Produk Asuransi Sinar Mas : Profil, Jenis, Syariah, dan Cara Klaim

5 min read

asuransi sinarmas

Demam yang berupa ketakutan akan kebutuhan hidup yang semakin hari semakin sulit, sudah sejak lama melanda masyarakat Indonesia. Belakangan ini kesadaran masyarakat akan perencanaan masa depan semakin meningkat, hal ini ditandai dengan bermunculannya perusahaan yang berusaha untuk menangkis dari kecemasan yang dirasakan oleh warga yang berupa Asuransi.

Gross Premium Writing menyebutkan bahwa ada banyak perusahaan asuransi, namun PT asuransi sinar mas merupakan perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia yang mengutamakan pelayanan yang cepat, mudah dan nyaman yang beroperasi 24 jam setiap harinya.

PT Asuransi Sinar Mas melalui produknya berupaya menjadikan hidup yang lebih baik, dengan memprioritaskan perencanaan 5 bahkan 10 tahun yang akan datang. Langkah yang dilakukan ini merupakan salah satu kesinambungan yang selalu dihubungkan oleh para perusahaan asuransi. Hal penting inilah yang akhirnya memikat pemikiran para investor untuk mengambil peran di dalamnya.

Perlunya informasi mengenai produk asuransi sinar mas maka pada artijek Jurnal Manajemen kali ini akan membahas secara tuntas mengenai asuransi sinar mas. Pembahasan meliputi profil perusahaan, produk asuransi sinar mas konvensional dan syariah, cara klaim asuransi, dan juga cara menghubungi kantor dan call centernya.

PT Asuransi Sinar Mas

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai produk asuransi sinar mas, akan lebih baik apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang seluk beluk dari perusahaan tersebut. seperti yang telah kita ketahui bahwa perusahaan ini merupakan brand terbesar yang telah memiliki bisnis utamanya seperti, sinar mas financial service, sinar mas pulp and paper products, di bidang bisnis dan makanan yaitu sinar mas agribusiness and food, dan juga sinar mas developer and real estate.

Sejarah asuransi sinar mas dimulai dari berdirinya perusahaan ini pada tanggal  27 mei 1985, dengan nama yaitu PT asuransi kerugian sinar mas dipta dengan surat no. Kep.-2562/MD. Lalu nama tersebut berubah menjadi PT asuransi sinar mas pada tahun 1991. Konsistensi perkembangan perusahaan ini dari tahun ke tahun selalu naik, hal ini dapat dilihat dari premi bruto dan asset perusahaannya.

Adapun visinya ialah “menjadi perusahaan asuransi yang bekerja secara profesional dan terpercaya melalui pemberian nilai yang berharga kepada klien asuransi, perusahaan asuransi, agen asuransi, maupun pemegang saham dan karyawan.”

Misi :

  1. Mengenali dan mencukupi kebutuhan dari nasabah.
  2. Keuntungan dari hasil underwriting.
  3. Adanya pengembangan bakat, kreativitas, dan juga pengemangan efisiensi karyawan.
  4. Inovasi produk sangat ditekankan agar sesuai dengan teknologi dan informasi.

Selain itu, perusahaan ini juga banyak mangantongi sejumlah prestasi beberapanya adalah :

  1. 12 november 2014 asuransi sinar mas mendapat penghargaan fitch rating mengafirmasi posisi asuransi sinar mas dengan rating AA+ (idn) nasional insurance financial strenght dengan prospek positif.
  2. Pada tahun 2014 asuransi sinar mas mendapat penghargaan the best general insurance company dari Indonesia insurance consumer choice award.
  3. Tahun 2011 berhasil meraih penghargaan indonesia brand champion award dengan kategori, the best customer choice of car insurance dan the most popular brand of car insurance.
  4. tahun 2011 dan 2012, asuransi sinar mas kembali meraih penghargaan the best insurance award versi majalah media asuransi dengan ekuitas di atas rp 750 milyar,
  5. Tahun 2013 asuransi sinar mas juga meraih the best general insurance untuk kategori non listed company – asset lebih dari 200 iliar dari indonesia insurance award tahun 2013.

Baca Juga : Produk Asuransi Prudential : Manfaat, Premi, dan Cara Klaim

Produk Asuransi Sinar Mas

Accident and healt merupakan salah satu produk Asuransi Sinar Mas yang tergolong dalam 3 kategori yaitu :

A. Asuransi sinar mas Kesehatan

Asuransi sinar mas menghadirkan jaminan dalam bidang kesehatan agar mampu menjadi solusi terbaik ketika anda mengalami kecelakaan atau sakit. Alasan mendasarnya adalah, karena kesehatan merupakan aset termahal dan terpenting dalam hidup. berikut adalah jenis asuransi kesehatan yaitu :

  1. Simas sehat corporative, yang bertujuan supaya kesehatan baik keluarga maupun karyawan bisa terjamin
  2. Individual, yaitu asuransi yang menjamin kesehatan per orangan.

B. Kecelakaan diri

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah tau kapan dan dimana kita akan mengalami kecelakaan. Dengan demikian produk asuransi sinar mas memberikan produk untuk meminimalisir kerugian yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Produk ini terdiri dari :

1. Simas Personal Accident

Asuransi personal accident merupakan bentuk jaminan dari bahaya yang kemungkinan akan terjadi seperti kecelakan, baik dirumah, tempat kerja, di jalanan, dan dimana-mana, yang berisiko menyebabkan kematian maupun cacat. Untuk itu asuransi ini bertujuan untuk membantu meringankan kecemasan yang di rasa pasca kejaian tersebut.

Jenis jaminan yang akan diberikan berupa :

  • Kecelakaan yang mengakibatkan kematian, maka akan anaknya akan mendapatkan santunan tertanggung.
  • Kecelakaan yang membuat tertanggung cacat tetap, maka akan mendapat uang santunan sesuai dengan persentase tabel yang sudah ditetapkan dalamkategori cacat tetap.
  • Perawatan dirumah skait akibat dari kecelakaan, maka pihak perusahaan akan membyar tagihan yang ada sesuai dengan limit tanggungan
  • Risiko kecelakaan dalam berkendaraan, akan mendapat santunan berdasarkan limit tertanggung.

2. Group Personal Accident

Merupakan produk layanan yang berhubungan dengan tempat kerja, dimana karyawan akan bekerja sesuai dengan jadwalnya. Namun, untuk kecelakaan kerja siapa yang bisa tau persisnya seperti apa.

Untuk itu group personal accident sangat cocok untuk mengasuransikan karyawan demi melindungi keselamatan kerja di lapangan. Produk ini dilengkapi dengan premi yang terjangkau sehingga lebih aman untuk di gunakan.

3. Travel Insurance

Ini adalah produk yang lebih mengarah pada keselamatan perjalanan bisnis ataupun perjalanan wisata, dengan menawarkan 3 jenis asuransi sesuai dengan yang anda butuhkan yaitu :

  1. Simas travel overseas
  2. Simas travel domestic
  3. Simas mudik

C. Personal accident and health

Pada produk ini terbagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Simas UKM

Merupakan perluasan jaminan akibat dari kematian, cacat ataupun kecelakaan yang menimpa seseorang. Luas jaminan Simas UKM adalah sebagai berikut :

  • Resiko A : Seseorang yang mengalami meninggal dunia akibat dari penyakit, cedera kecelakaan ataun meninggal secara normal.
  • Resiko B : Terjadi kelumpuhan total yang disebabkan karena kecelakaan, seperti buta kedua mata, amnesia, kelumpuhan terhadap alat indera dan kelumpuhan total.
  • Rawat inap jangka pendek yaitu 14 – 60 hari, akan ditanggung biaya sebesar 75% dari angsuran per bulan yang dibayar.
  • Rawat inap jangka panjang yang melebihi dari 60 hari dikenakan 75% tanggungan per bulan, dengan batas aksimal sampai dengan pinjaman terakhir.

2. Simas Proteksi PHK

Jenis ini adalah mengunggulkan tentang jaminan atau perlindungan kecelakaan yang akhirnya menimbulkan resiko-resiko di PHK. Jenis pertanggungan yang akan ditanggung oleh pihak perusahaan yaitu :

  1. Risiko A, yaitu seseorang yang meninggal dunia dan penyebabnya adalah kecelakaan.
  2. Risiko B, jaminan atas lumpuh total seperti buta mata yang akan ditanggung 100% dari risiko A.
  3. Risiko D, biaya obat- obatan dan biaya perawatan dokter yang diakibatkan oleh kecelakaan ditanggung sebear 10% dari risiko A.
  4. Risiko sepeda motor, ada jaminan yang akan di jamin apabila terjadi kecelakaan saat mengendari sepeda motor.
  5. Tertanggung yang mengalam PHK akibat kecelakaan dan sebagainya akan diberi santunan,
  6. Santunan PHK karna kepailitan, maksudnya adalah karyawan yang di PHK karena kepailitan yang berhubungan dengan UU Tenaga Kerja No. 13 tahun 2003.

Asuransi SinarMas Syariah

asuransi sinarmas syariah
asuransi sinarmas syariah

Akhir-akhir ini, selain asuransi yang berbasis konvensional juga ramai di perbicincangkan mengenai produk  asuransi yang berbasis syariah. Banyak yang bertanya-tanya mengenai apa itu produk Asuransi Syariah dan bagaimana sistemnya. Baiklah, pertama asuransi syariah adalah upaya yang dilakukan antar sekelompok orang yang saling tolong menolong atau saling membantu terhadap resiko yang akan terjadi di masa depan melalui perjanjian

Perjanjian yang dimaksud adalah bisa berupa akad takafuli dan tadabuli. Akad ini bisa berupa saling tolong menolong atau yang dikenal dengan sebutan ta’awun maupun akad investasi syariah dengan prinsip mudhabarah.

Prinsip syariah yang digunakan adalah sistem keluarga, yang artinya antar anggota yang berada di dalamnya dituntut untuk saling tolong menolong satu dengan yang lainnya. Hal ini diawali dengan akad yang sebelumnya sudah disetujui oleh kedua pihak. Dalam produk ini juga terdapat  metode yang dinamakan dengan bagi hasil.

Akad yang digunakan dalam produk ini adalah sebagai berikut :

  1. Akad tijaroh, yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan komersial yang di dalamnya terdapat profit transaksi yang bertujuan untuk mendapat keuntungan.
  2. Akad tabarru’, ialah akad yang bertujuan untuk saling tolong menolong, yang meliputi :
  3. Adanya kesepakatan antar anggota yang bersedia untuk tolong-menolong.
  4. Mengetahui hak dan kewajiban baik itu perorangan maupun kelompok.
  5. Prosedur pembayaran premi.
  6. Peraturan yang membolehkan atau tidak terhadap penarikan kontribusi oleh peserta.
  7. Syarat yang berlaku terhadap persentase pembagian surplus underwriting.

Jenis-jenis produk asuransi syariah adalah :

  1. Asuransi kebakaran.
  2. Asuransi kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4.
  3. Asuransi uang (case in safe and cash in transit).
  4. Asuransi pengangkutan.
  5. Asuransi rangka kapal.
  6. Asuransi alat berat.
  7. Asuransi engineering.
  8. Asuransi kecelakaan diri.

 

Baca Juga : Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia

 

Klaim Asuransi Sinar Mas

Di dalam asuran ada yang dinamakan dengan klaim. Klaim ini merupakan proses dimana member atau nasabah yang tertanggung meminta ganti rugi kepada pihak perusahaan (yang menanggung) atas sesuatu yang telah terjadi yang menyebabkan tertanggung mengalami kerugian. Perlu diketahui bahwa klaim ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Klaim asuransi kendaraan bermotor.
  2. Klaim Asuransi Kesehatan.
  3. Klaim asuransi lainnya, seperti kecelakaan diri maupun property.

Kantor Asuransi Sinar Mas

Asuransi sinar mas sejak berdirinya hingga saat ini sudah memiliki jaringan yang tergolong luas demi meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat. Cabang yang dimiliki oleh perusahaan ini sudah sangat familiar dan tersebar dimana- mana yaitu terdapat 190 kantor cabang, yang siap melayani kebutuhan masyarakat.

Kantor cabang yang tercatat adalah sebanyak 33 kantor cabang, 1 cabang kantor syariah, 80 marketing point, dan juga 76 kantor pemasaran yang sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Alamat Asuransi Sinar Mas

Alamat kantor pusat asuransi sinar mas ini terletak di Plaza Simas, jl. KH Fachrudin no. 18 Tanah Abang, Jakarta10250. Telp. 021 2918 9999 (Hunting) atau telp. 021 5050 9888 (Hunting). Nomor Whatsapp pembayaran premi (office hour) : 0881 117 6644. Whatsapp notifikasi polis : 0881 234 0900

Call Center Asuransi Sinar Mas

Berikut adalah layanan call center yang bisa anda hubungi apabila ada perihal lebih lanjut yang ingin dipertanyakan atau ingin diketahui mengenai perusahaan asuransi sinar mas :

  1. Untuk customer service simas sehat, anda akan mengetahui informasi tentang jaminan asuransi kesehata, bagaimana status klaim dan sebagainya.
  2. 24 Hour Customer Care adalah layanan simas sehat, simas/ asuransi sinar mas mobil, dan berbagai info lainnya. Anda bisa menghubungi layanan (021) 235 67 888/ (021) 505 07 888, atau bisa juga melalui whatsapp di nomor 0881 1070 888.
  3. Call me adalah layanan untuk menjawab pertanyaan seputar asuransi anda bisa mengklik https://sinarmas.co.id/pelayanan/cmp/nasabah/callme/callme.asp
  4. Apabila anda ingin membeli asuransi, cek polis, cek status klaim praktis langsung dari hp anda, maka anda diharuskan untuk mendownload aplikasi online asurasi sinar mas.
  5. Apabila ingin mengetahui info lain bisa kunjungi website simassehat.com atau www.simasmobil.com.