12 Aplikasi Video Call Terbaik Paling Populer Digunakan

10 min read

aplikasi video call

Perkembangan teknologi khususnya di bidang internet saat ini sangat mempengaruhi sebagian besar masyarakat dalam mengkonsumsi konten-konten dalam dunia maya. Hadirnya teknologi 3G dan 4G dengan koneksi internet yang semakin murah, lebih cepat dan lebih jelas, maka semakin banyak orang yang tertarik menggunakan smartphone mereka untuk menonton konten video melalui internet termasuk melakukan panggilan video (video call).

Konten video online saat ini menjadi tren yang digandrungi seluruh lapisan masyarakat, baik tua maupun muda muda hingga anak-anak bisa berjam-jam memantengi layar smartphone hanya untuk menonton video-video yang mereka sukai. Hal ini juga didukung dengan semakin canggihnya fitur-fitur gadget yang saat ini beredar dengan harga terjangkau. Perkembangan teknologi semakin memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan praktis sekaligus memanjakan manusia.

Mengapa Komunikasi Melalui Aplikasi Video Call ?

Salah satu fitur yang semakin banyak digunakan masyarakat saat ini adalah video call. Dengan aplikasi video call online memungkinkan komunikasi menjadi lebih mudah dan interaktif. Hal ini dikarenakan kita bisa secara langsung melihat wajah dan ekspresi lawan bicara. Cara ini membuat komunikasi terasa tanpa jarak dan lebih intim. Aplikasi video call live yang andal dan gratis juga sangat bermanfaat dalam bisnis yang memungkinkan seorang atasan bisa terhubung dengan anggota timnya meskipun dipisahkan jarak yang jauh.

Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa video call sekarang dapat dilakukan dengan lancar dengan lebih sedikit gangguan. Infrastruktur yang mendukung untuk video call juga meningkat dengan cepat selama beberapa tahun belakangan dan kita akan melihat semakin banyak aplikasi video call yang beredar di pasar.

Oleh karena itu karena trend komunikasi melalui aplikasi video call semakin diminati maka Jurnal Manajemen akan memberikan informasi mengenai berbagai macam aplikasi yang terekomendasi digunakan untuk melakukan video call. Selengkapnya simak pembahasan di bawah ini :

Keuntungan Melakukan Komunikasi Menggunakan Video Call

Beberapa keuntungan menggunakan video call antara lain :

1. Lebih Pribadi

Komunikasi tatap muka jauh lebih pribadi karena Anda dapat melihat gerakan tubuh dan juga ekspresi wajah lawan bicara. Semua visual yang dapat Anda lihat langsung akan membuat video call lebih personal dibandingkan dengan panggilan audio normal.

2. Lebih Banyak Hal Yang Bisa Dilakukan

Panggilan video juga membuat lebih banyak hal yang bisa Anda jelajahi. Karena tarif panggilan video yang murah saat ini, Anda dapat melakukan pelatihan langsung, demo produk, dan juga belajar diskusi melalui panggilan video. Sekarang Anda bahkan dapat melakukan wawancara pekerjaan dengan panggilan video. Artinya akan lebih banyak informasi yang bisa Anda peroleh daripada menggunakan panggilan normal tanpa video.

3. Lebih Menyenangkan

Dengan lebih banyak inovasi yang muncul serta banyaknya fitur kreatif lainnya, maka panggilan video Anda akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

kenapa aplikasi video call

Daftar Aplikasi Video Call Terbaik

Namun, saat ini ada banyak Aplikasi Video Call yang telah mendapatkan popularitas, baik aplikasi video call pc, perangkat seluler, maupun tablet. Berikut ini adalah daftar aplikasi video call gratis terbaik yang dapat Anda gunakan di semua platform :

  1. WhatsApp
  2. Skype
  3. Instagram
  4. Facebook Messenger
  5. LINE Messenger
  6. Face Time
  7. Google Duo
  8. WeChat
  9. Viber Messenger
  10. Tango
  11. IMO
  12. ooVoo

Download aplikasi video call terbaik bisa Anda lakukan melalui Google Play Store maupun App Store dari smartphone Anda.

1. WhatsApp

aplikasi video call whatsapp
aplikasi video call whatsapp | source : techpediabd.com

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pengirim pesan (chatting) paling populer saat ini, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Awalnya WhatsApp adalah layanan pesan teks hingga akhirnya Facebook mengakuisisi beberapa tahun yang lalu. Sejak itu, aplikasi ini telah mengintegrasikan panggilan suara, video call, dan banyak fitur lainnya. Fitur video call diperkenalkan pada tahun 2016 dan mendapat sambutan hangat dari para pengguna WhatsApp.

Aplikasi video call WhatsApp ini bisa membuat Anda melakukan panggilan video dengan orang terdekat Anda lebih mudah dan praktis serta gratis pula. WhatsApp juga merupakan aplikasi video call group hingga 4 orang.

Kemudahan aplikasi video call WhatsApp tersedia di semua platform, mulai dari smartphone (Android atau iPhone) sampai aplikasi video call PC, sehingga memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi.

2. Skype

aplikasi video call skype
aplikasi video call skype | source : cdn.mos.cms.futurecdn.net

Skype merupakan aplikasi video call paling mapan dan populer serta menjadi primadona bagi banyak orang yang sering melakukan panggilan video. Skype yang sekarang dimiliki Microsoft  sudah sejak tahun 2003 an menyediakan layanan video call  dan saat ini sudah di unduh oleh lebih dari 1 miliar pengguna di Play Store. Dulunya Skype hanya tersedia di PC saja. Tapi karena perkembangan teknologi yang lebih ke arah mobile, maka Skype kini tersedia juga di Android.

Fitur yang disuguhkan dalam aplikasi  Skype terbilang cukup lengkap dan bisa Anda nikmati secara gratis. Tidak hanya video call saja, akan tetapi ada juga fitur lain seperti chatting, kirim foto, teks, video, panggilan suara, dan sebagainya. Untuk melakukan video call dengan Skype, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Begitu juga dengan orang yang ingin Anda telepon. Dukungan platformnya yang luas dalam Skype memungkinkan Anda bisa melakukan video call melalui Android, iPhone, maupun PC.

Menariknya, Skype tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan video call ke satu orang saja namun juga aplikasi video call grup sehingga bisa melakukan video call secara langsung sampai 25 orang sekaligus secara bersamaan. Kerennya lagi, fitur panggilan video Skype juga mampu menampilkan video berkualitas tinggi.

3. Instagram

aplikasi video call instagram
aplikasi video call instagram | source : cdn0.tnwcdn.com

Sebagai media sosial dengan pengguna lebih dari 1 milyar, Instagram selalu berusaha untuk meningkatkan fitur-fiturnya belakangan ini. Setelah fitur IGTV dan Instagram Story, kini Instagram juga menambahkan fitur video call.

Aplikasi  video call Instagram memungkinkan pengguna berbagi video dan gambar dengan tambahan teks, suntingan, filter, emoji, pengaturan tweak dll untuk menghibur orang lain. Instagram memungkinkan Anda untuk memasuki akun favorit Anda dan melihat apa yang mereka lakukan melalui pos gambar.

Untuk menggunakan layanan video call Instagram ini dapat Anda akses melalui fitur Direct Message dengan memilih teman yang hendak Anda hubungi. Pilih nama pengguna atau nama grup untuk membuka percakapan video call. Selanjutnya pilih ikon video call yang ada di sebelah kanan atas layar. Orang atau grup yang Anda telepon akan menerima notifikasi bahwa Anda menelepon mereka.

Kelebihan video call Instagram adalah memungkinkan pengguna melakukan panggilan hingga  6 orang sekaligus, memungkinkan multi tasking saat video call serta memiliki opsi pengiriman pesan, posting, membaca feed berita dll.

4. Facebook Messenger

aplikasi video call facebook
aplikasi video call facebook | source : fbnewsroomus.files.wordpress.com

Pengguna Facebook pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Facebook Messenger. Kenyataannya adalah bahwa sebagian besar pengguna Facebook sudah memiliki aplikasi yang satu ini.

Aplikasi ini cukup mudah digunakan, buka aplikasinya tekan pada orang yang ingin Anda panggil dan ketuk tombol kamera di sudut kanan atas. Aplikasi ini kemudian akan menghubungkan Anda dengan teman Anda dan Anda akan dapat mengobrol dengan cara yang sama seperti di aplikasi obrolan video lainnya. Jika Anda perlu mengobrol dengan grup, Anda dapat menghubungi grup teman Facebook sekaligus.

Banyak yang menganggap bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan antar sesama pengguna Facebook saja. Padahal aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghubungi orang lain yang tidak menggunakan Facebook dengan cara yang sangat mudah, yaitu cukup dengan menambahkan nomor telepon orang tersebut dan bisa langsung melakukan video call.

Salah satu fitur menarik yang dikembangkan oleh Facebook Messenger ini adalah menyediakan fitur efek dan filter, sehingga bisa menambahkan efek lucu dan menyenangkan seperti bando, hiasan mata, dan lain sebagainya.

Dimana kita bisa akses Facebook Messenger ?

Facebook Messenger bisa diakses melalui android, iOS dan juga browser web. Di mana pun Anda berada, atau perangkat mana yang Anda gunakan, Anda selalu dapat menelepon keluarga dan teman Anda menggunakan Facebook Messenger. Anda dapat juga menambahkan efek langsung untuk bersenang-senang dengan keluarga dan teman-teman Anda.  Facebook Messenger juga memungkinkan Anda melakukan multi tasking saat video call berlangsung.

Untuk smartphone dengan kapasitas rendah Anda bisa menggunakan Messenger Lite, sehingga Anda tetap dapat melakukan video call.

Hal yang menarik dari Facebook Messenger antara lain dapat dengan mudah menemukan teman-teman Anda, baik menggunakan nama atau nomor telepon, bekerja lintas perangkat dan sistem operasi, bisa berkirim pesan, foto, link, dan panggilan suara serta video call dengan orang lain yang sama-sama menggunakan Facebook Messenger, bisa menambahkan efek ke gambar dan video serta membagikannya secara instan dengan koneksi Anda.

5. LINE Messenger

aplikasi video call LINE
aplikasi video call LINE | source : cdn.macrumors.com

Aplikasi ini bukan hanya aplikasi olah pesan tetapi juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan audio dan panggilan video. LINE Messenger merupakan aplikasi pesan instant sekaligus sosial media paling lengkap saat ini.

Mulai dari layanan kirim pesan, video call, timeline, berita, shopping dan masih banyak yang lainnya yang memang ditujukan untuk kalangan anak muda.

LINE Messenger  juga merupakan aplikasi video call banyak orang, dimana Anda bisa melakukan panggilan video ke hingga lebih dari 200 orang secara bersamaan.

Fitur-fitur yang menarik dari LINE Messenger antara lain bisa mengobrol dengan lebih dari 200 teman secara bersamaan di obrolan grup, memungkinkan panggilan suara dan video di mana saja, kapan saja, menjelajahi ratusan stiker termasuk selebritas terkenal di dunia untuk membuat obrolan Anda lebih menyenangkan.

6. FaceTime

aplikasi video call facetime
aplikasi video call facetime | source : airmore.com

Didesain khusus untuk perangkat iOS, FaceTime membuatnya sangat mudah untuk terhubung dengan orang-orang di negara mana pun mereka berada. Anda tinggal mengklik sekali saja untuk melakukan video  call berkualitas tinggi ke iPhone, iPad, atau Mac.

Opsi obrolan video milik Apple tetap menjadi salah satu aplikasi obrolan video paling populer di pasar. Meskipun hanya tersedia untuk pengguna iOS dan MacOS, antarmuka sederhana Facetime memungkinkan video call cepat menggunakan Wi-Fi atau koneksi internet Anda.

Anda dapat memulai video call dari mana saja dengan melihat kontak di iOS. Anda dapat memulai panggilan video dari pesan di iMessage, atau Anda bahkan dapat menambahkan kontak sebagai favorit di aplikasi telepon untuk memulai panggilan FaceTime dengan cepat. iOS 12 akan membawa banyak perbaikan yang harus dimiliki untuk FaceTime, termasuk grup panggilan FaceTime dan opsi untuk lapisan Animoji dan Memoji di wajah Anda dalam panggilan FaceTime.

FaceTime menambahkan banyak fitur keren, tetapi keuntungan sebenarnya adalah sudah terintegrasi dalam iOS dan tidak memerlukan perangkat lunak tambahan atau pengaturan lanjutan.

Fitur-fitur menarik dari Face Time antara lain bisa melakukan video call berkualitas tinggi hingga 720P (HD), bisa mendapatkan panggilan masuk pada perangkat iOS Anda bahkan ketika FaceTime tidak sedang aktif, serta bisa menerima panggilan masuk pada semua perangkat Mac sehingga memudahkan Anda untuk menjawab.

7. Google Duo

aplikasi video call Google Duo | source : datareign.com

Pada tahun 2016, Google mulai mengganti Hangouts dengan Duo sebagai bagian dari rangkaian aplikasi inti yang sudah diinstal sebelumnya untuk perangkat Android baru. Google ingin Duo menjadi aplikasi video call default pada perangkat Android, sedangkan bagi pengguna iPhone juga dapat mengunduh Duo di App Store.

Aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan, dengan cara buka aplikasi, verifikasi nomor Anda, dan lakukan video call cepat seperti panggilan telepon standar.

Duo memiliki fitur yang disebut Knock Knock yang menyalakan kamera untuk menunjukkan siapa yang menelepon. Aplikasi ini akan memberi tahu penelepon bahwa video call tersebut terlihat oleh orang lain. Jika Anda memutuskan bahwa ini bukan sesuatu yang Anda sukai, Anda dapat dengan mudah menonaktifkannya di pengaturan Duo. Jika Anda tidak bisa melewatinya, Google Duo juga sekarang memiliki kemampuan untuk meninggalkan pesan video untuk diambil kemudian.

Fitur-fitur menarik dari Google Duo antara lain fungsionalitas lintas platform yang memungkinkan Anda melakukan panggilan di perangkat Android dan iOS, memeriksa orang yang menelepon Anda sebelum Anda memutuskan untuk menjawabnya, video call lebih cepat dan dapat diandalkan serta antarmuka yang sangat sederhana membuatnya lebih mudah dalam melakukan video call.

8. WeChat

aplikasi video call WeChat
aplikasi video call WeChat | source : fonearena.com

WeChat adalah aplikasi chatting yang sangat populer di Cina. WeChat merupakan perpaduan antara aplikasi pesan dan platform media sosial. Ini adalah aplikasi all-in-one untuk obrolan, panggilan suara dan video, berbagi gambar, dan banyak lagi seperti pembayaran, pemesanan taksi atau platform blogging.

Meskipun kurang dikenal di Indonesia, aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent Holdings Limited ini mungkin bisa menjadi solusi jika Anda ingin mendapatkan lawan video call secara acak

Fitur yang unik dari WeChat adalah fitur pencari teman dengan cara menggoyangkan smartphone. Dengan menggoyangkan smartphone secara bersamaan dengan pengguna WeChat lainnya maka dia akan tampil di layar smartphone Anda.

Selain itu ada juga fitur Radar Teman, yang bisa digunakan untuk mencari pengguna WeChat yang berada di lokasi yang tidak jauh dari lokasi tempat Anda berada.

Aplikasi yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta kali ini juga mempunyai fitur video call, dimana bisa melakukan panggilan video ke 9 orang sekaligus. Sedangkan untuk fitur pesan teks bisa membuat membuat obrolan grup hingga 500 orang.

WeChat memungkinkan Anda melakukan video call secara gratis dengan cara yang cara praktis mirip dengan WhatsApp. Dengan kualitas video yang terbilang bagus, aplikasi ini juga hemat kuota.

Fitur menarik dari WeChat antara lain :

  • Panggilan suara dan video call gratis berkualitas tinggi ke mana saja di dunia.
  • Tersedia stiker gratis.
  • Memberikan tingkat keamanantinggi atas privasi Anda karena telah mendapat sertifikasi dari TRUSTe.
  • Pengguna juga dapat membagikan foto-foto mereka di saluran foto pribadi mereka.
  • Mampu menerjemahkan dalam hampir 20 bahasa yang berbeda

9. Viber Messenger

aplikasi video call Viber Messenger
aplikasi video call Viber Messenger | source : cloudfront.net

Meskipun  tidak begitu populer di Indonesia, Viber Messenger merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan. Apalagi fitur video call nya yang sangat baik dengan kualitas video HD, membuat Viber semakin banyak disukai. Dengan menggunakan Viber Messenger Anda bisa mengirim pesan teks, panggilan suara, video call, dan sebagainya.

Viber Messenger juga merupakan aplikasi video call grup, dimana fitur ini bisa Anda gunakan untuk melakukan percakapan hingga 250 orang sekaligus.

Mempunyai fitur-fitur keren dan fungsionalitas yang menarik, Viber adalah aplikasi lintas platform dan dapat diinstal pada berbagai perangkat.

Fitur-fitur menarik dari Viber Messenger antara lain bisa melakukan video call dan panggilan suara internasional gratis, bisa mengirim pesan video singkat berdurasi 30 detik, tersedia emoji yang menarik dan lucu serta stiker keren ke teks Anda, menyembunyikan obrolan yang Anda tidak ingin orang lain lihat dan mengaksesnya nanti, enkripsi otomatis untuk mengamankan pesan, video, panggilan suara dan teks, tersedia fitur tambahan, seperti  Viber games, berbagi kontak, mengaktifkan informasi lokasi, mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum, menghapus pesan yang sudah terkirim dan fitur menarik lainnya.

10. Tango

aplikasi video call Tango
aplikasi video call Tango | source : windowscentral.com

Tango juga merupakan salah satu aplikasi video call populer saat ini. Aplikasi ini menawarkan fasilitas video call berkualitas tinggi di mana pengguna juga dapat menonton dan membuat video streaming langsung dan dengan orang-orang di jaringan mereka.

Tango tidak memiliki batasan negara, sehingga Anda dapat melakukan video call gratis ke seseorang yang tinggal di negara lain. Anda juga dapat melakukan panggilan lokal sebanyak mungkin dengan aplikasi gratis ini.

Jika smartphone Anda tidak memiliki kamera depan berkualitas tinggi, Anda dapat menggunakan kamera belakang smartphone Anda dengan aplikasi ini. Tango memungkinkan Anda melihat aktivitas teman Anda, serta menemukan dan mengikuti pengguna Tango lainnya.

Fitur-fitur menarik dari Tango antara lain dapat diakses melalui perangkat iOS dan Android, bisa beralih dengan mudah antara panggilan suara dan video saat sedang panggilan, serta memungkinkan Anda dapat berbagi foto dan video dengan teman secara real time.

11. IMO

aplikasi video call IMO
video call IMO | source : engadget.com

IMO adalah aplikasi video call ringan untuk perangkat seluler Anda. Menurut pengembangnya, IMO adalah aplikasi pengiriman pesan instan, tetapi kebanyakan orang menggunakan IMO untuk panggilan video.

IMO memiliki antarmuka biasa yang tidak mengutamakan animasi atau efek mencolok. Sehingga membantu pengguna dengan smartphone yang tidak terlalu canggih yang terhubung ke jaringan 2G yang lambat. Panggilan suara dan video yang dilakukan oleh aplikasi IMO melalui koneksi 3G atau 4G-LTE yang cepat memiliki kualitas HD. Jika Anda mengaktifkan GPRS di smartphone Anda, Anda masih bisa melakukan video call tetapi kualitas videonya tidak terlalu bagus.

IMO tidak hanya tersedia untuk Android dan iOS, tetapi juga dapat digunakan pada PC Windows. Anda juga dapat berbagi file seperti gambar dan video, membuat cerita dan mengirim stiker gratis.

Fitur-fitur menarik dari IMO antara lain memberikan enkripsi yang lengkap untuk semua pesan, panggilan video dan suara, bisa digunakan lintas platform, membutuhkan lebih sedikit data untuk panggilan video dan suara, melakukan panggilan grup, kirim gambar, stiker, dll.

12. ooVoo

aplikasi video call ooVoo
video call ooVoo | source : pcworld.com

ooVoo adalah aplikasi panggilan suara dan video lintas platform dengan antarmuka yang ramah pengguna. Pada dasarnya ooVoo adalah platform media sosial mini. Dengan ooVoo Anda dapat mengirim pesan, panggilan suara dan video. ooVoo memungkinkan Anda untuk memanggil nomor telepon rumah melalui kredit ooVoo. Ini juga terintegrasi dengan Facebook, sehingga Anda dapat mengobrol dengan teman-teman dari media sosial. Bagian terbaik tentang aplikasi ini adalah membuat panggilan video grup hingga 12 orang secara bersamaan.

Fitur-fitur menarik dari ooVoo antara lain membuat konten luar biasa untuk komunitas ooVoo dengan menautkan video mereka bersama-sama untuk membuat cerita menarik untuk dibagikan dengan teman dan kontak mereka di seluruh dunia, meihat cerita orang lain di jaringan Anda yang diunggah teman Anda, teknologi mutakhir digunakan untuk mengembangkan ooVoo yang membuatnya lebih unggul daripada aplikasi perpesanan standar.

Aplikasi Video Call Acak/Random

Selain aplikasi-aplikasi video call tersebut di atas yang bisa membuat kita melakukan penggilan video dengan orang yang kita kenal, saat ini yang sedang digemari juga adalah aplikasi video call acak / random atau aplikasi video call dengan orang asing. Aplikasi video call random cocok buat Anda yang suka video call ke orang-orang yang tidak Anda kenal, yang memungkinkan berkomunikasi dengan orang secara random dari berbagai belahan di dunia.

Dengan aplikasi video call acak, Anda bisa melakukan video call dengan orang asing sehingga memungkinkan Anda mendapatkan teman chat baru, pacar, sahabat bahkan jodoh, karena aplikasi ini juga sering digunakan sebagai aplikasi kencan online. Akses aplikasi video call acak  juga sekarang lebih mudah karena bisa melalui smartphone tanpa perlu menggunakan laptop atau komputer.

Beberapa aplikasi video call acak yang populer adalah Holla, Tinder, Flucky, Ome TV, Tantan, MiChat, Chatous, OkCupid Dating, Badoo dll.