By | July 19, 2018
perencanaan strategis

Perencanaan Strategis – Dalam setiap hal yang kita lakukan, tentunya membutuhkan perencanaan. Apalagi jika dalam hal yang berkaitan dengan bisnis dan organisasi. Sangat tidak mungkin jika dalam suatu perusahaan atau organisasi melakukan sesuatu tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu.

Perencanaan sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Tanpa adanya perencanaan, sesuatu yang dilakukan pasti tidak akan terstruktur dan bisa jadi akan menjadi kegiatan yang berantakan karena tidak adanya persiapan apa pun. Dengan adanya perencanaan, maka akan dapat dirinci daftar kebutuhan dan konsep terkait kegiatan yang akan dilakukan.

Perencanaan yang matang adalah kunci keberhasilan dari suatu kegiatan. Perencanaan merupakan salah satu alat dalam proses Manajemen yang digunakan mengelola kondisi saat ini untuk dilakukan di masa depan atau di masa yang akan datang. Perencanaan strategis sangat dibutuhkan dalam proses perencanaan dalam jangka waktu yang panjang. Suatu perencanaan daat tertuang dalam sebuah makalah yang nantinya akan mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

 

Baca Juga : Pengertian Perencanaan Manajemen Dalam Organisasi

 

Makalah Perencanaan Strategis

Makalah pada dasarnya memiliki pengertian sebagai suatu karya ilmiah yang membahas suatu permasalahan tertentu yang ditujukkan sebagai hasil dari suatu pengamatan. Makalah merupakan salah satu pintu gerbang dalam rangka mencari persetujuan dari pihak-pihak yang terkait dalam suatu kegiatan atau hal yang akan dilaksanakan.

Dalam proses perencanaan strategis, tentunya ada masalah satau hal yang perlu dibahas sehingga membutuhkan perencanaan yang matang. Dalam makalah inilah akan dibahas mengenai permasalahan apa yang sekiranya menarik dan perlu untuk diteliti. Begitupun dengan makalah perencanaan strategis, perlu adanya struktur yang jelas mengenai apa yang akan dibahas, bagaimana konsep dan pelaksanaan dan hasil apa yang akan dicapai.

Dalam penulisan makalah perencanaan strategis, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah mulai dari proses perencanaan hingga hasil yang akan dicapai. Biasanya dalam penulisan makalah, ada bebapa baba dan sub bab yang disampaikan dalam makalah. Mulai dari latar belakang, isi, hingga penutup. Selain itu perumusan masalah dan tujuan dari penulisan perlu ditambahkan

Perumusan masalah merupakan kata kunci dari apa yang akan dibahas dalam makalah, misalnya adalah permasalahan terkait bagaimanan pengimplementasian perencanaan startegis dalam pemasaran suatu perusahaan. Hal ini dirasa penting dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian dari suatu perencanaan strategis di suatu perusahaan.

Selain itu, dalam penulisan makalah perencanaan strategis, perlu adanya dicantumkan visi dan misi suatu perusahaan untuk meyakinkan orang yang akan membaca makalah Anda bahwa Anda benar-benar memahami dan mengetahui apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari perusahaan tersebut. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengetahui strategi perencanaan dari suatu perusahaan yang akan Anda masuki.Tujuan dari makalah Anda juga harus jelas. Dengan begitu pihak perusahaan akan mengetahui apa yang ingin Anda dari perusahaan tersebut.

makalah perencanaan strategis

Pengertian Perencanaan Strategis

Berbicara tentang perencaaan, maka hal pertama yang perlu diperhatikana adalah perencaan akan berjalan dengan baik atau tidak. Perencanaan adalah suatu langkah yang tersusun secara sistematis untuk melakukan suatu hal di masa yang akan datang atau di masa depan.

Perencanaan Strategis merupakan sebuah petunjuk yang digunakan suatu organisasi atau perusahaan dari masa sekarang untuk bekerja menuju masa 5 atau 10 tahun ke depan. Hal ini sesuai dengan pengertian strategis yang diutarakan oleh Kerzner. Pengertian lain dari perencanaan strategis menurut Robert N. Anthony adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program selama beberapa tahun ke depan.

Dalam proses untuk mencapai strategi yang telah direncanakan oleh organisasi, maka para pimpinan perusahaan dan manajer harus bekerja sesuai dengan arahan yang ada dalam proses perencanaan strategis. Kunci sukses dalam terlaksananya perencanaan strategis adalah kemampuan manufaktur yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

Perencanaan startegis terjadi baik di dalam organisasi mau pun dalam hal bisnis. Karena perencanaan strategis sangat penting dalam menentukan langkah ke depannya. Pemimpin atau manajer yang paling kompeten adalah orang yang paling banyak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa yang akan ia kerjakan di masa depan. Meski tidak menutup kemungkinan manajer tidak bekerja sendiri. Manajer juga membutuhkan staffnya yang lain untuk membantunya dalam membuat perencanaan strategis.

 

Baca Juga : Langkah Mudah Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Proses Perencanaan Strategis

Bagi Anda yang aktif dalam organisasi pasti sudah akrab dan sering terlibat dalam sebuah perencanaan strategis. Tentunya dalam melakukan sebuah perencanaan strategis membutuhkan langkah-langkah atau panduan yang harus dilewati dalam membuat sebuah perencanaan. Ada 6 langkah yang harus dilalui dalam melakukan suatu perencanaan strategis dalam suatu organisasi.

6 Langkah dalam Proses Perencanaan Startegis

  1. Perumusan sasaran. Perumusan sasaran merupakan salah satu langkah yang paling penting dan terpenting dalam proses perencanaan. Mengapa demikian? Penentuan sasaran yang tepat akan menentukan banyaknya kegiatan yang akan dilakukan dan seberapa banyak atau panjang jangka waktu yang dibutuhkan. Perumusan sasaran akan melibatkan sebagian besar dari sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi. Untuk itu, penentuan sasaran merupakan tanggungjawab dari para top leader atau pemimpin puncak dalam suatu organisasi.
  2. Penentuan tujuan dan strategi yang terdapat pada saat ini. dalam langkah kedua ini, sebagai seorang pemimpin atau leader dalam organisasi harus bisa memberikan pengenalan terhadap tujuan dan strategi yang sudah ada. Artinya, sasaran harus dikenalkan dengan tujuan dan strategi perencaan organisasi atau perusahaan.
  3. Analisi lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkugan secara luas. Tujuaanya adalah untuk dapat menentukan cara bagaimana perubahan dalam teknologi, soail, ekonomi, budaya, hukum dan politik suatu organisasi yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi organisasi.
  4. Analisis sumber daya. Analisis sumber daya sangat dibutuhkan dalam proses perencanaan strategis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa memedai sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Sumber daya yang dimaksudkan tidak hanya soal sumber daya manusia, melainkan juga mengenai sumber daya materil berupa dana atau uang dan sumber daya lainnya yang dapat memberikan pengaruh terhadap jalannya organisasi.
  5. Mengenali ancaman dan kesempatan yang dilakukan dengan menggunakana analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan alat analisis yang dapat membantu manajer dalam menentukan dan mengembangkan strategi dalam menghadapi persaingan dalam organisasi atau bisnis. Kesempatan dan ancaman dalam organisasi dapat muncul dari arah mana saja dan tidak bisa ditebak.
  6. Menentukan sejauh mana perubahan strategis yang dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya perubahan dalam lingkungan saat kegiatan berlangsung.

 

Perencanaan Strategis Manajemen

Perencanaan dalam manajeman terbagi menjadi 4 tahap, yaitu pertama menetapkan tujuan, kedua merumuskan masalah atau kondisi sekarang, ketiga mengidentifikasi kesempatan dan ancaman atau hambatan yang dapat terjadi dan keempat adalah mengembangkan rencana atau melaksanakan rencana yang telah disusun untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Incoming search terms:

  • PERENCANAAN STRATEGIS
  • perencanaan strategi
  • 6 tahapan dalam proses perencanaan strategis
  • tahapan perencanaan strategis
  • perencanaan strategik
  • buat konsep suayu rencana strategis pengembangan perusahaan
  • perencanaan yang strategis
  • contoh dari langkah proses perencanaan strategis
  • cara melakukan perencanaan strategi
  • belajar msdm bagaimana proses tahapan perencanaan strategis

One Reply to “Pengertian dan Proses Perencanaan Strategis Perusahaan”

  1. Pingback: Mengenal Manajemen Perusahaan : Pengertian, Fungsi, dan Strategi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *