By | September 16, 2018
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Mengetahui pengertian manajemen sumber daya manusia sebenarnya memiliki alasan tersendiri. Sebagai makhluk sosial manusia memang tidak bisa lepas dari interaksi dengan manusia lainnya. Interaksi ini dapat terjadi di dalam berbagai situasi salah satunya situasi kerja. Di dunia kerja dibutuhkan adanya kerjasama antar manusia dengan sifat, cara kerja dan kepentingan yang berbeda. Semua orang yang berperan dan terlibat langsung dan berkontribusi di dalam suatu pekerjaan, perusahaan atupun kegiatan tertentu ini disebut sebagai sumber daya manusia atau tenaga kerja.

Agar semua orang yang terlibat di dalam suatu kegiatan atau pekerjaan dapat bekerja secara harmonis untuk mencapai tujuan bersama, diperlukan Manajemen atau pengaturan sumber daya manusia yang baik. Sebelum memahami lebih jauh mengenai manajemen sumber daya ini, Anda terlebih dulu harus mengetahui sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajeman sumber daya manusia.

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia Secara Umum

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia secara umum adalah suatu ilmu mengenai cara-cara mengatur interaksi, hubungan dan peran dari sumber daya manusia (tenaga kerja) agar dapat berjalan secara afektif guna mencapai tujuan utama perusahaan. Ilmu ini merupakan penggabungan dari beberapa disiplin ilmu seperti contohnya sosiologi dan psikologi yang digunakan untuk mempelajari manusia.

Objek dari manajemen sumber daya manusia ini merupakan tenaga kerja yang memiliki akal dan perasaan sehingga cara yang digunakan harus tepat tidak seperti memperlakukan benda mati. Manajemen sumber daya manusia yang baik sangatlah diperlukan oleh suatu perusahaan ataupun organisasi agar seluruh komponen manusianya dapat saling bekerja sama menggunakan kemampuan masing-masing untuk bersama-sama mencapai tujuan yang telah disepakati.

Materi manajemen sumber daya manusia sangat diperlukan bagi para pemangku jabatan yang memiliki tugas utama mengkoordinasikan banyak pihak seperti pada posisi pimpinan, manajer ataupun bagian kepegawaian.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum tadi, ada pula teori pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli yang dikemukakan oleh ilmuwan dari berbagai belahan dunia. Beberapa contoh pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli dan tahunnya diantaranya:

  • Armstrong (th 1990)

Armstrong mengemukakan bahwa manajeman sumber daya manusia merupakan pendekatan yang dilakukan terhadap pengelolaan manusia yang didasarkan pada 4 prinsip utama.

  • Rival (th 2005)

Menurut Rival yang disebut sebagai manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari ilmi manajemen umum yang dibuat khusus meliputi beberapa aspek seperti perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan serta pengendalian.

  • Hasibuan (th 2006)

Hasibuan mengatakan bahwa manajemen sumber daya manusia ini tidak hanya ilmu melainkan juga seni yang mengatur interaksi serta peran tenaga kerja atau karyawan supaya dapat bekerja dengen lebih efisien dan efektif. Efisiensi dan efektivitas kinerja karyawan ini diperlukan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.

  • Sofyandi (th 2009)

Manajemen sumber daya manusia menurut Sofyandi adalah semua strategi yang dilakukan terkait dengan fungsi-fungsi utama dari manajemen seperti contohnya fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan serta pengaturan dalam hal tenaga kerja.

Tujuan Utama Manajemen Sumber Daya Manusia

Adanya ilmu manajemen sumber daya manusia ini memiliki tujuan utama yang perannya sangat penting untuk kesuksesan sebuah kerja tim baik dalam lingkup kecil maupun lingkup yang besar. Tanpa adanya manajeman sumber daya manusia yang baik maka tujuan bersama tidak akan mampu dicapai secara maksimal karena masing-masing orang akan bekerja sendiri-sendiri tanpa arah yang jelas. Berikut ini beberapa tujuan manajemen sumber daya manusia yang dapat dikategorikan menjadi 4:

  • Tujuan Organisasi

Setiap organisasi baik skala kecil hingga besar seperti perusahaan pasti memiliki tujuan utama yang hendak dicapai. Pada perusahaan komersial contohnya, tujuan utama perusahaan tentu untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari penjualan barang atau jasa yang dilakukan. Adanya manajemen sumber daya manusia ini diharapkan mampu mendukung dan meningkatkan kinerja seluruh SDM agar mampu mencapai tujuan bersama.

  • Tujuan Sosial

Tujuan sosial berkaitan dengan moralitas pekerja. Adanya manajemen sumber daya manusia ini menjadi bentuk pertanggungjawaban perusahaan atau organisasi secara etis dan sosial kepada para anggota atau pekerjanya.

  • Tujuan Fungsional

Tujuan fungsional berkaitan dengan posisi atau jabatan di dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan yang berkaitan secara langsung dengan aktivitas pengelolaan sumber daya manusia. Adanya tindakan manajemen sumber daya manusia yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing organisasi atau perusahaan ini menjadi bukti dari kontribusi para SDM di bidang atau divisi manajemen sumber daya manusia.

  • Tujuan Individu

Melalui manajemen sumber daya manusia, setiap pekerja di tingkat individu juga dapat terbantu untuk mencapai tujuannya masing-masing di bidang pekerjaan yang digelutinya. Tercapainya tujuan individu ini dapat terlaksana dari adanya berbaga kegiatan pelatihan yang membuat SDM memperoleh ilmu dan keterampilan baru untuk memaksimalkan performa di tempat kerja.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Selain tujuan, tindakan manajemen sumber daya manusia juga memiliki fungsi-fungsi tertentu dalam pelaksanaannya. Adapun fungsi manajeman sumber daya manusia ini diantaranya :

  • Fungsi Perencanaan

Pada fungsi ini dilaksanakan untuk melakukan perencanaan terkait segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja seperti penetapan jumlah, kualifikasi penidikan hingga syarat dan kemampuan apa yang harus dimiliki calon pekerja.

  • Fungsi Pengelolaan

Pengelolaan atau pengorganisasian merupakan tindakan perancangan susunan atau hierarki dari tiap-tiap jabatan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Susunan ini dibuat untuk mempermudah koordinasi dan interaksi di dalam kegiatan bekerja.

  • Fungsi Pengarahan

Ilmu manajemen sumber daya manusia berfungi untuk mengarahkan pegawai supaya dapat bekerja bersama-sama dengan cara yang efisien dan efektif sesuai dengan keinginan organisasi atau perusahaan.

  • Fungsi Pengembangan

Menajemen sumber daya manusia tidak terbatas pada pengadaan tenaga kerja saja melainkan juga mengurusi kegiatan pengembangan kemampuan sumber daya manusia agar selalu dapat memberikan kinerja yang baik untuk kepentingan bersama. Fungsi pengembangan ini dapat dilakukan dengan rutin mengadakan pelatihan atau workshop bagi karyawan.

  • Fungsi Pengendalian

Adanya manajemen sumber daya manusia juga ditujukan untuk mengendalikan pekerja atau karyawan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan namun tanpa mencederai hak-hak dari pegawai itu sendiri. Pengendalian ini dilakukan dengan pembuatan peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi seluruh karyawan beserta sanksi yang berlaku apabila Anda yang tidak mematuhi.

  • Fungsi Pengembangan

Perlu diketahui fungsi pengembangan pada manajemen sumber daya manusia memainkan peran yang sangat penting bagi kemajuan dan kesuksesan perusahaan. Perusahaan yang maju tentu harus selalu berinovasi dan melakukan perbaikan di berbagai lini. Perbaikan ini tidak terkecuali pada kualitas dan kemampuan para pekerjanya. Melalui manajemen sumber daya manusia dapat dilakuakan berbagai metode pengembangan kemampuan karyawan baik melalui seminar, workshop maupun pelatihan di bidang yang mendukung perusahaan.

Selain fungsi-fungsi tersebut masih ada beberapa fungsi lain terkait ilmu manajemen sumber daya manusia. Setiap perusahaan perlu mempelajari ilmu ini agar dapat mengatur seluruh karyawan dengan tepat dan membuat karyawan dapat saling bahu-membahu untuk mencapai tujuan pribadi dan perusahaan. Berbagai materi dan ulasan mengenai manajemen sumber daya manusia dapat Anda peroleh dari berbagai sumber seperti dari internet. Anda bisa menemukan banyak file Pengertian manajemen sumber daya manusia pdf yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja.

2 Replies to “Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli”

  1. Pingback: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

  2. Pingback: Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *