Daftar Harga Bibit Ikan Nila Per Ekor di Pasaran Terbaru

6 min read

bibit ikan nila

Budidaya ikan merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan apalagi di Indonesia. Keanekaragaman ikan yang ada serta permintaan pasar akan ikan yang besar tentu menjadi modal tersendiri yang telah diberikan oleh alam. Salah satu budidaya yang cukup populer di Indonesia adalah budidaya ikan nila. Agar budidaya ikan nila sukses tentu harus menggunakan bibit ikan nila berkualitas.

Dalam menjalankan budidaya ikan nila tentu tidak mudah. Harus disertai dengan tekad yang kuat dan kesabaran. Selain itu pengetahuan akan seluk beluk ikan nila dan juga jaringan relasi yang luas juga menjadi salah satu hal yang penting untuk kesuksesan budidaya ikan nila. Dengan begitu budidaya ikan nila Anda dapat berjalan dan memiliki potensi keuntungan yang maksimal.

Oleh karena itu pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas secara lengkap mengenai bibit ikan nila. Termasuk diantaranya pembahasan berbagai jenis nila, ciri bibit ikan nila berkualitas dan juga daftar harga ikan nila di pasaran. Untuk lebih lengkapnya simaklah pembahasan berikut ini :

Macam-Macam Jenis Ikan Nila

  1. Nila Sila Best

Ikan nila yang pertama adalah ikan nila BEST. Ikan nila ini merupakan ikan nila yang memiliki kualitas unggul dibandingkan dengan nila lokal. Nila BEST memiliki ketahanan terhadap berbagai macam penyakit baik yang disebabkan oleh parasit ataupun non parasit. Selain itu ikan nila BEST ini memiliki waktu panen yang cukup singkat yaitu dapat dipanen setiap 4 bulan sekali.

  1. Nila Srikandi

ikan nila srikandi
gambar ikan nila srikandi | source : bibitikan.net

Berikutnya adalah ikan nila srikandi. Ikan srikandi ini awal mulanya dikembangkan oleh BPPI hingga pada akhirnya resmi diperkenalkan secara luas pada tahun 2012. Nila srikandi ini juga merupakan ikan nila yang memiliki berbagai macam keunggulan. Salah satu keunggulan dari ikan nila srikandi ini adalah ikan nila jenis ini dapat dikembangbiakkan baik di air payau ataupun perairan tawar.

  1. Nila Gesit

ikan nila gesit
gambar ikan nila gesit | source : fishnilagesit-bekasi.blogspot.com

Jenis nila selanjutnya yaitu ikan nila GESIT. Ikan nila ini adalah salah satu ikan yang cukup banyak dipelihara baik untuk konsumsi sendiri ataupun untuk dipasarkan secara besar. Selain itu permintaan yang tinggi akan nila gesit ini membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya. Nila GESIT ini dapat mencapai berat maksimal mencapai 500 gram hanya dalam waktu 6 bulan budidaya.

  1. Nila Larasati

ikan nila larasati
gambar ikan nila larasati | source : mahmudsmadawangi.blogspot.com

Ikan nila berikutnya adalah ikan nila larasati. Jenis ikan nila ini adalah hasil dari persilangan yang dilakukan antara ikan nila hitam dengan ikan nila merah. Ikan ini memiliki berbagai keunggulan dengan nila lokal tentunya. Salah satu keunggulan dari ikan nila larasati ini adalah masa waktu perkembangbiakan ikan ini terjadi dalam waktu singkat saja.

Ciri Bibit Ikan Nila Berkualitas

1. Didapatkan Dari Penjual Bibit Ternama

Penjual bibit ternama tentu sudah banyak sekali melayani dan bekerja sama dengan berbagai orang. Dengan banyak orang yang membeli bibit pada penjual yang ternama tentu sudah teruji juga kualitas dari bibit yang dijualnya. Biasanya pembibit ternama dan terpercaya sudah menerapkan dan menguasai ilmu dalam bidang pembenihan dan juga sistem dalam memproduksi bibit yang baik dan benar.

2. Kondisi Fisik Sehat Tidak Cacat

Untuk menentukan bibit ikan itu berkualitas atau tidak dapat dilihat kasat mata pada bagian fisik bibit. Ciri dari bibit yang berkualitas adalah tidak terdapatnya cacat fisik baik pada tubuh ataupun sirip bibit ikan. Selain itu ciri lain dari bibit yang berkualitas adalah dilihat dari pergerakan benih yang aktif bergerak serta memiliki respons yang cepat apabila diberikan rangsangan seperti diberi pakan dan sebagainya.

Kualitas dari bibit ikan tentu sangat menentukan dalam kesuksesan pada saat panen. Dengan menggunakan bibit ikan yang secara fisik sehat tentu akan membuat pertumbuhan dari ikan nila akan menjadi baik dan lancar. Ikan menjadi terhindar dari segala macam penyakit dan lebih tahan terhadap lingkungan kolam.

3. Memiliki Ukuran Sama

Ciri bibit nila yang baik untuk dibudidayakan berikutnya adalah memiliki ukuran yang hampir sama ataupun ukurannya seragam. Dengan ukuran bibit yang seragam akan membuat pemberian pakan ikan nila dapat efektif karena biasanya ikan yang memiliki ukuran yang lebih kecil akan tertindas dengan ikan yang memiliki ukuran lebih besar sehingga dapat mengganggu pertumbuhan ikan nila.

Ukuran benih yang tidak sama akan membuat proses pembesaran ikan nila menjadi tidak maksimal. Karena kecenderungan ikan nila dengan ukuran yang besar akan menindas ikan nila yang berukuran lebih kecil. Hal itu tentu dapat membuat ikan yang berukuran kecil menjadi stres atau bahkan mati. Tentu hal tersebut dapat membuat kualitas panen ikan nila tidak maksimal.

4.Respons Cepat Terhadap Rangsangan

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa salah satu ciri bibit ikan yang baik adalah cepat dalam merespons rangsangan. Rangsangan tersebut salah satunya adalah dalam pemberian pakan. Kecepatan bibit merespons pakan merupakan salah satu indikasi bahwa bibit ikan tersebut memiliki kondisi kesehatan dan fisik yang bagus untuk dibudidayakan.

5.Bebas Dari Penyakit

Ciri bibit yang baik berikutnya adalah terbebas dari berbagai macam penyakit. Penyakit yang menyerang ikan nila pada umumnya adalah berasal dari organisme seperti bakteri, jamur, parasit, dan juga virus. Bibit yang mengalami atau terserang berbagai macam penyakit tersebut tentu tidak akan dapat tumbuh dengan baik ketika dilakukan pembesaran ikan nila.

6.Memenuhi Standar

Ciri yang terakhir adalah bibit ikan memenuhi standar kualitatif dan juga kuantitatif. Kriteria kuantitatif meliputi data umur, keseragaman ukuran, bobot minimal, kelincahan, respons terhadap rangsangan dari arus air. sedangkan kriteria kualitatif meliputi asal bibit berdasarkan dari pengamatan secara visual. Bibit kualitas baik tentunya juga berasal dari indukan yang baik pula.

Harga Bibit Ikan Nila Secara Umum

Sebelum memulai usaha atau bisnis budidaya ikan nila tentu harus memikirkan beberapa hal penting. Salah satu hal yang paling penting tentu dalam hal penyusunan anggaran baik itu tentang biaya media budidaya, perawatan, alat budidaya, dan yang terpenting adalah alokasi biaya untuk pembelian bibit. Untuk dapat merencanakan anggaran bibit tentu diperlukan pemantauan pada perkembangan harga bibit.

Ukuran

Isi (ekor)

harga

2-3 cm 8000 Rp 1.250.000
3-4 cm 6000 Rp 1.250.000
3-5 cm 5000 Rp 1.300.000
4-6 cm 4000 Rp 1.300.000
5-7 cm 3000 Rp 1.350.000

Tabel di atas merupakan salah satu gambaran dari harga bibit ikan nila per ekor di pasaran yang terbaru. Namun harga tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi permintaan dan juga persediaan dari bibit nila di daerah tertentu. Apabila di suatu daerah tersebut tidak terdapat pembudidaya ikan nila tentu akan membuat harga bibit semakin mahal karena harus mengirim dari daerah lain.

Sebagai contoh, misalkan di daerah Jambi permintaan akan ikan nila begitu banyak sedangkan pembudidaya dan juga peternak ikan nila di Jambi masih tergolong sedikit. Hal itu tentu membuat permintaan masyarakat akan ikan nila ini tidak dapat dipenuhi sehingga pemerintah daerah harus mengambil ikan dari daerah lain yang tentunya membutuhkan biaya tambahan untuk transfer ikan nila.

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Nila Konsumsi Per Kilo 

 

Harga Bibit Ikan Nila Merah

bibit ikan nila merah
bibit ikan nila merah

Seperti diketahui bahwa jenis ikan nila ada banyak sekali. Salah satu yang cukup populer di Indonesia adalah jenis ikan nila merah. Ikan nila merah di Indonesia memiliki permintaan yang cukup tinggi karena ikan ini memiliki rasa daging ikan yang nikmat dan juga gurih. Sehingga banyak pembudidaya tertarik untuk beternak ikan nila merah. Berikut ini adalah harga dari bibit ikan nila merah di pasaran.

Ukuran/jenis

Harga per ekor

Isi box

LARVA 35 20.000 ekor/Box
1-2 cm 50 8000 ekor/Box (4000 ekor/kantong)
2-3 cm 80 5000 ekor/Box (1000 ekor/kantong)
3-5 cm 150 2500 ekor/box (500 ekor/box)
4-7 cm 350 1000 ekor/box (500 ekor/kantong)

Tabel di atas merupakan tabel harga jual bibit ikan nila berbagai macam ukuran serta larva. Harga tersebut tentu berbeda-beda tiap daerahnya tergantung dengan ketersediaan stok bibitnya. Sementara itu untuk calon indukan nila merah yang memiliki berat atau bobot sekitar 100 gram memiliki harga di pasaran sekitar 15 ribu rupiah per ekornya.

Dengan melihat harga ikan nila dari tabel di atas dapat menjadi gambaran untuk orang yang ingin memulai budidaya ikan nila merah. Salah satu kesuksesan dari budidaya ikan adalah dengan melakukan efisiensi anggaran. Gambaran harga dari bibit nila merah tersebut dapat menjadi dasar Anda dalam mengalokasikan anggaran budidaya terutama dalam hal pembelian bibit atau benih ikan nila merah.

Harga Jual Bibit Ikan Nila Gesit

Selain ikan nila merah, ikan nila gesit juga merupakan salah satu ikan nila yang cukup laris di pasar ikan Indonesia. Hal itu tentu karena berbagai keunggulan serta harga dari ikan nila gesit ini yang terbilang terjangkau. Berikut ini adalah gambaran harga berbagai macam ukuran bibit dari 1 cm hingga larva yang ada di pasaran saat ini.

Ukuran/jenis

Harga per ekor

Isi box

LARVA 15 20.000 ekor/Box
1-2 cm 35 8000 ekor/Box (4000 ekor/kantong)
2-3 cm 55 5000 ekor/Box (1000 ekor/kantong)
3-5 cm 95 2500 ekor/box (500 ekor/box)
4-7 cm 250 1000 ekor/box (500 ekor/kantong)

Sementara itu apabila Anda menginginkan untuk langsung membeli calon indukan nila gesit juga bisa. Untuk indukan ikan nila gesit tentu harganya juga berbeda tiap daerahnya. Secara umum untuk harga calon indukan ikan nila gesit memiliki harga sekitar 30.000 rupiah setiap ekornya dengan setiap satu box berisi 40 ekor calon indukan ikan nila gesit.

Dengan melihat tabel tentang harga bibit nila gesit di atas tentu dapat menjadi gambaran bagi Anda yang ingin memulai budidaya ikan nila gesit ini. Anggaran pengeluaran sebagai modal menjadi dapat terukur sehingga Anda dapat menyesuaikan modal Anda dengan jenis bibit mana yang akan dibeli. Dengan permintaan yang masih cukup tinggi, tentu budidaya nila gesit ini masih tergolong sangat menjanjikan.

Harga Bibit Nila Hitam

ikan nila hitam
ikan nila hitam | source : tokopedia

Ikan nila hitam juga merupakan salah satu ikan nila yang sering dibudidayakan di Indonesia. Hal itu tentu karena kemudahan dalam menemukan bibit ikan ini di sekitar kita seperti di toko ikan ataupun peternak ikan nila langsung. Oleh karena itu budidaya ikan ini lumayan diminati oleh banyak orang. Berikut ini merupakan harga bibit nila hitam terbaru.

Ukuran

Jumlah bibit

Harga

2-3 cm 8.000 ekor Rp 1.150.000
3-4 cm 6.000 ekor Rp 1.150.000
3-5 cm 5.000 ekor Rp 1.200.000
4-6 cm 4.000 ekor Rp 1.200.000
5-7 cm 3.000 ekor Rp 1.250.000

Harga bibit ikan nila per kg tiap daerah juga berbeda-beda tergantung dengan ketersediaanya di daerah. Hal tersebut membuat pergerakan harga ikan nila hitam sering mengalami pergerakan baik naik ataupun turun. Meskipun demikian kenaikan dan penurunan harga dari bibit nila hitam ini masih tidak terlalu signifikan sehingga harga lumayan stabil di pasaran.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan Umpan Ikan Nila Paling Jitu

Harga Bibit Nila GIFT

ikan nila gift
ikan nila gift | source : dictio.id

Jenis ikan nila GIFT merupakan ikan nila yang memiliki berbagai macam keunggulan. Hal itu membuat ikan ini sering diminati untuk dibudidayakan oleh banyak orang. Dengan perawatan yang telaten serta didukung dengan penggunaan bibit ikan yang berkualitas tentu dapat menghasilkan potensi keuntungan panen yang besar. Berikut ini merupakan tabel harga dari bibit nila GIFT.

Ukuran

Jumlah bibit

Harga

2-3 cm 8.000 ekor Rp 1.300.000
3-4 cm 6.000 ekor Rp 1.300.000
3-5 cm 5.000 ekor Rp 1.350.000
4-6 cm 4.000 ekor Rp 1.400.000
5-7 cm 3.000 ekor Rp 1.400.000

Untuk harga dari bibit ikan GIFT ini masih tergolong terjangkau untuk berbagai macam kalangan masyarakat. Harga pada tabel di atas merupakan gambaran dari harga bibit ikan nila GIFT yang ada di pasaran. Dengan melihat tabel harga tersebut tentu dapat menjadi pandangan dalam memperkirakan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membeli bibit sesuai dengan budget yang dimiliki.