Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia (Lengkap dengan Manfaatnya)

7 min read

asuransi kesehatan terbaik

Kesehatan adalah aset berharga dalam hidup. Pastilah semua orang selalu menginginkan keadaan yang sehat baik sehat secara fisik maupun rohani. Namun, tidak ada yang bisa menjamin keadaan kita, bahkan untuk satu detik kedepan.

Ketidaktahuan kita akan kesehatan inilah merupakan hal yang kadang menimbulkan kekhawatiran. Bagaimana jika suatu hari anda jatuh sakit ? atau bahkan mengalami kecelakaan, yang saat itu memaksa anda untuk tidak bekerja. Apa yang akan anda lakukan untuk orang-orang yang anda cintai ? Tentunya akan sulit sekali, apalagi jika hari ini anda tidak mempersiapkan tabungan untuk masa depan.

Oleh karenanya banyak orang saat ini mencari informasi mengenai asuransi kesehatan terbaik bagi mereka. Tidak hanya untuk individu saja namun mencari asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga.

Berbicara tentang asuransi kesehatan sepertinya merupakan hal yang sangat menarik untuk dikupas tuntas. Bagaimana tidak ? karena hal tersebut adalah salah satu bentuk usaha antisipasi, yang bisa menjamin kesehatan anda di masa mendatang.

Oleh karena itu artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas mengenai asuransi kesehatan. Pembahasan meliputi pengertian asuransi kesehatan, kriteria asuransi kesehatan yang baik dan murah serta beberapa perusahaan asuransi terbaik dalam produk asuransi kesehatan.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jaminan yang mencakup daripada kesehatan manusia. Kata kesehatan ini lebih merujuk pada biaya rumah sakit, obat-obatan, biaya kecelakan maupun keadaan darurat lainnya.

Pada intinya asuransi kesehatan memberikan pertanggungan secara khusus terhadap resiko tertentu dalam bidang kesehatan, yaitu dengan menanggung seluruh biaya yang diperlukan akibat dari kecelakaan ataupun penyakit yang di derita oleh seseorang.

Namun untuk mendapatkan asuransi kesehatan ini tentulah tidak gratis. Apabila anda tidak dijamin oleh perusahaan anda bekerja atau pihak pemerintahan, maka anda akan dikenakan kewajiban untuk membayar. Jenis asuransi kesehatan dapat dipilih yang berdasarkan :

  1. Jenis perawatan (rawat inap dan rawat jalan)
  2. Pengelolaan dana (pemerintah dan swasta)
  3. Keikutsertaan anggota (atas dasar kewajiban atau secara sukarela)
  4. Jumlah dana yang ditanggung (seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan atau perusahaan hanya menanggung biaya yang tinggi saja)
  5. Pihak tertanggung (individu dan kelompok)
  6. Cara penggantian (pengajuan kerugian menggunakan kartu anggota atau membayar secara nasabah seluruh pengobatan terlebih dahulu, lalu akand diganti oleh perusahaan asuransi.

Asuransi kesehatan, merupakan hal yang penting dalam perencanaan keuangan. Mengingat pentingnya hal tersebut, tentulah hal yang pertama kita perhatikan adalah bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang bagus. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap masa depan anda dan keluarga anda. Berikut ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara agar anda bisa memilih asuransi kesehatan yang bagus.

 

Baca Juga : Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia

 

Asuransi Kesehatan yang Bagus :

Mengetahui terlebih dahulu beberapa kriteria untuk menjadi bahan pertimbangan, yaitu :

  1. Perusahaan asuransi tersebut bisa dipercaya
  2. Asuransi cashless
  3. Jaringan rumah sakit yang luas
  4. Platform dan premi yang sesuai
  5. Asuransi kesehatan murni
  6. Manfaat rawat inap
  7. Tanpa limit per perawatan
  8. Pembayaran auto debit
  9. Masa tunggu penyakit
  10. Hindari mengambil asuransi kesehatan via telpon
  11. Asuransi kesehatan keluarga

Asuransi Kesehatan murah

Diatas kita telah membahas beberapa kriteria Asuransi yang bagus, berikut kita akan membahas mengenai perusahaan asuransi yang memiliki premi murah, yang bisa anda jadikan sebagai bahan acuan dalam memilih.

  1. Asuransi jaga diri, merupakan produk yang dikeluarkan oleh PT CENTRAL ASIA FINANCIAL JAGA DIRI, yang memiliki beberapa jenis asuransi yaitu : asuransi kesehatan murah, asuransi jiwa , asuransi kecelakaan, maupun asuransi investasi. Sedangkan untuk jenis asuransi kesehatan sendiri terdiri menjadi dua bagian yaitu.
  2. Asuransi jaga sehat plus, dan
  3. Asuransi jaga sehat DBD
  4. Asuransi demam berdarah
  5. Asuransi mikro kkm dari bringinlife, merupakan perusahaan yang mengunggulkan kualitas premi rendah yang mencakup layanan mikro. Ada dua produk andalannya yaitu :
  6. Bringin ajaib, dan
  7. Asuransi mikro kecelakaan kesehatan meninggal dunia (kkm)
  8. Hario sinaga dari mnc life, memiliki keunggulan sebagai berikut :
  9. Premi sebesar Rp 55 ribu rupiah. Mendapat tanggungan sebesar Rp 30 juta apabila meninggal dunia, dan 3 juta untuk perawatan kecelakaan.
  10. Premi sebesar Rp. 110 ribu rupiah. Mendapat tanggungan sebesar Rp 60 juta apabila meninggal dunia, dan 6 juta untuk perawatan kecelakaan.
  11. Premi sebesar Rp. 180 ribu rupiah. Mendapat tanggungan sebesar Rp 100 juta apabila meninggal dunia, dan 10 juta untuk perawatan kecelakaan.

Asuransi Kesehatan terbaik di Indonesia

Memang banyak perusahaan yang  menawarkan premi yang tergolong dalam kategori murah, namun anda juga harus tau beberapa asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang telah di rangkum dari beberapa sumber, berdasarkan kriteria yang sudah dibahas sebelumnya. Berikut adalah beberapa perusahaan asuransi yang terbaik.

  1. Asuransi Kesehatan Allianz

asuransi allianz
asuransi allianz

Dalam asuransi kesehatan alianz sistem yang diterapkan adalah cashless, dimana kesuluruhan jumlah dana premi setahun adalah sebesar Rp. 11,250,000 rupiah, yang di alokasikan untuk rawat inap di rumah sakit. Batasan yang ditentukan untuk rawat inap adalah senilai Rp 750.000 rupiah sampai dengan 180 hari dalam satu tahun. Hal ini merupaka hal yang paling menarik dan paling tinggi diantara yang lainnya.

Namun Allianz juga menerapkan sistev limit setiap perawatan tergantung dengan jenis perawatan yang dipilih. Akan tetapi batasan limit untuk setahun bisa dikatakan tidak ada.

  1. Asuransi Kesehatan Prudential

asuransi prudential
asuransi kesehatan prudential

Kenapa asuransi kesehatan prudential menjadi salah satu asuransi terbaik yang ada di Indonesia ? karena Asuransi Prudential memiliki beberapa manfaat yang cukup familiar dan banyak dicari oleh kalangan masyarakat, diantara manfaatnya adalah sebagai berikut.

  1. Rawat inap rumah sakit
  2. Rawat jalan kecelakaan
  3. Perawatan ruang ICU dan UGD
  4. Pembedahan atau operasi
  5. Penyakit kritis
  6. Perawatan pasca rawat inap
  7. Uang duka pasca perawatan
  8. Perawatan di luar negeri
  9. Bebas premi
  10. Keuntungan investasi

Disisi lain, asuransi kesehatan prudential memiliki 3 jenis produk yang ditawarkan kepada masyarakat umum, yaitu :

  1. PRUprime healthcare, adalah yang bersifat tidak ada klaim bonus, dimana memiliki manfaat per tahunnya mendapat keuntungan sampai dengan Rp. 35 miliar rupiah. Asuransi akan membayar pihak rumah sakit atau yang berhubungan dengan manfaat yang sudah kita jelaskan di atas sesuai dengan tagihan yang terbilang.
  2. PRUmed cover, ialah asuransi yang memberikan tunjangan harian ketika terjadi rawat inap, ICU, sampai dengan bedah, jumlah total tunjangan yang diberikan adalah senilai Rp 15 juta rupiah. Hal ini tidak hanya berlaku di jenjang lokal saja namun juga bisa berlaku ketika tertanggung dirawat di rumah sakit luar negeri.
  3. PRUhospital & surgical cover plus, jenis produk ini adalah sedikit menawarkan kelebihan, dimana tertanggung akan mendapatkan dana tambahan untuk pasien yang mengalami rawat inap, ICU, maupun bedah dan juga tanggungan biaya yang berupa biaya fisioterapi. Manfaat yang ditawarkan ini bisa diterima oleh tertanggung dengan jumlah uang sebesar Rp. 3 juta rupiah per harinya.

Dan untuk masksimal dana santunan yang didapat per tahun dibatasi hanya sampai dengan Rp. 1,2 miliar rupiah. Pruhospital ini juga memberikan 3 pilihan yang bisa dipilih dimana masing-masing pilihan tersebut memiliki perlindungan yng berbeda- beda yaitu , silver, gold, dan platinum.

  1. Asuransi Kesehatan Manulife

asuransi manulife
asuransi manulife

Salah satu produk dari asuransi kesehatan manulife adalah miUltivate HealthCare, produk ini adalah pilihan yang diunggulkan diantara pilihan yang lainnya di proteksi kesehatan.

Sistem yang dipilih dalam asuransi ini adalah cashless, yang di peruntukkan ganti biaya atau pertanggungan terhadap biaya rumah sakit rawat inap maupun rawat jalan, sampai dengan usia 80 tahun, berdasarkan dengan jumlah tagihan yang ditagih dari pihak rumah sakit.

Manulife juga menganut sistem asuransi kesehatan murni yang artinya hanya bermanfaat pada proteksi kesehatan, dan tidak ada manfaat proteksi jiwa maupun investasi.

Manfaat Asuransi Kesehatan Manulife

1. Manfaat rawat inap dan tindakan bedah

  1. Biaya kamar di Indonesia dan malaysia
  2. Biaya kamar di luar Indonesia & malaysia
  3. Biaya limit perawatan intensif
  4. Biaya kunjungan dokter umum maksimal 1 kali per hari
  5. Biaya kunjungan dokter spesialis , maksimal 1 kali per hari
  6. Biaya aneka perawatan rumah sakit
  7. Biaya tindakan bedah ( termasuk di dalavnya dokter bedah, ruang operasi dan biaya anestesi)
  8. Biaya akomodasi pendamping
  9. Biaya bedah rekonstruksi
  10. Biaya penyuluhan psikologis

2. Manfaat rawat jalan, yang berkaitan dengan rawat inap

  1. Biaya perawatan fisioterapi, 60 hari sejak tanggal keluar dari rumah sakit
  2. Biaya perawatan sebelum rawat inap ( 30 hari sebelum rawat inap)
  3. Biaya perawatan setelah rawat inap ( 60 hari sejak tanggal keluar dari rumah sakit)
  4. Biaya perawatan kanker ( kemoterapi, radioterapi dan targeted terapi)
  5. Biaya perawatn cuci darah (gagal ginjal)
  6. Biaya tes diagnostik ( perawatan sebelum rawat inap 30 hari sebelum masuk rumah sakit)
  7. Biaya pembedahasebagai prosedur rawat jalan
  8. Biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan (rumah sakit)
  9. Biaya rawat gigi darurat karena kecelakaan ( rumah sakit atau link gigi)

3. Manfaat lainnya yang berkaitan dengan rawat inap

  1. Biaya perawatan oleh juru rawat, maks 30 hari setelah tindakan bedah atau ICU sebagai bagian dari biaya perawatan setelah rawat inap
  2. Santunan tunai harian, maks 30 hari per perawatan apabila tidak mengajukan penggantian perawatan rumah sakit ke manulife indonesia
  3. Biaya ambulan
  4. Pertanggungan HIV/ AIDS, setelah 12 bulan periode elminast
  5. Biaya pemakaman.

4. Manfaat Tahunan

5. Manfaat Tahunan Tambahan

Untuk penyakit khusus berupa kanker, serangan jantung, gagal ginjal, transpalntasi, dan organ.

 

Baca Juga : Produk Asuransi Sinar Mas : Profil, Jenis, Syariah, dan Cara Klaim

 

  1. Asuransi Kesehatan Axa

asuransi axa
asuransi axa

Dana yang disediakan oleh perusahaan AXA untuk biaya rawat inap total preminya adalah sebesar Rp 12.674.000 rupiah. Angka ini termasuk dalam kategori yang lebih mahal dibanding dengan yang lainnya, namun AXA tidak menerapkan sistem limit per perawatan. Biaya yang akan di bayar sesuai dengan kwitansi yang terbilang, dengan batasan limit gabungan perawatan sebesar Rp. 80 juta rupiah per tahun.

Dalam satu tahun total limit per orang akan di kenakan total Rp. 250 juta rupiah per orang. Untuk rawat inap 750. 000 rupiah per orang setiap harinya, dan maksimal berbatas hanya dalam jangka 60 hari dalam setahun. Dan sistem yang digunakan termasuk dalam sistem cashless.

Asuransi kesehatan AXA sendiri di Indonesia telah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan) yang merupakan salah satu bagian dari AXA group.

Pelayanan ter update tahun 2019 bahwa asuransi AXA berinovasi ke layanan beli asuransi secara online, yang artinya asuransi bisa dibeli secara online. Termasuk di dalamnya adalah asuransi kesehatan AXA hospital plus life, yang meliputi asuransi kesehatan dan jiwa, yang bisa di akses melalui via online.

Manfaat dari produk kesehatan axa ialah, anda akan mendapat pergantian biaya rawat inap di rumah sakit serta mendapat santunan bela sungkawa, premi juga akan dikembalikan 100% pada tahun yang ke 12. Salah satu program axa kesehatan adalah axa mandiri asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan Keluarga

Apabila anda mencari referensi mengenai asuransi kesehatan keluarga yang terbaik, berikut akan kami sajikan beberapa diantaranya :

  1. Produk Asuransi cigna family care, ialah asuransi yang bisa menanggung sampai dengan 5 orang anggota keluarga. Asuransi ini juga dilengkapi dengan kemudahan sistem cashless, apabila terjadi sesuatu.
  2. Asuransi Kesehatan Sinarmas, yang berupa produk asuransi sinarmas smile medical syariah. Ini adalah asuransi kesehatan keluarga, yang menawarkan kemudahan apabila anda harus mnejalani proses rawat inap.
  3. Axa mandiri Asuransi Kesehatan. Asuransi axa mandiri financial service adalah program axa mandiri asuransi kesehatan yang memiliki manfaat untuk melindungi anda dan keluarga apabila terjadi sesuatu yang mengharuskan anda dirawat di rumah sakit. Ini merupakan asuransi terbak yang memiliki kelebihan sebagai berikut :
  4. Jika terjadi no klaim dalam jangka 5 tahun, maka akan dikembalikan premi yang sudah dibayar sebesar 100%.
  5. Ada diskon sebesar 10% apabila anak dan istri ikut di daftarkan.
  6. Untuk premi tahunan anda hanya cukup membayar 10 bulan premi.
  7. Asuransi sinarmas smile hospital protection syariah plus.

Asuransi Kesehatan Syariah

Di zaman yang serba informatif ini, kehadiran asuransi kesehatan syariah seolah-olah membawa angin sejuk kepada masyarakat yang sudah ingin berhijrah dengan menggunakan produk syariah atau yang berdasarkan dengan aturan islam. Namun sebagian orang masih banya yang menganggap bahwa syariah ini hanya ditujukan oleh orang yang beragama islam, namun sebenarnya hal ini adalah ditujukan untuk semua orang.

Ada beberapa bentuk produk yang sudah menggunakan basis syariah diantaranya adalah asuransi kesehatan syariah, asuransi jiwa syariah, dan asuransi syariah umum lainnya. Perbedaan secara umum yang membedakan antara syariah dengan yang biasanya adalah konsep yang dianut di dalamnya dan etos kerjanya. Asuransi Syariah ini memiliki asas tolong menolong antara satu dengan yang lainnya.

Manfaat dari asuransi kesehatan syariah adalah :

  1. Bisa dijadikan sebagai sarana untuk menabung
  2. Premi yang dibayarkan menjadi harta abadi
  3. Mendapatkan proteksi sekaligus rasa aman
  4. Dana di proteksi meskipun telat bayar
  5. Sistem yang di terapkan adalah bagi untung atau bagi hasil
  6. Premi bisa dicairkan sebelum jatuh tempo
  7. Polis dibebaskan dari kontributor dasar
  8. Berlaku secara universal tanpa terkecuali
  9. Keterbukaan atau kejelasan yang transfaran

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa asuransi kesehatan syariah adalah usaha sebagai tolong menolong. Anda akan merasa nyaman karena menggunakan sesuai dengan syariat islam dan akan merasa lebih berkah, selain itu ketika anda bergabung di asuransi syariah itu artinya anda sedang mengantisipasi kemungkinan buruk yang mungkin akan terjadi kedepannya.