By | September 26, 2017

Pengertian perencanaan perlu dimengerti bagi para praktisi ataupun pembelajar manajemen.

Perencanan adalah bagian pertama dari fungsi manajemen sebelum pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

Posisi perencanaan disini merupakan dasar dari seluruh fungsi manajemen lainnya.  yang dapat diartikan bahwa pengertian perencanaan memang harus sepenuhnya untuk dipahami sebelum melangkah ke fungsi manajemen lainnya.

Pengertian Perencanaan dalam Manajemen

Pengertian perencanaan memiliki definisi yang berbeda-beda namun sejatinya memiliki arti yang kurang lebih sama. Adapun pada pembahasan awal ini akan dibahas pengertian perencanaan menurut para ahli dan pengertian perencanaan secara umum.

  1. Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

George R. Terry

Pengertian perencanaan adalah pemaparan suatu fakta dan usaha untuk mengubungkan antar fakta.

Kemudian selanjutnya dibuat prediksi dan peramalan mengenai kondisi dan perumusan aktivitas dimasa mendatang yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

W.H. Newman

Pengertian perencanaan adalah langkah dalam mengambil suatu keputusan pendahuluan terkait kegiatan yang perlu dilaksanakan termasuk segala aktivitas sebelum kegiatan dilakukan.

Dr. SP. Siagian MPA

Pengertian perencanaan adalah segala proses pemikiran serta perumusan yang mendalam mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang untuk meraih tujuan yang ditetapkan.

Harold Koontz dan O’Donnell

Pengertian perencanaan adalah sebuah kewajiban dari seorang manajer dalam penentuan pilihan yang diambil dari bermacam-macam alternatif, aturan, kebijaksanaan dan program.

 

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

 

  1. Pengertian Perencanaan Secara Umum

Terdapat pula definisi perencanaan secara umum yang juga dikemukakan oleh berbagai macam pihak yang fokus pada bidang ilmu manajemen.

Soekidjo (2003)

Pengertian perencanaan adalah aktivitas dalam proses analisa untuk memahami metode dalam menyusun konsep dan program yang dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan di masa mendatang.

Usman (2011)

Pengertian perencanaan adalah aktivitas yang akan dijalankan di waktu mendatang dalam peraihan tujuan yang mencakup berbagai unsur seperti sejumlah aktivitas yang telah ditetapkan, metode dan output yang akan diraih dan terkait periode pencapaian.

Schermerhorn (1996)

Definisi perencanaan adalah proses dalam menetapkan suatu tujuan dan penetapan langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Samuel Certo (1997)

Pengertian perencanaan adalah proses penetapan terkait cara dari sistem manajemen organisasi dalam rangka pencapaian tujuan

Berdasarkan berbagai definisi perencanaan yang telah diungkapkan dari para ahli dan secara umum maka dapat disimpulkan satu pengertian.

Pengertian Perencanaan adalah Suatu proses dalam menentukan tujuan organisasi dan perumusan terkait cara atau metode yang tepat untuk meraih tujuan tersebut yang melibatkan berbagai aspek seperti sinergi antara peraturan/pedoman dengan Sumberdaya yang ada.

Pengertian Perencanaan Di Berbagai Bidang

Terdapat pengertian perencanaan di berbagai bidang seperti perencanaan strategis, keuangan, bisnis, usaha dan pemasaran. Secara ringkas berikut pengertian perencanaan dari berbagai bidang :

Perencanaan Strategis

Pengertian perencanaan strategis adalah suatu proses yang dilaksanakan oleh organisasi dalam penentuan strategi dan pengambilan keputusan khususnya pada pengorganisasian sumber daya yang dimiliki dalam pelaksanaan strategi untuk pencapaian tujuan.

Perencanaan Keuangan

Pengertian perencanaan keuangan adalah proses dalam langkah untuk meraih tujuan-tujuan dalam hal keuangan. Proses ini didukung oleh manajemen keuangan secara komperhensif serta fokus pada manajemen resiko bagi tiap personal.

Perencanaan Bisnis/ Pengertian Perencanaan Usaha

Arti perencanaan bisnis/usaha adalah berbagai dokumen yang secara tertulis dipersiapkan oleh calon pengusaha/pengusaha untuk mendeskripsikan secara global segala hal yang tekait usaha yang akan dilaksanakan.

Adapun hal yang terkait dalam perencanaan bisnis adalah latar belakang usaha, operasional, pemasaran, anggaran dan pelaksana.

Perencanaan Pemasaran

Pengertian perencanaan pemasaran adalah strategi untuk mencapai tujuan pemasaran dimana tujuan pemasaran adalah untuk meraih kepuasan pelanggan dan menciptakan nilai produk kepada konsumen dengan tetap memberikan keuntungan bagi perusahaan.

 

Baca Juga : 10 Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Baru

 

Tahapan Perencanaan

Setelah mengetahui definisi perencanaan perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan perencanaan terdapat tahapan perencanaan yang perlu dilakukan.

Terdapat 4 tahapan perencanaan yang akan dipaparkan. Adapun tahapan perencanaan sebagai berikut :

  1. Penetapan tujuan maupun beberapa tujuan

Organisasi maupun perusahaan perlu menetapkan tujuan yang merupakan turunan dari visi.

Tujuan merupakan pencapaian konkret yang harus dicapai dalam periode tertentu. Oleh karena itu terdapat tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Penetapan tujuan harus sesuai dengan arah gerak organisasi dan kondisi organisasi. Tujuan yang akan diraih tidak pasti berjumlah satu namun ada juga yang memiliki berbagai tujuan karena disesuaikan dengan visi dan misi.

  1. Perumusan kondisi sekarang

Selain merumuskan tujuan organisasi, perlu dilakukan analisa terkait kondisi saat ini.

Aktivitas ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat indikator keberhasilan nantinya. Sejauh apa perusahaan berkembang dari kondisi sebelumnya.

Selain sebagai indikator, organisasi juga akan mengetahui seberapa besar jarak antara kondisi saat ini dan tujuan yang ingin diraih. Hal ini ditujukan untuk menentukan seberapa besar usaha yang perlu dilaksanakan nantinya.

  1. Melakukan identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan

Identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan dalam proses pencapaian tujuan merupakan langkah yang perlu dilaksanakan.

Ini karena dengan mengetahui faktor tersebut maka suatu organisasi mampu merumuskan berbagai alternatif strategi yang nantinya dapat digunakan dalam pencapaian tujuan.

  1. Penyusunan strategi atau program dalam rangka peraihan tujuan

Setelah mengetahui faktor yang terkait dalam pencapaian tujuan dan berbagai alternatif strategi yang ada maka dipilihh strategi yang paling efektif dalam pencapaian tujuan sesuai dengan kondisi sekarang.

Tujuan Perencanaan Manajemen

Pada definisi perencanaan telah bahas bahwa perencanaan memiliki tujuan tertentu namun hal tersebut adalah tujuan secara global.

Adapun tujuan perencanaan dapat dijabarkan lebih mendetail sebagai berikut :

  1. Perencanaan memiliki tujuan dalam mengantisipasi dan sebagai perekam perubahan
  2. Mengarahkan adiministrator maupun selainnya
  3. Bertujuan untuk menghindari dan meminimalisir pemborosan pada keberjalanan kegiatan.
  4. Perencanaan memiliki tujuan dalam penetapan tujuan dan acuan untuk mempermudah pengawasan

Fungsi Perencanan dalam Manajemen

Perencanaan memiliki berbagai fungsi khususnya bagi organisasi dengan profit oriented (perusahaan).Fungsi perencanaan diantaranya :

  1. Fungsi perencanaan digunakan sebagai pengarah dalam pelaksanaan kegiatan organisasi
  2. Fungsi perencanaan dalam manajemen yang digunakan untuk meminimalisir ketidakpastian.
  3. Perencanaan berfungsi untuk menghindari pemborosan sumber daya.
  4. Perencanaan sebagai acuan dalam kegatan pengawasan terhadap kualitas kinerja maupun produk yang dihasilkan.

 

Baca Juga : 3 Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan

 

Jenis jenis Perencanaan Manajemen

Jenis jenis perencanaan manajemen ditentukan oleh tujuan  yang akan dicapai sepeti tujuan strategis, taktis dan operasional. Perbedaannya adalah pada periode waktu yang diperlukan.

Perencanaan Strategis

Pada perencanaan strategis, strategi, program dan kegiatan yang disusun didasari pada visi Organisasi. P

eriode waktu pencapaian tujuan jangka panjang yaitu antara 3 hingga  tahun atau lebih. Biasanya perumus dari perencanaan strategis adalah para manajer puncak.

Contoh perencanaan strategis adalah perencanaan untuk menjadi market leader di pasar tertentu.

Perencanaan Taktis

Proses penyusunan rencana secara taktis adalah proses pembentukan rencana seperti metode dari tiap manajer dalam peraihan sasaran yang telah ditetapkan oleh pimpinan puncak yang termaktub dalam perencanaan strategis. Perencanaan ini memiliki periode waktu antara 1 hingga 3 tahun.

Contoh perencanaan taktis adalah perencanaan untuk peningkatan pangsa pasar.

Perencanaan Operasional

Perencanaan jangka pendek antara 6 bulan hingga 1 tahun atau maksimal 2 tahun yang digunakan sebagai langkah pencapaian tujuan dari perencanaan strategis dan taktis.

Contoh perencanaan operasional adlah perencanaan untuk peningkatan penjualan di tiap outlet.

One Reply to “Pengertian Perencanaan Manajemen Dalam Organisasi”

  1. Pingback: Pengertian Manajemen Kas dan Penjelasannya Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *