Mengenal Bentuk Bentuk Organisasi Dan Pembagian Tugasnya

3 min read

Organisasi adalah bentuk yang selalu ada baik dalam sektor ekonomi, pendidikan, bahkan budaya yang notabene memiliki komunitas tertentu. Manajemen di dalam organisasi memiliki struktur yang dapat menjalankan suatu usaha dengan teratur dan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan dari usaha tersebut.Dunia bisnis merupakan salah satu sektor yang memiliki Bentuk Bentuk Organisasi yang cukup beragam.Tentu saja karena tanggung jawab yang ada di dalamnya sangat besar dan membutuhkan organisasi yang sudah terstruktur dengan tanggung jawab yang sudah dibebankan masing-masing dalam setiap strukturnya.

Organisasi dalam dunia bisnis dapat disebut juga sebagai organisasi bisnis.Selain memiliki tanggung jawab yang perlu diperhatikan, organisasi bisnis juga selalu melakukan perbaikan khususnya dalam dunia industri yang di dalamnya meliputi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan dan memberikan profit yang sesuai.

Bentuk Bentuk Organisasi Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Organisasi Bisnis

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang Bentuk Bentuk Organisasi bisnis, Anda perlu mengetahui komponen pembangun apa saja yang terlibat di dalamnya. Berikut ini adalah komponen-komponen dalam organisasi bisnis yang dekat dengan lingkungan Anda.

  • Pasar

Komponen ini sangatlah penting karena mempertemukan konsumen dan penjual yang menjajakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Tanpa adanya pasar, perusahaan tidak akan dapat mengatur masuk dan keluarnya barang yang berimbas pada kerugian dari perusahaan tersebut. Terdapat beberapa jenis pasar yaitu Oligopoli, monopoli, persaingan pasar sempurna, dan lainnya.

  • Perusahaan

Pihak inilah yang mengeluarkan produk hingga akhirnya hadir di pasaran. Terdapat elemen internal yang mengerjakan fungsi-fungsi dengan baik. Apabila Anda memahami lebih jauh, maka Anda dapat mengetahui tentang bentuk bentuk organisasi perusahaan seperti adanya tenaga produksi, pemasaran, keuangan, operasi, bahkan SDM yang memang sangat penting untuk terus memantau keberlanjutan sebuah perusahaan.

  • Pihak Eksternal

Sebuah bisnis pasti memiliki faktor eksternal yang beberapa diantaranya memiliki kaitan erat secara tidak langsung. Faktor-faktor seperti situasi dalam poliitik, sosial, lingkungan, dan tentunya ekonomi akan memiliki pengaruh yang besar pada organisasi yang ada di dalam perusahaan. Biasanya bagi perusahaan yang sudah besar, akan sangat berhati-hati dalam melakukan kerjasama dengan pihak eksternal agar tidak menyesal di kemudian hari, dan tentunya untuk mengetahui mana pihak yang dapat membantu persaingan di pasaran.

  • Konsep Perubahan

Pada konsep atau bahkan penyusunan strategi selalu menjadi hal terpenting dalam melakukan sebuah bisnis. Sebuah perusahaan harus memiliki elemen ini agar selalu dapat melihat celah dalam setiap zaman. Perubahan dari dalam maupun luar organisasi harus dapat Anda antisipasi dengan baik, agar perusahaan tetap berjalan dengan konsep ataupun strategi yang telah Anda rancangkan.

Komponen di atas adalah pembangun utama dalam sebuah bentuk bentuk organisasi khususnya bagi organisasi bisnis. Tidak ada komponen yang boleh hilang, semuanya harus berjalan bersama agar organisasi dapat secara langsung mengetahui apa saja produk yang harus dikeluarkan kepada konsumen. Selain itu tentunya untuk meraih tujuan dengan keuntungan yang sesuai dengan keinginan oleh perusahaan Anda.

Bentuk Bentuk Organisasi Dalam Sebuah Manajemen Perusahaan

Terdapat setidaknya tiga bentuk bentuk organisasi dalam manajemen yang digunakan hingga saat ini.bentuk organisasi merupakan sebuah bentuk hubungan dan tanggung jawab yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Anda juga dapat mengetahui pihak mana yang memiliki wewenang antar elemen yang ada di dalam sebuah organisasi perusahan. Hingga saat ini, tiga bentuk yang masih dikenal adalah sebagai berikut ini:

  • Bentuk organisasi garis atau Linear Organizations

Organisasi ini termasuk memiliki bentuk yang paling sering digunakan dan dikenal dengan baik dalam dunia manajemen.  Organisasi ini menghubungkan secara langsung atasan hingga bawahan dalam mode vertikal.  Pimpinan tertinggi dalam sebuah perusahaan berhubungan secara langsung dengan bawahan bahkan hingga jabatan yang terendah.  Organisasi ini biasa digunakan oleh perusahaan kecil atau yang baru merintis usaha awal.

  • Organisasi Lini dan Staff

Bentuk organisasi ini merupakan gabungan dari organisasi lini, namun sudah memiliki asas komando. Pemimpin dalam perusahaan tidak hanya memberikan komando atau wewenang, namun juga memberikan masukan bahkan saran-saran yang berguna bagi perusahaan. Biasanya hubungan atasan dengan bawahan tidak memiliki sifat yang langsung.  Pemimpin utama hanya dipegang oleh satu orang saja, sisanya adalah staff yang membantu kinerja dan melakukan komunikasi kepada bawahan. Bentuk organisasi ini tentunya sangat efektif apabila perusahaan sudah memiliki banyak karyawan.

  • Organisasi Fungsional

Salah satu bentuk organisasi ini menyusun atasan dan karyawan untuk menjadi kesatuan yang memiliki bidang tugas secara jelas. Tidak heran meskipun memiliki pemimpin utama satu orang saja, biasanya terdapat kepala dalam bidang-bidang yang digunakan oleh perusahaan. Pembagian tugas ini merupakan upaya yang dilakukan agar masalah-masalah dalam perusahaan dapat diatasi dengan baik.

  • Organisasi Lini dan Fungsional

Pada organisasi ini tentu saja merupakan gabungan dari bentuk Lini dan fungsional yang biasa diterapkan dalam perusahaan dengan skala yang besar. Wewenang dari organisasi ini diberikan kepada pimpinan tertinggi, namun kembali dilimpahkan pada kepala unit yang ada di bidangnya. Permintaan pekerjaan tidak memandang jabatan dalam perusahaan, satu tim harus melakukan kerjasama agar tugas segera selesai. Pembagian pekerjaan ini membuat Anda akan sulit membedakan tugas pokok dan tugas bantuan, karena keseluruhan dikerjakan bersama-sama.

  • Organisasi Lini, fungsional, Staff

Penjelasan organisasi ini memiliki ciri-ciri yaitu masuk ke dalam organisasi besar dan terkadang sedikit rumit karena banyaknya orang di dalamnya. Karyawan yang ada di bentuk organisasi ini memiliki 3 unsur. Pertama yaitu karyawan yang memiliki tugas pokok, tugas bantuan, dan yang terakhir adalah karyawan dengan tugas fungsional. Setiap karyawan telah memiliki kewajiban masing-masing yang tentunya harus diselesaikan masing-masing.

  • Organisasi Komite

Pada organisasi ini memiliki tugas kepemimpinan yang dilaksanakan bersamaan atau kolektif. Terdapat dua macam staff yaitu executive dan staff dan biasanya executive committee atau pimpinan komite ini terdiri dari banyak orang yang disebut dengan dewan. Biasanya organisasi ini digunakan untuk perusahaan yang memiliki saham dari banyak orang.

Rata-rata bentuk organisasi di atas sudah dipakai pada perusahaan yang ada di Indonesia.Bahkan apabila Anda sudah mencari tahu lebih jauh tentang bentuk bentuk organisasi Internasional, beberapa bentuk di atas juga berasal dari berbagai negara yang memiliki sektor bisnis berkembang.Tentu saja terkadang perusahaan dapat merubah sedikit peraturan tentang wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan keinginan dari perusahaan tersebut.

Beragam bentuk bentuk organisasi yang ada di atas tentu saja memiliki ciri-ciri yang terlihat oleh Anda.Tentu saja tidak ada bentuk yang paling bagus ataupun tidak bagus. Semua tergantung dari jenis perusahaan, sektor bisnis yang dijalankan, asal muasal modal, dan yang paling penting seberapa besar perusahaan tersebut akan berkembang. Semua hal tersebut adalah latar belakang dari perusahaan memilih salah satu organisasi untuk memajukan perusahaan dalam sektor industri atau bisnis.

Baca Juga : 16 Contoh Industri Kreatif Paling Diminati di Indonesia