha-pengusaha muda baru.  Tidak hanya itu bisnis online ini bahkan tidak hanya menjadi bisnis sampingan saja namun bisa berkembang pesat seperti yang ditunjukkan beberapa start-up di Indonesia.

Jika ingin melihat lebih jauh, dengan peningkatan jumlah dan tingginya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia maka trend bisnis online dipastikan akan Booming dan mendominasi di masa mendatang. Oleh karena itu siapa saja yang melihat peluang dan mengeksekusi peluang usaha inilah yang nantinya akan memimpin pasar di masa depan.

Nah saat ini yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara usaha online ini dilakukan ? Namun sebelum itu perlu diketahui apa saja jenis bisnis online yang dapat dijalankan.  Bahkan membuat bisnis online ini menjadi bisnis rumahan khususnya bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu luang di luar.

Ingin mengetahui selengkapnya tentang bisnis online, Jurnal Manajemen akan memberikan referensi yang diperoleh dari beberapa sumber mengenai bisnis online. Mari simak penjelasannya sebagai berikut :

Jenis Bisnis Online

Sebelum menjalankan bisnis online tentu saja banyak pertanyaan mengenai apa saja jenis bisnis online ? Mana yang harus dijalankan atau mana yang paling mudah dijalankan ?

Perlu diketahui ada berbagai macam jenis bisnis online yang dapat dijalankan namun untuk tingkat kemudahannya tentu saja tergantung masing-masing orang dengan berbagai keahliannya. Paling tidak pada artikel ini dirangkum secara sederhana bahwa bisnis online terbagi menjadi 4 kategori. 4 kategori tersebut adalah :

  1. Jual Beli Online
  2. Penulis Online
  3. Bisnis Online Berbasis Teknologi Informasi
  4. Jasa/Pelayanan

Pada setiap kategori tersebut memiliki berbagai macam cara dan platform yang digunakan. Tentu saja setiap jenis menggunakan strategi yang berbeda dalam menjalankannya. Perhatikan setiap detail jenis bisnis yang akan dijalankan agar mempermudah dalam menyusun strategi usaha.

 

Baca Juga : 10 Investasi Online Terpercaya Modal Kecil 

 

Jual Beli Online

Hal yang paling sederhana dibayangan masyarakat mengenai bisnis online adalah melakukan jual beli. Kegiatan ini sudah banyak dikenal bahkan sejak awal internet muncul di Indonesia. Namun bagaimana cara berjualan online ? apakah hanya melakukan posting di sosial media milik pribadi saja ? atau melakukan spam dengan cara menTag teman-teman di friendlist ? Lebih baik jangan melakukan hal tersebut karena hal itu akan membuat risih teman-teman anda. Lebih baik kenali dulu platform tempat anda akan melakukan jual beli.

Selain hal yang disebutkan sebelumnya, perlu dikenali juga sistem penjualan yang bisa dijalankan secara online. Pertama anda bisa melakukan penjualan produk anda sendiri, kedua anda bisa menjadi reseller produk orang lain yaitu dengan cara membeli produk dari orang lain dan menjualnya kembali. Ketiga anda bisa memakai sistem Dropship atau menjadi Dropshiper. Sistem inilah yang sedang Booming dan sering digunakan bagi orang yang tidak memiliki banyak modal. Lalu apa itu sistem Dropship ?

Sistem Dropship

Sistem Dropship adalah sistem jual beli tanpa anda memiliki suatu produk dan menjualkannya melalui foto yang disediakan oleh penjual kepada calon konsumen anda. Jadi pada intinya pada sistem ini anda hanya sebagai makelar saja atau penghubung. Penjualan kepada konsumen juga tetap dengan nama anda sehingga konsumen tidak perlu tahu bahwa anda adalah dropshiper.

peluang usaha online
peluang usaha online dropship

Sebagai ilustrasi anda meminta pedagang A untuk menjadi dropshiper pada produk yang dijualnya dan kemudian disetujui. Lalu anda mempromosikan produk tersebut atas nama anda dan memperoleh calon pelanggan. Setelah closing dan pelangga telah melakukan transfer dan mengirimkan bukti transfer maka anda tinggal memesan produk ke pedagang A untuk mengirimkan produk ke pelanggan langsung dengan nama anda. Keuntungan yang diterima disini adalah dari selisih harga beli anda ke pedagang A dan harga jual ke pelanggan.

Sistem dropship ini sangat sesuai bagi pemula di bisnis online dan yang memiliki modal minim dalam memulai usaha. Bagi anda yang berada pada kondisi tersebut mungkin dapat mencoba menjalankan bisnis jual beli secara online dengan sistem dropship.

Adapun untuk strategi jual beli yang dijalankan akan disesuaikan dengan jenis platform yang digunakan. Setidaknya terdapat 4 platform yang dapat digunakan yaitu sosial media, marketplace, webiste, dan sistem afiliasi.

  1. Social Media

Saat ini siapa yang tidak menggunakan sosial media ? Hampir semua orang yang memiliki akses internet memiliki sosial media. Terlebih pengguna facebook, instagram, twitter, youtube, whatssapp dan lain sebagainya. Sosial media merupakan media tempat berinteraksi antar pengguna. Oleh karenanya platform ini memiliki kelebihan tersendiri dimana masing-masing pengguna memiliki aset friendlist yang ada di akun pertemanannya. Jumlah teman maupun follower ini dapat dijadikan segmentasi maupun target market jika anda ingin memulai berjualan melalui sosial media.

Cara berjualan tergolong sederhana yaitu melalui update status berupa kalimat ataupun disertai dengan gambar dan video. Harapannya dari jumlah friendlist yang melihat status anda maka terdapat beberapa persen yang akan bertanya. Kemudian dari beberapa persen yang bertanya tersebut setidaknya ada yang mencapai closing atau terjadi transaksi penjualan. Oleh karena itu jika berminat melakukan bisnis online dengan berjualan melalui sosial media maka jumlah teman merupakan aset penting.

Tidak hanya itu kenali pula ciri khas pengguna sosial media. Sebagai contoh tentu saja facebook akan berbeda dengan instagram. Pengguna facebook cenderung  banyak bertanya dibandingkan di instagram dan belum tentu closing meski interaksi (like, share, comment) banyak. Sebaliknya meskipun minim interaksi dan tidak banyak bertanya, bisa dipastikan jika terjadi interaksi terhadap caption/status dagangan akan menuju ke closing. Hal ini dikarenakan instagram yang notabennya membutuhkan banyak kuota untuk membukanya sehingga disimpulkan bahwa pengguna instagram lebih berkantong tebal dibanding facebook. Selain itu pengguna instagram juga lebih dipenuhi oleh anak-anak muda dibandingkan facebook. Meski begitu masih banyak pengguna facebook yang potensial dijadikan target market karena dipenuhi dengan orang-orang yang rata-rata sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

peluang bisnis online sosial media
peluang bisnis online sosial media

Tips Berjualan di Sosial Media

Beberapa tips berjualan di sosial media bagi pemula adalah :

  1. Pilih platform sosial media yang sesuai dengan barang yang akan diperdagangkan karena akan disesuaikan dengan target market.
  2. Pilihlah kawan sesuai dengan target market saudara. Misalkan yang anda jual adalah fashion wanita. Maka follow atau add friends teman bergender wanita meskipun anda tidak mengenalnya.
  3. INGAT !!! sosial media adalah media berinteraksi bukan tempat berjualan. Sehingga hindari status bernada jualan yang berlebihan bahkan melakukan spam dengan menTag teman-teman anda secara masiv. Gunakan prinsip 3S1S atau 3 x Sharing 1 x Selling. Status anda harus memberikan informasi yang bermanfaat terlebih dahulu hingga enak untuk diikuti kemudian lanjutkan dengan status jualan. Kata lainnya adalah Sharing Sharing Dahulu Selling Selling Kemudian. Selain itu lakukan interaksi seperti like dan comment untuk membangun kedekatan personal. Langkah ini dilakukan karena algoritma facebook atau instagram yang lebih memunculkan teman yang sering berinteraksi.
  4. Gunakan fitur jual-beli yang disediakan pada setiap platform sosial media. Beberapa diantaranya seperti fanspage, grup jual-beli, instagram bisnis, whatsapp bisnis dan lain sebagainya.
  5. Buatlah status semenarik mungkin dengan dilengkapi dengan gambar ataupun video dan tentunya dengan produk yang menarik. Karena sejatinya orang yang ada di sosial media bukan ingin membeli barang namun berinteraksi sosial.

Strategi diatas dilakukan saat anda memulai awal bisnis online melalui sosial media. Pada intinya bangunlah interaksi terlebih dahulu dengan tujuan membangun kepercayaan. Langkah ini memang memerlukan proses yang panjang namun jika dilakukan secara konsisten akan menjadi sebuah aset besar.

Selain strategi di atas sebenarnya terdapat beberpaa tool yang dapat membantu anda melakukan strategi pemasaran di atas secara lebih efisien. Untuk lebih jelasnya mungkin anda bisa googling terkait informasi tersebut.

  1. Maketplace

Jika sosial media merupakan media berinteraksi sosial di dunia maya maka terdapat media khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi jual-beli. Biasanya media atau platform ini disebut dengan marketplace. Jika anda pernah menggunakan media seperti tokopedia, bukapak, shopee dan sejenisnya maka itulah yang dimaksud.

Anda bisa memulai kegiatan bisnis online anda dengan melakukan penjualan di berbagai media ini. Caranya cukup mudah. Pertama tinggal lakukan pendaftaran/register untuk menjadi seller/penjual kemudian upload produk yang ingin anda tawarkan beserta harga jual produk tersebut.

Marketplace sering disebut juga dengan pasar online oleh karena itu melakukan jual beli disini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan berjualan di marketplace adalah banyaknya penjual dan pembeli yang berkumpul disini. Karena memang tempat ini disebut pasar sehingga pastilah setiap orang yang memerlukan produk tertentu akan mencarinya di marketplace ketimbang di sosial media. Bisa dikatakan orang yang membeli di sosial media karena tertarik sedangkan di marketplace adalah karena kebutuhan.

Sebaliknya kelemahan saat berjual di marketplace adalah sudah banyaknya pesaing atau pedagang yang berjualan di platform yang satu ini jika produk merupakan barang yang mainstream/umum. Sehingga marjin penjualan sangat bersaing dan tidak bisa mematok harga yang terlalu tinggi. Selain itu penjual akan kesulitan melakukan branding terhadap produk yang dijualnya karena banyaknya barang sejenis.

Tips Berjualan di Marketplace

Tips yang dapat disampaikan jika anda mencoba untuk melakukan bisnis jual beli online pada marketplace adalah :

  1. Jika anda tidak memiliki produk sendiri maka anda dapat mengambil dari marketplace yang berbeda. Misalkan anda ingin berjualan di tokopedia maka anda bisa melakukan dropship dari bukalapak.
  2. Namun jika anda memiliki produk sendiri dan bukan merupakan produk mainstream maka akan lebih baik. Apalagi produk yang memiliki potensi pengembangan yang baik kedepannya.
  3. Meski anda menjual di marketplace jangan lupa untuk share link toko anda ke sosial media. Hal ini disebabkan sumber trafik tidak hanya dari dalam marketplace namun juga dari google dan juga sosial media.
  4. Buatlah nama dan logo toko anda seunik mungkin namun yang mudah diingat agar orang tidak kebingungan saat akan mencarinya kembali.
  5. Gunakan fitur iklan berbayar yang disediakan oleh marketplace.

Langkah-langkah di atas disesuaikan dengan jenis marketplace mana yang dipilih. Adapula tools yang dapat membantu anda berjualan di marketplace Indonesia. Informasi selengkapnya dapat anda cari secara mandiri melalui google.

Jangan lupa pula terdapat marketplace dengan sekup yang lebih luas seperti eBay,etsy, dan lain sebagainya. Pembayaran yang digunakan menggunakan dompet elektronik yaitu paypal. Tentu saja berjualan di marketplace internasional akan di bayar dengan kurs dollar dan lebih tinggi dibandingkan marketplace Indonesia. Namun anda perlu mempelajari mekanismenya terlebih dahulu sebelum memutuskan berjualan disana.

 

Penting Dibaca : Contoh Proposal Usaha & Cara Menyusunnya

 

  1. Website

Ketika usaha anda sudah berkembang apakah melalui sosial media, marketplace bahkan secara offline maka perlulah untuk membangun kepercayaan dan cakupan yang lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan membangun website toko online anda sendiri. Memiliki website selain dapat meningkatkan kepercayaan dari para pelanggan juga digunakan sebagai penguatan brand terhadap toko ataupun produk anda.

Beberapa keuntungan lain ketika anda memiliki website sebagai toko online sendiri yaitu cakupan bisnis anda akan lebih luas. Selain itu dapat digunakan sebagai portofolio ketika terdapat calon pelanggan, rekan bisnis, atau lembaga keuangan yang menanyakan. Profesionalisme akan lebih terbentuk saat suatu bisnis memiliki website tersendiri.

Perlu diketahui banyak pengguna internet yang mencari sesuatu yang dibutuhkan tidak hanya mencarinya di marketplace namun juga dapat mencari melalui Google. Disinilah fungsi website. Jika website anda terindeks oleh google maka banyak pengunjung yang akan masuk dan ratio pembelian akan lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di sosial media.

Akan tetapi banyak orang yang salah kaprah mengenai website sebagai toko online. Banyak yang berpikir bahwa setelah membuat website pasti akan banyak pembeli yang datang. Tentu saja tidak sesederhana itu. Banyak langkah yang mesti harus dilakukan untuk membuat website ramai. Oleh karena itu perlulah diketahui bahwa ada tips dan trik tersendiri dalam membangun website toko online.

peluang bisnis online website
peluang bisnis online website

Tips Berjualan Melalui Webiste

Setidaknya ada beberapa tips dan langkah yang harus dilakukan saat memulai bisnis online melalui website, diantaranya adalah :

  1. Buatlah nama domain website anda yang unik dan mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu nama tersebut harus merupakan representasi dari bisnis anda (Brand). Sebagai contoh sr12skincareaman.com, tokohadija.com, dan lain sebagainya.
  2. Belilah hosting dan domain dari penyedia hosting terpercaya. Banyak penyedia hosting dan domain yang berkualitas jika anda browsing di google.
  3. Jika anda kebingungan untuk membuat website sendiri maka anda bisa memakai jasa layanan pembuat website. Hal tersebut sama langkahnya. Pastikan penyedia website memiliki reputasi yang baik.
  4. Setelah itu pelajarilah berbagai teknik untuk menarik pengunjung ke website anda. Terdapat teknik organik seperti teknik SEO atau teknik berbayar seperti menggunakan FB ads, Adwords dan sebagainya. Jika tidak mampu melakukannya langsung juga terdapat jasa layanan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
  5. Jangan lupa share website anda di marketplace dan sosial media yang anda miliki.
  6. Linkkan url website anda dari sosial media dan marketplace untuk promosi sekaligus sebagai backlink yang menguatkan authority website anda.

Sebagai informasi membuat website sama dengan investasi. Tidak bisa dalam waktu yang singkat dalam mendatangkan pengunjung. Setidaknya anda akan menunggu selama beberapa bulan bahkan hingga 1 tahun untuk melihat trafik pengunjung yang signifikan setelah anda melaksanakan strategi di atas.

  1. Afiliasi

Bisnis online lainnya yang layak dicoba adalah bisnis afiliasi. Model bisnis online ini juga sering dikenal dengan istilah afiliate marketing. Secara sederhana bisnis ini adalah memasarkan ataupun mempromosikan produk orang lain melalui webiste yang kita pegang/miliki. Website juga biasanya disediakan dari manajemen produk yang bersangkutan. Biasanya produk pada afiliate marketing berbentuk digital seperti software, e-book. Namun tidak sedikit pula produk fisik yang diperjual belikan.

Mekanisme pada bisnis afiliasi ini cukup sederhana. Pertama, anda dapat mendaftar pada program afiliasi tersebut untuk menjualkan produk yang dipasarkan. Kedua, apabila anda diterima sebagai agen afiliasinya maka beberapa kasus anda akan diberikan link website tersendiri (biasanya berbentuk landing page) yang berisi spesifikasi produk, harga, hingga cara pembelian. Selain website anda juga akan diberikan kode kupon untuk diberikan kepada pelanggan sebagai penanda bahwa pembelian dilakukan melalui website anda. Ketiga, website yang anda terima dapat dipromosikan melalui beberapa platform maupun dengan cara offline. Keempat jika ada calon pelanggan yang akan membeli melalui referensi website anda maka arahkan untuk memasukkan kupon yang anda miliki. Kelima, dari akumulasi pembelian melalui referensi website anda maka anda akan memperoleh profit sharing sebagai komisi.

Keuntungan tersendiri dari program afiliate marketing adalah komisi yang diterima cukup besar terlebih jika anda dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin. Akan tetapi sejatinya teknik promosinya kurang lebih sama dengan tekik pemasaran melalui website pribadi. Anda juga dapat mengkombinasikan bisnis online anda melalui website dan juga website referensi afiliasi yang diikuti.

Penulis Online

Jika anda memiliki bakat menulis atau lebih senang melakukan bisnis online yang tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang maka menjadi penulis online merupakan pilihan yang tepat. Terdapat beberapa style atau gaya yang dapat anda pilih jika anda ingin menggeluti bisnis online ini. Dan masing-masingnya memiliki strategi tersendiri untuk mengembangkannya. Bebeapa diantaranya adalah sebagai blogger, penulis lepas, copywriter, dan juga penyusun E-Book.

  1. Blogger

Siapa sangka menjadi seorang blogger dapat menjadi usaha yang yang menjanjikan. Banyak orang awam yang mengira bahwa melakukan aktivitas blogging hanya sekedar menulis, share, banyak yang membaca tulisan dan selesai. Padahal aktivitas sebagai blogger dapat mendatangkan pundi-pundi uang yang bahkan bisa bisa menjadikan penghasilan utama.

Blog yang dibangun dapat bekerja sama dengan para advertiser atau pengiklan untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah melalui perantara Google Adsense. Pendapatan yang diperoleh dari satu blog mulai dari $10/bulan hingga ribuan dollar jika blog memiliki banyak pengunjung.

Mekanisme dari google adnsese ini cukup sederhana yaitu ketika konten blog anda menarik dan memiliki banyak pengunjung maka anda mendaftarkan blog ke google adnsese. Setelah diterima maka masukkan kode iklan ke dalam website anda kemudian iklan akan muncul di website. Dari sekian banyak pengunjung website pastilah ada beberapa yang melakukan Klik pada iklan. Pendapatan diperoleh dari jumlah klik pada iklan tersebut.

Pada intinya semakin banyak pengunjung website maka semakin banyak pula penghasilan yang diterima. Fokus anda hanya pada pengembangan konten agar menarik di baca ditambah dengan teknik SEO atau Search engine Optimization dengan mengincar kata kunci dengan volume terbanyak. Riset kata kunci dapat dicari melalui tools pencarian kata kunci seperti Google keyword planer, ubbersuggest, dan sejenisnya.

Selain itu untuk melihat trafik website anda sebagai evaluasi maka dapat melalui histats.com, google analytic dan google webmaster.

Jika banyak pengunjung yang masuk ke website anda bukan hanya penghasilan dari iklan google adsense saja namun biasanya banyak tawaran dari luar untuk memasang iklan atau jual beli. Sebagai contoh pada website bertemakan hewan peliharaan (kucing, anjing, burung, dll) biasanya terdapat supllier pakan/kandang/obat hewan yang menawarkan atau membeli produk kepada anda.

Strategi Menjadi Seorang Blogger

Namun jika anda kesulitan untuk mengembangkan konten atau anda bukan penulis namun ingin menjadi seorang blogger maka solusinya adalah dengan menggunakan jasa penulis lepas. Caranya cukup mudah anda hanya menyerahkan kata kunci sebagai landasan konten tersebut dan jumlah kata yang diinginkan dalam 1 artikel kemudian lakukan pemesanan pada penulis lepas.

Perlu diingat menjadi seorang blogger adalah berbicara tentang kesabaran. Berbeda dengan bisnis online jual beli yang langsung mendapatkan hasil. Trafik signifikan pada blog setelah melakukan teknik SEO dengan baik biasanya terlihat dalam waktu 4 – 5 bulan.

  1. Penulis Lepas

Selain menjadi seorang blogger, terdapat satu bisnis online dengan basis menulis yang juga sangat populer bahkan di seluruh dunia. Bisnis tersebut adalah sebagai penulis lepas atau dikenal sebagai freelancer writer. Anda pasti tahu bahwa banyak situs di seluruh dunia memerlukan konten untuk mengisi dan mengembangkan website mereka. Apakah mereka seorang blogger atau perusahaan pastilah memerlukan artikel. Disinilah peranan dari penulis lepas tersebut.

bisnis online terbaik
bisnis online terbaik

Penulis lepas akan membuat artikel yang nyaman dibaca, informatif, berkualitas dan juga SEO friendly. Artikel bisa berbentuk informasi produk, berita, narasi cerita, tips, langkah-langkah, resep, pengetahuan dan lain sebagainya.

Harga yang dibandrol oleh penulis lepas tentu saja berbeda-beda dari pengalaman dan reputasinya. Bagi penulis yang belum memiliki nama pasti lebih kecil dibandingkan penulis yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi. Penulis pemula biasanya memiliki tarif Rp 15.000 per 500 kata untuk artikel berbahasa Indonesia. Sedangkan untuk artikel berbahasa inggris mencapai Rp 22.500 per 500 kata.

Bagi penulis bereputasi tentu saja tarif yang dikenakan jauh lebih tinggi. Sebagai contoh terdapat artikel berbahasa inggris yang membandrol harga Rp 9.000 untuk 100 kata atau Rp 90.000/1000 kata. Penulis seperti ini biasanya di gunakan oleh media besar maupun portal berita.

Bagi anda yang menginginkan penghasilan lebih cepat dibandingkan dengan blogging yang memiliki waktu yang lama maka profesi sebagai penulis lepas dapat menjadi pilihan anda. Lebih baik bisnis online jenis ini dilakukan secara bersama-sama atau terdapat beberapa penulis dalam satu manajemen. Hal ini untuk memudahkan dalam pembagian kerja saat pesanan artikel sedang membludak.

  1. Copywriter

Hampir sama dengan penulis lepas. Copywriter lebih fokus pada pembuatan kata-kata bernada iklan. Tugas opywriter adalah membuat kata-kata yang menarik dan digunakan sebagai iklan oleh perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Contohnya adalah iklan-iklan yang tersebar di media online adalah kata-kata yang disusun oleh copywriter. Iklan tersebut dapat berupa iklan singkat ataupun iklan yang terdapat di webiste atau landingpage.

Tentu saja terjun di dunia seperti ini memerlukan kreatifitas dan pengalaman yang tinggi. Ilmu hypnowriting dan sejenisnya wajib  dikuasai agar menghasilkan kata-kata yang berkualitas dan menarik para calon pelanggan. Pada intinya keberhasilan dari copywriter adalah ratio orang yang membeli setelah membaca iklan tersebut dibandingkan dengan pengunjung suatu website.

Oleh karena itu copywriter memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penulis lepas. Hal ini sebanding pula dengan harga yang diberikan. Bahkan untuk pemula biasa merapup penghasilan hingga puluhan juta per bulan.

  1. Penerjemah

Jika anda seorang ahli bahasa asing maka menjalani bisnis online sebagai penerjemah dapat menjadi pilihan yang sesuai. Saat ini banyak sekali website yang membuka tawaran bagi penerjemah lepas untuk membantunya mengerjakan sebuah dokumen ataupun surat. Biasanya perusahaan-perusahaan besar melalui situs seperti freelancer.com, upwork, fevver.com, sibulancer.com dan sejenisnya menginginkan penerjemah atas dokumen, surat, teks, proposal, naskah dan sebagainya. Sistem yang dijalankan juga bukan merupakan sistem full-time akan tetapi per project. Oleh karena itu profesi yang menjalani bisnis online ini disebut dengan penerjemah lepas.

  1. Penyusunan E-Book

Keahlian menulis anda cenderung untuk dibukukan ? Maka tidak ada salahnya anda mencoba peruntungan dengan menulis e-book atau elektronik book. Bisnis online tanpa modal ini bisa anda mulai kapan saja dengan mekanisme yang lebih mudah daripada ketika anda menerbitkan buku secara offline.

Untuk situs internasional yang sesuai dengan kemampuan seperti ini dan dipakai untuk menjual e-book adalah Kindle Direct Publishing (KDP) dari amazon (kdp.amazon.com). Topik yang menjadi bahasan sangat luas baik fiksi maupun non-fiksi. E-Book yang dijual di situs KDP tadi biasanya ada pada kisaran $2,99 hingga $3,5 per 5.000 kata. Sistem yang diterapkan pada penulis e-book adalah sistem komisi dimana setiap penjualan, penulis akan memperoleh royalti. Royalti yang diterima pada umumnya sebesar 35% atau sekitar $1,05 per buku yang terjual. Salah satu penulis yang sukses melalui situs ini adalah Spencer Haws yang berasal dari Niche Pursuits dengan penghasilan Rp 15 juta perbulan.

Bagi penulis lokal terdapat situs yang populer untuk menyalurkan hobi ini. Situs tersebut adalah nulisbuku.com. Situs ini merupakan wadah bagi anda semua yang ingin mengirimkan naskah hingga menerbitkan buku untuk dicetak bila ada pesanan. Aspek penting bagi anda yang terjun ke dunia ini adalah jadikan menulis sebagai hobi terlebih dahulu. Berkaryalah sekreatif mungkin maka nanti uang akan datang dengan sendirinya.

 

Teknologi Informasi

Bisnis online adalah melakukan bisnis yang tidak jauh kaitannya dengan teknologi informasi. Bagi anda semua yang memiliki kemampuan di bidang ini maka terdapat kategori tersendiri dalam menjalankan bisnis online sesuai dengan passion anda. Beberapa diantaranya adalah sebagai game, plug-in, theme builder, penjual domain, dan juga influencer.

  1. Software/Game Builder

Anda menyukai bahasa pemrograman ? Ahli dalam coding ? sudah saatnya anda menciptakan kreasi sendiri dalam membuat software atau game yang dapat dimainkan semua orang. Terdapat berbagai layanan seperti Saas (software as a service) dan sejenisnya dimana software berbasis website yang dijual dengan cara berlangganan terlebih dahulu.

Lebih praktis dari itu dimana merebaknya pengguna smartphone yang menyediakan layanan playstore maka anda juga dapat membuat game untuk diupload dan didownload oleh para pengguna lainnya. Hasil dari jumlah download tersebut nantinya akan dikalikan dengan kurs yang ditetapkan. Sehingga hal ini juga dapat menjadi pasif income bagi anda.

  1. Domain Seller

Kegunaan domain biasanya dipakai oleh para blogger atau perusahaan sebagai brand usahanya. Oleh karena itu nama domain harus unik, mudah diingat dan berpotensi mendatangkan trafik di masa mendatang. Melihat kondisi tersebut dapat menjadi peluang bisnis online tersendiri yaitu dengan cara menjual domain dengan nama yang unik dan sesuai dengan SEO. Seperti halnya beberapa situs yang melakukan jual beli domain seperti ads.id atau forumdigitalpoint.com, jenis bisnis online ini sudah biasa dilakukan.

Paling tidak langkah yang terpenting dari bisnis ini adalah mencari ide dan nama domain unik dan memiliki prospek baik kedepannya. Kumpulkan sebanyak mungkin dan kategorikan sesuai dengan jenisnya. Kemudian pasarkan nama-nama domain tersebut melalui situs jual beli domain atau website pribadi. Biasanya nama domain yang bagus bisa menyentuh harga yang cukup tinggi. Di luar negeri domain dengan potensi yang baik bisa dibandrol dengan harga $500 hingga ratusan ribu dollar.

Penjual domain juga selain fokus pada nama domain untuk usaha seringkali memburu nama-nama domain untuk kepentingan politik. Sebagai contoh ketika musim pemilihan umum baik kepala negara maupun kepala daerah maka kolektor domain dapat membeli domain dengan nama caleg, cabup, cagub, bahkan capres. Bahkan untuk harga jual domain tersebut bisa mencapai milyaran rupiah.  

  1. Influencer

Menjadi terkenal saat ini tergolong lebih mudah. Terlebih dengan bantuan teknologi melalui sosial media. Banyak orang yang dahulunya buka siapa-siapa kini bisa menjadi terkenal dan dengan mudah memperoleh uang baik dari iklan adsense, endorsement, brand ambassador maupun acara-acara talkshow. Orang-orang seperti ini biasanya disebut dengan influencer.

cara bisnis online
cara bisnis online

Influencer mencoba memanfaatkan sosial media untuk berbagi konten kreatif sehingga banyak yang tertarik dan memfollow atau subscribe akun/channel yang mereka miliki. Banyaknya pengikut membuat semakin besar dan mudah menyampaikan informasi baik konten mereka sendiri atau promosi produk. Saat ini menjadi influencer sudah menjadi cita-cita para generasi muda dan menjadi bisnis online terbaru saat ini. Sosial media yang biasa digunakan adalah youtube dan instagram. Oleh karena itu influencer yang memakai kedua media ini disebut dengan youtuber dan selebgram.

Sebagai contoh youtuber-youtuber sukses yang saat ini menjadi perbincangan generasi muda adalah bayu skak, gen halilintar, ria ricis, kevin hendrawan, chandraliouw dan masih banyak lagi. Mereka mencoba untuk membuat konten sekreatif mungkin mulai dari kegiatan sehari-hari, tempat wisata, review sesuatu, social reaction dll. Melalui hal tersebut banyak orang di dunia maya yang tertarik dan mensubsribe channel youtube mereka. Hal ini senada dengan menjadi selebgram. Anda harus membuat konten yang menarik sehingga mampu dinikmati oleh para follower. Selain menjadi personal branding juga dapat menghasilkan uang dari aktivitas tersebut.

Tips menjadi seorang youtuber

Bagaimana youtuber menghasilkan uang ? Hal yang paling sederhana adalah mengaitkan channel mereka dengan Google Adsense sehingga banyak iklan yang masuk. Jika anda berminat menjalankan bisnis online jenis ini berikut tips-tipsnya :

  1. pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun/channel youtube kemudian isi dengan konten video yang menarik. Konten dapat berupa tips, kegiatan sehari-hari, reviwe (tempat, alat, kendaraan, makanan, dll), komedi, tuutorial, dll
  2. Konten Jangan lupa untuk menshare setiap video yang anda posting ke sosial media yang lain untuk meningkatkan penonton.
  3. Jika anda sudah memiliki pengunjung sesuai dengan jumlah minimal pendaftaran Adsense maka segera daftarkan akun youtube anda ke Google Adsense seperti langkah saat penjelasan terkait blogger sebelumnya.

Menjadi seorang influencer memang tergolong sesuatu yang mengasyikan dan dapat dijadikan pilihan. Namun semua itu perlu ketekunan dan konsistensi dalam membuat konten yang berkualitas. Seperti halnya Atta Halilintar seorang youtuber sukses yang menceritakan bahwa dia baru menuai hasil dari youtube yang dia bangun adalah setelah 1 tahun dari mulai terjun ke bidang tersebut.

  1. Plug-in/Theme Builder

Bagi para website builder dan blogger plug-in dan template yang supportif menjadi kebutuhan yang tidak bisa terelakkan. Perlu diketahui bahwa saat ini sudah ada setidaknya lebih dari 74 juta website berbasis wordpress dimana terdapat 29.000 plugin wordpress yang bertambah terus menerus. Namun perlu diketahui tidak semua user puas dengan plugin ataupun template gratis yang disediakan oleh wordpress. Mereka menginginkan plugin/tempate yang responsif dan SEO friendly. Tentunya hal ini menjadi peluang yang sangat luar biasa bagi para programer untuk menjalankan bisnis online ini.

Sebagai contoh salah satu bisnis online berbasis plug in dan tempate berbayar tersedia di situs codecanyon.net (plugin) dan themeforest.net (Template). Harga untuk satu kali penjualan template bisa mencapai puluhan dollar. Bayangkan jika terjual hingga ratusan bahkan ribuan. Tentunya ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan penghasilan yang sangat fantastis.

Pelayanan

Bisnis online tidak hanya permasalahan jual beli produk dan programing saja. Pelayanan jasa juga sangat memberikan peluang besar di dunia bisnis online. Layanan jasa yang dapat ditawarkan tidak hanya yang berbasi offline seperti promosi jasa umroh, service rumah, dll. Namun yang benar-benar memberikan jasa pada usaha yang dijalankan secara virtual. Beberapa diantaranya adalah jasa pembuatan website, jasa SEO, jasa pemasaran online, dan konsultan.

  1. Jasa Pembuatan/Pengelolaan Website

Jika tadi kita sudah mengenal mengenai bisnis online jual beli domain dan website untuk toko online. Maka terdapat peluang yang bisa diambil dengan memberikan jasa pembuatan dan pengelolaan website. Anda bisa mempromosikan diri sebagai website builder dengan memberikan spesifikasi dan paket tersendiri tergantung tingkat kerumitan tampilan website. Target market dari layanan ini biasanya para pengusaha UMKN maupun perusahaan besar. Selain itu juga para politikus dan public figure yang ingin melakukan personal branding melalui website.

Jasa ini tergolong cukup menguntungkan karena biasanya penyedia jasa hanya memberikan domain beserta akun untuk mengelola secara pribadi saja. Sedangkan untuk hosting tetap dari penyedia layanan yang memegang. Sehingga keuntungan diperoleh dari pembuatan dan pengelolaan website kemudian dari harga jual domain itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa sebaiknya jasa pembuatan dan pengelolaan website tidak hanya fokus pada tampilan saja namun juga saling terintegrasi dengan teknik SEO maupun teknik promosi berbayar lainnya. Hal ini untuk meningkatkan kredibilitas diantara para pemberi jasa layanan pengelolaan website.

  1. Jasa SEO

Sebagai seorang blogger atau pemilik website perusahaan yang memasarkan produk pastilah mencapai page one Google adalah sebuah tujuan utama. Hal tersebut akan selaras dengan jumlah pengunjung ke setiap website yang nantinya akan dikonversi ke jumlah klik pada iklan maupun closing penjualan. Oleh karena itu teknik SEO sangat diperlukan dalam hal ini. Mekanisme dari SEO ini sendiri adalah membuat suatu website/blog agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari (Google).

bisnis online seo
bisnis online seo

Melihat kondisi tersebut tentunya menjadi peluang tersendiri untuk menyediakan layanan jasa SEO. Bisnis online seperti ini tentunya memiliki target pasar yang sangat spesifik dan dapat dipastikan termasuk menengah ke atas.

Hal yang perlu dikuasai dari penyedia jasa SEO ini cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah

  1. Teknik riset keyword,
  2. Content marketing,
  3. Mengoptimasi struktur website dan mapping website,
  4. Memonitor dan memberi backlink yang berkualitas,
  5. Menganalisa data pengunjung,
  6. Evaluasi holistik dan seluruh hal yang berkaitan dengan SEO On Page dan Off Page.

Bagi anda yang masih awam akan hal ini tentu saja menjadi kendala tersendiri untuk memulainya. Namun saat ini pembelajaran mengenai SEO secara online sudah banyak tersedia dimana-mana.

  1. Jasa Pemasaran Online

Ketika anda sudah ahli dalam hal jual beli online melalui media sosial, marketplace, maupun website maka anda bisa merambah ke bisnis online baru yaitu memberi jasa pemasaran online. Anda memberikan layanan bantuan kinerja pemasaran kepada para pengusaha yang masih awam di dunia bisnis online. Rate harga bisa anda tentukan sendiri disesuaikan dengan tingkat kerumitan dan cakupan yang akan dijalankan. Atau selain itu anda bisa menerima bayaran dari sekian persen marjin penjualan produk yang dipromosikan.

Belum banyak orang yang terjun ke dalam bisnis online jenis ini. Terlebih bila anda sudah berpengalaman dan memiliki personal branding yang baik. Maka ini dapat menjadi peluang usaha yang benar-benar menjanjikan.

  1. Konsultan

Menjadi seorang bloger tentu saja memiliki peluang besar lainnya. Salah satunya adalah menjadi konsultan. Sebagai contoh ketika anda memiliki pengetahuan mengenai keuangan dan anda membangun blog dengan konten yang berkaitan dengan keuangan, ekonomi, pengelolaan usaha, investasi dan sejenisnya. Maka dengan mencantumkan profil anda maupun alamat email yang bisa dihubungi pasti akan membuka peluang baru dari berbagai pengunjung untuk meminta jasa anda terkait dengan keuangan.

Akan banyak yang meminta saran, bertanya, dan berkonsultasi sesuai dengan topik bahasan. Tinggal bagaimana anda mengaturnya saja apakah topik umum gratis dan hal yang spesifik dan berkesinambungan dikenai tarif dan sebagainya.

Hal ini berlaku pula pada topik-topik bahasan lainnya seperti bangunan, hewan peliharaan, hukum, kesehatan, teknologi informasi dan lain sebagainya. Tentu saja menjadi konsultan bukan pekerjaan main-main. Anda harus memiliki kompetensi yang sesuai untuk menekuni bidang ini dan juga menjadikan hal ini sebagai kredibilitas pribadi. Jika mampu memanfaatkannya tentu bisnis online jenis ini dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online tidaklah sulit. Bahkan kini banyak ditemukan memulai bisnis online yang bisa dicoba tanpa memerlukan modal. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang berminat untuk memulai bisnis online:

  1. Tentukan Spesifikasi Bisnis

Hal pertama yang perlu dipikirkan ketika hendak memulai bisnis online adalah menentukan spesifikasi bisnis. Tentukan produk atau jasa apa yang hendak Anda jual, dan perhatikan dengan baik target pasar yang dituju. Penentuan spesifikasi bisnis ini tentunya juga ditentukan oleh modal yang dimiliki. Jika sekiranya sangat minim, anda bisa mencoba bisnis Online tanpa modal, biasanya berlangsung dengan sistem reseller.

Ketika menentukan barang apa yang hendak dijual, Anda juga sebaiknya cermat mengamati selera pasar. Juallah barang barang yang dibutuhkan banyak orang dan tidak musiman, sehingga pelanggan dapat datang setiap waktu. Contoh barang dagangan yang senantiasa diburu adalah pakaian dan makanan.

  1. Tentukan Rekanan

Setelah menenetukan barang atau jasa apa yang hendak dijual, kini waktunya menentukan rekanan. Untuk bisa menjalankan bisnis online terpercaya maka Anda perlu mencari rekanan yang terpercaya pula. Rekanan yang dimaksud adalah mereka yang turut terlibat dalam bisnis Anda, misalnya supplier barang atau agen tempat Anda bernaung menjadi reseller.

Memilih rekanan di era digital ini tidaklah sulit. Saat ini hampir semua rekam jejak bisa ditemukan dengan jelas. Sebelum memilih orang atau perusahaan untuk menjadi rekanan usaha Anda, cobalah cari tahu dahulu rekam jejaknya. Rekanan yang baik akan membantu bisnis Anda berkembang dengan lebih cepat dan pesat.

  1. Tentukan Strategi Dagang

Hal lain yang tak kalah penting dalam menjankan bisnis online adalah strategi dagang. Pertama, perhatikan dulu media penjualan yang paling menjanjikan bagi produk Anda. Bisnis online shop bisa dijalankan menggunakan website sendiri, media sosial atau bergabung di situs jual beli berbasis aplikasi. Jika memungkinkan Anda juga bisa memanfaatkan semuanya.

Setelah memilih media yang tepat, pikirkan juga cara menggaet pelanggan. Hal ini perlu dipertimbangkan masak masak terutama apabila barang yang dijual bersifat umum dan memiliki banyak pesaing. Untuk mendapat perhatian khalayak, Anda bisa memulainya dengan memberikan promo menarik atau memakai jasa endosre buzzer di media sosial.

Ketiga hal di atas perlu dipertimbangkan dengan seksama ketika belajar bisnis online agar bisnis online Anda benar benar bisa menjadi usaha yang menghasilkan, bukan usaha yang hanya tampak berapi api di awal namun tidak dapat bertahan lama. Dengan banyaknya media promosi gratis di era digital ini tentu amat disayangkan jika sebuah bisnis berbasis online tak dapat berkembang dengan optimal.

Cara Membuat Bisnis Online Berkembang Pesat

cara bisnis online yang dijalankan setiap orang tentunya berbeda beda. Semua upaya tentunya dijalankan untuk menciptakan bisnis online terbaik. Setelah mempersiapkan diri untuk memulai bisnis online, kini saatnya memikirkan agar bisnis tersebut dapat berkembang dengan pesat. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda:

  1. Tentukan Target

Bisnis online bisa jadi hanya usaha sampingan di luar pekerjaan utama yang anda miliki. Namun bukan berarti Anda tak perlu menentukan target. Tentukan target masuk akal mengenai keuntungan yang harus Anda dapatkan dari bisnis tersebut setiap bulannya. Target dapat membuat anda semangat menjalankan bisnis.

  1. Gencarkan Promosi

Promosi yang baik tentunya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Manfaatkan semua lini yang memungkinkan untuk melakukan promosi. Sebaiknya sediakan budget khusus untuk memasang iklan, baik iklan resmi dari platform (misalnya iklan di instagram atau facebook) maupun iklan endorse para buzzer di sosial media. Kenalkan juga bisnis Anda pada orang orang terdekat, misalnya melalu grup keluarga atau grup pertemanan yang ada di berbagai media sosial.

  1. Kelola Secara Profesional

Pengelolaan secara profesional sangat diperlukan untuk membuat bisnis onlie Anda berkembang pesat. Pengelolaan profesional yang dimaksud mencakup profesional dalam melayani pelanggan hingga pembukuan keuangan. Dua hal ini kadang disepelekan karena bisnis online adalah bisnis dimana kita dapat mengatur semuanya sendiri. Mindset seperti itu harus segera dihilangkan.

Dalam hal pelayanan pelanggan sebaiknya Anda menentukan jam operasional online shop Anda. Jam tersebut adalah jam di mana Anda dapat melayani setiap transaksi secar fast response. Pelayanan yang prima selalu menjadi salah satu penilaian penting di mata pelanggan. Jika merasa dilayani dengan kurang baik biasanya orang akan enggan berbelanja kembali di online shop yang sama. Sementara untuk pengelolaan keuangan, anda perlu menyiapkan pembukuan khusus. Catat semua uang masuk dan keluar agar perkembangan bisnis dapat termonitor dengan baik.

  1. Berani Berekspansi

Jika bisnis sudah mulai kelihatan berkembang dengan stabil, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi atau perluasan bisnis. Perluasan bisa dimulai dengan menambah produk yang dijual. Atau bisa juga dengan merekrut admin dan reseller di bawah Anda. Keberadaan reseleer akan sangat berguna untuk menambah pelanggan karena mereka juga akan gencar melakukan promosi dengan caranya sendiri.  Perluasan juga bisa dilakukan dengan merambah platform lain. Jika sebelumnya hanya berjualan di media sosial, maka Anda bisa mencoba membuka lapak di aplikasi jual beli online atau bahkan membuat website sendiri.

Sebagaimana bisnis lain, bisnis online tentunya tak terbebas dari resiko. Selalu ada resiko penipuan atau pelanggan menyebalkan yang akan Anda temukan. Jika Anda menginginkan peluang bisnis yang rendah resiko, Anda bisa mencoba bergabung menjadi agen resmi dari berbagai lembaga bisnis online terbaru yang saat ini sudah cukup menjamur.

Selama bisnis dimulai dengan persiapan yang matang dan dikelola dengan optimal, Anda patut merasa optimis bahwa bisnis Anda dapat berkembang. Jalani dengan tekun dan konsisten karena tak ada kesuksesan yang bisa diraih secara instan.

Jika anda serius ingin menjalankan bisnis online maka tanyakan pada ahlinya. Saat ini banyak sekali pakar-pakar yang membagi tips dan trik menjalankan bisnis online sesuai dengan platformnya di sosial media mereka secara gratis. Selain itu terdapat pula workshop-workshop yang mengulas teknis menjalankan bisnis online yang sedang up to date.

Sumber Gambar :

sr12skincareaman.com

masterseo.id

youtube.com//watch?v=LA389kG-FHI

letsintern.com

internetworldstats.com

pintarnulis.com