By | September 8, 2017
Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Manajemen sumber daya manusia dibutuhkan untuk mengembangkan efektifitas dari sumber daya manusia di dalam organisasi. Secara umum banyak penjabaran mengenai tujuan manajemen sumber daya manusia yang dapat kita peroleh dari berbagai refrensi.

Manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam suatu organisasi untuk memberikan kontribusi lebih pada organisasi dengan cara yang bertanggung jawab secara strategis, etis dan sosial.

Pada intinya tujuan manajemen sumber daya manusia adalah memberikan aturan kerja yang efektif dengan produktivitas tinggi kepada organisasi.

Pada kasus ini, produktivitas dapat diartikan sebagai output atau keluaran dari sebuah organisasi/perusahaan terhadap input/masukannya baik itu manusia, modal, energi atau bahan baku.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia berusaha untuk menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individual dan menyelaraskannya hingga mampu bergerak dalam irama yang sama demi mencapai tujuan bersama yaitu tujuan organisasi.

Oleh karena itu tujuan khusus dari sebuah manajemen sumber daya manusia adalah untuk membantu para manajer fungsional dan manajer lini dalam mengelola seluruh tenaga kerja atau karyawan selaku sumber daya manusia dengan cara yang lebih efektif.

Selain penjelasan mengenai tujuan manajemen sumber daya manusia diatas, terdapat tujuan manajemen sumber daya manusia menurut para ahli. Adapun tujuan manajemen sumber daya manusia menurut para ahli akan difokuskan pada pendapat Cuhsway dan Sedarmayanti.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Sunarto

Sunarto mengemukakan bahwa terdapat 12 tujuan manajemen sumber daya manusia, diantaranya :

  1. Memperoleh dan mempertahankan tenaga kerja yang terampil, memiliki motivasi tinggi dan dapat dipercaya bagi organisasi.
  2. Meningkatkan dan memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam organisasi yang diukur dari kontribusi, kemampuan dan kecakapan dalam melaksanakan operasional pekerjaan.
  3. Mengembangkan sistem kerja yang baik secara prosedur dalam perekrutan dan seleksi calon karyawan. Prosedur perekrutan dan seleksi dilakukan secara teliti dengan sistem kompensasi dan insentif yang tergantung pada kinerja tiap karyawan. Hal tersebut juga ditunjang oleh pengembangan manajemen serta aktivitas pelatihan yang terkait dengan kebutuhan organisasi.
  4. Memiliki komitmen tinggi akan karyawan dan menjadikan karyawan sebagai stakeholder dalam organisasi yang bernilai dan berperan dalam pengembangan iklim kerjasama membentuk kepercayaan bersama.
  5. Menciptakan lingkungan kerjasama tim yang fleksibel dan terus berkembang.
  6. Menyeimbangkan dan menyelaraskan keperluan masing-masing stakeholder.
  7. Menghargai elemen sumber daya manusia berdasarkan prestasi yang telah dicapai
  8. Meningkatkan kesejahteraan para karyawan baik secara fisik maupun mental.
  9. Menciptakan iklim yang harmonis dan produktif yang terbentuk antara manajemen dan karyawan.
  10. Menyediakan kesempatan yang merata bagi seluruh elemen sumber daya manusia.
  11. Melakukan pendekatan yang humanis dalam proses pengelolaan karyawan yang berlandaskan keadilan, perhatian, dan transparansi.
  12. Mengelola tenaga kerja dan mempertimbangkan perbedaan kebutuhan dan keinginan individu dan kelompok yang difasilitasi dalam penyampaian aspirasi.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli 1

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Sedarmayanti

Sedarmayanti mengemukakan tujuan dari manajemen sumber daya manusia menjadi 4 tujuan.

4 Tujuan manajemen sumber daya yang akan dikemukakan merupakan refrensi yang digunakan secara umum dalam pencarian akan tujuan manajemen sumber daya dalam organisasi.

Adapun 4 tujuan tersebut adalah :

  1. Tujuan Sosial

Tujuan sosial pada tujuan manajemen sumber daya manusia adalah organisasi bertanggung jawab secara sosial terhadap tantangan dan keperluan yang terjadi di masyarakat khususnya di ruang lingkup organisasi dan mengurangi efek yang merugikan.

  1. Tujuan Organisasional

Tujuan organisasional merupakan langkah untuk menunjukkan kebeberadaan dari suatu organisasi sehingga perlu adanya kontribusi akan pendayagunaan sumber daya manusia secara keseluruhan. Tujuan organisasional dalam tujuan sumber daya manusia itu sendiri merupakan target formal yang ditentukan untuk mencapai tujuan organisasi.

  1. Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional pada proses manajemen sumber daya manusia adalah mempertahankan kontribusi dari sumber daya manusia tiap departemen yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia pada tiap departemen dipelihara sedemikian rupa sehingga memberikan kontribusinya secara optimal.

  1. Tujuan Individu

Tujuan individu dalam suatu organisasi harus terpenuhi dan diselaraskan dengan tujuan organisasi. Tujuan individu digunakan sebagai motivasi para karyawan untuk lebih berkontribusi dalam melaksanakan tugasnya di dalam organisasi.

 

Baca Juga : Penjelasan Kepemimpinan Dalam Organisasi

 

Tujuan Perusahaan

Perusahaan sebagai suatu organisasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia memiliki tujuan tersendiri. Terdapat 2 tujuan perusahaan yang memerlukan peranan dari sumber daya manusia diantaranya :

  1. Produktiftitas

Semakin tinggi dan semakin baik sumber daya manusia yang dimiliki maka akan menciptakan produktifitas yang baik bagi perusahaan.

Sumber daya manusia yang terampil akan menghasilkan sumbangsih yang lebih banyak dan lebih baik daripada sumber daya manusia yang kurang terampil meski perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih tinggi bagi sumber daya manusia terampil.

  1. Laba (Profit)

Sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan laba perusahaan yang lebih tinggi. Laba saat ini menjadi tujuan utama bagi suatu perusahaan yang bersifat profit oriented yang juga berkaitan secara tidak langsung dengan tujuan sumber daya manusia.

Ukuran kinerja dikembangkan untuk membandingkan antara input dan output. Oleh karena itu ukuran kinerja karyawan saat ini berbasis pada ukuran laba yang diperoleh.

Pada sebuah perusahaan keberadaan sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan menentukan efektifitas serta produktivitas organisasi.

Oleh karena itu dibuatlah departemen khusus yang menangani sumber daya manusia yang ada yaitu depeartemen personalia/sumber daya manusia atau dikenal dengan Human resources Departement.

Departemen sumber daya manusia berusaha untuk terus meningkatkan efektifitas organisasi dengan berbagai cara, diantaranya :

  1. Menyiapkan pekerja yang memiliki kemampuan dan memiliki motivasi besar.
  2. Memberdayakan pekerja untuk kepentingan organisasi dan individu seefektif dan seefisien mungkin.
  3. Menyediakan kesempatan bagi setiap individu akan lingkungan kerja yang aman dan sehat serta menjamin perlindungan terhadap hak-hak tiap personal.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam rangka peningkatan kualitas kerja dengan memberikan kesempatan untuk pekerja untuk beraktualisasi diri.
  5. Menginformasikan kebijakan terkait manajemen sumber daya manusia kepada seluruh pekerja.

Sumber daya manusia pada organisasi memegang peran penting dan organisasi sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang ada terlebih para karyawan yang memiliki kemampuan, keahlian dan komunikasi komunitas.

Sehingga kunci keberhasilan suatu organisasi terletak pada efektifitas proses pembinaan dan pemanfaatan keahlian karyawan yang digunakan untuk mencapai efektifitas organisasi.

 

Tujuan Manajemen Strategi

Sebagai langkah untuk mewujudkan tujuan masing-masing lini yang terkait dengan tujuan manajemen sumber daya manusia maka diperlukan strategi yang tepat untuk mewujudkannya.

Pada pembahasan mengenai strategi juga diperlukan manajemen tersendiri terhadap strategi yang akan dilaksanakan. Adapun tujuan dari manajemen strategi adalah :

  1. Melaksanakan dan melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap strategi yang telah dipilih.
  2. Mengevaluasi kinerja tiap sumber daya manusia, meninjau kembali, dan mengkaji ulang kondisi yang ada kemudian melakukan berbagai penyesuaian dan tindak korektif jika terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan strategi.
  3. Mengupgrade strategi yang telah dirumuskan secara berkala agar sesuai dengan perkembangan kondisi lingkungan yang ada.
  4. Senantiasa meninjau dan menganalisis SWOT dari suatu organisasi/perusahaan.
  5. Terus melakukan inovasi terhadap produk dan disesuaikan dengan selera konsumen.

 

Baca Juga : Pengertian Perencanaan Manajemen Dalam Organisasi

 

Klasifikasi Tujuan

Secara umum telah dikenal berbagai tujuan yang terkait dengan tujuan manajemen sumber daya manusia yaitu tujuan individu dan tujuan organisasi.

Tujuan individu dalam manajemen sumber daya manusia merupakan sasaran dari kinerja individu baik materi maupun non materi yang diperoleh dari hasil kerjanya.

Sedangkan tujuan organisasi ialah untuk memperoleh laba dari proses manajemen yang ada. Pada hal ini terdapat berbagai tujuan yang berkaitan dengan tujuan sumber daya manusia yang dapat dilihat dari berbagai sisi.

Klasifikasi tujuan dibedakan menjadi 7, yaitu :

  1. Tujuan Menurut Tipenya

  • Profit Objective

Tujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

  • Service Objective

Tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi custmer.

  • Social Objective

Tujuan untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat di sekitar.

  • Personal Objective

Tujuan untuk memperbaiki kesejahteraan bagi karyawan secara individu dan secara sosial memperoleh kepuasan saat berada dalam lingkungan kerja organisasi/perusahaan.

 

  1. Tujuan Menurut Prioritasnya

  • Tujuan Primer
  • Tujuan Sekunder
  • Tujuan Individual
  • Tujuan Sosial
  1. Tujuan Menurut Jangka Waktu

  • Tujuan Jangka Panjang

Tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu yang relatif lama, biasanya antara 3 – 5 tahun atau lebih. Ex : Untuk menjadi market leader dalam bisnis makanan siap saji.

  • a. Tujuan Jangka Menengah :

Tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu menengah, biasanya antara 1 – 3 tahun. Ex : Meningkatkan pangsa pasar 30%

  • b. Tujuan Jangka Pendek :

Tujuan yang ingin dicapai organisasi/perusahaan dalam satu periode kegiatan perusahaan, biasanya antara 6 bulan hingga 1 tahun. (ada yang sampai 2 tahun). Ex : Peningkatan penjualan makanan siap saji sebesar 20% di setiap otlet.

 

  1. Tujuan Menurut Sifat

  • Management Objective

Tujuan yang harus dicapai oleh manajer untuk mencapai manajemen yang efektif

  • a. Tujuan Manajerial

Tujuan yang bersifat manajerial dan harus dicapai dengan kreatifitas dalam pengelolaan manajemen.

  • b. Tujuan Administrasi

Tujuan yang dalam pencapaiannya memerlukan proses administrasi yang rapih dan teratur.

  • c. Tujuan EKonomi

Tujuan untuk memenuhi kebutuhan secara efektif dan efisien.

  • d. Tujuan Sosial

Tujuan akan tanggung jawab terhadap masyarakat baik sosial maupun moral

  • e. Tujuan Teknis

Tujuan dalam bentuk detail teknis operasional kerja dan langkah untuk menciptakan karya

  • f. Tujuan Kerja

Tujuan yang berkaitan dengan kondisi pekerjaan.

 

  1. Tujuan Menurut Tingkatnya

  • Overall Enterprise

Tujuan secara keseluruhan yang harus dicapai oleh suatu perusahaan secara organisasional.

  • a. Divisional Objective

Tujuan yang wajib dicapai oleh masing-masing divisi dan merupakan bagian dari langkah pencapaian tujuan organisasi secara menyeluruh.

  • b. Thefartemental Objective

Tujuan yang perlu diraih oleh tiap-tiap bagian di bawah komando divisi. Tujuan ini merupakan bagian dari pencapaian tujuan divisi.

  • c. Sectional Objective

Pencapaian tujuan oleh tiap-tiap seksi. Tujuan dari setiap seksi akan mendukung pencapaian tujuan dari tiap bagian.

  • d. Group Objective

Tujuan yang perlu diraih oleh setiap kelompok urusan.

  • e. Individual Objective

Pencapaian tujuan dari masing-masing individu yang bekerja dalam organisasi.

 

  1. Tujuan Menurut Bidangnya

  • Top Level Objective

Tujuan secara menyeluruh organisasi dan dirumuskan di tingkat Top Level Management.

  • a. Finance Objective

Tujuan organisasi yang berkaitan dengan kondisi keuangan organisasi, baik modal maupun laba.

  • b. Production Objective

Tujuan mengenai aspek produksi baik barang maupun jasa. Departement Produksi merupakan departemen yang paling berjasa dalam pencapaian tujuan ini.

  • c. Marketing Objective

Objective dari strategi pemasaran akan produk yang telah dilakuan. Departemen pemasaran merupakan departemen yang paling bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan ini.

  • d. Office Objective

Tujuan demi tercapainya administrasi yang akuntable.

 

  1. Tujuan Menurut Motifnya

  • Public Objective

Tujuan yang dalam pencapaiannya diatur berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku di suatu negara seperti Undang-Undang, PERDA, dsb.

  • a. Organizational Objective

Tujuan yang dalam pencapaiannya diatur berdasarkan ketentuan organisasi seperti anggaran dasar, anggaran rumah tangga organisasi, data dan informasi seputar organisasi.

  • b. Personal Objective

Tujuan individu atau tujuan pribadi dimana dalam pencapaiannya sangat dipengaruhi oleh pandangan pribadi individu tersebut.

tujuan manajemen SDM

Mekanisme Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengelolaan manajemen sumber daya manusia sangat diperlukan untuk meraih tujuan besar suatu organisasi.

Hal ini dikarenakan sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam mengelola sumber daya organisasi/perusahaan yang lain.

Semakin baik kualitas sumber daya manusia, semakin baik pengelolaan terhadap sumber daya yang lain.

 

Baca Juga : Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

 

Adapun berbagai sumber daya yang dikategorikan sebagai sumber daya organisasi/perusahaan adalah :

  1. Manusia (Man)

Sumber daya utama yang melaksanakan aktivitas manajemen demi tercapainya tujuan organisasi/perusahaan.

  1. Uang (Money)

Modal yang dipakai untuk mengembangkan perusahaan baik sebagai aktiva atau untuk memenuhi kewajiban.

  1. Material

Prasarana yang digunakan untuk mempermudah proses manajemen.

  1. Teknologi (Tchnology)

Sarana yang digunakan organisasi/perusahaan untuk mencapai tujuan dengan lebih efektif dan efisien.

  1. Metode (Method)

Cara yang digunakan oleh organisasi/perusahaan untuk mewujudkan tujuannya.

  1. Pasar (Market)

Objek dari perusahaan khususnya perusahaan dengan profit oriented

Perusahaan telah merumuskan langkah dalam pengelolaan sumber daya manusia yang akan berkecimpung di lingkungan kerja perusahaan. Adapun langkah-langkah tersebut beserta penjelasan singkatnya diantaranya :

  1. Perencanaan SDM

Perencanaan akan SDM yang akan berkecimpung di suatu organisasi atau perusahaan berdasarkan kondisi dan kebutuhan pada tiap-tiap departemen dan divisi.

  1. Rekruitmen

Setelah mengetahui kebutuhan posisi yang akan diisi oleh calon karyawan maka diadakan proses rekruitmen dengan mempertimbangkan syarat yang sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan.

  1. Seleksi

Dari sekian banyak pendaftar sebagai calon karyawan maka diadakan proses seleksi untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari calon karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan membandingkannya dengan calon karyawan lainnya.

Setelah itu memilih calon karyawan terbaik dibandingkan dengan pendaftar yang lain sesuai jumlah yang diperlukan perusahaan.

  1. Pelatihan dan Pengembangan

Sebelum terjun di dunia kerja yang baru, karyawan baru perlu diberi pelatihan dan pendidikan sebagai pengenalan/orientasi dunia kerja yang baru. Hal ini bertujuan agar setelah dimulai masa kerja, karyawan baru lebih siap dan sigap dalam menjalankan tuntutan tugas dari perusahaan

  1. Penilaian Prestasi

Penilaian prestasi sekaligus menjadi pengawasan bagi karyawan. Pengawasan kinerja dibuat sedemikian hingga agar karyawan tidak menyimpang dari prosedur perusahaan.

  1. Kompensasi

Kompensasi diberikan pada karywaan yang dalam penilaian kerja mendapat niali yang baik dna berprestasi. Karyawan yang berprestasi akan memperoleh reward dari perusahaan dalam berbagai rupa seperti bonus, kenaikan gaji, promosi jabatan dll. Reward dari prestasi kerja dapat menjadi motivasi agar karyawan lebih semangat dalam melakukan pekerjaan.

  1. Pemeliharaan Keselamatan Kerja

Perusahaan juga wajib menjada keselamatan kerja bagi semua elemen di dalamnya khususnya sumber daya manusia yang menjalankan operasional dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Incoming search terms:

  • tujuan manajemen sumber daya manusia menurut para ahli
  • jelaskan tujuan manajemen SDM
  • tujuan msdm di dalam sebuah perusahaan
  • tujuan msdm dalam sebuah organisasi
  • tujuab manajemen sumber daya manusia
  • teori sumber daya manusia menurut para ahli
  • sasaran msdm menurut ahli
  • pengertian tujuan msdm menurut para ahli
  • memanfaatkan sumber daya harus sesuai tujuan yang ingin dicapai disebut
  • manfaat manajemen sumber daya manusia menurut para ahli dan secara umum

3 Replies to “Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli”

  1. Pingback: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

  2. Pingback: Pengertian Organisasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

  3. Pingback: 12 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *