Penjelasan Asuransi Terlengkap : Manfaat, Jenis, & Perusahaan Terbaik

5 min read

pengertian asuransi adalah

Dewasa ini istilah asuransi memang sudah akrab terdengar di sebagian kalangan masyarakat. Bahkan, topik asuransi ini menjadi salah satu topik yang cukup hangat dan menarik untuk diperbincangkan di masyarakat sosial. Tapi sebenarnya, dibalik itu semua perlu kita ketahui, apa sih yang dimaksud dengan asuransi tersebut ?

Pada awalnya menurut Purnomo (2017) asuransi merupakan suatu kelompok yang di buat untuk membentuk arisan, dengan tujuan agar meringankan beban keuangan seseorang dan menghindari pembiayaan yang terlalu berlebihan secara drastis. Konsep dasarnya adalah sebagai antisipasi terhadap kemugkinan kejadian-kejadian yang akan terjadi di kemudian hari.

Pembahasan kontemporer mengenai Asuransi lebih jauh akan dibahas dalam artikel Jurnal Manajemen kali ini. Pembahasan meliputi definisi asuransi, manfaat, jenis, hingga perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. 

Pengertian Asuransi

Istilah asuransi dilihat dari kamus bahasa inggris disebut dengan “insurance” yang artinya adalah pertanggungan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata asuransi memiliki makna yaitu pertanggungan atau perjanjian antar dua pihak, dimana pihak pertama sebagai pemberi jaminan dan pihak kedua adalah yang dijamin, yang sebelumnya sudah diikat dengan sebuah perjanjian.

Sedangkan secara umum pengertian asuransi lebih merujuk pada sutau sistem, tindakan maupun bisnis, dimana ada suatu jaminan risiko, terhadap kejadian-kejadian tertentu yang tidak bisa diprediksi sebelumnya, dengan memberikan perlindungan finansial untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya, yang sebelumnya sudah melibatkan transaksi perjanjian pembayaran secara premi dalam kurun waktu tertentu secara teratur sebagai ganti dari jaminan tersebut.

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Berikut ini kita akan membahas beberapa pengertian tentang asuransi menurut para tokoh.

  1. Subekti

Subekti mengatakan bahwa asuransi adalah suatu kesepakatan yang di dalamnya terdapat perjanjian untung-untungan, dimana kesepakatan ini dibuat secara sengaja berdasarkan prediksi kejadian yang belum mungkin terjadi di masa depan, kejadian mana saja nantinya yang akan menunjukkan antara untung ruginya di salah satu pihak.

  1. Emmy Pangaribuan

Emmy Pangaribuan memaparkan bahwa asuransi adalah perjanjian yang dilakukan oleh kedua pihak, yang mana penanggung mengikat dirinya dengan yang tertanggung, agar bisa membebaskan dirnya dari kerugian ataupun ketiadaan keuntungan terhadap suatu kejadian yang belum pasti terjadi di kemudian hari.

  1. Abbas Salim

Abbas Salim menjelaskan bahwa asuransi adalah keinginan dalam melibatkan diri untuk mencegah kerugian-kerugian besar di kemudian hari yang status kejadian atau peristiwa tersebut belum bisa di nyatakan secara pasti, dengan membayar kerugian-kerugian kecil di masa sekarang.

Manfaat Asuransi

  1. Sebagai tabungan dikemudian hari, dengan cara membayar premi dalam periode tertentu yang tentunya akan dapat digunakan di suatu hari ketika terjadi sesuatu.
  2. Dapat meringankan beban.
  3. Memungkinkan membuat hidup nyaman dan tentram

Jenis-Jenis Asuransi

Terdapat berbagai jenis produk asuransi yang ditawarkan. Beberapa diantaranya :

  1. Asuransi Kesehatan
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Mobil
  4. Asuransi Pendidikan
  5. Asuransi Rumah
  6. Asuransi Syariah

Asuransi Kesehatan

Pada intinya asuransi kesehatan memberikan pertanggungan secara khusus terhadap resiko tertentu dalam bidang kesehatan, yaitu dengan menanggung seluruh biaya yang diperlukan akibat dari kecelakaan ataupun penyakit yang di derita oleh seseorang.

Namun untuk mendapatkan asuransi kesehatan ini tentulah tidak gratis. Anda akan dikenakan wajib membayar asuransi kesehatan, apabila anda tidak dijamin oleh perusahaan anda bekerja atau pihak pemerintahan. Jenis asuransi kesehatan dapat dipilih yang berdasarkan :

  1. jenis perawatan (rawat inap dan rawat jalan)
  2. pengelolaan dana (pemerintah dan swasta)
  3. keikutsertaan anggota (atas dasar kewajiban atau secara sukarela)
  4. jumlah dana yang ditanggung (seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan atau perusahaan hanya menanggung biaya yang tinggi saja)
  5. pihak tertanggung (individu dan kelompok)
  6. cara penggantian (pengajuan kerugian menggunakan kartu anggota atau membayar secara nasabah seluruh pengobatan terlebih dahulu, lalu akand diganti oleh prusahaan asuransi.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat terhadap keselamatan diri dan keluraga sudah tergolong dalam kategori yang cukup baik.

Asurasnai jiwa dapat diartikan sebagai sebuah layanan asuransi yang digunakan untuk perlindungan terhadap kemungkinan kerugian finansial akiat dari kematian seseorang atau keluarga yang biasanya memberikan nafkah bagi keluarganyaPengertian asuransi jiwa bisa berupa pertanggungan atas kematian seorang nasabah yang memiliki nilai keuangan. Dalam hal ini,

asuransi jiwa di lingkungan Indonesia terbagi menjadi dua macam asuransi, yaitu yang pertama adalah asuransi jiwa perorangan (single life) dan yang kedua adalah asuransi jiwa bersama (multiple life).

Lalu apa bedanya antara kedua jenis asuransi jiwa tersebut ? bedanya adalah terletak pada jumlah peserta yang mengikuti program asuransi jiwa. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa perbedaannya hanya terletak pada jumlah orangnya saja, dimana pada asuransi jiwa perorangan, pihak perusahaan asuransi hanya akan memberikan pertanggungan kepada satu orang (tunggal), sedangkan untuk jumlah orang dalam asuransi jiwa bersama yaitu lebih dari satu orang.

Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah suatu perjanjian dimana seorang penanggung akan mengikat dirinya kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi yang sudah disepakati, yang berguna untuk memberikan ganti kepada nya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan seperti yang diharapkan, yang mungkin akan di alami atau di deritanya yang diakibatkan oleh suatu peristiwa tertentu.

Disisi lain mungkin anda juga bertanya bagaimana cara kerja dan jenis asuransi mobil ? ada dua jenis perlindungan asuransi mobil yaitu

  1. All Risk / Comprehensif
  2. TLO (total loss only)

Asuransi Syariah

Dalam asuransi syariah terdapat istlah yaitu tabarru/ yang artinya sumbangan. Dalam islam diartikan sebagai Hibah- dana kebajikanAsuransi syariah dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk saling melindungi dan tolong-menolong antar satu dengan yang lainnya , hal ini dilakukan melalui investasi dalam bentuk aset terbaru yang nantinya akan memberikan kembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

Asuransi syariah adalah sistem yang menerpakan anggotanya terlibat untuk kegiatan mendonasikan sebagian maupun seluruh kontribusi atau premi yang mereka punya/ bayar untuk digunakan membayar klaim terhadap musibah yang terjadi oleh peserta yang lainnya.

Perbedaan yang mendasar yang membedakan antara asuransi syariah dan konvensional hanya terletak pada akad awalnya yang telah disetujui oleh kedua pihak tertentu. Pada asuransi syariah anggota atau peserta asuransi akan melakukan risk sharing atau yang disebut dengan berbagi risiko antar peserta, sedangkan untuk asuransi konvensional peserta atau anggota akan melakukan transfer risiko yang disebut dengan risk transfer kepada perusahaan lain.

Perusahaan Asuransi

Di Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang asuransi sangatlah banyak namun ada beberapa yang memang sudah banyak dikenal di masyarakat. Beberapa diantaranya yaitu asuransi prdudential, asuransi sinar mas, dan asuransi car.

Asuransi Prudential

asuransi prudential
asuransi prudential

Perusahaan Asuransi Prudential ialah kakak tertua dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia yang telah memimpin pasar  sejak tahun 1999, yang kita kenal sebagai PT. Prudential Life Assurance ( Prudential Indonesia), merupakan bagian dari prudential plc berbasis di London dan Inggris , yang sudah familiar sebagai grup pelayanan jasa keuangan.

Ada beberapa produk asuransi yang dimiliki oleh prudential indonesia :

A. Proteksi

Produk prudential asuransi proteksi  meliputi :

  1. PRUlife Cover
  2. PRUprotector Plan
  3. PRUaccident Plus
  4. PRUhospital Care

B. Asuransi Investasi

  1. PRUlink Assurance Account
  2. PRUlink Syariah Assurance Account
  3. PRUlink Investor Account
  4. PRUlink Fixed Pay

C. Asuransi Tambahan

 

Selain itu, prudential asuransi sudah banyak sekali mendapatkan piagam penghargaan sejak awal berdirinya perusahaan tersebut. beberapa diantaranya yaitu :

  1. Corporate Iage Award 2012 (keenam kalinya) pada kategori “insurance life 1 trilyun”, versi majalah bloomerg bussiness week & frontier consulting group.
  2. World Quality Achievment 2012 untuk kategori produk unit link dan meraih bintang 5.
  3. Asuransi jiwa terbaik 2012 versi majalah investor untuk kategori perusahaan asuransi yang berhasil memiliki aset di atas 15 triliun.
  4. World Quality Achievment 2012 untuk kategori asuransi jiwa dan meraih bintang 5.
  5. Indonesia Most favourite youth brand 2012 dari mark plus inc dan masketers untuk kategori produk keuangan dan asuransi kesehatan.
  6. Indonesia insurance awoard 2012 versi majalah business review untuk kategori the most inovative life insurance company in developing unit link products.

Asuransi Sinar Mas (ASM)

asuransi sinarmas
asuransi sinarmas

Asuransi Sinar Mas ialah salah satu asuransi umum terbesar yang berada di Indonesia.  dalam sejarahnya asuransi sinar mas mengalami pertumbuhan yang cukup baik dan berkesinambungan, dimana premi bruto dan total assetnya terus meningkat dari tahun ke tahun secara konsisten.

asuransi sinar mas memiliki banyak variasi produk untuk melindungi daripada aset  atau property, kesehatan dan diri nasabah baik dalam nasabah individu maupun nasabah perusahaan. Untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap asuransu asuransi sinar mas memiliki jaringan pemasaran yang cakupannya tergolong luas di seluruh penjuru Indonesia. adapun untuk total kantor cabang atau pemasarannya terdapat 97 cabang pada tahun 2011, diantaranya 31 cabang kantor, 65 kantor pemasaran dan 1 kantor syariah.

Dalam prestasinya, ASM banyak mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya adalah sebagai Asuransi Terbaik dalam kategori Asuransi Umum tahun 2009 dalam majalah investor. Dengan demikian asuransi sinar mas sudah tidak diragukan lagi dalam perusahaan asuransi.

Sistem yang dipakai adalah sistev penerbiatan polis gratis kecelakaan diri ini adalah bagian dari pengembangan dari sebuah sistem penerbitan polis kecelakaan diri sebelumnya yang bersifat offline.

Asuransi CAR

asuransi car
asuransi car

Asuransi car adalah sebuah perusahaan asuransi yang pada umumnya perusahaan yang sudah menyandang status yang tergolong besar. Pada tahun 2002 uu otoritas jasa keuangan (OJK) telah di tetapkan dan di sahkan, yang kemudian otoritas atau velve jasa keuangan, terutam  dalam jasa asuransi dan lembaga keuangan non bank lainnya. Bertepatan pada tanggal 1 januari 2013 telah beralih dari kementrian keuangan  ke OJK. Lalu disusul oleh industri perbankan 1 januari 2014 di bawah OJK.

PT Asuransi Jiwa CAR memasarkan salah satu produk asuransi CARLink atau dikenal dengan sebutan tabungan CAR 3i Network, dengan sistem mlm (ulti level marketing). Disini perusahaan ini akan menawarkan peluang usaha bisnis untuk setiap orang nasabahnya.

Manfaat yang diperoleh diantaranya adalah mendapat uang 21 juta ketika meninggal dunia dalam keadaan sistem menabung, adanya inflasi terhadap tabungan, anda akan mendapatkan bisnis dengan potensi pasif income sesuai denga konsep 3i.

 

Sumber :

Purnomo, A. (2017). Analisis Pembayaran Premi dalam Asuransi Syariah. Journal of Islamic Economics , 28.

Putra, L. E. (2014). Penentuan Premi untuk Polis Asuransi Bersama. Jurnal matematika UNAND, 115.

http://sinarmas.co.id/profil_perusahaan/as/sejarah_perusahaan.asp