Produk Asuransi Prudential : Manfaat, Premi, dan Cara Klaim

5 min read

asuransi prudential

Belakangan ini ada beberapa kontroversi yang terjadi di masayarakat umum kita. Kontroversi yang masih menjadi simpang siur yang belum ada ketuk palunya secara jelas, yang akhirnya menimbulkan perasaan cemas. Namun,  pertanyaannya adalah kontroversi jenis apa yang sampai saat ini masih menjadi hiruk pikuk di masyarakat umum ? jawabannya adalah kontroversi asuransi.

Asuransi dianggap oleh sebagian kalangan merupakan jalan pintas yang cocok untuk perencanaan masa depan. Namun sebagian kalangan juga masih ada yang menganggap bahwa, ada hukum-hukum yang belum jelas di dalam asuransi, sehingga perlu dibuat asuransi yang berbasis syariah untuk meminimalisisr mudharat yang ada. Dengan demikian, pembahasan kali ini, Jurnal Manajemen akan membahas mengenai asuransi prudential umum dan asuransi prudential syariah.

Asuransi Prudential Indonesia

Perusahaan Asuransi Prudential merupakan kakak tertua dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, yang telah memimpin pasar  sejak tahun 1999, yang kita kenal sebagai PT. Prudential Life Assurance ( Prudential Indonesia), yang merupakan bagian dari prudential plc berbasis di London dan Inggris , yang sudah familiar sebagai grup pelayanan jasa keuangan.

 Misi Prudential Indonesia ialah “menjadi perusahaan yang terbaik di seluruh Indonesia, melebihi batas dari sekedar harapan nasabah, harapan tenaga pemasaran, harapan staf dan pemegang saham, dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas sempurna, bekerja profesional, berkomitmen tinggi dan menghasilkan penghasilan investasi yang menguntungkan.”

Perusahaan ini sudah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terbaik di tanah air sejak berdirinya pada tahun 1995, hal ini bisa dilihat dari banyaknya pencapaian piagam penghargaan sejak awal berdirinya perusahaan tersebut. beberapa diantaranya yaitu :

  1. Corporate Iage Award 2012 (keenam kalinya) pada kategori “insurance life 1 trilyun”, versi majalah bloomerg bussiness week & frontier consulting group.
  2. World Quality Achievment 2012 untuk kategori produk unit link dan meraih bintang 5.
  3. Asuransi jiwa terbaik 2012 versi majalah investor untuk kategori perusahaan asuransi yang berhasil memiliki aset di atas 15 triliun.
  4. World Quality Achievment 2012 untuk kategori asuransi jiwa dan meraih bintang 5.
  5. Indonesia Most favourite youth brand 2012 dari mark plus inc dan masketers untuk kategori produk keuangan dan asuransi prudential kesehatan.
  6. Indonesia insurance awoard 2012 versi majalah business review untuk kategori the most inovative life insurance company in developing unit link products.

Sejak berdirinya unit usaha yang dikaitkan dengan investasi maka pada tahun 2007 prudential telah dipercaya memimpin pasar besar Indonesia dan juga telah mendirikan unit usaha  asuransi syariah. Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya apa sebenarnya asuransi syariah itu ?

Asuransi Prudential Syariah

asuransi prudential syariah
asuransi prudential syariah

Seiring berjalannya waktu, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini prudential Indonesia bukan hanya memliki asuransi umum saja, namun juga memiliki asuransi yang berbasis syariah atau biasa disebut dengan asuransi prudential syariah.

Asuransi prudential syariah adalah jenis asuransi dan investasi yang sesuai dengan aturan yang diatur oleh islam, yang bertujuan ingin mengatur keuangan masa depan terhadap risiko yang kemungkinannya belum bisa dipastikan terjadi. Istilah lainnya adalah dana darurat masa depan.

Pengelolaan dana ini akan di alokasikan untuk menjamin keberlangsungan hidup nasabah, misalnya seperti melindungi kesehatan diri dengan konsep yang syariah. Anda akan merasa lebih aman ketika memilih untuk bertransaksi syariah, karena sudah diyakini bahwa sistem ini sudah sesuai dengan syariat islam.

Ada dua jenis produk syariah yang bisa anda ketahui yaitu PRUlink syariah investor account PRUlink syariah assurance account:

  1. PRUlink syariah investor account, adalah produk yang berkaitan dengan asuransi jiwa dengan hubungannya investasi syariah, dalam produk ini anda hanya akan dikenakan satu kali bayar, namun anda tidak akan mendapat tambahan manfaat. Ada keuntungan yang di dapat yang berupa adanya perlindungan secara komprehensif terhadap kematian ataupun cacat total atau cacat tetap.
  2. PRUlink syariah assurance account adalah produk yang berkaitan dengan asurannsi jiwa yang berkaitan dengan investasi, dimana pihak perusahaan mengharuskan anda untuk membayar secara berkala, akan tetapi anda juga akan mendapat asuransi tambahan.

Perbedaan kedua jenis produk ini sangat sederhana, yaitu hanya terletak pada akad (proses dan mekanisme pembayaran) serta manfaat yang diperoleh. Asuransi Syariah juga meliputi 4 bidang asuransi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Asuransi pendidikan
  2. Asuransi Penyakit kritis
  3. Asuransi kesehatan
  4. Dan, asuransi jiwa

Manfaat Asuransi Prudential

Sebelum kita memutuskan untuk bergabung dalam asuransi ini, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai manfaat yang akan kita peroleh. Bukan hanya sekedaar manfaat, namun juga harus mempertimbangkan akan kekurangan dan kelebihan sebagai patokan dan bahan pertimbangan. Berikut adalah beberapa manfaat yang janjikan oleh pihak asuransi prudential, yaitu :

  1. Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi jiwa sampai dengan usia 99 tahun, dan perlindungan kesehatan sampai dengan usia 75 tahun, juga proteksi kecelakaan dan sebagainya.
  2. Apabila anda memilih produk asuransi syariah, manfaat yang akan di dapat yaitu bisa menunda pembayaran premi dalam jangka waktu beberapa saat, tanpa ada biaya ganti terhadap periode premi yang telah terlewatkan sebelum
  3. Free premi, jika pihak nasabah sedang mengalami kegagalan atau kritis, dan perusahaan akan menanggun biaya ini sampai usia 65 tahun dan sesuai dengan pilihan yang telah tersedia.
  4. Penggandaan uang tanggungan akan di dapat, apabila anda mengalami kecelakaan kerja, meninggal dunia , mengalami cacat total, luka bakar, patah tulang, trauma pada bagian kepala dan sebagainya.
  5. Untuk prudential pendidikan, bisa mendapat biaya bulanan sebagai bentuk manfaat dari pilihan yang telah anda pilih, biaya ini akan di dapatkan hingga anak berusia 18 atau 25 tahun.
  6. Mendapat fasilitas withdrawal, yang artinya uang dari investasi yang telah anda bayarkan bisa diambil kembali sebagian atau seluruhnya, apabila dalam keadaan kritis misalnya anda mengalami kecelakaan dan sebagainya.

Kelebihan dari asuransi prudential adalah :

  1. Adanya fasilitas dan fitur yang tergolong banyak dan lengkap.
  2. Produk asuransi yang ditawarkan tergolong memiliki kualitas yang baik
  3. Perusahaan yang solid
  4. Agen yang berlisensi
  5. Informatif
  6. Jaminan pengobatan
  7. Dan, jaminan warisan.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa apabila ada kelebihan maka akan ada pula kekurangan, seperti yang disebutkan di bawah ini bahwa kekurangannya adalah :

  1. Sistem pembayaran onlinenya kurang maksimal, dan terkadang mendapat kritik dari para nasabah.
  2. Pembayaran premi terlalu lama
  3. Peraturan ketat

 

Baca Juga : Produk Asuransi Sinar Mas : Profil, Jenis, Syariah, dan Cara Klaim

 

Produk Asuransi Prudential

Ada beberapa produk asuransi yang dimiliki oleh prudential indonesia :

Proteksi

Produk prudential asuransi proteksi  meliputi :

  1. PRUlife Cover
  2. PRUprotector Plan
  3. PRUaccident Plus
  4. PRUhospital Care

Asuransi terkait investasi

  1. PRUlink assurance account
  2. PRUlink syariah assurance account
  3. PRUlink investor account
  4. PRUlink fixed pay

Asuransi tambahan

Asuransi Prudential Pendidikan

Produk asuransi prudential pendidikan adalah salah satu produk terbaik yang dimiliki oleh prudential, yang merupakan asuransi dengan tujuan ingin mengelola, membentuk, serta menjamin dana pendidikan ketika anda membutuhkannya. Adapun manfaat yang bisa anda dapatkan adalah :

  1. Manfaat tabungan pendidikan, disini anda akan dikenakan bayaran setiap bulannya. Dana ini hanya akan dikeluarkan untuk keperluan pendidikan dan tidak bisa diganggu gugat untuk urusan lainnya. Artinya semakin hari tabungan pendidikan anak anada akan semakin bertam
  2. Manfaat asuransi pendidikan, ialah asuransi yang bisa melindungi biaya pendidikan dan menangani resiko ketika suatu hari anak anda ingin menempuh pendidikan.
  3. Manfaat uang saku bulanan, manfaat ini bisa dikatakan sejenis beasiswa yang di dapatkan setiap bulannya, namun yang memberikan beasiswa ini adalah anda sendiri.
  4. Manfaat santunan anak yatim piatu, adalah tanggungan yang akan diberikan apabila orangtuanya sudah meninggal dunia dan anak tersebut venjadi anak yatim
  5. Manfaat bebas premi, ialah saat dimana anda sedang mengalami kesulitan seperti keadaan kritis, maka akan dikenakan bebas biaya premi, dan anda tetap akan mendapatkan biaya perbulan sampai anak berusia 18 -25 tahun.
  6. Manfaat kesehatan anak
  7. Manfaat hasil investasi
  8. Manfaat bebas inflasi

Premi Asuransi Prudential

Untuk preminya, biaya perbulannya adalah sekitar Rp 300. 000 rupiah. Namun, hal ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan secara pasti, karena premi yang dibayarkan sesuai dengan pilihan yang anda pilih sesuai dengan daftar yang telah ditentukan. Untuk lebih jelas mengenai premi pastinya, silahkan anda menghubungi pihak prudential untuk informasi lebih lanjut.

Atau anda bisa mengunjungi kantor resmi yang ada di kota anda, sehingga info yang di dapat akan lebih jelas. Apabila anda tertarik dan ingin mendaftarkan diri anda, maka langkah yang harus anda lakukan adalah yang pertama mencari tau lebih detail tentang perusahaan tersebut, lalu datang ke kantor yang berada di kota anda, kemudian anda akan diminta untuk mengisi formulir dan memilih produk yang and inginkan sesuai dengan kondisi anda, lalu akan ada proses wawancara.

Cara menutup Asuransi Prudential

Apabila anda ingin menutup asuransi prudential, setidaknya ada beberapa langkah yang harus anda lakukan yaitu :

  1. Pertama melalui agen resmi prudential
  2. Melalui kantor prudential di kota tempat ana berada
  3. Melalui customer service prudential :
  4. Menghubungi layanan CS prudential 1500085 setiap hari senin – sabtu jam15 – 16.30 WIB.
  5. Verifikasi data diri nasabah dengan format : nama polis, nama lengkap, tanggal lahir, alamat terdaftar, dan nomor Hp terdaftar.
  6. Berbicara dengan CS relation
  7. Pilih metode pengiriman berkas
  8. Mengirim persyaratan ke kantor pusat dengan alamat : PT prudential life assurance, prudential tower jl. Jend. Sudirman kav.79 jakarta 12910 Indonesia.
  9. Datang langsung ke kantor pusat prudential
  10. Tidak melanjutkan pembayaran asuransi

Cara klaim Asuransi Prudential

Ketika anda ingin mengklaim asuransi prudensial, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui, diantaranya adalah masa tunggu yaitu biasanya 30 hari, jam minimal untuk rawat inap pasien adalah 1 X 6 jam dan maksimalnya adalah 150 hari inap, dan juga batasan manfaat pertahunnya.

Ada dua cara yang dapat anda dilakukan yaitu pertama adalah cashless dan yang kedua adalah reimburse. Yang dimaksud dengan cashless adalah tidak ada uang tunai, yang berarti pasien tidak diharuskan mengeluarkan biaya administrasi di awal untuk menempati kamar inap, dengan cara menunjukkan kartu member prudential. Biaya administrasi akan ditanggung oleh prudential

Sedangkan reimburse ini berarti bahwa anggota asuransi prudential tidak diberikan kartu member, mengingat bahwa pihak rumah sakit tidak akan melayani pasien apabila tidak ada dana tunai di awal administrasi, dan tidak bisa menempati kamar rawat inap di rumah sakit. Namun, setelah itu pihak prudential akan mengganti dana yang telah dikeluarkan oleh nasabah tersebut.