14 Aplikasi Perekam Layar Android dan PC/Laptop Terbaik

10 min read

aplikasi perekam layar terbaik

Aplikasi perekam layar seringkali menjadi fitur penting yang dirindukan banyak orang. Walaupun umumnya tidak penting bagi sebagian orang, namun bila Anda mencoba membuat video untuk merekam aktivitas yang ada dilayar, baik layar smartphone maupun layar PC / laptop, misalnya video tutorial untuk channel YouTube atau website, maka aplikasi perekam layar wajib Anda miliki.

Beberapa tahun yang lalu, perekaman layar hanya bisa dilakukan dengan aplikasi perekam layar PC / laptop. Namun dengan kemajuan teknologi mobile, sekarang kita bisa merekam layar dengan aplikasi perekam layar hp android / iphone. Aplikasi perekam layar bisa merekam apa pun yang terjadi di layar smartphone atau PC / laptop Anda.

Terdapat banyak sekali aplikasi perekam layar yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Memang sangat membingungkan untuk sebagian besar orang dalam memilah yang terbaik dari banyaknya aplikasi perekam layar. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab Jurnal Manajemen akan memberikan rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik, yaitu aplikasi perekam layar Android, aplikasi perekam layar iphone, aplikasi perekam layar laptop / PC serta download aplikasi perekam layar pc

Aplikasi Perekam Layar

Pada aplikasi perekam layar biasanya digunakan untuk 2 macam device yaitu handphone atau android dan juga PC ataupun laptop. Setiap aplikasi sudah disesuaikan dengan device penggunaannya agar lebih mudah digunakan.

Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Pada aplikasi perekam layar yang digunakan untuk android terdapat setidaknya 8 aplikasi diantaranya :

  1. AZ Screen Recorder
  2. Super Screen Recorder
  3. DU Recorder
  4. ADV Screen Recorder
  5. Game Screen Recorder
  6. Mobizen Screen Recorder
  7. Stream – Live Video Community
  8. Google Play Games

Setiap aplikasi tersebut sudah disesuaikan dengan penggunaan android sehingga dirasa lebih mudah. Kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

1. AZ Screen Recorder

Aplikasi AZ Screen Recorder
Aplikasi AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder  adalah salah satu aplikasi perekam layar Android terbaik yang ada saat ini, serbaguna dan menawarkan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Pengguna akan menemukan antarmuka yang nyaman dan cocok untuk screencast biasa atau video professional sehingga mudah digunakan. Apalagi perekaman dapat dilakukan tanpa harus me-rooting ponsel Anda.

Tidak ada iklan atau watermark  yang perlu dikhawatirkan di sini, sehingga pengguna dapat merekam klip video secara lebih profesional pada layar android. Aplikasi rekam layar ini memiliki fitur bagus yang memungkinkan pengguna untuk menunda dan melanjutkan perekaman. Fitur praktis lainnya adalah mengatur resolusi video, bit-rate, orientasi layar, penghitung waktu yang disesuaikan untuk berhenti, menyimpan pemilihan direktori, melihat / berbagi atau menghapus video yang direkam, kemampuan untuk menggunakan mic dalam rekaman. Audio dari mic secara otomatis akan ditambahkan ke dalam video, sehingga membuat perekaman lebih profesional.

AZ Screen Recorder dapat merekam video dalam kapasitas HD dan Full HD, yang sangat bermanfaat jika Anda ingin mengunggahnya secara online. Smartphone yang kompatibel dengan aplikasi ini adalah yang mempunyai versi  Android 5.0 atau lebih tinggi. Download aplikasi perekam layar ini dapat dilakukan melalui Play Store.

Kelebihan AZ Screen Recorder  Versi PRO

Aplikasi ini sepenuhnya gratis, tetapi jika Anda ingin mencoba versi pro, Anda dapat memberikan paket donasi dalam aplikasi yang akan memberi Anda akses ke beberapa fitur super keren dan unik yang praktis, antara lain :

  • Magic button, untuk mengontrol perekaman tanpa menunjukkan apa pun di layar.
  • Overlay front camera, untuk merekam wajah dan emosi Anda dalam jendela overlay kecil, yang dapat diseret secara bebas ke posisi mana pun di layar dan disesuaikan dengan ukuran dan opacity apa pun.
  • Countdown timer, penghitung waktu mundur sampai siap untuk memulai perekaman pada saat yang Anda inginkan.
  • Draw on screen (Gambar di layar), Anda dapat menekankan, menggambar simbol atau menandai sesuatu dengan warna yang dipilih langsung di layar, sehingga fitur ini sangat bermanfaat saat membuat tutorial.
  • Trim videos (Potong video), screencast bisa panjang dan berisi informasi yang tidak perlu, Anda dapat memotong bagian yang tidak diinginkan sehingga video Anda lebih mengesankan.
  • Live stream, untuk merekam layar dan streaming langsung ke berbagai jejaring sosial

2. Super Screen Recorder

Aplikasi SUper Screen Recorder
Aplikasi SUper Screen Recorder

Super Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam dan tangkapan layar profesional terbaik. Aplikasi ini gratis, tanpa root, tanpa batas waktu dan tanpa watermark, dimana memiliki antarmuka yang sederhana dengan beberapa fitur pengeditan video yang mencolok.

Yang membuat aplikasi ini disukai adalah fitur perekaman tanpa batas waktu dan memiliki editor video bawaan. Dengan Super Screen Recorder, Anda dapat merekam video berkualitas tinggi dengan berbagai resolusi, frame rate dan bit rate.

Berbagai Fitur Super Screen Recorder

Fitur-fitur menarik Super Screen Recorder :

Perekaman Layar Full HD

  • Kualitas tertinggi 1080P, 12Mbps, 60FPS
  • Tersedia banyak resolusi, frame rate, dan bit rate
  • Menunda / melanjutkan perekaman layar melalui jendela mengambang atau bilah notifikasi
  • Goyangkan ponsel untuk berhenti merekam dan menyembunyikan jendela mengambang
  • Rekam video panjang dengan kartu SD (memori eksternal)
  • Perekam Facecam, memungkinkan kamera depan menangkap reaksi Anda saat merekam layar, sangat berguna untuk merekam game
  • Mendukung mode portrait, landscape, dan mode rekam layar otomatis
  • Perlihatkan operasi klik-klik dalam perekaman layar
  • Anda dapat mengaktifkan fitur watermark sesuai keinginan Anda yang secara default tidak tersedia.
  • Brush Tool, layar sentuh untuk menggambar simbol atau tanda di layar saat merekam atau tangkapan layar

Editor Video

  • Potong Video dengan menghapus bagian mana saja dari video secara bebas
  • Gabungkan beberapa video menjadi satu
  • Tambahkan musik latar belakang untuk membuat video yang dipersonalisasi
  • Video kompresi, sehingga lebih mudah untuk dibagikan dengan teman
  • Putar Video

Pembuat GIF

  • Konversi bagian favorit dari video yang direkam menjadi file GIF animasi, dan bagikan GIF Anda dengan satu klik

3. DU Recorder

aplikasi du recorder
aplikasi du recorder – image source : talkhelper.com

DU Recorder adalah aplikasi perekam layar iOS / android terbaik lain yang populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Aplikasi ini adalah solusi sempurna untuk merekam layar perangkat Anda seperti game, pertunjukan langsung, olahraga, dan lainnya tanpa kesulitan.

Aplikasi ini tidak memerlukan akses root dan dapat diunduh oleh hampir semua perangkat Android / iOS yang kompatibel. DU Recorder dapat merekam video dengan kualitas tinggi sampai 1080p, 12Mbps, 60FPS, dan menawarkan beragam pilihan. Pada opsi mic, Anda bahkan dapat merekam audio eksternal pada DU Recorder.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah benar-benar user-friendly dan gratis yang dilengkapi dengan banyak fitur untuk memastikan perekaman yang mudah dan berkualitas tinggi. Anda mendapatkan semua fitur tanpa perlu pembelian dalam aplikasi. Mengingat jenis fitur yang ditawarkannya, tidak terlalu mengejutkan bahwa aplikasi ini sangat populer.

Fitur-fitur DU Recorder

  • Fitur perekaman Facecam.
  • Fitur Shake (Goyang ) untuk berhenti merekam.
  • Rekam layar dengan format file GIF.
  • Tersedia opsi penyesuaian video seperti trim , gabung dan tambahkan musik latar ke video.

4. ADV Screen Recorder

aplikasi adv screen recorder
aplikasi adv screen recorder

ADV Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar berperingkat tinggi yang tersedia di platform Android. Mudah digunakan dan dapat diunduh dengan mudah dari Google Play Store secara gratis. Audio berkualitas tinggi dapat direkam bersamaan dengan perekaman layar dengan menggunakan mikrofon untuk menghindari kebisingan latar belakang.

ADV Screen Recorder tidak berbeda dengan banyak aplikasi lain yang tersedia, meskipun hadir dengan banyak fitur yang membuatnya lebih menonjol. Video direkam dalam dua mesin yang berbeda – standar dan lanjutan, sehingga memberi Anda lebih banyak kontrol.

Aplikasi ini didukung dalam berbagai bahasa, sehingga dapat diakses oleh berbagai pengguna di seluruh dunia. Anda juga dapat menggunakan kamera depan atau belakang untuk menambahkan rekaman tambahan ke rekaman Anda.

Dengan banyaknya fitur dalam aplikasi ini membuat ADV Screen Recorder sangat menarik untuk digunakan secara keseluruhan. Meskipun aplikasinya gratis, Anda harus berurusan dengan banyak iklan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pembelian dalam aplikasi, yang dapat digunakan untuk membuka kunci fitur tertentu yang tidak tersedia untuk pengguna lain. Anda memerlukan perangkat dengan versi  Android 5.0 atau lebih tinggi untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini telah menerima ulasan yang sangat baik, yang bisa lebih meyakinkan orang-orang untuk menggunakannya.

5. Game Screen Recorder

aplikasi game screen recorder
aplikasi game screen recorder

Untuk aplikasi Game Screen Recorder mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dalam hal perekaman layar. Anda bisa melakukan perekaman secara otomatis maupun mengatur perekaman manual yang  menyesuaikan transparansi tombol rekam di dalam layar Anda.

Secara alami, aplikasi ini tidak memerlukan akses root untuk bekerja, sehingga Anda dapat merekam video game tanpa root dan mudah membagikan kepada teman-teman Anda. Menggunakan mesin canggih, aplikasi ini mempunyai fitur untuk menunda / melanjutkan rekaman sesuka Anda. Pengembang aplikasi ini menyatakan bahwa beberapa perangkat yang tidak memiliki versi Android 5.0 mungkin menghadapi masalah kompatibilitas. Jadi pastikan perangkat Anda setidaknya versi Android 5.0 atau lebih untuk membuat kelancaran perekam layar game. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dan tidak ada iklan di sini, sehingga lebih melegakan.

Fitur Game Screen Recorder

  • Secara otomatis mengidentifikasi permainan di ponsel Anda tanpa batas kapan saja
  • Tidak memerlukan akses root pada perangkat Anda
  • Editor Prolog, Anda dapat mengedit prolog dan menambahkannya ke video Anda.
  • Opsi Tombol Rekam, Anda dapat mengatur transparansi tombol rekam dalam perekaman, bahkan dapat mengunggah gambar Anda sendiri untuk menyesuaikan Tombol Rekam
  • Berhenti oleh bilah pemberitahuan, jika Anda tidak ingin menampilkan Tombol Rekam, matikan saja “Stop oleh Tombol Rekam”.
  • Anda dapat menunda dan melanjutkan perekaman kapan saja Anda mau.

6. Mobizen Screen Recorder

aplikasi mobizen screen recorder
aplikasi mobizen screen recorder

Mobizen Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda merekam dan mengedit klip video. Aplikasi ini menawarkan perekaman HD penuh dengan resolusi 1080P, kualitas 12.0Mbps, 60 FPS. Anda dapat menambahkan musik latar favorit atau menambahkan suara Anda sendiri.

Mobizen Screen Recorder adalah aplikasi gratis yang juga menawarkan penghapusan watermark gratis. Dengan Mobizen Screen Recorder, Anda dapat merekam layar saat bermain PUBG Mobile, atau game lainnya.

Fitur Mobizen Screen Recorder

  • Perekaman Layar dalam FULL HD, dengan resolusi maksimal 1080p, kualitas 12.0Mbps, 60 FPS
  • Merekam suara dengan Facecam
  • Dapat merekam video panjang dan menyimpan pada memori eksternal (Kartu SD)
  • Meningkatkan kualitas video Anda dengan berbagai fitur pengeditan video
  • Masukkan background musik favorit Anda dan Video Intro & Outro untuk membuat video lebih menarik
  • Rekam layar bersih tanpa watermark dengan Clean Recording Mode

7. Stream – Live Video Community

aplikasi stream
aplikasi stream

Aplikasi ini sedikit berbeda dari perekam layar lainnya. Stream memungkinkan Anda melakukan streaming, menonton dan mengobrol di video langsung. Perekam layar adalah salah satu fungsi yang disediakan Stream, meliputi penyiaran game Anda, walk-through dan banyak lagi. Untuk memulai dengan Stream, cukup mendaftar menggunakan Google, FB, Twitter atau email Anda.

Fitur-fitur Stream – Live Video Community

  • Streaming video langsung dari ponsel Anda
  • Jelajahi stream langsung yang dibuat oleh pengguna lain di seluruh dunia
  • Anda bisa mendapatkan uang dengan konten Anda, atau tip streamer favorit Anda
  • Screencasting, game siar, walk-through, dan lainnya (Android 5.0+)
  • Streaming dari kamera GoPro Hero4 ™ Anda (Android 5.0+)!
  • Temukan teman Anda, berlangganan, dan dapatkan pemberitahuan saat mereka ditayangkan
  • Bagikan video langsung dengan teman dan pengikut Anda di Facebook dan Twitter
  • Simpan dalam HD ke telepon Anda saat streaming

8. Google Play Games

aplikasi google play games
aplikasi google play games

Google Play Games tidak terbatas hanya mempertahankan profil game Anda tetapi memiliki fungsi perekaman layar bawaan. Bukan hanya game tetapi Anda bisa merekam apa pun yang Anda inginkan. Membuat video hasil personalisasi, merekam keterampilan bermain game, atau lakukan apa saja dengan Google Play Game. Untuk memulai merekam, cukup keluar dari aplikasi setelah Anda melihat antarmuka perekaman. Sayangnya, hanya merekam dengan resolusi 720p atau 480p.

Fitur-fitur Google Play Games

  • Profil gamer : Buat ID Gamer khusus Anda, dapatkan XP, dan naik level saat Anda menguasai game di Google Play.
  • Prestasi dan papan peringkat : Selesaikan tantangan, dapatkan penghargaan, dan lacak semuanya dari aplikasi.
  • Game Google bawaan : Mainkan PAC-MAN, Solitaire, Snake, dan Cricket – bahkan saat offline.
  • Arkade : Temukan sesuatu yang menyenangkan di koleksi Pilihan Baru, Tren, dan Editor kami.
  • Perekaman Gameplay : Dengan mudah merekam dan berbagi momen permainan terbaik dari game seluler favorit Anda.

Aplikasi Perekam Layar PC / Laptop Terbaik

Selain aplikasi perekam layar yang digunakan untuk android terdapat pula aplikasi yang digunakan khusus untuk PC ataupun laptop. Setidaknya terdapat 6 aplikasi perekam layar terpopuler yang sering digunakan. Diantaranya :

  1. Camtasia Studio
  2. OBS Studio
  3. Apowersoft Free Screen Recorder Online
  4. Screencastify
  5. Ezvid
  6. FlashBack Express

Sama halnya dengan aplikasi pada android, aplikasi pada PC juga menyesuaikan dengan kebutuhan dari penggunannya.

1. Camtasia Studio

aplikasi camtasia studio
aplikasi camtasia studio – image source : aganware.com

Camtasia Studio dibuat dan dikembangkan oleh TechSmith. Dengan Camtasia Studio memungkinkan Anda mengedit video setelah merekam layar komputer Anda, termasuk menggabungkan, memangkas, membelah, dan menyesuaikan kecepatan klip video.

Anda juga dapat menambahkan animasi, judul, transisi, sorotan, gambar, file audio dan efek, narasi suara, dan banyak lagi. Selain itu, video yang direkam dapat digunakan untuk tujuan pemasaran, periklanan, presentasi bisnis, dan pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan minat pembeli.

Camtasia Studio adalah salah satu perangkat lunak perekaman layar terbaik dengan fitur-fitur seperti efek Layar Hijau dan teks dalam video. Dengan fitur efek layar hijau, Anda dapat menambahkan video Anda ke dalam video yang direkam untuk membuatnya tampak seolah-olah Anda adalah bagian dari semuanya. Hanya ada satu kata untuk menggambarkan aplikasi Camtasia Studio dengan antarmuka  yang sederhana ini, yaitu Profesional.

Camtasia juga dapat melakukan perekaman layar lintas platform, dan menawarkan integrasi dengan Google Drive. Dengan Camtasia Studio Anda dapat menambahkan video HD eksternal ke dalam rekaman layar Anda dan menghasilkan YouTube seperti anotasi untuk konten yang berbeda. Anda juga dapat mengimpor file video dan audio eksternal dalam video dari webcam Anda ke dalam rekaman Anda.

Camtasia Studio menawarkan uji coba gratis selama 30 hari pertama, setelah itu Anda akan diharuskan membayar untuk membeli lisensinya.

2. OBS Studio

aplikasi obs studio
aplikasi obs studio – image source : proxy.duckduckgo.com

Perangkat lunak perekam layar alternatif gratis untuk PC adalah OBS Studio. Ciri utama aplikasi ini adalah sebagai perekam layar langsung dan program streaming langsung. Software ini dapat digunakan untuk merekam mikrofon dan webcam secara langsung saat mengambil layar desktop.

Selain fitur itu, Anda juga dapat mencoba beberapa fitur lain yang relevan seperti mixer audio, tema, filter dan banyak lagi. Kekurangannya adalah software ini  memiliki antarmuka rumit dan sulit untuk mengatur konfigurasi.

Jika Anda seorang gamer, OBS Studio adalah perangkat lunak tangkapan layar terbaik untuk Anda. OBS Studio adalah open source, dan sepenuhnya gratis untuk digunakan tanpa batasan.

Perekam layar gratis OBS Studio mendukung streaming dan perekaman dalam definisi tinggi, tanpa batasan pada jumlah atau panjang kreasi Anda. Anda dapat melakukan streaming langsung ke permainan Twitch atau YouTube, menyimpan proyek dan kembali lagi nanti, atau menyandikan rekaman Anda dalam format FLV dan menyimpannya secara lokal.

Mungkin perlu beberapa saat untuk mengatur konfigurasi seperti yang Anda inginkan, tetapi OBS Studio sejauh ini merupakan perekam layar terbaik dan paling kuat untuk gamer.

Fitur OBS Studio

  • Mendukung streaming langsung
  • Game dapat direkam secara bebas.

3. Apowersoft Free Screen Recorder Online

aplikasi Apowersoft Free Screen Recorder Online
aplikasi Apowersoft Free Screen Recorder Online

Apowersoft Free Screen Recorder Online adalah aplikasi berbasis web gratis yang dapat merekam layar komputer  Anda tanpa masalah. Anda dapat merekam layar komputer Anda dalam beberapa klik, yang didukung beberapa format keluaran seperti MP4, AVI, WMV, FLV, MPEG, GIF, VOB, dan ASF, dll.

Aplikasi ini  juga memungkinkan Anda menangkap audio saat Anda merekam layar desktop Anda. Pengguna dapat menggunakan webcam mereka saat mereka mengobrol video dengan keluarga, teman dan kolega lainnya. Tetapi untuk menggunakan  Apowersoft Free Screen Recorder Online ini membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Jika Anda ingin merekam presentasi, peragaan perangkat lunak, atau tutorial, cobalah Apowersoft Free Screen Recorder Online. Aplikasi ini berbasis browser, yang berarti tidak cocok untuk game, tetapi ideal untuk tugas lain. Anda dapat merekam seluruh layar, memilih area secara manual atau memilih salah satu resolusi , hal ini ideal jika Anda merekam klip untuk YouTube, dan tidak ingin menggunakan editor video terpisah untuk mengubah ukuran nanti.

Apowersoft Free Screen Recorder Online juga menawarkan pintasan keyboard yang dapat disesuaikan untuk kecepatan dan kenyamanan. Anda dapat memilih untuk memasukkan kursor ke dalam rekaman dan memilih dari berbagai format output termasuk MP4, WMV, AVI, MOV, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat menambahkan anotasi selama perekaman.

Setelah selesai, Anda dapat menyimpan hasil rekaman sebagai file video atau GIF, mengunggahnya langsung ke YouTube / Vimeo, atau mengirimkannya ke Google Drive / Dropbox. Anda juga dapat mengedit klip video, tetapi opsi ini mengharuskan Anda mengunduh aplikasi tambahan, yaitu  Apowersoft Video Editor – yang memungkinkan Anda membuat penyesuaian sederhana sebelum mengekspor video Anda dalam format pilihan Anda.

Fitur-fitur Apowersoft Free Screen Recorder Online

  • Tersedia gratis secara online
  • Tanpa watermark
  • Memiliki antarmuka yang ramah pengguna.
  • Tidak ada batasan panjang atau ukuran rekaman pada versi gratis

4. Screencastify

aplikasi screencastify
aplikasi screencastify

Screencastify adalah perekam layar dasar gratis untuk Chrome yang dapat merekam tab browser, desktop, aplikasi, dan umpan webcam bersama dengan suara sistem dan mic. Perangkat lunak ini dapat menangkap klip video dalam definisi tinggi pada 60fps, dapat menyimpan video Anda secara offline, mengunggah ke Google Drive, atau membagikannya di YouTube. Anda dapat menyematkan rekaman webcam Anda sebagai gambar mini dalam rekaman.

Aplikasi ini mempunyai banyak opsi yang memungkinkan Anda menggambar bentuk, memfokuskan mouse, dll. Tetapi Anda tidak dapat menggunakannya saat merekam desktop, karena hanya tersedia di dalam versi browser. Screencastify tidak menawarkan opsi pengeditan setelah perekaman video dan menambahkan watermark di sudut kanan atas. Pengguna hanya dapat mengambil 50 klip per bulan dengan durasi 10 menit.

Anda bisa mendapatkan versi berbayar Screencastify untuk menghapus batas waktu dan jumlah video serta beberapa fitur tambahan. Secara keseluruhan, Screencastify adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik karena kemudahan penggunaannya. Fluiditas dari video output setara dengan rekan-rekan desktopnya.

5. Ezvid

aplikasi ezvid
aplikasi ezvid

Ezvid adalah perekam layar dan editor video untuk PC Anda. Program ini memiliki pintasan keyboard dengan tujuan memberi pengguna kemampuan untuk merekam layar dengan cepat. Selain itu, ada widget yang ditampilkan di layar Anda yang memungkinkan untuk menghentikan perekaman dengan mudah. Namun, tidak ada cara untuk menyembunyikan widget di komputer Anda saat merekam layar komputer Anda.

Fitur-fitur Ezvid

  • Memiliki editor video built-in.
  • Memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek pada suara saat merekam.

6. FlashBack Express

aplikasi flashback express
aplikasi flashback express

FlashBack Express mungkin adalah aplikasi  perekam layar yang selalu Anda inginkan. Muncul dengan antarmuka yang mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula. Selain itu dalam FlashBack Express tidak ada batasan untuk merekam video dan tanpa watermark.

Dengan FlashBack Express Anda dapat merekam dari layar desktop dan webcam dengan suara. Anda juga dapat mengonfigurasi perekam layar Windows ini untuk memulai dan menghentikan perekaman pada waktu yang ditentukan atau secara otomatis saat Anda menjalankan program tertentu.

Setelah Anda menghentikan rekaman, kotak dialog akan menanyakan apakah Anda ingin menyimpan atau meninjau video. Di sini, serangkaian opsi terbatas memungkinkan Anda untuk menyinkronkan audio, memotong klip video, mengubah pengaturan penyorot mouse, mengambil tangkapan layar, dll. Anda dapat mengekspor satu klip video atau mengekspor beberapa proyek sekaligus.

Demikian pembahasan mengenai 14 aplikasi perekam layar terbaik, baik untuk Android, Iphone maupun  PC / laptop. Semoga bisa membantu pekerjaan Anda dan silahkan share jika bermanfaat.