Daftar Harga Bibit Ikan Gurame Per Ekor di Berbagai Wilayah

7 min read

Bibit Ikan Gurame

Gurame adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Pada umumnya, jenis Gurame yang mereka pelihara sangatlah bervariasi. Mulai dari Gurame Paris, Soang, Blaster, Jepun hingga Albino atau Padang. Adapun alasan utama dibalik pembudidayaan jenis ikan ini adalah karena tingginya permintaan pasar dan harga bibit ikan Gurame yang tergolong terjangkau.

Pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas mengenai harga bibit ikan gurame dan tips memilih bibit yang berkualitas. Berikut ulasannya :

ukuran ikan gurame
ukuran ikan gurame | source : alamikan.com

Harga jual bibit Gurame berbagai jenis

  1. Ikan Gurame Soang

Spesies ikan Gurame Soang berasal dari Jawa Barat dan banyak dibudidayakan di daerah kabupaten Ciamis. Harga bibit ikan yang satu ini memang lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis Gurame lainnya. Sebab dari segi pertumbuhannya Gurame Soang bisa tumbuh lebih cepat dan juga memiliki rasa daging yang enak.

Sebenarnya, bibit ikan Gurame Soang bisa Anda peroleh di beberapa penjual ikan. Akan tetapi, untuk mendapatkan bibit yang lebih berkualitas Anda disarankan untuk membelinya langsung dari petani ikan Gurame. Biasanya harga jual bibit Gurame Soang ditentukan berdasarkan ukuran dan lokasinya. Berikut ini adalah perkiraan harga bibit ikan Gurame per ekor dilihat dari ukurannya.

Ukuran bibit ikan Gurame Soang

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Soang 2-4 cm Rp 1.500,00
Bibit ikan Gurame Soang 4-6 cm Rp 3.000,00
Bibit ikan Gurame Soang 6-8 cm Rp 5.000,00
Bibit ikan Gurame Soang 8-10 cm Rp 7.000,00
  1. Ikan Gurame Jepun

Ikan Gurame Jepun banyak dibudidayakan oleh masyarakat yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah khususnya daerah Purwokerto. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila ikan air tawar ini juga dikenal dengan nama Gurame Purwokerto. Sekilas dari segi bentuk fisiknya Gurame Jepun memang terlihat tidak jauh berbeda dengan jenis Gurame Soang.

Namun, jika Anda mengamatinya kembali maka perbedaan kedua Gurame ini akan nampak. Ya, perbedaan dari Gurame Jepun dan Soang terletak pada bagian moncongnya. Bila dibandingkan maka moncong ikan Gurame Jepun lebih panjang daripada Gurame Soang. Selain itu, harga bibit Gurame Jepun serta Soang juga berbeda. Di bawah ini adalah daftar harga jual bibit Gurame Jepun.

Ukuran bibit ikan Gurame Jepun

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Jepun 2-4 cm Rp 2.000,00
Bibit ikan Gurame Jepun 4-6 cm Rp 3.500,00
Bibit ikan Gurame Jepun 6-8 cm Rp 5.000,00
Bibit ikan Gurame Jepun 8-10 cm Rp 7.000,00
  1. Ikan Gurame Blaster

Sama seperti ikan Gurame Soang, Gurame Blaster juga tergolong memiliki produktivitas yang cukup tinggi. Atas dasar alasan inilah masyarakat lebih memilih untuk membudidayakan jenis Gurame Blaster. Sebab selain proses panennya lebih cepat, budidaya Gurame berukuran jumbo yang satu ini juga bisa menghemat anggaran pakan.

Meski tidak butuh asupan banyak pakan, jika pemeliharaannya Anda lakukan secara telaten maka  pertumbuhan Gurame Blaster bisa maksimal. Kondisi ini tentu akan meningkatkan harga jual hasil panennya di pasaran. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa budidaya ikan Gurame Blaster memang prospek. Jika Anda ingin memulainya, berikut adalah harga bibit Gurame Blaster.

Ukuran bibit ikan Gurame Blaster

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Blaster 2-4 cm Rp 1,500,00
Bibit ikan Gurame Blaster 4-6 cm Rp 3.000,00
Bibit ikan Gurame Blaster 6-8 cm Rp 5.000,00
Bibit ikan Gurame Blaster 8-10 cm Rp 7.000,00
  1. Ikan Gurame Padang

Mewakili namanya, jenis ikan Gurame yang satu ini memang berasal dari wilayah Padang Pariaman, Sumatera Barat. Disamping itu, Gurame Padang juga dikenal dengan nama lain yaitu Gurame Albino. Alasan penamaannya adalah karena sisik dari Gurame ini berwarna putih bersih yang disebabkan oleh kekhasan genetik.

Selain genetiknya yang khas, ikan Gurame Padang juga memiliki produktivitas yang cukup tinggi. Dalam sekali proses pemijahan jenis Gurame Padang bisa menghasilkan hingga 3.000 ekor. Jadi, tidaklah berlebihan apabila budidaya ikan air tawar ini dianggap mampu menghadirkan profit tinggi. Dikarenakan potensi keuntungannya tinggi, maka harga bibit ikan Gurame Padang pun lebih mahal.

Ukuran bibit ikan Gurame Padang

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Padang 2-4 cm Rp 2.000,00
Bibit ikan Gurame Padang 4-6 cm Rp 4.500,00
Bibit ikan Gurame Padang 6-8 cm Rp 7.000,00
Bibit ikan Gurame Padang 8-10 cm Rp 10.000,00
  1. Ikan Gurame Paris

Penamaan Gurame Paris bukan berarti ikan air tawar ini berasal dari kota mode Paris, Perancis. Alasan dibalik pemberian nama ini hanyalah untuk membuat ikan Gurame Paris menarik sehingga dikenal oleh masyarakat. Karakteristik yang paling menonjol dari Gurame jenis ini adalah tubuhnya yang didominasi oleh warna merah mulai dari kepala hingga ekornya.

Tak hanya sekedar warna kulitnya yang bagus, produktivitas ikan Gurame Paris juga lumayan tinggi. Bayangkan saja, dalam sekali proses pemijahan Gurame Paris sanggup menghasilkan kurang lebih 5.000 ekor. Jadi, dapat dikatakan bahwa peluang usaha budidaya jenis ikan ini cukup menjanjikan. Bila Anda ingin mulai menjalankannya, di bawah ini ialah harga jual bibit ikan Gurame Paris.

Ukuran bibit ikan Gurame Paris

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Paris 2-4 cm Rp 2.000,00
Bibit ikan Gurame Paris 4-6 cm Rp 3.500,00
Bibit ikan Gurame Paris 6-8 cm Rp 5.500,00
Bibit ikan Gurame Paris 8-10 cm Rp 8.000,00
  1. Ikan Gurame Kapas

Dibandingkan dengan Gurame jenis lainnya, tampilan fisik Gurame Kapas memang cenderung tidak terlalu menonjol. Ikan Gurame Kapas memiliki kulit berwarna putih dengan corak keperakan layaknya kapas. Selanjutnya, tekstur sisik dari ikan yang banyak dibudidayakan di wilayah Magelang ini juga relatif lebih kasar.

Sementara itu, dari segi produktivitasnya ikan Gurame Kapas tergolong cukup produktif. Dalam sekali memijah Gurame Kapas bisa menghasilkan sekitar 3.000 ekor. Dikarenakan produktivitasnya relatif tinggi, maka membudidayakan jenis ikan ini adalah aktivitas yang menguntungkan. Anda bisa beli bibit ikan Gurame Kapas ini dari dari penjual maupun petani ikan dengan harga sebagai berikut.

Ukuran bibit ikan Gurame Kapas

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Kapas 2-4 cm Rp 2.000,00
Bibit ikan Gurame Kapas 4-6 cm Rp 4.500,00
Bibit ikan Gurame Kapas 6-8 cm Rp 7.000,00
Bibit ikan Gurame Kapas 8-10 cm Rp 10.000,00
  1. Ikan Gurame Blue Safir

Jenis ikan Gurame selanjutnya yang bisa Anda budidayakan adalah Blue Safir. Bila dibandingkan dengan ikan Gurame lainnya, Gurame Blue Safir memang kurang populer. Walaupun begitu, pertumbuhan ikan air tawar yang satu ini tidak boleh Anda remehkan. Sebab ketika Anda mampu membudidayakannya dengan benar panjang maksimal bisa mencapai 35 cm.

Kemudian, berat maksimal yang bisa dicapai oleh ikan Gurame Blue Safir ketika pemeliharaannya optimal adalah 2 kg. Disamping potensi ukurannya yang optimal ketika dewasa, masih ada aspek lain yang menjadi kelebihan dari Gurame Blue Safir. Kelebihan yang dimaksud adalah produktivitasnya  cukup tinggi dimana dalam sekali pemijahan mampu menghasilkan 4.000-5.000 ekor.

Bila Anda ingin membudidayakan Gurame berwarna merah cerah ini, maka bisa membeli bibitnya di penjual ikan maupun petani. Bibit Gurame Blue Safir yang dijual di pasaran umumnya berharga sangat variatif. Penentuan harga jual bibit ikan Gurame Blue Safir biasanya disesuaikan dengan ukuran bibitnya. Berikut adalah informasi harga bibit Gurame jenis ini yang berlaku di pasaran.

Ukuran bibit ikan Gurame Blue Safir

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Blue Safir 2-4 cm Rp 1.500,00
Bibit ikan Gurame Blue Safir 4-6 cm Rp 3.000,00
Bibit ikan Gurame Blue Safir 6-8 cm Rp 5.000,00
Bibit ikan Gurame Blue Safir 8-10 cm Rp 7.000,00

Baca Juga : Harga Ikan Gurame Per Kilo di Pasaran

Harga bibit ikan Gurame berdasarkan area budidayanya

harga bibit ikan gurame
harga bibit ikan gurame | source : OLX
  1. Parung (Jawa Barat)

Wilayah Parung memang telah dikenal sebagai pusat budidaya berbagai jenis ikan air tawar. Melimpahnya sumber daya air menjadi faktor utama penunjang pesatnya usaha budidaya ikan di Parung. Salah satu ikan yang banyak dipelihara oleh warga di daerah sini adalah Gurame. Mulai dari Gurame Jepun, Paris, Blaster hingga Albino atau Padang.

Petani disini tidak hanya sekedar menjual hasil panen ikan Gurame mereka. Akan tetapi, mereka juga menyediakan bibit unggul ikan Gurame dari berbagai jenis. Umumnya, mereka menjual anakan ikan Gurame kepada konsumen berdasarkan besar kecilnya ukuran. Agar Anda memperoleh gambaran yang jelas, di bawah ini adalah daftar perkiraan harga jual bibit ikan Gurame di Parung.

Ukuran bibit ikan Gurame Parung

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Parung (Telur) Rp 120,00
Bibit ikan Gurame Parung 1 cm Rp 250,00
Bibit ikan Gurame Parung 1-1,2 cm Rp 420,00
Bibit ikan Gurame Parung 1,2 cm Rp 520,00
Bibit ikan Gurame Parung 1,8 cm Rp 800,00
Bibit ikan Gurame Parung 2,5 cm Rp 900,00
Bibit ikan Gurame Parung 4-5 cm Rp 2.000,00
Bibit ikan Gurame Parung 6-7 cm Rp 2.500,00
Bibit ikan Gurame Parung 8-9 cm Rp 3.000,00
  1. Malang (Jawa Timur)

Malang ternyata tidak hanya dikenal sebagai penghasil buah apel berkualitas. Sebab salah satu kabupaten di Jawa Timur ini juga merupakan penghasil bibit unggul dari ikan Gurame. Beberapa lokasi di wilayah Malang memang dijadikan sebagai pusat budidaya Gurame. Disini, Anda dapat membeli daging ikan air tawar ini maupun bibitnya secara langsung dari petani.

Apabila dibandingkan dengan membeli di penjual ikan, maka harga yang dibanderol oleh petani tentu lebih terjangkau. Meskipun berharga murah, kualitas bibit Gurame Malang tidak kalah dengan anakan Gurame yang dibudidayakan di Parung. Berikut ini adalah harga bibit ikan Gurame di Jawa Timur tepatnya kabupaten Malang per ekornya.

Ukuran bibit ikan Gurame Malang

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Malang (Telur) Rp 60,00
Bibit ikan Gurame Malang 1 cm Rp 150,00
Bibit ikan Gurame Malang 1-1,2 cm Rp 250,00
Bibit ikan Gurame Malang 1,2 cm Rp 350,00
Bibit ikan Gurame Malang 1,8 cm Rp 450,00
Bibit ikan Gurame Malang 2,5 cm Rp 600,00
Bibit ikan Gurame Malang 4-5 cm Rp 1.000,00
Bibit ikan Gurame Malang 6-7 cm Rp 1.600,00
Bibit ikan Gurame Malang 8-9 cm Rp 2.500,00
  1. Purwokerto (Jawa Tengah)

Disamping Parung dan Malang, Purwokerto juga merupakan sentra budidaya ikan Gurame di pulau Jawa. Terdapat berbagai macam Gurame yang dibudidayakan di daerah ini khususnya adalah jenis Gurame Jepun. Aktivitas pemeliharaan Gurame yang dilakukan disini memang tergolong cukup maju. Sebab cuaca, kelembapan dan ketersedian sumber daya air juga sangat mendukung.

Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila petani Gurame di Purwokerto bisa memasarkan hasil panennya ke beberapa daerah di pulau Jawa. Jika Anda sedang cari bibit ikan Gurame berkualitas terbaik, maka berkunjung ke Purwokerto merupakan solusi konkret. Disini, Anda bisa memperoleh berbagai bibit Gurame berkualitas nomor satu dengan harga terjangkau tentunya.

Ukuran bibit ikan Gurame Purwokerto

Harga per ekor

Bibit ikan Gurame Purwokerto (Telur) Rp 28,00
Bibit ikan Gurame Purwokerto 2-3 cm Rp 135,00
Bibit ikan Gurame Purwokerto 3-4 cm Rp 150,00
Bibit ikan Gurame Purwokerto 5 cm Rp 175,00
Bibit ikan Gurame Purwokerto 6 cm Rp 200,00
Bibit ikan Gurame Purwokerto 7 cm Rp 300,00
Bibit ikan Gurame Purwokerto 7-9 cm Rp 500,00

Tips memilih bibit Gurame kualitas unggulan

Budidaya ikan Gurame memang sangat menjanjikan karena permintaan pasarnya tinggi karena manfaat ikan gurame yang berkhasiat bagi kesehatan dan memiliki harga jual yang cenderung meningkat. Namun, untuk melakukan aktivitas budidaya Gurame prosesnya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Proses pemeliharaan ikan air tawar yang satu ini perlu Anda lakukan secara telaten mulai dari pemilihan bibit hingga panen.

Berbicara mengenai pemilihan bibit, inilah tahap paling krusial yang akan menentukan tingkat keberhasilan dari budidaya ikan Gurame Anda. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk membeli bibit Gurame dari petani ikan secara langsung. Kemudian, Anda juga wajib memperhatikan beberapa kriteria di bawah ini ketika memilih bibit Gurame.

  1. Ukurannya seragam

Bibit Gurame unggul adalah yang ukurannya segaram. Mengapa harus demikian? Sebab ketika ukuran benih seragam maka proses pemberian pakan akan menjadi lebih merata. Ini dikarenakan tidak ada persaingan pakan diantara Gurame yang dibudidayakan di dalam kolam. Jadi, pada waktu panen nanti berat dan panjang tubuh ikan Gurame cenderung sama.

 

Baca Juga : Rahasia Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

 

  1. Pergerakannya lincah

Aspek berikutnya yang bisa Anda amati saat sedang memilih bibit ikan Gurame berkualitas adalah dengan mengamati pergerakannya. Apabila anakan ikan bergerak dengan lincah, ini tandanya bibit Gurame tersebut dalam kondisi sehat dan siap dibudidayakan. Sebaliknya, jika saat pengamatan Anda menemui gejala yang berlawanan, maka itu artinya bibit Gurame dalam keadaan sakit.

  1. Bergerombol pada siang hari

Memilih bibit Gurame berkualitas memang merupakan tahap krusial dalam usaha budidaya ikan Gurame. Akan tetapi, sebenarnya proses pemilihan bibit unggulnya sendiri tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Pada tahap ini, Anda hanya perlu mengamati pergerakan dari Gurame terutama di waktu siang. Sebab bibit Gurame sehat biasanya akan menunjukkan gejala menggerombol di siang hari.

  1. Tampilan sisiknya mengkilap

Penampilan fisik dari bibit ikan Gurame ternyata juga bisa digunakan sebagai indikator penentu kualitasnya. Proses ini memang sedikit membutuhkan ketelitian sebab membedakan tampilan sisik anakan Gurame tidaklah mudah. Ciri Gurame berkualitas dan prospek untuk dibudidayakan ialah yang mempunyai tampilan sisik mengkilap.

  1. Tidak cacat maupun sakit

Anakan Gurame berkualitas unggul tentu saja tidak mengalami cacat maupun sakit. Cara terbaik untuk memastikan kondisi kesehatan bibit Gurame adalah dengan mengamati pegerakannya di kolam. Bibit Gurame yang sehat umumnya akan bergerak lebih lincah dan cenderung bergerombol dengan kawanannya.