Ciri-Ciri Ayam Bangkok Super Jalu, Cara Memelihara dan Harga Jualnya

5 min read

Ayam Bangkok Super

Beternak Ayam Bangkok Super Jalu Dengan Cara Yang Tepat

Ada banyak jenis hewan peliharaan yang bisa Anda pilih, dan juga bisa mendatangkan manfaat atau keuntungan secara finansial. Salah satu hewan peliharaan yang cukup menguntungkan adalah beternak ayam bangkok super, yang merupakan salah satu jenis ayam yang menjadi petarung dan juara. Ayam bangkok termasuk jenis ayam petarung yang cukup terkenal.

Bukan hanya memeliharanya, tapi banyak juga orang yang mengoleksi ayam ini bahkan beternak ayam bangkok yang kualitasnya sangat baik. Peternakan ayam bangkok super juga kini sudah tersedia di banyak tempat di Indonesia. Ayam bangkok super jalu adalah salah satu jenis ayam yang banyak diminati dan banyak diincar oleh para pecinta ayam petarung.

Tingginya peminat akan ayam jenis ini tentu saja membuat penasaran banyak orang. Lalu bagaimana karakteristik ayam Bangkok super ? berapa harganya ? dan bagaimana perawatannya ?

Berikut uraian Jurnal Manajemen mengenai ayam Bangkok super jalu :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Ayam Bangkok Asli Ayam Bangkok F1
Pakan Ayam Bangkok Jamu Ayam Bangkok

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Super

Secara umum ayam bangkok ini sengaja dipelihara memang untuk dijadikan ayam aduan. Walaupun bisa saja hanya dikoleksi secara pribadi. Berikut ciri khusus dari ayam bangkok juara :

1. Bentuk Kepala

Bentuk kepala ayam bangkok super jalu
Bentuk kepala ayam bangkok super jalu | sumber : miro.medium.com

Ciri utama pada bagian kepala ayam bangkok adalah bentuknya yang mirip dengan buah pinang. Ukurannya juga terbilang besar serta kokoh. Dengan bentuknya yang besar dan kuat, maka ayam bangkok itu akan lebih sering menang ketika bertarung. Secara umum, gaya ayam bangkok saat sedang bertarung adalah menggunakan kepala.

Sehingga bentuk dan ukuran kepalanya sangat menentukan menang atau tidaknya ayam tersebut saat bertarung di lapangan.

2. Struktur Tulang

struktur ayam bangkok super
struktur ayam bangkok super | sumber : pintarbiologi.com

Ayam Bangkok dengan Kualitas Juara dan unggul, akan memiliki struktur tulang yang juga kokoh/kuat, dan cenderung lebih merapat.

3. Bentuk Jengger

bentuk jengger ayam bangkok super
bentuk jengger ayam bangkok super | sumber : takimzone.com

Bagi ayam yang biasa, bentuk jengger yang tampilannya indah, panjang dan juga unik biasanya akan menambah poin pada penampilan ayam tersebut. tetapi bentuk jengger yang terdapat pada ayam bangkok tak perlu harus indah. Secara umum kualitas ayam bangkok yang baik, terlihat pada bentuk jenggernya yang hampir sama dengan bentuk blangkon.

Jika Anda sedang memilih ayam bangkok super dan juara, Anda harus teliti dengan bentuk jenggernya agar tidak tertipu dengan ayam bangkok yang palsu.

4. Postur Tubuh

postur tubuh ayam bangkok super
postur tubuh ayam bangkok super | sumber : siapbisnis.net

Jenis Ayam Bangkok Super yang pas untuk diadu, bisa dilihat dari postur tubuh ayam tersebut. postur tubuh yang tegap pada ayam bangkok, artinya kualitas ayam itu memang bagus dan juara. Keseluruhan bagian dari tubuh ayam itu sendiri juga lebih empuk saat disentuh. Postur yang tegap ini akan memberi efek positif, yaitu ketahanan tubuh ayam itu akan sangat baik.

Ayam bangkok dengan postur tubuh yang tegap akan membuatnya menjadi sangat tangguh ketika sedang bertarung.

5. Warna Mata

warna mata ayam bangkok super
gambar warna mata ayam bangkok super

Bila Anda ingin memiliki ayam bangkok dengan kualitas super, maka Anda harus memilih ayam dengan warna mata yang serupa dengan warna dasar pada bagian kakinya. Pastikan dan teliti kembali bahwa kedua bagian tersebut, warnanya memang sama. Istilah mata yang bagus pada ayam bangkok, adalah mata tembus.

Tahapan Dalam Memelihara Ayam Bangkok Super Yang Berkualitas

Perlu Anda ketahui bahwa memelihara ayam jenis ayam aduan biasanya memang lebih sulit, dibandingkan dengan ayam biasa atau ayam pada umumnya. Dengan cara memelihara yang baik dan benar, maka Anda bisa menjualnya dengan harga yang cukup mahal. Berikut tips dan langkah dalam memelihara Ayam Bangkok Super besar :

1. Pemeliharaan Awal

Ketika Anda memelihara anak ayam bangkok, maka Anda harus lebih teliti dan juga lebih sabar. Bagi anakan yang baru menetas, biasanya disimpan di dalam sebuah kotak tersendiri lalu beri penghangat. Setelah kotak tersebut sudah mulai menyempit, ganti ukuran kotak dengan ukuran yang sesuai dengan besar tubuhnya.

Kebersihan Kandang Ayam Bangkok Super, juga harus lebih diperhatikan. Karena faktor yang satu ini sangat penting, dan berpengaruh pada kesehatan dari ayam bangkok itu sendiri.

2. Perawatan Ayam yang Berusia 6 Bulan

Pada saat ayam sudah menginjak usia dewasa, Anda boleh memberinya kandang yang khusus dan nyaman bagi ayam tersebut. supaya pertumbuhannya lebih maksimal. Ayam juga harus dibiarkan bergerak dengan bebas, supaya bagian tulangnya lebih kuat.

Anda bisa menyediakan arena bermain di tanah, hingga ia bisa bergulung-gulung di atas tanah demi menunjang kekuatan ototnya.

3. Perawatan Lanjutan

Di tahap ini, ayam bangkok super sudah harus diberi vitamin dan juga nutrisi yang tepat. Pada saat bulunya sudah mulai tumbuh, perhatikan juga bagaimana nutrisi dari pakannya. Anda juga perlu memandikan ayam secara rutin agar fisiknya menjadi semakin bersih. Mandikan ayam dengan suhu yang cukup, artinya tidak terlalu dingin dan tidak sedang hujan.

Jemur ayam tersebut juga dengan rutin, tujuannya untuk membakar lemak dalam tubuh ayam tersebut.

Ayam bangkok petarung ini juga harus banyak diberi latihan, untuk pertahanannya dalam mengalahkan lawan. Sama dengan seorang petinju, seekor ayam petarung juga akan memenangkan lebih banyak pertarungan jika dia sudah terbiasa sparing dengan proses yang sehat.

Cara Memilih Induk Ayam Bangkok Super

induk ayam bangkok super
induk ayam bangkok | sumber : ig @jualayambangkok jogja

Menurut seorang pakar peternak ayam petarung, gaya bertarung pada ayam laga akan didominasi oleh indukannya. Sehingga ketika Anda akan memulai ternak ayam bangkok, sebaiknya pilih indukan yang kualitasnya baik. Karena jika indukannya berkualitas, maka terbukti anakannya juga akan memiliki kualitas yang sama baik dengan induknya saat bertarung.

Berikut ini ada beberapa cara/tips dalam memilih induk ayam bangkok, yang diawali dengan Bibit Ayam Bangkok Super dengan kualitas unggul. Berikut penuturannya :

  1. Pada saat Anda memutuskan untuk memelihara ayam bangkok betina, tentu di sini tujuan Anda adalah ingin mendapat anakan yang memiliki kualitas super dalam bertarung. Maka beli langsung ayam bangkok betina, langsung pada peternak yang kualitasnya juga sudah teruji.
  2. Pilih jenis ayam betina dengan bulu yang mengkilap.
  3. Pilih juga ayam bangkok betina, yang bagian tulang kepala dan rahangnya besar. Sehingga ayam tersebut akan tampak lebih tebal.
  4. Pilih ayam dengan sayap yang merapat, atau di bagian bulu-bulu terdapat sayap dengan kerapan yang bagus. Semakin rapat sayap maka akan semakin bagus. Pilih juga sayap yang ukurannya panjang sampai ke tulang sapit/pantat.
  5. Pilih bagian tubuh ayam yang menyerupai botol ketika dipegang, ukurannya panjang dan serasi dengan bagian kakinya.
  6. Upayakan di bagian matanya menjorok ke dalam serta tak boleh ada jarak diantara lingkar mata.
  7. Pilih yang ukuran kakinya ramping, dan sebaiknya tidak memilih ayam betina dengan ukuran kaki yang besar. Artinya hingga ke bagian jarinya pun harus ramping.
  8. Tulang yang ada di bagian bawah ekornya jangan terlalu lebar, dan jangan terlalu rapat. Perkiraan kerapatannya sekitar dua atau tiga jari orang dewasa saja.
  9. Pilih ayam bangkok betina yang tulang lehernya rapat dan juga besar.
  10. Pilih yang bagian paruhnya lurus dan juga langsing.

Harga Ayam Bangkok Super

Jenis Ayam Bangkok

Harga

Aduan F1 Rp.4.100.000/ekor
Aduan Indukan Rp.4.000.000/ekor
Aduan Super Rp.6.000.000/ekor
Anakan Umur 1 Bulan Rp.400.000/ekor
Anakan Umur 1 Minggu Rp.200.000/ekor
Anakan Umur 2 Minggu Rp.300.000/ekor
Kinantan Rp. 700.000-Rp.2 juta/ekor
Putih Rp.17 juta-Rp.33 juta/ekor
Taduang Rp.250.000-Rp.400.000/ekor

 

Baca Juga : Daftar Harga Ayam Bangkok Terkini (Super, Birma, Betina, Anakan, Dll)

 

Cara Memulai Ternak Ayam Bangkok Super

ternak ayam bangkok
ternak ayam bangkok

Beternak Ayam Bangkok tentunya tidak semudah ternak jenis ayam yang lainnya. Bahkan caranya cukup berbeda dengan ternak pada Ayam Jenis Birma, vietnam dan lain sebagainya. Jika ingin mendapat hasil yang maksimal, maka tata cara ternaknya pun harus tepat. Jika Anda berhasil ternak ayam bangkok dengan kualitas yang super/unggul, maka harga jualnya pun bisa menjadi lebih tinggi.

Anda harus memerhatikan juga bagaimana cara pemeliharaannya, apalagi jika ayam bangkok yang Anda pilih ini asli/import. Dengan pemeliharaan yang tepat maka kelangsungan ayam tersebut akan tetap terjaga. Berikut ini tips/cara dalam ternak ayam bangkok yang baik dan benar :

1. Proses Pemilihan Bibit

Pertama-tama pilih jenis bibit yang berkualitas baik, supaya peternakan Anda akhirnya menghasilkan ayam bangkok dengan kualitas super. Kualitas ini akan sangat berpengaruh pada harganya pada saat Anda menjualnya kembali.

Ciri ayam bangkok betina yang sehat yaitu tidak ada cacat, memiliki bulu yang bagus, dan umurnya pun memang umur ayam yang sudah siap kawin. Sedangkan ciri ayam bangkok jantan yang sehat misalnya penampilannya kekar, bersuara lantang, bulunya bagus, gerakan lincah, dan umurnya juga memang sudah cukup untuk dikawinkan.

2. Pemberian Pakan Dan Minum

Beri pakan pada ayam bangkok sekitar dua kali saja dalam sehari. Sebaiknya pilih bahan yang dibuat dari beras dan dedak. Tambahan nutrisi lainnya bisa Anda peroleh dari campuran pakan dengan bahan olahan tepung ikan dan jagung giling. Untuk minumnya, sediakan dan berikan setiap hari.

Untuk menambah energi ayam dan penjaga stamina, tambahkan juga vitamin ke dalam minumannya. Kemudian tambahkan juga perasan jahe ke dalam air minumnya jika musim hujan tiba.

3. Obati Ayam Bangkok Ketika Sakit

Bukan hal yang aneh, jika hewan ternak semacam unggas terkena penyakit. Itulah sebabnya peternak harus selalu memberikan pakan yang tepat dan minum yang bersih setiap harinya. Bila Anda menemukan ada ayam bangkok Anda yang sakit, maka segera obati. Karena jika Anda membiarkannya saja, maka ayam tersebut bisa mati.

Anda juga bisa melakukan pencegahan, yaitu dengan membersihkan kandangnya setiap hari lalu berikan vaksinasi pada ayam tersebut.

4. Perhatikan Berapa Usianya

Satu hal yang harus Anda perhatikan juga adalah usia dari ayam bangkok yang Anda pelihara, dengan mengetahui umur ayam maka Anda juga bisa membaginya dalam hal pengawinan dan perawatan ayam-ayam tersebut. penggolongan umur pada ayam bangkok ini diantaranya yaitu :

  • 0-6 minggu (ayam anakan)
  • 6-12 minggu (anak ayam)
  • 12-16 minggu (ayam muda)
  • 18-68 minggu (ayam dewasa)

5. Proses Pemilihan Telur

Pemilihan telur pada saat ternak ayam bangkok, juga penting. Karena hal itu berkaitan dengan kemungkinan jenis kelamin apa anakannya nanti. Perhatikan bentuk telurnya, jika bentuknya oval dan memanjang maka isi telur tersebut adalah anakan jantan. Tapi jika bentuknya bulat dan pendek, mungkin isi telurnya adalah anak betina.

Bukan hanya ciri pada telurnya saja, tetapi sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana ciri anak ayam bangkok super yang berkualitas baik, jika ingin membeli ayam bangkok anakan super. Dengan begitu, nanti hasilnya juga akan sama bagusnya khususnya saat ayam itu bertarung saat dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *