By | August 30, 2018

Pengertian Biaya Peluang – Pada manajemen keuangan atau dunia ekonomi banyak istilah biaya yang digunakan. Semua istilah biaya tersebut harus dipahami oleh orang yang berkecimpung di dalamnya. Diantara istilah biaya yang harus dipahami adalah pengertian biaya peluang.

Apa itu biaya peluang ?

Pengertian biaya peluang memiliki istilah lain yaitu opportunity cost atau biaya kesempatan. Pengertian biaya peluang merupakan biaya yang muncul paa saat akan memilih suatu kondisi. Biaya Peluang timbul dari kondisi dimana kita harus memilih dan mengabaikan salah satu kegiatan/pekerjaan/pilihan.

Lebih lanjut artikel ini akan membahas mengenai pengertian biaya peluang secara sistematis beserta ciri-ciri, contoh, dan cara menghitung biaya peluang.

 

Baca Juga : Penjelasan Hutang Jangka Panjang : Pengertian, Contoh, dan Jenis

 

Pengertian Biaya Peluang

  1. Secara Umum

Menurut pandangan umum Pengertian Biaya Peluang adalah biaya yang dikorbankan dan timbul dari aktivitas atau kegiatan yang tidak kita pilih/tidak dapat dilaksanakan. Biaya peluang diukur dari kebermanfaatan yang ditinggalkan disebabkan memilih kegiatan lainnya.

Definisi lain mengenai pengertian biaya peluang adalah biaya ekonomi yang wajib keluar untuk kegiatan produksi barang atau jasa yang berkaitan dengan pilihan aktivitas lain yang dikorbankan.

Secara lebih sederhana pengertian biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan dan diperuntukkan untuk sasaran atau tujuan yang lain (dipilih). Sehingga terjadinya biaya perluang dikarenakan adanya pilihan yang ditinggalkan akibat memilih pilihan yang lain yang dianggap memberikan keuntungan lebih.

Sebagai contoh biaya peluang : semakin banyak biaya atau sumber daya yang dikeluarkan untuk kegiatan produksi makanan maka biaya atau sumber daya untuk memproduksi minuman akan semakin sedikit. Gambar di bawah ini menunjukkan keterkaitan antara jumlah makanan dan minuman yang mampu dihasilkan dengan biaya atau sumber daya yang ada.

cara menghitung biaya peluang

Menurut gambar diatas apabila terjadi perubahan pada jumlah produksi makanan dari F1 ke F2 maka jumlah produksi minuman akan berkurang dari D2 menjadi D1.

Pada penerapannya tidak semua biaya atau sumber daya mudah untuk dialihkan dari aktivitas produksi satu ke produksi lainnya. Sebagai studi kasus pada perusahaan yang memproduksi produk x”” dimana produk tersebut tidak memberi keuntungan kemudian beralih pada produk “y”. Pada kondisi tersebut tidak semua sumberdaya ataupun faktor produksi produk x mampu dialihkan pada produk y. Pasti terdapat mesin atau alat yang sulit bahkan tidak dapat digunakan maupun dijual.

Faktor produksi yang tidak lagi berkontribusi bagi peruasahaan maka diperhitungkan menjadi biaya untuk produk pengganti. Biaya yang demikian dinamakan dengan biaya tenggelam (sunk cost).

Pengertian biaya peluang tersebut juga dapat sedikit menjelaskan mengenai perbedaan biaya peluang dan biaya sehari hari.

  1. Menurut Para Ahli

Terdapat definisi biaya peluang yang dikemukakan para ahli selain pengertian biaya peluang secara umum, diantaranya :

  • Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus

Definisi biaya peluang adalah nilai suatu produk baik barang ataupun jasa yang hilang dan paling memiliki nilai. Kondisi ini timbul apabila keputusan dalam memilih biaya peluang dikarenakan menetapkan satu hal yang kemudian mengharuskan kehilangan sesuatu yang lain.

  • Gregoru Mankiw

Pengertian biaya peluang adalah segala hal yang dikorbankan dalam rangka memperoleh suatu hal lainnya.

  • Robert B. Ekelund, Jr dan Robert D. Tollison

Penjelasan mengenai biaya peluang yaitu pemakaian sumberdaya ekonomi yang ditujukan untuk suatu hal dan dihitung sesuai dengan standard keuntungan namun tidak didapatkan karena tidak memilih pilihan tersebut yang kemudian dikomparasikan dengan sumberdaya ekonomi yang diperoleh sebagai ganti dikarenakan menetapkan pilihan lain.

 

Ciri Ciri Biaya Peluang

Terdapat beberapa karakteristik dari biaya peluang. Berikut ciri ciri biaya peluang :

  1. Cara menghitung biaya peluang tidak selalu dikaitkan dengan uang. Namun dapat dihubungkan dengan kebahagiaan, waktu, benefit yang diperoleh di masa mendatang, dan lainnya.
  2. Mempunyai banyak possibility terkait dengan kegunaannya.
  3. Penetapan pilihan biaya peluang tergantung maksud dan kondisi setiap individu/perusahaan.
  4. Biaya peluang pada umumnya merupakan kebutuhan sekunder maupun tersier.

 

Contoh Biaya Peluang

Ada beberapa contoh biaya peluang yang disajikan dalam studi kasus. Melalui studi kasus ini diharapkan dapat menjawab contoh soal biaya peluang yang ada di bangku sekolah, perkuliahan maupun kondisi real perusahaan. Berikut contoh biaya peluang :

  1. Akuntan vs Front Officer

Setelah menjadi sarjana, Joko memperoleh 2 jenis penawaran pekerjaan. Satu, sebagai akuntan pada perusahaan A kemudian tawaran kedua sebagai Front Officer di Bank XYZ. Apabila Joko memilih untuk bekerja sebagai akuntan pada perusahaan A maka Joko dipastikan kehilangan kesempatan untuk menjadi Front Officer di Bank XYZ. Menurut ilustrasi tersebut biaya peluang yang dibebankan kepada Joko yaitu bekerja sebagai Front Officer di Bank XYZ. Hal ini dikarenakan Joko mengorbankan peluang kerjanya sebagai Front Officer di Bank XYZ.

  1. Disewakan vs Digunakan

Perusahaan “Orange” memiliki sumberdaya bangunan yang merupakan aset perusahaan. Terdapat dua pilihan terkait bangunan tersebut. Pertama, bangunan tersebut disewakan atau memakai bangunan untuk kegiatan operasional perusahaan. Menurut perhitungan biaya sewa bangunan sekitar Rp 200.000.000,- /tahun. Jika perusahaan memilih untuk menyewakan bangunan maka perusahaan akan mendapatkan benefit dari nilai sewa. Akan tetapi perusahaan kehilangan peluang untuk memakai bangunan untuk kegiatan operasional (biaya peluang).

  1. Membeli Komputer vs Berlibur

Anton mempunyai uang tabungan sebesar 15 juta. Jumlah uang tersebut dapat Anton gunakan untuk membeli komputer ataupun berlibur ke Singapura. Apabila Anton membeli komputer maka dia akan kehilangan peluang untuk menghabiskan liburannya di Singapura. Berlaku juga untuk sebaliknya jika Anton menetapkan untuk menggunakan uangnya untuk berpergian ke Singapore maka dia akan kehilangan kesempatan memperoleh Kompuer. “Peluang yang dikorbankan” inilah yang dinamakan dengan biaya peluang.

  1. Xiaomi vs Lenovo

Arif memiliki keinginan untuk membeli HP merk Xiaomi dan Lenovo. Namun dana yang tersedia hanya mampu untuk membeli salah satu dari dua merk tersebut. Dengan kondisi tersebut Arif menetapkan untuk membeli HP Xiaomi dengan konsekuensi Arif kehilangan kesempatan memperoleh HP merk Lenovo. Menurut kondisi tersebut biaya peluang adalah satu HP merk lenovo karena Arif kehilangan peluang untuk membeli HP merk Lenovo.

 

Baca Juga : Modal Kerja : Pengertian, Manajemen, Konsep, Jenis, dan Contoh

 

Cara Menghitung Biaya Peluang

Perhitungan biaya peluang pada dasarnya telah dijelaskan secara implisit pada contoh biaya peluang. Cara menghitung biaya peluang diperoleh apabila terdapat dua pilihan atau lebih. Sedangkan dari beberapa pilihan tersebut ada pilihan yang ditinggalkan atau dikorbankan.

Apabila terdapat 2 pilihan maka yang dihitung sebagai biaya peluang adalah kesempatan yang dkorbankan.

Namun apabila terdapat beberapa pilihan maka biaya peluang dihitung dari kesempatan terbaik yang dikorbankan ataupun yang tidak dipilih.

Sebagai lebih jelas terkait cara menghitung biaya peluang maka dapat dipahami dari ilustrasi berikut ini :

  1. Tawaran Pekerjaan

Setelah memperoleh gelar sarjana dari fakultas ekonomi, Gunawan mendapatkan dua tawaran pekerjaan. Kesempatan kerja pertama yaitu menjadi karyawan di perusahaan swasta dengan gaji perbulan sebesar Rp 5.000.000. Kemudian tawaran berikutnya adalah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di pemerintah daerah dengan pendapatan perbulan Rp 3.000.000.

Melalui beberapa pertimbangan maka Gunawan memilih untuk bekerja sebagai PNS di daerahnya karena ingin mengabdi kepada negara. Keputusan Gunawan dalam memilih untuk bekerja sebagai PNS sudah pasti akan menghilangkan kesempatan kerjanya sebagai karyawan di perusahaan swasta dengan gaji Rp 5.000.000 per bulan.

Menurut ilustrasi diatas maka biaya peluang yang ditanggung oleh Gunawan adalah Rp 5.000.000 per bulan dikarenakan telah mengorbankan peluang kerja sebagai karyawan di peruashaan swasta.

 

Baca Juga : Cara Bermain Saham bagi Pemula yang Aman dan Efektif

 

  1. Pembelian Barang

Rahmi memiliki uang sebesar Rp 80.000. Pada saat ini ingin membeli ballpoint untuk dirinya dan hadiah gamis untuk adiknya Aisyah. Harga satu psc gamis Rp 25.000 sedangkan  harga satu ballpoint Rp 3.000.

Dari dua kebutuhan tersebut dapat diperoleh kombinasi sebagai berikut :

cara menghitung biaya peluang

Menurut kombinasi yang diatas, Rahmi pada awalnya memilih kombinasi C yaitu membeli 2 pcs gamis dan 5 ballpoint. Namun dia berubah pikiran untuk membelikan tambahan 1 pcs gamis untuk adiknya. Perubahan tersebut menjadi kombinasi A yaitu 3 pcs gamis dan 1 ballpoint.

Berdasarkan hal tersebut untuk memperoleh 1 pcs gamis (yang pada awalnya ingin membeli 2 pcs gamis dan kemudian memutuskan membeli 3 pcs gamis), Rahmi harus mengorbankan 4 ballpoint. Maka cara menghitung biaya peluang dalam memperoleh 1 pcs gamis adalah dengan harga 4 ballpoint (Rp 3.000 x 4 ballpoint = Rp 12.000)

Kesimpulan

Menurut penjelasan mengenai pengertian biaya peluang hingga cara menghitung biaya peluang maka dapat ditarik kesimpulan. Terjadinya biaya peluang dikarenakan adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Kebutuhan manusia tersebut melahirkan berbagai pilihan yang kemdian mengharuskan untuk memilih dan mengorbankan pilihan-pilihan tersebut.

Timbulnya pilihan dan pengorbanan inilah yang melatarbelakangi biaya peluang. Biaya peluang adalah manfaat yang harus dikorbankan ketika menetapkan satu diantara berbagai pilihan untuk mendapatkan manfaat dari pilihan yang lain.

 

Baca Juga : Pengertian Manajemen Kas dan Penjelasannya Lengkap

 

Cara menghitung biaya peluang ekonomi dapat menggunakan dua metode yaitu :

  1. Terdapat 2 pilihan

Biaya peluang diperoleh dari manfaat dari kegiatan yang dikorbankan atau tidak dipilih.

  1. Lebih dari 2 pilihan

Cara menghitung biaya peluang bila ada lebih dari dua pilihan adalah dengan menghitung nilai kesempatan yang terbaik yang ditinggalkan.dikorbankan.

 

Incoming search terms:

  • biaya peluang
  • cara menghitung biaya peluang
  • rumus biaya peluang
  • contoh soal biaya peluang
  • contoh kasus biaya peluang
  • pengertian biaya peluang
  • contoh biaya peluang
  • cara menghitung biaya peluang 3 pilihan
  • contoh biaya peluang dlm kehidupan sehari dan cara menghitungnya
  • biaya peluang adalah

5 Replies to “Pengertian Biaya Peluang dan Cara Menghitungnya”

  1. Pingback: Pengertian Deviden, Jenis, dan Cara Menghitung Deviden

  2. Pingback: Mengetahui Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilan

  3. Pingback: Pengertian Akuntansi dan Jenis-Jenis Akuntansi Terlengkap

  4. Pingback: Langkah Mudah Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi

  5. Pingback: Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *