By | July 5, 2018

Sekilas Mengenai Manajemen Pendidikan

Bagaimana penjelasan pengertian manajemen pendidikan ?

Seperti apa penerapan manajemen pendidikan ?

Sebelum membahas pengertian manajemen pendidikan dan penjelasannya perlulah kita mengetahui sekilas mengenai latar belakang munculnya manajemen pendidikan.

Pendidikan adalah salah satu elemen dalam perwujudan kebudayaan suatu bangsa yang selalu berkembang dari jaman ke jaman. Oleh karenanya perlu adanya perkembangan manajemen pendidikan pula untuk mengimbangi perubahan dan perkembangan yang ada supaya bisa selaras dengan kebudayaan yang berlaku. Perubahan dan perkembangan manajemen pendidikan ke arah kebaikan di berbagai bidang ilmu harus terus digalakkan sebagai kebutuhan di masa mendatang.

Proses dalam manajemen pendidikan meliputi proses pemanusiaan dan hominisasi. Pengertian manajemen pendidikan dalam kondisi ini perlu mengusahakan berbagai metode untuk meningkatkan kualitas manusia sebagai makhluk hidup dan makhluk yan dapat memikul tanggung jawab bagi pribadi maupun lingkungan masyarakat. Berdasarkan kondisi inilah manusia memerlukan manajemen pendidikan untuk memperoleh kesempatan dalam mempelajari arti tanggung jawab, nilai moral dalam masyarakat yang disusun dan diajarkan di dalam proses pendidikan. Apa yang diperoleh dalam proses pendidikan inilah yang nantinya dapat dipergunakan untuk memajukan suatu bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

Manajemen Pendidikan Menurut Bahasa

Pengertian manajemen pendidikan sebenarnya sudah bukan hal yang asing di khalayak umum. Banyak penjelasan yang terpapar di buku manajemen pendidikan maupun refrensi lainnya. Secara umum pengertian manajemen pendidikan (kata “manajemen” dalam manajemen pendidikan ) sebelumnya memang lebih banyak memakai kata “administrasi” Kata manajemen sendiri menurut kamus Indonesia-Belanda berasal dari kata “administratie” yang bermakna Tata-Usaha. Definisi ini memaknai manajemen pada arti yang sangat terbatas pada aktivitas adiministrasi saja atau aktivitas pencatatan. Begitu pula makna manajemen yang berasal dari bahasa Inggris “administration”. Namun dalam kaitannya dengan manajemen di dalam pengertian manajemen pendidikan memiliki arti yang lebih luas dibandingkan hanya sebatas lingkup administrasi saja.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli dan secara umum, ruang lingkup manajemen pendidikan, fungsi manajemen pendidikan, tujuan manajemen pendidikan, dan obyek dari manajemen pendidikan.

Diharapkan dari artikel ini dapat menjadi refrensi bagi penyusunan makalah manajemen pendidikan dan berbagai jurnal manajemen pendidikan. Selain itu artikel ini dapat membantu dalam pemberian gambaran bagi siapa saja yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dan mengambil jurusan manajemen pendidikan.

 Pengertian Manajemen Pendidikan menurut para ahli

Definisi Manajemen

Sebelum membahas mengenai pengertian manajemen pendidikan, perlu diketahui bahwa manajemen pendidikan berasal dari dua kata Manajemen dan pendidikan.

Secara umum pengertian manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan suatu kelompok maupun organisasi dengan berbagai aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, kepemimpinan, pengawasan dan optimalisasi sumber daya seefektif dan seefisien mungkin. Manajamen merupakan proses pencapaian tujuan melalui kerjasama dengan berbagai elemen organisasi.

Selengkapnya tentang pengertian manajemen :

Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Sebagai Ilmu, Seni, dan Profesi

 

Definisi Pendidikan

Berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 1 dijelaskan bahwa pendidikan adalah upaya yang secara sadar dalam rangka mewujudkan kondisi belajar dan proses pembelajaran supaya peserta didik dapat aktif dalam pengembangan potensi yang dimiliki untuk meraih kekuatan spiritual keagamaan, kontrol diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,, serta keahlian yang dibutuhkan bagi diri pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Masih pada sumber yang sama, pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan membentuk karakter dan peradabanbangsa yang memiliki martabat demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu pendidikan memiliki tujuan dalam mengembangkan potensi peserta didik supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak mulia, sehat, berilmu,kreatfi, mandiri dan membentuk peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Pengertian Manajemen Pendidikan

Pada artikel ini penjelasan mengenai Pengertian Manajemen Pendidikan dibagi menjadi dua bahasan. Bahasan pertama yaitu pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli kemudian pengertian manajemen pendidikan secara umum.

  1. Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertin manajemen menurut para ahli diantaranya :

  • Terrypage dan J.B. Thomas. Manajemen pendidikan adalah teori dan praktek serta administrasi yang terdapat di dalam lembaga dan sistem pendidikan.
  • Paul Monore. Manajemen sekolah adalah lembaga doktrin pendidikan. Pada umumnya terdiri dari beragai prinsip dan pengajaran mengenai berbagai prosedur kelas dan pengajarann oleh guru yang berhasil. Berbagai prinsip yang diajarkan di lembaga pendidikan diterjemahkan dengan berbagai macam cara/teknik yang mengacu pada prinsip dengan skala yang lebih besar dan mendasar yang meliputi sosiologi, prinsip, dan etika.
  • Shelly Umana. Pengertian manajemen pendidikan adalah manajemen dalam metode operasi dalam menciptakan saling terintegrasi antara pendidikan dan masyarakat.

 

  1. Secara Umum

Hal dasar yang menerangkan pengertian manajemen pendidikan adalah berasal dari Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum III D dari SD hingga SMA di Kurikulum 1975. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa manajemen adalah usaha bersama untuk mendayagunakan seluruh sumber daya (manusia maupun materi) seefektif dan seefisien mungkin untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan.

Selain itu pengertian manajemen pendidikan adalah proses manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan penilaian upaya-upaya pendidikan sehingga mampu meraih tujuan pendidikan yang ditetapkan. Definisi yang berkaitan mengenai manajemen pendidikan yaitu bentuk kerjasama antara stakeholder yang berkaitan dengan pendidikan demi pencapaian target dan sasaran pendidikan yang ditentukan sebelumnya.

Dari berbagai pengertian manajemen pendidikan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pendidikan adalah suatu proses dalam pengaturan organisasi/lembaga pendidikan menjadi sistem untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

Aktivitas dalam manajemen pendidikan memiliki tujuan berjalannya proses pendidikan atau proses belajar mengajar yang baik. Proses dalam maanjemen pendidikan sendiri terdiri dari berbagai program diantaranya :

  1. Kurikulum yang mencakup administrasi dan metode yang digunakan.
  2. Metode penyampaian, sistem evaluasi, dan sistem bimbingan & konsultasi.
  3. Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana serta fasilitas dan alat-alat.
  4. Pendidikan
  5. Pembiayaan
  6. HUMAS

Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan                

Manajemen pendidikan memiliki ruang lingkup tersendiri. Ruang lingkup manajemen pendidikan dapat dibagi berdasarkan wilayah kerja, obyek garapan, urutan kegiatan, dan pelaksana. Berikut penjelasan tiap-tiap ruang lingkup manajemen pendidikan :

  1. Wilayah Kerja

Manajemen pendidikan menurut wilayah kerja dibagi menjadi berbagai tingkatan wilayah, diantaranya :

  • Manajemen Pendidikan seluruh negara adalah manajemen pendidikan pada level nasional. Keberjalanan proses pendidikan disini dilaksanakan tidak hanya oleh pihak sekolah namun pihak luar sekolah termasuk pada penyelenggara berbagai kegiatan pendidikan yang tentu saja skalanya adalah nasional.
  • Satu Provinsi. Manajemen pendidikan satu provinsi memiliki ruang lingkup provinsi dimana pelaksana proses pendidikan didukung oleh pihak yang berkaitan yang ada di Kabupaten dan Kecamatan.
  • Satu Kabupaten atau Kota. Manajemen pendidikan ini fokus pada wilayah satu kabupaten maupun satu kota saja.
  • Satu Unit Kerja. Proses pendidikan satu unit kerja menitikberatka pada satu unite kerja yang secara langsung menangani proses pendidikan.
  • Kelas. Manajemen pendidikan dengan sekup terkecil yang secara langsung berhadapan dengan peserta didik.

 

  1. Obyek Garapan

Berdasarkan obyek garapan, manajemen pendidikan mengelola : siswa, personil/tenaga kerja pendidikan di tiap lembaga, manajemen kurikulum, sarana prasarana, tata usaha dan tata laksana pendidikan, manajemen anggaran, manajemen lembaga, manajemen hubungan masyarakat/komunikasi pendidikan.

  1. Urutan Kegiatan

Menurut urutan kegiatan manajemen pendidikan meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, mengkoordinasian, komunikasi, dan mengawasi serta mengevaluasi.

  1. Pelaksana

Pada ruang lingkup pelaksana, guru merupakan administrator. Guru wajib menjalankan aktivitas manajemen pendidikan seperti pengelolaan. Sehingga dalam hal ini guru merupakan manajer pendidikan di kelas yang dipimpinnya.

 pengertian manajemen pendidikan menurut ahli

Fungsi Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan memiliki fungsi yang sama dengan fungsi manajemen secara umum yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Namun dalam manajemen pendidikan fungsi manajemen tersebut lebih spesifik menangani bidang pendidikan. Berikut penjelasan mengenai fungsi-fungsi manajemen pendidikan :

  1. Perencanaan

Pelaksanaan perencanaan diatur dan disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki. Pada dunia pendidikan perencanaan disusun untuk mengarahkan pada tujuan pendidikan secara menyeluruh dan menggunakan metode terbaik untuk meraihnya. Hasil dari perencanaan dapat  berupa peta kerja dalam pencapaian tujuan seperti rencana strategis lembaga pendidikan dalam pencapaian visi dan misi, rencana pembelajaran semester (RPS), kurikulum dan silabi mata pelajaran/kuliah, dan lainya. 

  1. Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian dalam manajemen pendidikan memiliki tujuan untuk membagi tugas besar menjadi aktivitas yang lebih sederhana. Fungsi ini memudahkan dalam pelaksanaan pengawasan dan dalam penentuan jumlah dan kualifikasi sumber daya yang diperlukan. Pengorganisasian dalam manajemen pendidikan contohnya adalah menyusun apa saja yang dibutuhkan lembaga pendidikan, berapa tenaga pengajar dan karyawan yang dibutuhkan, tenaga pengajar di bidang apa saja yang diperlukan, dan lain-lain.

  1. Pengarahan

Setelah pengorganisasian kemudian dilakukan pengarahan terhadap berbagai sumberdaya khususnya sumber daya manusia untuk melakukan tanggung jawab yang sesuai dengan tujuan. Pada intinnya pengarahan merupakan proses menggerakkan orang untuk menjalankan aktivitas dalam rangka meraih tujuan sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas.

  1. Pengawasan

Kegiatan penilaian kinerja yang mengacu pada perencanaan yang telah disusun bersama sebelumnya. Tujuan dari pengawasan adalah untuk menjamin kegiatan yang sedang dilaksanakan agar sesuai dengan tujuan. Selain itu memberikan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan supaya menjadi masukan perbaikan di masa mendatang. Contoh evaluasi dalam manajemen pendidikan adalah melakukan evaluasi pembelajarn terhadap siswa, mengadakan jejak pendapat tentang sistem pendidikan yang ada si suatu lembaga pendidikan.

 

Selain fungsi diatas juga perlu diperhatikan fungsi kepemimpinan di dalam dunia pendidikan. Karena faktor ini termasuk pengatur dalam manajemen yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

 

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

 

Tujuan Manajemen Pendidikan

Terdapat berbagai tujuan dari proses manajemen pendidikan diantaranya :

  1. Efisiensi Penggunaan Sumber Daya. Melalui manajemen pendidikan diharapkan pengelolaan sumber daya yang tersadar dapat digunakan secara efisien karena sebelumnya telah direncanakan terlebih dahulu. Sumber daya yang terkait contohnya anggaran, waktu, dan tenaga kerja.
  2. Efektif Dalam Peraihan Tujuan. Melalui fungsi manajemen yang baik dan dilakukan secara kontinyu maka lembaga maupun pihak yang berada di dalam manajemen pendidikan mampu mengefektifkan kegiatan/program serta sumber daya yang dikelola dalam pencapaian tujuan pendidikan.
  3. Fokus Pada Tujuan Pendidikan. Pendidikan di suatu wilayah selalu berhubungan dengan tujuan pendidikan nasional. Melalui aktivitas manajemen maka kegiatan manajemen di setiap lembaga pendidikan di tiap wilayah akan dapat difokuskan atau disesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional.
  4. Menjadi Supporting System Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan. Hal yang menjadi konsep dasar dari manajemen pendidikan adalah menjadi sistem yang selalu mendukung dalam pencapaian tujuan pendidikan melalui berbagai aktivitasnya. 
Artikel TerkaitArtikel Terkait
12 Prospek Kerja Manajemen Terlengkap dan TerbaruPengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli Beserta Fungsi dan Tujuan
Pengertian Pengawasan Dalam Manajemen Beserta Fungsi dan TujuanPengertian Evaluasi dalam Manajemen : Apa arti Evaluasi ?

Obyek Manajemen Pendidikan

Pada penerapan manajemen pendidikan yang disesuaikan dengan ruang lingkupnya, manajemen pendidikan memiliki obyek utama dalam pelaksaanan prosesnya. Obyek tersebut meliputi Man, Money, Materials, Methods, Machine, Market dan Minutes.

  1. Sumber Daya Manusia (Man). Sumber Daya Manusia merupakan unsur terpenting dalam keberjalanan suatu organisasi. Sehingga dalam manajemen pendidiakan peranan SDM menjadi pemeran utama. Manajemen yang dilakukan seperti pengelolaan dalam aktivitas perekrutan, seleksi, pelatihan, evaluasi, pemberian reward and punishment dan segala hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia.
  2. Keuangan (Money). Aspek finansial menjadi pendukung setelah sumber daya manusia dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Pengaturan keuangan menjadi hal yag fundamental terlebih pada pemasukan dan pengeluaran dan administrasinya.
  3. Materil Fisik dan Non Fisik (Materials). Keberadaan sarana prasarana dan kebijakan yang mendukung tentunya mampu menjadi pendukung dalam pencapaian tujuan khususnya bila dikaitkan dengan efisiensi kinerja.
  4. Ide dan Gagasan (Methods). Teknik dan cara yang tepat dalam menjalankan manajemen pendidikan akan mempengaruhi keefektifan dan efisiensi dalam pencapaian tujuan. Oleh karena itu dalam keberjalanan manajemen di dunia pendidikan perlu adanya gagasan dan ide yang berguna untuk mencapai hal tersebut. Lebih dari itu dari sekian banyak ide dan gagasan yang ada tentunya perlu dipertimbangkan mana yang paling efektif dalam pencapaian tujuan.
  5. Teknologi (Machine). Kemajuan teknologi dewasa ini juga haru menjadi perhitungan dalam pelaksanaan manajemen pendidikan. Semakin tinggi penggunaan teknologi maka akan lebih efisien dalam pencapaian tujuan.
  6. Masyarakat (Market). Menjalin hubungan dengan masyarakat sebagai target market merupakan ujung tombak dalam aktivitas manajemen pendidikan khususnya bagi orang tua calon siswa dan calon siswa itu sendiri. Hubungan yang baik akan menarik para calon siswa untuk mendaftarkan diri ke lembaga pendidikan tersebut.
  7. Waktu (Minutes). Pengelolaan waktu dapat meningkatkan efisiensi dalam keberjalanan proses belajar mengajar. Pemanfaatan waku yang baik seperti ploting kegiatan, scheduling, dan deadline pencapaian target akan lebih mengarahkan dalam pencapaian tujan.

 Baca Juga : Struktur Organisasi Sekolah

Penutup

Melalui penjelasan mengenai manajemen pendidikan diatas maka dapat diketahui urgensi manajemen mutu pendidikan di setiap lembaga pendidikan. Selain itu dapat menjadi dasar pengetahuan bagi mahasiswa yang ingin mengetahui prospek kerja manajemen pendidikan agar lebih mempersiapkan kompetensi dasar yang dimiliki.

Semoga artikel ini bermanfaat ^^ Jangan Lupa Share agar lebih menambah kebermanfatannya

Incoming search terms:

  • manajemen pendidikan
  • ruang lingkup manajemen pendidikan
  • managemen pendidikan
  • materi manajemen pendidikan
  • JURNAL TUJUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
  • menejemen pendidikan
  • https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1829 CZaNfDxb57CHfebmTlO1F0Acmqe0ENZ3r2DT9OXJnU2QO4QXriNLd8i91ipoAkDJ 74fa5c0c18a0fd3ebe50901bb13ec0e76cf10fe1&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme
  • urutan cakupan luas antara administrasi pendidikan manajemen pendidikan dan kepemimpinan pendidikan
  • manajemen adalah sarana bagi tujuwn pendudikan
  • manajemen dalam dunia pendidikan

3 Replies to “Pengertian Manajemen Pendidikan : Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan”

  1. Pingback: Pengertian Manajemen Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *