By | May 17, 2018
Pengertian akuntansi

Pasti saat mendapatkan tugas sekolah atau tugas kuliah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan ekonomi umum atau manajemen keuangan, seringkali Anda menjumpai pertanyaan ‘Jelaskan pengertian akuntansi’ atau Apakah yang dimaksud dengan akuntansi menurut bla bla bla. Sebenarnya apa sih akuntansi itu? Lalu apa saja jenis dan pengertiannya? Pengertian akuntansi mempunyai banyak versi, baik itu berasal dari opini pribadi berdasarkan hasil interpretasi dari beberapa pendapat ahli, berbagai sumber, atau menurut pakar ekonomi. Agar lebih jelas, simak di bawah ini !

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian akuntansi menurut para ahli sangat beragam, yang diperoleh dari para pakar ilmu ekonomi, ilmu akuntansi, dan lainnya, atau dari para tokoh penting dalam dunia perekonomian dan bisnis, baik pengertian secara perorangan maupun pengertian berdasarkan hasil diskusi suatu organisasi. Berikut ada 7 pengertian akuntansi menurut para ahli.

  • Menurut Amin. W (1997),

akuntansi adalah sebuah aktivitas jasa dalam mengidentifikasi, mengukur, mengklarifikasi, dan mengikhtisarkan suatu kejadian transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi secara kuantitatif, khususnya bersifat keuangan yang kemudian digunakan untuk mengambil keputusan.

  • Menurut Smith Skousen (1995:3),

akuntansi adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan jasa yang bertujuan untuk menyediakan infromasi bernilai kuantitatif untuk bisa mengambil keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan logis sebagai tindakan alternatif.

  • Menurut Suparwoto L (1990:2),

akuntansi adalah suatu sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan serta memberikan hasil dalam bentuk informasi kepada piak-pihak intern dan ekstern perusahaan. pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerinta, serikat buruh, lembaga perpajakan, masyarakat umum, dll.

  • Menurut C. West Churman,

“akuntansi adalah pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan”.

  • Pengertian akuntansi menurut AAA

AAA adalah suatu organisasi nirlaba yang berhubungan dengan dunia akuntansi. Pengertian akuntansi menurut AAA (American Accounting Association), accounting is te process of identifying, measuring, and communicating economic information to permit information judgment and decision by users of the information. Atau artinya “akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut”.

  • Pengertian akuntansi menurut AICPA

AICPA adalah sebuah asosiasi professional yang bertaraf nasional Amerika yang berhubungan dengan bidang akuntan publik beserta aturan etika dalam profesinya. Asosiasi yang bermarkas di Durham, Carolina Utara, Amerika Serikat ini memiliki anggota beberapa akuntan bersertifikat resmi. Pengertian akuntansi menurut AICPA (American Institute of Certified Public Accountants), accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and terms of money, transaction and events which are, in part at least, of financial character, and interpreting the result there of. Artinya adalah “akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi dan kejadian-kejadian yang setidaknya bersifat finansial dan penafsiran hasil-hasilnya.”

 

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Akuntansi berasal dari bahasa inggris “accounting” yang berarti “menghitung”. Definisi atau pengertian akuntansi secara umum dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, ,mengolah, dan menyajikan data dalam setiap kegiatan transaksi keuangan yang kemudian memudahkan penggunanya dan memanfaatkannya untuk mengambil suatu keputusan atau untuk mencapai tujuan tertentu.

Jenis Akuntansi Beserta Pengertiannya

Jenis Akuntansi secara umum ada 6, yaitu akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi pemerintahan, akuntansi syariah, akuntansi anggaran, dan akuntasi manajemen. Berikut penjelasannya.

  • Pengertian akuntansi biaya

Pengertian akuntansi biaya adalah suatu kegiatan pencatatan, pengukuran, hingga proses melaporkan keuangan dengan menggolongkan dan meringkas suatu biaya produksi suatu produk, penjualan produk tersebut, atau jasa menggunakan cara tertentu yang lengkap dengan penjelasannya.

  • Pengertian akuntansi keuangan

Pengertian akuntansi keuangan adalah suatu sistem dalam kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan segala persiapan laporan keuangan bagi pihak luar seperti, pemegang saham, pemasok, kreditor, dan lainnya yang mengatur segala pencatatan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

  • Pengertian akuntansi pemerintahan

Pengertian akuntansi pemerintahan sudah tentu berkaitan dengan dunia akuntan milik pemerintah. Akuntansi pemerintahan adalah suatu aplikasi akuntansi keuangan negara yang mengatur taapan pelaksanaan anggaran termasuk segala pengaruhnya baik yang bersifat sementara maupun permanen yang terdapat pada semua tingkatan dan unit pemerintahan.

Menurut Revrisond Baswir (2000;7), akuntansi pemerintahan merupakan bidang akuntansi yang berkaitan dengan lembaga pemerintaan dan lembaga lainnya yang bertujuan tidak mencari keuntungan.

  • Pengertian akuntansi anggaran

Akuntansi anggaran adalah suatu teknik yang digunakan dalam dunia akuntan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi pada setiap anggaran, mulai dari anggaran yang disahkan, dialokasikan, hingga yang dilaksanakan yang sampai pada penutupan buku anggaran akhir tahun. Pengertian akuntansi anggaran didasari dengan segala bentuk penggunaan anggaran yang digunakan untuk suatu kepentingan, baik untuk kepentingan perusahaan ataupun untuk kepentingan umum.

  • Pengertian akuntansi syariah

Akuntansi syariah adalah akuntansi yang berorientasi pada nilai nilai atau syariat islam. Pengertian akuntansi syariah tidak dapat dipisahkan dengan asal mula pemberlakuan segala proses akuntansi secara syariah, yaitu hukum-hukum islam ikut berperan penting untuk menjaga kesejahteraan sosial.

Menurut Karim (1990) akuntansi syariah merupakan bidang baru dalam ilmu akuntansi yang dikembangkan menggunakan landasan-landasan nilai, etika, dan syariah islam, sehingga disebut juga dengan akuntansi islam.

Perkembangan akuntansi syariah dilatarbelakangi oleh pertumbuhan perbankan syaria. Perkembangan dari taun ke tahun selalu meningkat drastis, mengingat kesadaran masyarakat muslim di Indonesia mengelola keuangan berdasarkan syariat islam.

pengertian akuntansi syariah

pengertian akuntansi syariah

  • Pengertian akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen adalah suatu sistem dalam dunia akuntan yang berkaitan erat dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajemen dalam suatu organisasi. Selain itu juga sebagai dasar manajemen dalam membuat keputusan bisnis agar manajemen lebih siap dalam mengelola dan memfungsikan segala tindakan dengan kontrol. Pengertian akuntansi manajemen merupakan salah satu pengertian dari jenis akuntansi yang wajib diketahui oleh umum karena menyangkut tindakan yang akan dilakukan oleh seseorang agar suatu bisnis atau keperlan tersebut tetap berjalan lancar meski sedang mengalami penurunan laba. Adapun akuntansi manajemen merupakan salah satu bidang akuntansi yang memiliki tujuan dalam penyajian laporan untuk tujuan dan kepentingan pihak internal perusahaan dalam melaksanakan suatu proses manajemen yang runtut, mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

 

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

 

Akuntansi yang berubungan erat dengan pembukuan menjadikan suatu profesi yang tidak mudah dilakukan arena data yang diolah selain dalam bentuk kuantitatif juga harus kredibel dan terpercaya dengan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengertian akuntansi secara luas bisa Anda peroleh apabila banyak membaca pengertian dari beberapa ahli yang terpercaya, baik toko nasional ataupun internasional dan mempelajari sejarah perekonomian dunia hingga terbentuk sebuah kegiatan akuntansi.

3 Replies to “Pengertian Akuntansi Dan Jenis-Jenis Akuntansi Terlengkap”

  1. Pingback: Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

  2. Pingback: Pengertian Dan Tujuan Akuntansi Biaya Terlengkap

  3. Pingback: Pengertian Deviden, Jenis, dan Cara Menghitung Deviden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *