Daftar Harga Bibit Ayam Potong Terbaru [Berbagai Jenis]

3 min read

BIbit Ayam Potong

Bibit ayam potong yang berkualitas berasal dari indukan atau bibit ayam yang berkualitas pula. Hal ini dikarenakan apabila bibit berasal dari pembibitan yang kurang baik, maka hasil ayam yang ditetaskan akan menjadi kurang baik pula, hasilnya akan rendah.

Seperti apa bibit ayam potong yang berkualitas ? Berapa harganya ? Berikut pembahasan Jurnal Manajemen mengenai bibit ayam potong yang dapat membantumu sebelum membelinya :

Ciri-Ciri Bibit Ayam Potong yang Sehat

Dalam menjalankan bisnis Ternak Ayam Potong hal penting yang harus dilakukan yaitu memaksimalkan hasil panen. Kesalahan dalam memilih bibit akan memengaruhi kualitas dan kuantitas daging ayam yang dihasilkan.

Produsen bibit ada yang berskala pabrikan dan ada pula yang skala rumahan. Namun, biasanya bibit ayam dari pabrikan memiliki kualitas yang lebih baik. Agar Anda tidak salah dalam memilih bibit ayam, simak ciri-ciri bibi ayam yang sehat seperti berikut:

  1. Bibit ayam terlihat aktif dan lincah
  2. Bulu penuh dan tidak kusam
  3. Memiliki berat normal sekitar 37 gr ke atas
  4. Memiliki mata yang cerah
  5. Bagian dubur ayam bersih, tidak terdapat kotoran yang menempel
  6. Kaki besar dan seperti berminyak
  7. Bebas dari berbagai penyakit

 Jenis Bibit Ayam Potong

1. Cobb

Jenis ayam codd telah dikembangkan dan populer di lebih dari 60 negara. Fokus pengembangannya yaitu untuk memperbaiki performa rasio pemberian pakan. Jenis ayam Codd dapat dengan mudah beradaptasi pada iklim tropis. Fokus budi daya ayam ini yaitu untuk pembentukan daging dada.

2. Hybro

Ayam hybro memiliki performa yang bagus pada daerah tropis, ayam hybro memiliki ketahanan terhadap penyakit ascites. Fokus pengembangan dari ayam ini yaitu untuk ketahanan daya hidup.

3. Ross

Jenis ayam potong ross memiliki ketahanan hidup yang baik. Fokus budi daya ayam jenis ini yaitu untuk menghasilkan kaki ayam yang kuat, sebagai penopang badan yang besar.

 

Baca Juga : Cara Membuat Kandang Ayam Potong : Model, Ukuran, Biaya, Contoh

 

Jenis Bibit Ayam Potong Berdasarkan Kualitas

Terdapat tiga jenis bibit ayam potong berdasarkan kualitasnya, yaitu:

1. Grade A

Grade A merupakan bibit ayam dengan kualitas terbaik yang dijual oleh pabrikan dan memiliki harga yang mahal, berat dari bibit ayam ini mencapai lebih dari 40 gr.

2. Grade B

Grade B merupakan bibit ayam hasil sortiran dari bibit grade A, berat dari bibit ayam ini di bawah 40 gr. Jenis bibit ayam ini tetaplah berkualitas bagus, hanya ukurannya saja yang lebih kecil dibandingkan dengan grade A.

3. Grade C/Polos

Grade C merupakan jenis bibit ayam hasil sortiran dari grade A dan grade B. Jenis bibit ini banyak ayam yang berukuran kecil dan cacat, namun harganya lebih murah.

Pemeliharaan Bibit Ayam Potong

Pemeliharaan bibit ayam harus Anda diperhatikan, karena hal ini akan memengaruhi kualitas ayam yang akan dihasilkan. Meskipun bibit ayam yang Anda beli adalah bibit ayam unggul, namun apabila cara pemeliharaannya kurang baik maka hasilnya pun akan kurang maksimal.

Sebaliknya, apabila bibit ayam yang dibeli tidak begitu bagus, namun cara pemeliharaannya telaten dan ulet maka tidak menutup kemungkinan bibit ayam tersebut akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berikut ini ulasan tentang cara memelihara bibit ayam.

1. Larutan Gula Merah

Larutan gula merah mengandung glukosa yang akan membuat ayam tetap berenergi dan tidak lemas, terutama bagi bibit ayam yang telah menempuh perjalanan jauh untuk dibawa ke kandang baru. Setelah bibit ayam meminum larutan gula merah, bibit ayam tersebut baru bisa dimasukkan ke kandang yang sudah disiapkan.

2. Kandang yang Tertutup

Kandang tertutup adalah kandang yang ideal bagi bibit ayam, karena kandang tertutup tidak akan membuat angin masuk ke kandang. Oleh karena itu, beberapa sisi bangunan kandang harus benar-benar dipastikan tertutup.

Kandang untuk bibit ayam dengan ayam sudah dewasa berbeda, ayam yang sudah dewasa justru memerlukan kandang yang sirkulasi udaranya lancar. Pada kandang bibit ayam, Anda bisa menggunakan strimin kawat di bagian atas kandang. Pemasangan strimin kawat bertujuan agar pertukaran udara di dalam kandang tetap ada.

3. Lampu

Anda harus menjamin keamanan dari bibit ayam tersebut dengan memasang lampu. Lampu tersebut berguna agar ayam terhindar dari serangan hewan pemangsa seperti ular, tikus, dan kucing. Selain untuk membuat tubuh bibit ayam merasa hangat, lampu juga bermanfaat untuk membantu penglihatan ayam di saat malam hari, karena ayam rabun senja.

4. Brooder

Ayam yang masih anakan membutuhkan penghangat untuk menghangatkan tubuhnya. Brooder sangat diperlukan bagi ayam ketika musim penghujan tiba, terutama ketika udara sangat ekstrem. Tanpa adanya brooder, ayam tersebut akan merasakan kedinginan sehingga daya tahan tubuhnya akan lemah. Atur suhu brooder agar tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

5. Pakan yang Bernutrisi

Cara selanjutnya dalam merawat bibit ayam yaitu dengan memberikan pakan yang bernutrisi. Ayam yang masih kecil bisa diberi pakan jenis bubuk, karena ayam tersebut belum bisa memakan pakan yang kasar. Pakan ayam tersebut bisa diletakkan di nampan plastic agar ayam bisa menceker pakan tersebut.

Keberhasilan Usaha Ternak Ayam Potong 30% disumbang dari pemberian pakan yang berkualitas. Dalam pemberian pakan, ayam potong tidak memerlukan upaya feeding yang cukup rumit. Anda bisa memberikan pakan berupa dedak, jagung, konsentrat, atau pakan alternatif seperti sisa makanan manusia.

6. Vaksin

Vaksin merupakan satu hal penting dalam merawat bibit ayam potong. Tanpa adanya vaksin ayam tersebut akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Berikan vaksin berupa tetes mata bagi ayam yang masih anakan, dan vaksin berupa suntik diberikan bagi ayam yang sudah agak dewasa.

Pemberian vaksin harus dilakukan secara berkala agar daya tahan tubuh ayam menjadi stabil. Selain itu, pemberian vitamin juga akan membuat ayam lebih sehat.

Harga Bibit Ayam Potong

Isi bibit ayam potong per box
Isi bibit ayam potong per box | sumber : Ig @ ternak_ayampotong_broiler

Harga dari Bibit Ayam Potong relatif berubah-ubah, namun list harga di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai panduan. Isi bibit ayam potong per box yaitu 100 ekor dan biasanya mendapatkan tambahan 2 hingga 5 ekor.

No

Jenis bibit Ayam Potong per Box

Harga (Rp)

1 Ayam Potong KW 1 435.000 – 465.000
2 Ayam Potong KW 2 – Polos 255.000 – 305.000
3 Jantan Ayam Potong KW 1 305.000 – 355.000
4 BM Ayam Potong 315.000 – 355.000
5 Layer KW 1 605.000 – 655.000
6 Layer KW 2 255.000 – 355.000

Baca Juga : Harga Ayam Potong Hari ini Terbaru di Pasar [Setiap Daerah]