By | July 12, 2018
Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan kerap menjadi salah satu bahan yang disisipkan di tiap jenjang sekolah di Indonesia baik dalam intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Saat kita ingin bergabung menjadi salah satu anggota dan pengurus suatu organisasi baik di dalam maupun di luar sekolah, pendidikan dasar kepemimpinan kerap diselenggarakan terlebih dahulu untuk melatih mental para calon anggotanya agar siap secara fisik dan mental serta yang paling penting adalah agar memiliki jiwa kepemimpinan seperti tujuan yang diharapkan dengan menyelenggarakan kegiatan tersebut. Hal ini karena sikap kepemimpinan menjadi sikap yang sangat penting untuk dikuasai, tidak hanya di sekolah saja, tetapi yang lebih lagi adalah di dunia nyata termasuk di dunia kerja. Pengertian kepemimpinan dan jenis kepemimpinan kita bahas pada ulasan kali ini.

Definisi Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan secara umum merupakan sebuah proses untuk memberi contoh atau kegiatan dengan tujuan mempengaruhi yang dilakukan oleh seorang pemimpin kepada para pengikutnya sebagai cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh organisasi yang dibentuk tersebut.

Adapun pengertian kepemimpinan menurut para ahli sudah banyak dikemukakan, baik para ahli dari dalam maupun luar negeri. Beberapa ahli dari luar negeri yang terkenal seperti George R. Terry(1972), Jacobs dan Jacques (1990), Rauch dan Behling (1984), dan sebagainya telah mengemukakan pendapatnya mengenai kepemimpinan dan apa yang dimaksud dengan kepemimpinan.

Di Indonesia sendiri ada banyak tokoh yang berpendapat mengenai pengertian sikap kepemimpinan. Seperti Wahjosumdjo (1987) yang mengemukakan bahwa kepemimpinan adalah sikap yang melekat pada pemimpin seperti kemampuan, kepribadian, serta kesanggupan untuk melakukan kegiatan sebagai pemimpin yang tidak terlepas dari posisinya sebagai pemimpin itu sendiri. Adapun pengertian kepemimpinan dalam organisasi merupakan sikap yang membutuhkan timbal balik dengan proses interaksi antara pemimpin, orang yang ia pimpin, serta situasi.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menguasai kemampuan sebagai pemimpin yang ditandai dengan kemampuan kelompok yang ia pimpin dalam mencapai tujuan secara gotong royong dengan anggota kelompok yang ia pimpin. Nah, itu tadi penjelasan mengenai pengertian dari sikap kepemimpinan. Jadi, jika ada pertanyaan jelaskan pengertian kepemimpinan, Anda sudah bisa menjawab ya!

Fungsi Kepemimpinan

Setelah mengetahui apa itu kepemimpinan, kini saatnya kita beranjak ke bahasan yang ke dua, yaitu mengenai fungsi dari kepemimpinan itu sendiri. Secara umum, ada 5 fungsi dari kepemimpinan sebagai berikut.

  • Sebagai pemrakarsa struktur organisasi.
  • Penjaga koordinasi serta integrasi yang ada dalam organisasi sehingga organisasi dapat menjalankan tugasnya untuk mencapai tujuan dengan efektif.
  • Perumus tujuan institusional serta sebagai penentu sarana dan cara mencapai tujuan dengan efisien.
  • Sebagai penengah yang mengatasi pertentangan dan konflik yang kemungkinan terjadi dalam kelompok dan mengadakan suatu acara evaluasi untuk memperbaiki kesalahan yang menyebabkan konflik tersebut.
  • Sebagai orang yang mengadakan perubahan, revisi, memberikan inovasi sebagai solusi untuk membuat organisasi yang sudah dibentuk menjadi semakin sempurna.

Jenis Kepemimpinan

Jika Anda sudah mengetahui apa saja fungsi umum dari sikap kepemimpinan, kini saatnya kita mengetahui jenis-jenis kepemimpinan yang ada. Walaupun tujuan utamanya sama, kepemimpinan dengan jenis yang berbeda akan memberikan pola kinerja yang berbeda pula. Begitu pula dengan tingkat kepatuhan para anggota dan proses dalam mencapai tujuan tersebut. Berikut adalah jenis kepemimpinan yang ada.

  1. Kepemimpinan Publik

Jenis kepemimpinan yang pertama adalah kepemimpinan publik. Pengertian kepemimpinan publik merupakan salah sikap yang menentukan berhasil-tidaknya suatu pemerintahan yang bersifat publik yang bekerja dengan sistem demokratis. Kepemimpinan jenis ini memiliki kemampuan dalam berkomunikasi yang baik agar dapat mempengaruhi anggota atau pengikutnya.

  1. Kepemimpinan Transformasional

Pengertian kepemimpinan transformasinal adalah suatu proses untuk mengubah serta mentransformasikan individu dalam kelompok agar dapat berubah menjadi manusia yang mampu meningkatkan kemampuan dirinya untuk mendapatkan penghargaan dan pemenuhan kebutuhan para bawahan atau pengikutnya.

  1. Kepemimpinan Otoriter

Pengertian kepemimpinan otoriter adalah kepemimpinan yang menitikberatkan pada kehendak pemimpin. Segala keputusan yang diambil adalah mutlak kehendak dan otoritas pimpinan tanpa mengindahkan anggota kelompoknya. Pemimpin memiliki kuasa yang penuh atas keputusan yang ada.

  1. Kepemimpinan Demokratis

Pengertian kepemimpinan demokratis adalah kepemimpinan yang menitikberatkan pada kemanusiaan atau anggotanya. Segala pencarian solusi terhadap masalah yang ada selalu melibatkan anggota sehingga keputusan pemimpin adalah keputusan bersama yang diambil atas dasar pertimbangan matang tidak hanya dari pimpinan tetapi jika atas dasar pemikiran anggotanya. Anggota memiliki peran aktif dalam membangun organisasi secara bersama-sama.

  1. Kepemimpinan Transaksional

Pengertian kepemimpinan transaksional adalah kepemimpinan yang memiliki fokus pada transaksi yang dilakukan interpersonal dengan anggotanya yang di dalamnya melibatkan suatu pertukaran. Adapun pertukaran biasanya didasarkan pada kesepakatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

  1. Kepemimpinan Paternalistik

Kepemimpinan paternalistik disebut juga dengan kepemimpinan pendidikan yang biasa digunakan oleh para guru. Pengertian kepemimpinan pendidikan adalah tipe kepemimpinan yang memberikan perlindungan bagi para anggotanya serta memiliki tujuan yang jelas dalam pengajaran. Pemimpin jenis ini dapat cepat mengambil keputusan. Pemimpin merasa apa yang dilakukannya benar sehingga pengikut tidak dapat mengambil inisiatif karena tidak adanya kesempatan yang diberikan.

  1. Kepemimpinan Karismatik

Pengertian kepemimpinan karismatik adalah kepemimpinan yang membuat para anggotanya merasa pimpinannya dapat menjadi panutan karena gaya kepemimpinannya. Pemimpin dapat memotivasi dan membuat pengikutnya mampu bekerja dengan lebih baik. Pimpinan sangat paham dengan kemampuan dirinya sehingga dapat memanfaatkan kepemimpinan tersebut dengan maksimal. Pemimpin tipe ini akan bisa mendapatkan anggota atau pengikut yang besar karena karismanya.

  1. Kepemimpinan Situasional

Pengertian kepemimpinan situasional adalah jenis kepemimpinan yang muncul pada saat diperlukan saja tergantung situasi dan kondisi yang ada. Pemimpin jenis ini tidak mengambil inisiatif pada saat tidak terjadi apapun, namun, akan terus bertindak dan mengambil alih kepemimpinan saat terjadi sesuatu dan membutuhkan penggerakkan masa.

Pengertian kepemimpinan dan pemimpin di atas adalah beberapa gaya dan jenis yang ditemukan di masyarakat dunia. Tiap jenis kepemimpinan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Beberapa jenis kepemimpinan dianggap sudah kuno, dan lainnya dianggap lebih realistis. Namun, apapun jenis kepemimpinannya, kepemimpinan yang berhasil adalah kepemimpinan yang mampu pencapai tujuan yang diinginkan.

Jika dilihat dari pengertian kepemimpinan dalam Islam, sejatinya tiap manusia dilahirkan sebagai pemimpin, setidaknya menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri. Setiap tindakan kita sebagai pemimpin akan dipertanggungjawabkan, sehingga menjadi pemimpin yang arif dan bijak sangat penting untuk dilakukan.

Pengertian kepemimpinan dalam Manajemen juga sama dengan pengertian kepemimpinan dalam artian politik. Bedanya, gaya tersebut diaplikasikan pada tempat yang berbeda sehingga adaptasi perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, itu tadi ulasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan jenis kepemimpinan yang ada di dunia. Sikap kepemimpinan memang sangat diperlukan untuk membentuk pribadi yang tangguh dan mampu memecahkan masalah dengan baik dan memberikan solusi yang efektif dan efisien.

4 Replies to “Pengertian Kepemimpinan Beserta Fungsi dan jenisnya”

  1. Pingback: Pengertian Manajemen Pendidikan : Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan

  2. Pingback: Pengertian Pengawasan Dalam Manajemen Beserta Fungsi dan Tujuan

  3. Pingback: Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Teori, Karakteristik, dan Contoh

  4. Pingback: Penjelasan Kepemimpinan Dalam Organisasi Terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *