Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia Terlengkap

6 min read

asuransi pendidikan

Dalam dekade terakhir ini, dunia pendidikan menjadi sesuatu yang sangat serius pembahasannya. Bagaimana tidak ? karena pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan adalah tabungan yang sangat mahal untuk masa depan anak-anak kita. Bahkan, pendidikan ini merupakan salah satu barometer dalam dunia sosial.

Sedangkan, disisi lain, bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan semakin hari semakin mahal. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh maka akan semakin besar pula biaya yang akan  kita keluarkan. Karena itu sebagian banyak orangtua telah melirik asuransi pendidikan sebagai bentuk perencanaan dari investasi pendidikan bagi anak-anaknya.

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis perusahaan yang menawarkan produk asuransi pendidikan, namun kita harus jeli dan teliti dalam memilih asuransi sesuai dengan tujuan utama kita. Untuk itu, dibawah ini Jurnal Manajemen akan membahas mengenai asuransi pendidikan anak.

Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan dikatakan sebagai asuransi dwiguna (dua fungsi) yaitu sebagai fungsi proteksi dan investasi. Fungsi proteksi yaitu jenis asuransi yang menjamin dengan sejumlah uang atas kematian orangtua apabila terjadi risiko. Namun, pertanggungan biaya pendidikan ini disesuaikan dengan kesepakatan yang ada. sedangakan fungsi investasi artinya adalah pengelolaan investasi yang telah dibayarkan oleh orangtua. Pihak perusahaan akan memberikan hak anak dalam waktu-waktu tertentu sesuai dengan peraturan.

Manfaat yang di dapat dari asuransi ketika orangtua sudah meninggal dunia yaitu :

  1. Anak akan mendapatkan biaya santunan berupa uang senilai 500.000.000 rupiah
  2. Santunan uang sebesar 500.000.000 rupiah, apabila orangtua mengalami penyakit kritis (penyakit kritis ini adalah penyakit yang tergolong dari 49 penyakit yang telah ditentukan).
  3. Mendapatkan jaminan premi sebesar 10.200.000 rupiah setiap tahunnya, sebagai bentuk untuk jaminan pendidikan, saat orangtua mengalami penyakit sampai dengan usia 65 tahun.
  4. Uang tanggungan sebesar 50.000.000 rupiah, boleh diambil saat anak akan mendaftar sekolah menengah atas (Sma)
  5. Uang sebesar 100.000.000 rupiah bisa diambil ketika anak akan memasuki atau mendaftar ke jenjang dunia perkuliahan/ university.

Dengan kata lain asuransi pendidikan merupakan suatu bentuk perlindungan terhadap dana pendidikan. Dalam hal ini orangtua akan diwajibkan untuk membayar premi yang telah dipilih dalam jumlah dan rentang waktu yang sudah ditetapkan. Ada beberapa hal yang harus dipelajari terlebih dahulu apabila anda ingin memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak anda.

 

Baca Juga : Serba-Serbi Asuransi Syariah Yang Harus Anda Ketahui

 

Asuransi Pendidikan Terbaik

Memilih asuransi pendidikan terbaik bisa dikatakan sebagai hal yang gampang-gampang susah. Berbagai faktor yang ada harus dipertimbangkan secara matang terlebih  dahulu agar apa yang diharapkan bisa sesuai dengan goal kedepannya. Sebenarnya ada dua hal yang paling mendasar yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya memfokuskan pilihan, yaitu sistem nilai proteksi dan nilai investasinya. Selain itu ada beberapa hal lainnya yang tidak kalah penting juga kita ketahui, yaitu :

  1. Lihatlah terlebih dahulu rekam jejak perusahaan yang anda tuju, apakah perusahaan tersebut sudah terpercaya ataukah ada banyak komplain dari pihak pesertanya. Hal ini nantinya akan memberikan gambaran kepada anda mengenai perusahaan tersebut.
  2. Sebaiknya, mencari perusahaan yang pencairan klaimnya tergolong cepat, mudah, aman dan nyaman.
  3. Mengumpulkan berbagai informasi dari orang-orang yang sudah pernah atau sedang menggunakan produk asuransi tersebut. Orang yang sudah berpengalaman di bidang ini akan sangat membantu terhadap informasi yang anda cari.
  4. Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perusahaan tersebut.
  5. Cermati program yang ditawarkan, apakah program tersebut sudah sesuai dengan tujuan utama anda mengikuti asuransi pendidikan tersebut atau belum.
  6. Dan, pastikan premi yang akan anda sepakati sesuai dengan kapasitas finansial dan kondisi anda, sehingga tidak akan memberatkan dikemudian hari.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Ada beberapa macam asuransi pendidikan anak yang terbaik di Indonesia. Berikut akan kita bahas beberapa diantaranya, dengan demikian diharapkan semoga informasi atau pengetahuan ini bisa membantu anda dalam menentukan pilihan dengan cermat, dan mejadikan sebagai bahan pertimbangan kedepannya.

1. Asuransi Pendidikan Prudential

asuransi prudential
asuransi prudential

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) adalah salah satu penyedia produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia. Adapun produk asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan tertua ini diantaranya sebagai berikut : 

  1. PRUmy Child, program ini menawarkan perlindungan secara komprehensif bahkan sejak anak masih di dalam kandungan hingga anak tumbuh dewasa. Perlindungan ini meliputi kesehaan, finansial, dan juga pendidikan. Adapun jumlah uang yang akan dipertanggungkan adalah sebesar Rp. 500 juta rupiah.
  2. PRUlink Edu Protection, adalah jenis produk yang berkaitan dengan investasi, yang memberikan dana santunan setiap bulannya kepada anak ketika yang tertanggung sedang mengalami atau terjadi risiko tertentu.
  3. PRUedu Protection, adalah produk yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap orangtua dan anak lewat satu polis secara komprehensif. Minimal premi dari asuransi ini adalah sebesar Rp. 500 ribu rupiah, dengan manfaat bulanan yang di dapat setiap bulannya hingga anak berusia 25 tahun.

2. Asuransi Pendidikan BumiPutera

asuransi bumiputera
asuransi bumiputera

Asuransi Pendidikan BumiPutera juga menawarkan dua produk yaitu, Mitra beasiswa dan mitra cerdas sebagai berikut ;

  1. Mitra Beasiswa, adalah produk dari bumi putra yang memberikan perlindungan kepada anak dan juga memberikan jaminan pada biaya pendidikan sejak dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan perguruan tinggi.
  2. Mitra Cerdas, ialah produk asuransi jenis investasi yang menawarkan penyediaan biaya pendidikan yang berkaitan dengan investasi, sehingga biaya pendidikan yang telah dibayar akan meningkat sesuai dengan biaya yang telah dibayarkan atau berdasarkan jumlah dari investasi dari investor tersebut.

3. Asuransi Pendidikan Manulife

asuransi manulife
asuransi manulife

Ada dua produk asuransi pendidikan manulife yang di tawarkan yaitu :

  1. ProGraduate, dalam program ini sistemnya adalah bertujuan untuk membantu agar dana pendidikan bisa disediakan mulai dari awal masuknya anak ke perguruan tinggi hingga anak memasuki usia 23 tahun. Adapun manfaat yang di dapat dari pembayaran tunai dana pendidikan sebesar 25% dari biaya pertanggungan, masa pembayaran premi juga tergolong fleksibel sesuai dengan kondisi finansial maupun kebutuhan pendidikan anak.
  2. StudyLink merupakan program asuransi dan juga program investasi, sebagai dana persiapan untuk pendidikan anak melalui pengambilan dana yang telah diinvestasikan oleh orangtua sebelumnya sesuai dengan kesepakatan yang berlaku, yang telah terstruktur dan terjadwal sesuai dengan perjanjian kedua pihak, sejak anak mulai berusia 6 tahun hingga usia 23 tahun.

4. Asuransi Pendidikan BCA

asuransi BCA
asuransi BCA

Nama lain dari asuransi pendidikan BCA adalah maxi kid investa. Hal yang menarik yang ditawarkan oleh perusahaan ini yaitu jaminan jangka panjang, dimana pihak perusahaan akan menangggung biaya pendidikan anak apabila dikemudian hari, terjadi sesuatu pada orangtua yang menyebabkan ketidak bisaan atau ketidak sanggupan dalam memberikan biaya pendidikan kepada anaknya.

Asuransi pendidikan BCA ada dua jenis yaitu konvensional dan Syariah. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan keduanya.

A. Asuransi Pendidikan BCA Konvensional

Ada beberapa kelebihan yang dapat kita ketahui dalam produk yang ditawarkan, diantaranya adalah :

  1. Adanya serangkain paket polis tertentu, hal ini tentu saja akan memberikan keringan keuntungan kepada peserta, karena paket yang disediakan dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keadaan finansial sehingga peserta bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Ketika anda memiliki premi sekitar 30% maka pada tahun pertama akan langsung di investasikan, kemudian 100% premi dasar anda akan diinvestasikan di polis pada tahun keduanya, begitu pun seterusnya.
  3. Terdapat bonus tahunan sebesar 15% 25% atau 35%, pada tahun pembayaran premi yang ke 10.
  4. Ada kemudahan maupun fleksibelitas yang diberikan dari perusahaan terhadap jenis investasi.

Selain itu, anak akan mendapat tunjangan sebesar 100% apabila orangtua meninggal dunia, adanya uang santunan yang diberikan sebesar Rp 500 juta rupiah jika yang memegang polis meninggal dunia, dan pertanggungan ini juga akan di dapat apabila meninggal dunia dalam keadan cacat atau terjadi kecelakaan.

B. Asuransi Pendidikan BCA Syariah

Perbedaan antara asuransi pendidikan BCA konvensional dengan syariah adalah dalam pengelolaan dana, di syariah sistem pengelolaan dana akan di sesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalam aturan islam. Kesepakatan atau akad di awal antara pihak menanggung dengan pihak yang tertanggung inilah merupakan kunci utama dalam membedakan antara konvensional dengan syariah.

Mengenai produk yang ditawarkan, kedua sistem ini menawarkan produk yang relatif sama hanya saj sistemnya yang sedikit berbeda. Adapun manfaat yang akan di dapat adalah dari program ini adalah perlindungan jiwa terhadap yang mencari nafkah dalam keluarga (orangtua) yang bertujuan agar dapat menunjang biaya pendidikan bagi anak.

 

Baca Juga : Produk Asuransi Sinar Mas : Profil, Jenis, Syariah, dan Cara Klaim

 

5. Asuransi Pendidikan BNI

asuransi BNI
asuransi BNI

Asuransi pendidikan BNI sudah mempersiapkan perlindungan masa depan anak anda dengan rancangan BNI Life Smart Education, yang bertujuan agar orangtua selalu sigap dan siap dengan dana pendidikan untuk generasi penerusnya.

Beberapa manfaat yang akan di dapat yaitu, beasiswa pendidikan, uang saku, dan proteksi ganda. Terdapat beberapa kelebihan pada asuransi pendidikan BNI dibanding dengan yang lainnya diantaranya adalah :

  1. Terdapat 10 program pilihan yang bisa anda pilih.
  2. Terdapat dua pilihan pembayaran, yaitu pertahun atau dibayar sekaligus.
  3. Free dalam menentukan biaya tanggungan.
  4. Fleksibilitas terhadap pembayaran premi.

Syarat-syaratnya adalah :

  1. Foto kopi kartu keluarga (KK)
  2. Foto kopi kartu tanda penduduk (KTP)
  3. Foto kopi akte kelahiran anak
  4. Syarat usia tertanggung dari 17 tahun dan maksimal 64 tahun
  5. Pertanggungan selama 70 tahun atau dibawahnya.
  6. Usia anak berkisar 6 bulan hingga 12 tahun

6. Asuransi Pendidikan BRI

asuransi BRI
asuransi BRI

Asuransi pendidikan BRI merupakan perusahaan yang berada dibawah naungan BringLife, yang menawarkan berbagai bentuk premi sesuai dengan kebutuhan yang masyarakat butuhkan dengan kata lain terdapat berbagai paket polis yang bisa dipilih dengan menyesuaikan kondisi para orangtua.

Salah satu programnya adalah Danasiswa, dimana orangtua bisa mengikuti sejak anak memasuki pendidikan taman kanak-kanak (TK) hingga ke jenjang perguruan tinggi. Danasiswa sendiri sudah memiliki proteksi maupun tabungan sendiri dari anak-anak hingga ke jenjang universitas.

7. Asuransi Pendidikan Allianz

asuransi allianz
asuransi allianz

Secara umum semua yang berbentuk asuransi pendidikan memiliki tujuan yang hampir sama antara satu dengan yang lain. Asuransi pendidikan Allianz ditujukan pada orangtua yang memiliki anak berusia dari 0 tahun hingga 11 tahun.

MY EDUCATION merupakan salah satu program unggulan, yang akan membantu anak anda mendapatkan pendidikan yang berkualitas di masa yang akan mendatang. Istilah lainnya adalah menabung di hari lapang. Lalu apa yang bisa kita dapatkan dari program tersebut ? tentu saja, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan seperti :

  1. Saat anak berusia 6 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 10 %.
  2. Saat anak berusia 12 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 20 %.
  3. Saat anak berusia 15 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 30 %.
  4. Saat anak berusia 18 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 50 %.
  5. Saat anak berusia 19 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 20 %.
  6. Saat anak berusia 20 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 25 %.
  7. Saat anak berusia 21 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 25 %.
  8. Saat anak berusia 22 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 30 %.
  9. Saat anak berusia 23 tahun, anak akan menerima uang tanggungan sebesar 30 %.

Bukan hanya itu saja, ketika yang tertanggung mengalami sesuatu yang tidak terduga misalnya meninggal dunia, maka anaknya akan mendapatkan santunan kematian sebesar 150% dari total uang pertanggungan, tanpa mengganggu sepeserpun dari dana pendidikan yang sudah ada.

Syarat-syaratnya :

  1. Memilih masa pembayaran premi, dengan kisaran usia 5 – 18 tahun.
  2. Perlindungan jiwa sebesar 150% dari nilai tertanggung dihitung selama masa yang berlaku.
  3. Adapun manfaat tambahan untuk dana pendidikan maksimal 240% dari dan pertangguhan ditambah manfaat tambahannya.
  4. Ahli waris tidak diwajibkan membayar premi ketika tertanggung tiba-tiba mengalami kematian, sampai dengan proses pembayaran premi selesai.
  5. Pembayaran premi hanya sampai anak berusia 18 tahun.

 

Baca Juga : Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia