By | October 4, 2018
Tujuan Organisasi

Organisasi merupakan wadah bagi sekelompok individu dengan visi dan misi yang sama untuk sama-sama berkembang mewujudkan apa yang mereka cita-citakan sesuai Manajemen yang diterapkan. Didalam visi dan misi yang dibentuk sebagai dasar fondasi organisasi, terkandung tujuan dari dibentuknya organisasi itu sendiri. Lalu, seberapa pentingkah tujuan sebuah perusahaan? tujuan organisasi sifatnya sangat penting karena ia berisi segala sesuatu yang menjadi dasar pembentukan organisasi itu sendiri. Jadi, apa tujuan organisasi itu?

Segala sesuatu yang melatarbelakangi sebuah organisasi untuk berdiri. Contoh tujuan organisasi: sebuah organisasi yang bergerak di bidang kesehatan bertujuan untuk mengurangi tingkat kematian anak akibat demam berdarah, maka mereka mengadakan sosialisasi dan kegiatan yang menyangkut pembasmian sarang-sarang nyamuk. Demi tercapainya tujuan tersebut, otomatis organisasi membutuhkan orang-orang yang memiliki komitmen dan keinginan yang sama.

Fungsi Dari Tujuan-Tujuan Sebuah Organisasi

Setelah mengetahui seberapa pentingnya tujuan dalam sebuah organisasi. Anda juga perlu tahu bahwa tujuan-tujuan tersebut memiliki fungsi. Apa saja fungsi tujuan organisasi? Simak ulasan singkat berikut ini!

  • Fungsi Pedoman

Tujuan Organisasi sebagai pedoman menandakan bahwa tujuan tersebut adalah panduan bagi anggota dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyalurkan usaha mereka dalam mewujudkan tujuan. Sebagai pedoman, tujuan yang ditetapkan oleh anggota sebuah organisasi akan membantu memberikan arah mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Layaknya pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

  • Fungsi Legitimasi

Tujuan organisasi secara umum juga menyangkut legitimasi. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh sebuah organisasi, harus ada sumber legitimasi yang melindunginya. Maksudnya, tujuan organisasi akan menjadi sumber pembenaran bagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan, sehingga organisasi mampu mengumpulkan dukungan dan pengakuan dari lingkungan di sekitarnya.

  • Fungsi Standarisasi

Setiap pelaksanaan kegiatan organisasi, pasti ada standar yang mnegatur pelaksanaan tersebut. Hal ini disebutkan, ketika tujuan organisasitelah disepakati dan disahkan, maka organisasi akan mudah mengukur presentase keberhasilan. Presentase keberhasilan tersebut dihitung sambil melihat apakah hasil kegiatannya sesuai dengan standar atau justru sama sekali tidak berjalan sesuai standar.

  • Fungsi Motivasi

Tujuan organisasi menurut para ahli juga bisa sebagai motivasi. Setiap anggota di dalam sebuah organisasi tentunya membutuhkan motivasi agar bisa melanjutkan kegiatan hingga mencapai tujuan yang selama ini dicita-citakan bersama. Lalu, bagaimana tujuan organisasi dapat memotivasi? Demi mencapai tujuan, sebuah organisasi biasanya memberikan bonus bagi anggota yang bisa memenuhi pencapaian tertentu.

  • Fungsi Rasionalisasi

Tujuan organisasi adalah fondasi sebuah organisasi. Tanpa adanya tujuan, sebuah organisasi akan bergerak tanpa arah yang pasti. Di dalam sebuah badan, tujuan organisasi bergerak bersamaan dengan struktur organisasi yang telah dibuat dan ditetapkan. Mereka berinteraksi dalam mencapai tujuan, menggunakan sumber daya manusia, dan mengimplementasikan unsur-unsur organisasi, seperti komunikasi, pengawasan dan lain-lain.

Tujuan Macam-Macam Organisasi

Setelah memahami bahwa tujuan sebuah organisasi juga memiliki fungsi-fungsi tertentu yang sifatnya penting demi keberlangsungan organisasi tersebut, Anda juga perlu mengetahui tentang macam-macam organisasi dan tujuannya. Ya, organisasi memiliki banyak jenis, seperti internasional, nasional, politik, dan lain-lain. Setiap jenis organisasi tersebut pasti memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan penetapan tujuan organisasi. Nah, mari kita simak ulasannya!

  • Organisasi Internasional

Organisasi yang sifatnya internasional memiliki tujuan organisasi yang lebih luas cakupannya. Contohnya, ada sebuah organisasi internasional khusus untuk pemuda/i yang memiliki keinginan untuk mengembangkan kemampuan leadership mereka. Tujuan organisasi internasional seperti ini biasanya ditujukan pada sasaran yang lebih luas dan tidak terbatas pada satu Negara saja.

  • Organisasi Bisnis

Bisnis merupakan rangkaian kegiatan pembelian dan penjualan barang atau jasa yang dilakukan secara konsisten berulang-ulang. Selain itu, tujuan organisasi bisnis yang paling utama adalah memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Selain profit, tujuan organisasi yang lain adalah untuk mengadakan sebuah barang atau jasa, menyejahterakan pemilik dan pekerja bisnis, memperkerjakan pengangguran, berpartisipasi dalam kemajuan dan pertumbuhan ekonomi bangsa, dan mencari prestasi juga prestise.

  • Organisasi Muhamaddiyah

Organisasi Muhammadiyah didirikan di kota Yogyakarta pada tanggal 18 November tahun 1912. Pendirinya adalah K.H. Ahmad Dahlan. Nama Muhammadiyah sendiri memiliki arti Umat Muhammad. tujuan organisasi muhammadiyah adalah untuk mencontoh jejak perjuangan dan pengabdian Nabi Muhammad SAW.

  • Organisasi Politik

Tujuan organisasi politik biasanya dilatarbelakangi oleh semangat para anggotanya untuk menyusun sebuah kekuatan atau strategi baru yang dinilai akan lebih baik dari yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Selain itu, tujuan organisasi juga bisa jadi dilatarbelakangi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menjadi faktor pendorong terbentuknya organisasi politik tersebut. Contohnya, pada tahun 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNI lahir akibat pertumpahan darah yang diciptakan oleh pemberontakan PKI pada 1926.

  • Organisasi Pergerakan Nasional

Pada zaman penjajahan dulu, banyak sekali partai-pertai yang terbentuk berdasarkan semangat juang untuk melawan kolonial Belanda. Partai-partai ini juga disebut dengan sebagai organisasi pergerakan nasional. Tujuan organisasi pergerakan nasional meliputi keinginan untuk mengobarkan semangat perjuangan demi membangkitkan kesadaran nasional melawan pemerintahan kolonial Belanda pada masa itu. Salah satu organisasinya adalah organisasi Budi Utomo.

  • Organisasi ASEAN

Tujuan organisasi ASEAN pada umumnya mencakup kesejahteraan anggota-anggotanya. Organisasi ASEAN dibentuk untuk kepentingan Negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Berdasarkan kepentingan tersebut akhirnya tujuan organisasi pun terbentuk atas kesepakatan bersama. Tentunya, tujuan ini menguntungkan setiap anggota, tidak hanya satu atau beberapa anggota saja.

  • Organisasi Sekolah

Yang menjadi pembeda antara organisasi sekolah dengan organisasi lainnya diatas adalah cakupan anggotanya. Dikarenakan organisasi sekolah hanya menargetkan siswa-siswi yang bersekolah di tempat tersebut, maka tujuan organisasi sekolah didasari oleh bagaimana kegiatan-kegiatan organisasi tersebut dapat memajukan sekolah dan mengembangkan minat dan bakat para murid. Contohnya, sebuah organisasi sekolah yang dikhususkan untuk murid yang menyukai bahasa inggris akan menetapkan tujuan organisasi seperti ‘mengembangkan minat dan bakat siswa dalam menggunakan bahasa inggris pada pidato atau membacakan berita’.

  • Organisasi Pendidikan

Setelah membahas mengenai organisasi sekolah, maka kita perlu sedikit menyinggung mengenai organisasi pendidikan. Salah satu organisasi pendidikan adalah PGRI atau persatuan guru republik Indonesia. Persatuan ini didirikan dalam ranah pendidikan dengan didasari oleh tujuan organisasi  yaitu keinginan anggotanya untuk sama-sama memperhatikan kesejahteraan guru. Contoh dari tujuan organisasi pendidikan PGRI adalah ‘menjaga, memelihara, membela, serta meningkatkan harkat dan martabat guru melalui peningkatan kesejarhteraan angora serta kesetiakawanan organisasi’.

Itulah pembahasan mengenai tujuan organisasi. Anda telah mempelajari apa saja fungsi dari dibuatnya tujuan dalam organisasi. Selain itu, Anda juga telah memahami bagaiman sebuah tujuan dalam organisasi dapat menjadi petunjuk kemana dan bagaimana organisasi tersebut berjalan. Ditambah lagi, setiap jenis organisasi memiliki tujuan yang berbeda. Tujuan-tujuan ini ditentukan oleh segala sesuatu yang menjadi keinginan anggota organisasi tersebut. Jadi, sebuah organisasi tidak akan mungkin berdiri jika tidak dilandaskan pada sebuah tujuan yang paling utama.

Incoming search terms:

  • tujuan organisasi lebih luas
  • macam macam organisasi struktur tugas tujuan dari organisasi serta kegiatannya
  • maksud dari konsistensi tujuan oraganisasi dan tujuan anggotanya
  • tujuan organisasi beserta
  • tujuan organisasI politik

3 Replies to “Macam-Macam Tujuan Organisasi dan Penjelasannya Lengkap”

  1. Pingback: Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

  2. Pingback: Kelompok Kerja Organisasi dan Komunikasi Organisasi

  3. Pingback: Berbagai Pendekatan Kepemimpinan dalam Organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *