Ciri-Ciri Ayam Bangkok Asli F1 Thailand Yang Harus Diketahui !!!

3 min read

Ayam Bangkok Asli

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Asli Dengan Potensi Juara

Bagi pecinta ayam bangkok, atau jenis ayam juara tentu harus mengetahui bagaimana ciri ayam yang asli. Supaya tidak tertipu begitu saja begitu membeli, karena banyak juga orang yang menjual ayam bangkok tetapi bukan jenis ayam asli. Ada banyak ciri khusus pada Ayam Bangkok Asli, yang sering dicari oleh para pecinta ayam petarung.

Ayam bangkok merupakan jenis ayam laga/petarung yang sudah terkenal di wilayah Asia Tenggara. Hingga kini ayam petarung yang satu ini, masih diminati oleh banyak orang di Indonesia. Ayam bangkok ini sebenarnya berasal dari negara Cina, tetapi berkembang di negara Thailand sehingga disebut dengan ayam bangkok Thailand. Bukan hanya dipelihara, ayam ini juga banyak dibudidayakan di Indonesia.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ayam Bangkok Ayam Bangkok Juara
Kandang Ayam Bangkok Cara Ternak Ayam Bangkok

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Asli

Setiap jenis ayam adu tentu memiliki karakter yang beragam. Sama halnya dengan ayam bangkok yang satu ini. Untuk melihat asli atau palsunya, Anda bisa melihat karakteristik ayam dari postur atau tampilan fisiknya. Bagi Jenis Ayam Bangkok dengan kualitas yang baik, biasanya memiliki kelebihan/keunggulannya masing-masing.

Rangkuman Jurnal Manajemen akan Ciri ayam bangkok asli Thailand adalah sebagai berikut :

1. Kepala

Kepala Ayam Bangkok Asli
Kepala Ayam Bangkok Asli | sumber : takimzone.com

Bagian kepala ayam bangkok asli biasanya mempunyai bentuk yang ganteng, dan menyerupai buah pinang. Bentuk kepala yang mirip dengan buah pinang ini artinya ayam tersebut memiliki gaya petarung yang unik dan cerdik. Bentuk kepala buah pinang ini sering dinamakan dengan Ayam Bangkok Super.

Lain halnya jika bentuk kepalanya besar, maka karakter dari ayam tersebut saat bertarung justru bodoh dan seringkali kalah.

2. Jengger

Jengger Ayam Bangkok Asli
Jengger Ayam Bangkok Asli | sumber : takimzone.com

Secara umum bagian jengger pada ayam bangkok yang asli memiliki bentuk yang variatif. Yang membedakan jengger pada ayam bangkok yang asli dengan yang tidak, adalah ukuran dari jengger tersebut. ciri ayam bangkok asli, memiliki jengger yang lebih tebal dan lebih besar. Sedangkan ayam yang bukan jenis bangkok, bagian jenggernya berukuran lebih kecil.

Ayam Bangkok Asli f1 biasanya memiliki ukuran jengger yang besar dan merupakan faktor utama dari jenis ayam bangkok tersebut. ada lima jenis jengger yang disebut unggul pada ayam bangkok ini, yaitu jengger bunga mawar, blangkon, wilah, baret dan tigan. Semua jenis jengger tersebut, memiliki karakteristik serta keunggulan yang berbeda-beda.

3. Kulit Muka

Kulit Ayam Bangkok Asli
Kulit Ayam Bangkok Asli | sumber : takimzone.com

Ciri yang dapat Anda lihat dari ayam bangkok yang asli adalah, bagian kulit mukanya tebal tetapi juga memiliki kerut. Jika ada ayam bangkok dengan ciri fisik kulit muka begini, maka pembawaan ayam tersebut lebih tenang dan kalem. Dengan kulit mukanya yang tebal, ayam ini juga akan kuat menerima pukulan ketika sedang bertarung.

Selain itu, ayam bangkok yang satu ini juga tidak akan mudah dikalahkan. Sedangkan pada ayam petarung lokal, bagian kulit mukanya lebih tipis. Tetapi karakteristiknya justru lebih gesit saat sedang bertarung. Namun karena kulitnya tipis maka ayam itu menjadi lebih rentan, dan ia tak akan tahan dengan pukulan yang bertubi-tubi. Itu sebabnya ayam lokal mudah kalah.

4. Mata

Mata Ayam Bangkok Asli
Mata Ayam Bangkok Asli| sumber : takimzone.com

Di bagian mata ayam bangkok asli import, akan terlihat lebih putih dan lebih bening serta bersih. Ayam bangkok dengan ciri fisik tersebut, sering disebut dengan ayam mata kristal. Anda bisa memerhatikan bagian bola matanya yang lebih bening, tak ada kotoran yang menempel dan tak ada corak atau bercak di sana.

Dari sejak ayam itu masih menjadi Ayam Bangkok Anakan, mata kristalnya sudah terlihat. Ciri anak ayam bangkok asli dengan ayam bangkok dewasa di bagian matanya, adalah sama-sama berwarna putih bening.

5. Leher

Leher Ayam Bangkok
Leher Ayam Bangkok | sumber : infobaru.id

Ciri berikutnya yang bisa Anda lihat pada ayam bangkok yang asli, adalah bagian lehernya. Lehernya mempunyai struktur tulang yang kuat, berukuran besar dan juga merapat. Strukturnya sebenarnya hampir mirip dengan struktur tulang pada ayam jenis saigon. Tetapi struktur tulang leher pada ayam bangkok, berbeda dengan struktur tulang pada ayam jenis brima.

Struktur tulang leher pada ayam jenis bima, ukurannya lebih kecil serta lebih pendek. Jika dibandingkan dengan tulang leher pada ayam bangkok Thailand yang asli.

6. Tulang Dada

tulang dada ayam bangkok
tulang dada ayam bangkok | sumber : ayambangkoksuper.com

Ukuran tulang dada pada jenis ayam bangkok yang asli yaitu lebih panjang dan juga lebih tebal. Pada saat ayam itu dipegang maka akan terasa di bagian dadanya lebih keras, padat, besar dan juga berisi. Ukuran tulang dadanya yang cukup panjang, artinya karakteristik ayam itu lebih kuat saat menerima pukulan dari lawan.

Pukulan yang dimiliki ayam dengan tulang dada yang kuat ini, juga cenderung lebih keras dan lebih akurat.

7. Tubuh

tubuh ayam bangkok
tubuh ayam bangkok

bentuk tubuh pada ayam bangkok asli adalah tegap dan terlihat sangat atletis. Lain dengan jenis ayam lokal, bentuk pada tubuhnya lebih membungkuk. Ayam bangkok dengan range harga yang paling mahal, biasanya memiliki postur tubuh yang tegap, gagah ketika sedang berdiri, atletis, dan tentu saja kuat.

Dengan postur tubuh yang lebih meyakinkan itu, maka karakteristik dari ayam ini adalah memiliki wibawa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam lokal yang memiliki postur tubuh yang membungkuk.

8. Ekor

ekor ayam bangkok
ekor ayam bangkok

Rata-rata ukuran ekor pada jenis ayam bangkok yang asli ini lebih panjang, dan di bagian ujungnya memiliki bentuk yang agak menekung ke arah bawah. Ayam bangkok dengan bentuk ekor seperti ini biasanya memiliki harga yang cukup tinggi. Anda bisa mengeceknya langsung di tempat yang jual ayam bangkok asli.

Dengan ukuran serta bentuk ekor yang seperti itu, maka ayam ini memiliki jenis pukulan yang beras dan lebih akurat. Itulah sebabnya harga jualnya pun mahal.

Artikel Terkait
Ayam Birma
Pakan Ayam Bangkok 
Jamu Ayam Bangkok

9. Kaki

kaki ayam bangkok
kaki ayam bangkok

Sisik kaki pada ayam bangkok asli bentuknya menyerupai kulit pada buah salak. Secara umum jumlahnya yaitu tiga ruas. Jenis sisik kaki ini biasanya dinamakan dengan sisik naga banda, dan juga sisik tabur beras. Ukuran jari kaki pada ayam bangkok yaitu lebih panjang dan dengan kuku yang jauh lebih runcing. Sisiknya juga cenderung kering atau tidak basah.

10. Warna Bulu dan Warna Telur

"<yoastmark

Jika diperhatikan warna bulu pada ayam bangkok biasanya merah, kering dan kusam. Sedangkan warna telur ayam bangkok asli biasanya lebih beragam. Misalnya warna putih, kecoklatan atau bisa juga cream. Untuk bentuk telurnya yaitu ada yang agak bulat dan ada juga yang agak lonjong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *