19 Aplikasi Cari Jodoh Online Terbaik dan Terpopuler [Recommended]

9 min read

Aplikasi cari jodoh

Menemukan pasangan hidup sempurna yang sesuai impian adalah harapan semua orang. Era jaman now hampir semua orang memiliki ketergantungan terhadap teknologi, termasuk urusan cari jodoh. Berbagai nama aplikasi cari jodoh dan situs cari jodoh bermunculan dan berlomba menawarkan jasa perjodohan online untuk mendapatkan pasangan.

Aplikasi Pencari Jodoh tersebut bagaikan mak comblang yang dapat memfasilitasi dan membantu penggunanya menemukan pasangan yang mereka inginkan.

Aplikasi biro jodoh ini menyediakan cara untuk menjadwalkan pertemuan dengan orang-orang yang berpotensi menjadi pasangannya. Dari hubungan kencan biasa, hanya pertemanan akrab, hubungan jangka panjang hingga romansa musim panas, aplikasi jodoh online untuk Android dan iOS sangat membantu para penggunanya. Aplikasi mencari jodoh benar-benar merubah cara orang membuat koneksi dan menemukan pasangan sempurna mereka di dunia nyata.

Dan saat ini, aplikasi cari jodoh terpopuler memungkinkan para jomblo pria dan wanita mendapatkan pasangan yang berada di lokasi terdekat berkat adanya sensor lokasi. Hal ini tentunya  memberikan solusi yang nyaman, menyenangkan dan bijaksana.

19 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik

Jurnal Manajemen telah merangkum 19 Aplikasi Cari Jodoh terbaik dan terpopuler, diantaranya :

  1. Tinder
  2. Badoo
  3. Happn
  4. OkCupid
  5. SKOUT
  6. POF Free Dating App (Plenty of Fish)
  7. Tantan
  8. Zoosk
  9. Bumble
  10. Yubo
  11. Coffee Meets Bagel
  12. Clover Dating App
  13. Match Dating
  14. Tagged
  15. Hinge
  16. Muzmatch
  17. Muslima
  18. KEPO, Indonesian Chat & Dating
  19. eHarmony

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai 19 aplikasi cari jodoh terbaik, aplikasi cari jodoh gratis, aplikasi cari jodoh Indonesia, aplikasi cari jodoh bule dan aplikasi cari jodoh muslim.

1. Tinder

aplikasi cari jodoh tinder
aplikasi cari jodoh tinder

Tinder merupakan pelopor dari format aplikasi cari jodoh dan telah menjadi aplikasi andalan serta tolok ukur untuk hampir semua aplikasi cari jodoh modern di Android dan iOS belakangan ini. Bahkan berkat aplikasi ini banyak yang sukses menjalin hubungan lebih serius sampai ke jenjang pernikahan.

Algoritma dalam aplikasi ini membantu membuat koneksi dengan seseorang dalam beberapa detik dan memungkinan mencari jodoh di lokasi sekitar Anda. Anda bisa terlebih dahulu melihat profil seseorang yang ingin Anda ajak kenalan.

Dengan fitur swipe and match, Anda dapat dengan mudah menggesek smartphone ke kanan jika tertarik dengan seseorang, atau menggesek ke kiri jika tidak tertarik. Saat Anda memberi like dan mendapat respon yang sama dari seseorang tersebut, maka Anda otomatis berteman. Langkah selanjutnya Anda bisa mengobrol melalui room chat yang disediakan dan saling mengenal lebih dalam untuk menjalin hubungan yang lebih serius di dunia nyata.

Fitur-fitur Tinder :

  • Fitur suka tanpa batas
  • Mudah digunakan
  • Fitur geser ke kanan untuk menyukai seseorang
  • Fitur geser ke kiri untuk melewatinya
  • Obrolan instan dengan pasangan Anda

2. Badoo

aplikasic cari jodoh badoo
aplikasi cari jodoh badoo

Badoo menjadi aplikasi cari jodoh hebat yang digunakan oleh lebih dari 400 juta pengguna dari 190 negara, 47 bahasa dan 400.000 pengguna baru mendaftar setiap hari. Aplikasi ini memiliki metode yang menarik untuk menemukan pasangan yang cocok di daerah Anda dengan sistem menggesek seperti Tinder.

Versi premiumnya menawarkan fitur yang lebih komplit dengan profil pengguna yang sangat terverifikasi untuk menjamin keamanan penggunanya, sehingga bebas dari penipuan. Verifikasi menggunakan foto, akun media sosial, dan nomor telepon untuk meningkatkan visibilitas Anda.

Fitur-fitur Badoo :

  • Salah satu aplikasi kencan terbesar di dunia
  • Menelusuri profil seseorang meskipun sedang offline
  • Anda hanya dapat mengirim maksimal 2 pesan, kecuali jika seseorang membalas
  • Dapat memilih untuk mengobrol hanya dengan pengguna terverifikasi
  • Mengobrol dengan fitur live

3. Happn

aplikasi jodoh happn
aplikasi jodoh happn

Happn merupakan aplikasi cari jodoh untuk menemukan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Happn menggunakan akses GPS, sehingga profil pengguna lain di sekitar Anda akan muncul di timeline Anda. Seperti Tinder, Anda dapat menyukai atau tidak menyukai seseorang dengan menggesekkan kanan dan kiri.

Fitur-fitur Happn :

  • Mudah menemukan orang di sekitar Anda
  • Periksa Timeline Anda untuk menemukan semua profil yang telah Anda lewati.
  • Dapat mengirim suka secara rahasia
  • Bermain CrushTime untuk menebak siapa yang menyukai Anda di antara empat profil yang baru saja Anda lewati.
  • Aplikasi ini memprioritaskan untuk menjaga kerahasiaan dan lokasi tidak diperlihatkan kepada public

4. OkCupid

aplikasi jodoh OkCupid
aplikasi jodoh OkCupid

OkCupid adalah aplikasi cari jodoh yang memiliki basis pengguna yang mengesankan. Aplikasi ini selalu diperbarui dan disempurnakan dengan fitur-fitur baru untuk memudahkan penggunanya bisa berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya. Anda bisa menemukan orang yang sesuai berdasarkan hasrat, kepribadian dan minat Anda. Untuk itulah, sebelum menggunakan OKCupid Anda harus menjawab serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan kepribadian, seperti pandangan hidup, opini pribadi dan etika hubungan.

Fitur-fitur OKCupid :

  • Terdiri dari profil yang kaya dengan highlight kepribadian dan minat Anda
  • Fokus hanya pada koneksi yang Anda minati
  • Tetapkan preferensi kencan Anda
  • Opsi pencarian dan filter lanjutan
  • Memiliki sistem pengiriman pesan yang unik

5. SKOUT

aplikasi jodoh Skout
aplikasi jodoh Skout

Skout adalah aplikasi cari jodoh gratis yang memungkinkan seseorang mencari persahabatan, kencan, pasangan hidup, atau jenis persahabatan lainnya. Skout memang mengesankan dalam menghubungkan orang-orang dari tempat yang berbeda. Anda dapat secara gratis dan mudah menelusuri profil seseorang, membuat profil Anda sendiri, menerima kecocokan yang kompatibel, dan berkomunikasi dengan berbagai cara, seperti mengedipkan mata virtual.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur, seperti berbagi foto,mengirim pesan dan hadiah virtual.  Tetapi mungkin yang paling menarik dai Skout adalah fitur Shake to Chat, di mana Anda bisa menggoyangkan ponsel untuk mendapatkan pasangan obrolan secara acak dengan seseorang di lokasi sekitar Anda.

Layanan Feature Me juga berguna untuk menampilkan profil Anda kepada komunitas Skout yang terdiri dari jutaan pria dan wanita yang berasal dari lebih dari 180 negara dan berbicara lebih dari 14 bahasa.

Fitur-fitur Skout :

  • Menemukan orang-orang secara instan dan lihat siapa yang sedang online secara real time.
  • Chat, broadcast dan menonton streaming orang lain
  • Jelajahi profil dan gambar, simpan pasangan favorit Anda
  • Profil dapat dipromosikan menggunakan fitur dalam aplikasi

6. POF Free Dating App (Plenty of Fish)

aplikasi jodoh POF
aplikasi jodoh POF

Aplikasi cari jodoh ini mirip dengan Tinder tetapi hampir semua fitur Plenty of Fish gratis untuk digunakan dan memungkinkan pengguna untuk memeriksa profil tanpa batas, mengirim pesan tanpa batas, dan melakukan lebih banyak aktivitas. POF dirancang untuk membantu para lajang menemukan pasangannya sehingga terjalin hubungan yang bahagia. Namun, karena banyaknya pengguna dan layanan gratis, akun palsu cenderung tidak terdeteksi.

Fitur-fitur POF :

  • Memiliki algoritma pencocokan tingkat lanjut
  • Kirim dan terima pesan tanpa batas secara gratis
  • Percakapan yang powerfull, termasuk pesan suara, panggilan video dan berbagi foto
  • Teman pasangan dapat saling memanggil dalam aplikasi

7. Tantan

aplikasi cari jodoh tantan
aplikasi cari jodoh tantan

Tantan adalah aplikasi cari jodoh dari Cina yang memudahkan para jomblo menemukan jodoh yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Aplikasi ini menggunakan lokasi GPS ponsel Anda sehingga dapat memberikan hasil yang paling akurat.

Tantan menawarkan penggunanya melalui sistem swipe and match dan banyak fitur lainnya seperti kuis, game, menambahkan album, berbagi video dan  mengunggah pembaharuan pada aplikasi. Ini seperti menggabungkan fitur-fitur beberapa aplikasi kencan yang berbeda menjadi satu aplikasi.

Fitur-fitur Tantan :

  • Semua fitur dapat digunakan secara gratis dengan pembaharuan yang mudah.
  • Memiliki lebih banyak “gesekan” gratis daripada aplikasi cari jodoh lainnya.
  • Mengobrol lebih menyenangkan dengan permainan mengenal Anda.
  • Pendaftarannya sederhana dan cepat, dapat menggunakan akun Facebook atau nomor ponsel.

8. Zoosk

aplikasi pencari jodoh Zoosk
aplikasi pencari jodoh Zoosk

Zoosk adalah salah satu aplikasi cari jodoh gratis yang keren dan menyenangkan untuk digunakan serta mudah dinavigasi. Aplikasi ini memungkinkan Anda mendaftar dengan mudah menggunakan akun media sosial seperti Facebook untuk mulai mencari kecocokan terbaik bagi pengguna Android dan iOS.

Fitur-fitur Zoosk  :

  • Pencocokan Perilaku : Algoritma Zoosk bekerja ‘di belakang layar’ untuk mengenali pola dan preferensi serta meningkatkan kecocokan Anda
  • Pendaftaran cepat dan mudah digunakan
  • Opsi pencarian lanjutan untuk menemukan seseorang berdasarkan lokasi, etnis, agama, dan fitur spesifik lainnya.
  • Verifikasi foto, nomor telepon dan akun media sosial

Tetapi Anda harus membayar biaya berlangganan setiap bulannya untuk bisa menikmati aplikasi ini dengan fitur komplit, antara lain fitur mengobrol dengan pengguna lain dan mengetahui orang yang melihat profil Anda.

9. Bumble

aplikasi pencari jodoh bumble
aplikasi pencari jodoh bumble

Bumble adalah aplikasi cari jodoh yang membantu Anda menemukan kecocokan teman di lokasi sekitar Anda. Mirip dengan Tinder, bedanya adalah aplikasi ini lebih ramah wanita untuk kebutuhan perjodohan, yaitu memiliki pendekatan yang berorientasi wanita dan hanya memungkinkan seorang wanita untuk memulai percakapan setelah dua orang terhubung. Artinya hanya wanita yang bisa mengirim pesan pertama setelah terhubung dengan pasangan prianya.

Untuk kencan dan pertemanan, seseorang diberikan 24 jam sebelum koneksi hilang meskipun mereka bisa mendapatkan perpanjangan 24 jam lagi. Bumble juga memiliki fitur BFF untuk memperkaya lingkaran pertemanan dan fitur video call.

Fitur-fitur Bumble :

  • Berkencan, bertemu teman, atau bahkan membuat jaringan
  • Memiliki 3 mode berbeda untuk membuat koneksi potensial : Bumble, Bumble BFF, Bumble BIZZ
  • Aplikasi pertama yang menghadirkan kencan, pencarian teman dan pengembangan karier dalam satu jaringan
  • Aplikasi ini menolak ujaran kebencian sehingga membuat pengguna merasa aman

10. Yubo

aplikasi pencari jodoh yubo
aplikasi pencari jodoh yubo

Yubo yang sebelumnya bernama Yellow adalah aplikasi cari jodoh menyenangkan yang menggabungkan nuansa campuran Tinder dan Snapchat.  Jika Anda suka profil seseorang geser ke kanan atau geser ke kiri jika tidak suka. Setelah menemukan pengguna lain yang cocok, Anda dapat mengobrol, berbagi foto, dan live streaming video secara real time.  

Aplikasi ini juga menggunakan akses GPS yang memungkinkan orang untuk terhubung dengan orang lain berdasarkan lokasi. Keamanan pengguna juga terjaga dengan mengaktifkan fitur verifikasi ponsel.

Fitur-fitur Yubo :

  • Aplikasi sosial untuk bertemu teman baru yang menyenangkan
  • Obrolan bisa menjadi percakapan pribadi
  • Dapat mengirim dan menerima gambar, stike dan bitmoji
  • Dapat melakukan live streaming video dengan hingga 9 orang.
  • Streaming langsung bersifat publik dan dapat ditonton oleh orang lain juga

11. Coffee Meets Bagel

aplikasi coffe meets bagel dating
aplikasi coffe meets bagel dating

Coffee Meets Bagel adalah aplikasi cari jodoh gratis yang lebih santai namun efisien dan efektif, dengan antarmuka intuitif, umpan balik yang bermanfaat, serta suasana yang ramah pengguna.  Coffee Meets Bagel berupaya untuk memasangkan Anda dengan orang-orang yang paling sesuai secara keseluruhan.

Aplikasi ini cukup bagus pendekatannya untuk kencan virtual, yaitu dengan cara mengirimkan sejumlah kecil pasangan kencan potensial kepada pria berdasarkan profil dan selera mereka, dan wanita juga akan menerima pilihan pasangan yang tertarik pada mereka. Wanita kemudian dapat membalas dan menanggapi saran kencan.

Jika merasa cocok, aplikasi ini menawarkan durasi obrolan 7 hari untuk memulai interaksi. Pengguna juga dapat memperoleh lebih banyak opsi seperti meningkatkan durasi obrolan atau melihat koneksi bersama. Versi premiumnya menciptakan lebih banyak peluang kencan dengan memberikan lebih banyak info tentang aktivitas seseorang.

Fitur-fitur Coffee Meets Bagel :

  • Membantu Anda menemukan pasangan yang dikuratori
  • mempunyai profil pengguna yang lengkap
  • Notifikasi didasarkan pada masukan Anda
  • Dapat mengakses laporan aktivitas

12. Clover Dating App

aplikasi clover dating
aplikasi clover dating

Tampil sebagai campuran aplikasi Tinder dan Ok Cupid, Clover Dating menawarkan pendekatan unik untuk menemukan dan memenuhi kencan yang potensial. Fitur menarik dari Clover Dating adalah On-Demand Dating (kencan sesuai permintaan), yang membantu pengguna memilih waktu dan lokasi untuk kencan dan Clover menemukan mereka sebagai mitra. Anda akan menemukan orang yang benar-benar ingin bertemu Anda dan Anda akan dapat menemukan kencan semudah memesan taksi online.

Fitur-fitur Clover Dating :

  • Temukan orang untuk kencan jangka pendek atau panjang
  • Filter pencarian
  • On-Demand Dating
  • Memiliki 20 pertanyaan kontes kuis yang menyenangkan untuk melihat apa yang disukai orang lain
  • Promosikan Instagram dan Twitter Anda di profil Anda
  • Posting hingga 100 gambar profil

13. Match Dating

aplikasi match dating
aplikasi match dating

Match Dating merupakan aplikasi cari jodoh gratis yang menghubungkan para jomblo lokal untuk berkencan dan menemukan cintanya secara mudah dan menyenangkan. Pengguna dapat mengunggah foto, membuat profil dan menelusuri  jomblo di daerah sekitarnya menggunakan aplikasi mobil ini.

Tersedia untuk Android dan iPhone, aplikasi Match Dating memungkinkan Anda melakukan banyak hal tanpa mengeluarkan banyak biaya. Anda dapat menjelajahi jutaan pria dan wanita yang memenuhi syarat untuk kencan menyenangkan, hubungan serius atau persahabatan khusus.

Fitur-fitur Match Dating :

  • Membantu Anda menemukan kencan, pertemanan atau perjodohan
  • Lihat foto-foto jomblo lokal
  • Cari di mana saja secara online
  • Bertukar pesan dengan panggilan suara

14. Tagged

aplikasi mencari jodoh tagged
aplikasi mencari jodoh tagged

Tagged – Meet, Chat & Dating adalah aplikasi sosial media layaknya Facebook yang memungkinkan semua orang untuk saling berinteraksi satu sama lain, menjalin pertemanan bahkan mencari jodoh secara online dengan banyak orang di seluruh dunia. Anda dapat melakukan chatting, live streaming dengan penggemar dan memainkan game dalam aplikasi dengan semua orang yang online.

Anda dapat mengelola profil dan detail informasi pribadi seperti foto profil, deskripsi diri, status hubungan, agama, dan bahasa. Setelah semuanya diatur, aplikasi menggunakan algoritmanya untuk mencocokkan pengguna dengan minat, aspirasi, lokasi dan kepercayaan yang serupa, sehingga Anda memungkinkan Anda untuk menjalin pertemanan.

Karena privasi menjadi perhatian bagi sebagian besar pengguna, aplikasi ini akan melindungi lokasi pengguna dan informasi pribadi.

15. Hinge

Hinge adalah aplikasi cari jodoh yang dirancang khusus untuk milenium yang menginginkan hubungan jangka panjang, bukan cuma kencan sesaat. 

Memiliki antarmuka yang menyerupai Tinder dan bergantung pada Facebook untuk mengembangkan prospek kencan penggunanya, aplikasi ini akan menemukan pasangan terbaik untu Anda, orang-orang dengan teman dan minat yang sama. Hinge menjawab banyak pertanyaan dengan fungsi gesek, menjadikannya lebih cepat, lebih mudah, dan menyenangkan.

Fitur-fitur Hinge :

  • Dengan cepat mempelajari tipe Anda dan memperkenalkan Anda kepada orang-orang terbaik
  • Dapat mengatur preferensi lebih lanjut
  • Memulai percakapan menjadi lebih mudah
  • Beberapa pilihan paket keanggotaan

16. Muzmatch

aplikasi cari jodoh muzmatch
aplikasi cari jodoh muzmatch

MuzMatch adalah aplikasi cari jodoh muslim eksklusif yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. MuzMatch berkomitmen untuk membantu para lajang laki-laki dan perempuan Muslim di seluruh dunia mendapatkan jodoh atau pasangan seumur hidup dengan cara halal, gratis, dan menyenangkan.

Setiap anggota diverifikasi secara manual oleh tim Muzmatch menggunakan foto selfie dan informasi profil lainnya untuk alasan keamanan. Selfie yang Anda kirim kemudian dianalisis untuk melihat apakah sesuai dengan gambar profil yang telah Anda unggah. Jika Anda mencoba untuk membuat akun palsu, maka aplikasi ini akan dengan mudah mendeteksinya.

Proses pendaftarannya cukup sederhana, menggunakan alamat email yang valid, nama panggilan, tanggal lahir, dan jenis kelamin Anda. Detail yang dimasukkan dapat diperbarui kapan saja. Anda juga dapat memilih untuk menautkan dan masuk melalui akun Facebook Anda untuk pengaturan profil yang lebih cepat.

Fitur-fitur Muzmatch :

  • Memiliki fitur pencocokan seperti Tinder
  • Berbagai macam filter dan preferensi
  • Gratis mengobrol dengan pasangan Anda
  • Dapat memasukkan profil dalam daftar tertentu
  • Koneksi cepat melalui Pencocokan Instan
  • Mengirim pesan ke pengguna lain gratis untuk semua orang

17. Muslima

aplikasi jodoh muslima
aplikasi jodoh muslima

Muslima juga merupakan aplikasi cari jodoh muslim untuk Android yang bertujuan untuk menghubungkan orang-orang muslim di seluruh dunia. Meski namanya Muslima, bukan berarti situs ini hanya ditujukan untuk pengguna muslim wanita.

Jika Anda seorang muslim lajang, baik pria atau wanita dan sedang mencari pasangan hidup, maka biro jodoh muslim ini adalah salah satu solusi yang bisa Anda pilih.

Tergabung dalam jaringan Cupid Media yang telah mengoperasikan lebih dari 30 situs dan aplikasi kencan terkemuka, Muslima adalah aplikasi yang bisa membantu menemukan calon istri atau suami seorang muslim idaman Anda dengan aman.

Setelah melakukan proses registrasi, aplikasi cari jodoh online ini akan mencarikan pasangan lawan jenis yang cocok untuk Anda dari database nya yang cukup besar.

Fitur-fitur Muslima :

  • Mendaftar atau masuk ke akun Muslima kapan saja, di mana saja
  • Buat, edit, dan perbarui profil Anda
  • Unggah foto baru
  • Cari pasangan dari database yang terdiri dari lajang muslim di seluruh dunia
  • Berkomunikasi ke sesama pengguna secara langsung melalui fitur olah pesan canggih
  • Notifikasi instan
  • Tingkatkan keanggotaan Anda

18. KEPO, Indonesian Chat & Dating

aplikasi pencari jodoh KEPO
aplikasi pencari jodoh KEPO

Kepo adalah aplikasi cari jodoh yang cukup populer khususnya para jomblo, dengan target masyarakat Indonesia yang berusia di atas 18 tahun.

Kepo-in orang-orang di sekitar Anda dengan foto-foto keren, chatting, kenalan dan seru-seruan sama yang Anda sukai, ngobrol di grup chat dengan cewek-cewek cantik dan cowok-cowok keren, siapa tahu dapat pacar dan jodoh.

Aplikasi cari jodoh Indonesia ini memang mengasyikkan, Anda bisa kirim voice note ke teman, pasang foto-foto Anda yang paling OK, chat setiap hari dan dapatkan koin virtual yang bisa ditukar dengan pulsa.

19. eHarmony

aplikasi eHarmony
aplikasi eHarmony

eHarmony adalah aplikasi cari jodoh online pertama yang menggunakan pendekatan ilmiah Compatibility Matching System untuk menemukan jomblo yang sangat kompatibel. Untuk memastikan hubungan yang langgeng dan memuaskan, aplikasi menentukan kompatibilitas pria dan wanita berdasarkan 29 dimensi.

Pengguna dapat mengetahui bahwa kecocokan yang disarankan oleh layanan eHarmony sangat kompatibel dan akan mengarah pada kencan yang serius.

Fitur-fitur eHarmony :

  • Temukan pasangan yang benar dan kompatibel
  • Pengaturan akun yang mudah dan dapat mendaftar dengan akun Facebook
  • Dapat mengirim pertanyaan cepat untuk memulai obrolan
  • Dapatkan push notification

Demikian penjelasan lengkap mengenai 19 aplikasi cari jodoh terbaik yang bisa Anda pilih dalam rangka mendapatkan jodoh idaman Anda. Semoga bermanfaat