By | September 25, 2018
fungsi pengarahan

PENGERTIAN PENGARAHAN

         Fungsi pengarahan adalah yang terpenting dalam Manajemen dan dikuasai dalam proses manajemen. Fungsi ini baru dapat di terapkan setelah rencana, organisasi, dan karyawan ada. Jika fungsi ini diterapkan maka proses manajemen dalam mencapai tujuan sudah dapat dimulai. Karyawan tidak dapat menguasai sepenuhnya karena penerapan fungsi pengarahan sangatlah sulit,rumit dan kompeks. Hal ini disebabkan karyawan adalah mahluk hidup yang punya pikiran, perasaan harga diri, cita cita, dan lain lainya.

         Fungsi Pengarahan ini adalah ibarat kunci stater mobil, artinya mobil baru dapat brjalan jika kunci Pstaternya telah melaksanakan funsinya. Demikian pula proses manajemen, baru terlaksana setelah fungsi pengarahan di terapkan.

Definisi pemgarahan ini di kemukakan para penulis sebagai berikut.

G.R Terry

           Pengarahan adalah membuat semua anggota kelompok, agar mau bekerja sama dan bekerja ikhlas serta bergairah untuk mencapai tujuan asesuai dengan perencanan dan usaha usaha pengorganisasian.

Koontz dan O’Donnel

             Pengaraahan adalah hubungan antara aspek aspek individual yang di timbulkan oleh adanya pengaturan terhadap bawahannya untuk dapat di pahami dan pembagian pekerjaan lebih efektif untuk mencapai tujuan perusahahan yang nyata.

             Jadi pengarahan adalah kegiatan yang di lakukan oleh pimpinan untuk membimbing, mrnggerakan, mengatur segala kegiatan yang telah di beritugas dalam melaksanakan pekerjaan.

Pengarahan ini bias di lakukan dengan cara persuasive atau bujukan dan intruktif, tergantung cara mana yang lebih paling efektif. Pengarahan di sebut efektif, jika di persiapkan dan di kerjakan dengan baik serta benar oleh kryawan yang di berikan tugas oleh atasan.

Pokok pokok masalah yang di pelajari pada fungsi pengarahan atau directing adalah

  1. Tingkah laku manusia (human behavior)
  2. Hubungan manusiawi (human relation)
  3. Komunuikasi (communication)
  4. Kepemimpinan (leaderships)

Keempat pokok permasalahn di atas satu persatu di jelaskan di bawah ini.

 

Tingkah laku manusia

           Manajemen adalah kegiatan untuk mencapai tujuan melalui orang lain. Ini berrti pimpinan menyuruh para bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari tugas tugasnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Pimpinan dalam menjalin kerjasama, mengarahkan dan mendorong semangat kerja para bawahnya, perlu memahami tingkah laku manusia.

            Kita bias mengetahui tingkah laku manusia dengan mempelajari pesikologi, sosiologi, antropologi, pesikologi social, dan pesikologi manajemen.

            Manusia dakam berkelompok mempunyai latar blakang yang heterogen, seperti jenis kelamin, umur, pendidikan, agama, kebudayaan, kepentingan, dan lain sebagainya. Tetap[I di samping perbedaan ini juga terdapat persamaan, seprti kebutuhan untuk makan, minum, keaman, keturunan, atau biologis. Persamaan kebutuhan inilah yang membentuk kerja sama dan hidup berkelompok.

Menurut Clare W. Graves mengemukakan tingkah laku manusia sebagai berikut:

Clare W. Graves, oktober 1966 membedakan tujuh pola tingkah laku manusia yang di susunnya dengan urutan istimewa. Dengan menggunakan pola pola tingkah laku ini, kita dapat mencoba menganalisis motif motif yang dominan  dalam setiap tipe dan dapat di perkirakan setruktur serta keindahan keindahan manajemenn yang cocok.

Tipe tipe tingkah laku

  1. Tipe autistik

Hidupnya seperti tumbuh tumbuhan, ia kurang atau bahkan tidak punya semangat dalam arti umum tidak dapat di karyakan.

  1. Tipe animistic

Dia sadar akan lingkungan,namun ia tidak bias memahaminya. Motif yang paling menonjol adalah mempertahankan kelangsungan hidup , tetapi ia selalu di kuasai hal hal praktek yang aneh aneh

  1. Tipe kejutan

Dia sadar dan takut dengan adanya daya yang bertentangan dengan dirinya sendiri hanya sebagian saja yang di pahaminya di dunia. Motif utamanya adalah ke amanan dan perlindungan “status quo”. Peraturan yang kaku, prosedur, dan lain lainnya memberikan dukungan nya kepada dia . ia akan hanya memanfaatkan peluang tidak ada resiko yang mengencam keamanan dirinya.

  1. Tipe agresif dan gila kuasa

Ia menentang tradisi dan tata tertib yang sudah ada dan mantap. Dia suka mengatur dirinya sendiri. Motifnya yang paling menonjol adalah kekuasaan dan prastise. Motif keamanan tak di hiraukannya. Orang seperti ini sangat sulit di atur dan penekannan yang semakin meningkat serta aturan yang semakin ketat hanya akan menjadikan dirinya semakin buruk lagi. Misalnya dalam delegasi wewenang yang sealu si sertai beban kerja yang terlalu banyak.

  1. Tipe sosio sentris

Orangnya selalu rindu dengan suasana kerjas yang menyenangkan. Ia selalu mendahulukan masalah masalah social dari pada masalah masalah dirinya sediri dan materil. Orangnya sanyat menyikai kegiatan kelompok., ia adalah yang paling menyukai pekerjaan dalam satu tim. Motif dominannya adalah penerimaan kelompok, bukan dalam arti kaeamanann, melainkan dalam arti aktif

  1. Tipe agresif individualistis

Dia seseorang yang selalu percaya dengan dirinya sendiri, bertanggung jawab, focus dengan tujuannya, bukan pada sarana. Ia benci akan perincian metode dan ia tidak menyukai tugas yang di paksakan. Motif dominannya adalah prestasi. Orang ini mempunyai kemampuan untuk menjadi menajer puncak.

  1. Tipe individualistis suka damai

Orang memiliki tujuan yang focus dan berharap dapat ikut serta dalam menentukan targetnya sendiri. Motif dominannya adalah prestasi dan harga diri, ia tak peduli pada penghargaa dari orang lain. Ia cenderung mengendalikan diri sendiiri dan bersifat teoritis.

fungsi pengarahan

Hubungan manusiawi

              Hubungan manusiawi adalah hubungan antara orang orang yang di lakukan dalam suatu organisasi. Jadi bukan hubungan dalam arti kekeluargaan.

Dalam kehidupan berkelompok atau organisasi ini harus di dasarkan atas kebutuhan, kepentingn, hormat menghormati, saling membutuhkan dan kerja sama di antara semu pihak untuk mencapai tujuan. Kerja sama ini akan kan terbentuk dan terjlin dengan baik, jika ada pengetahuan tentang kebersamaan, saling menguntungkan, dan adanya kesediaan mengorbankan sebagian diri dari kepentingannya masing masing.

              Jadi hubungan manusiawi atau social ini tercipta dan terbina dengan baik, jika dilakukan secara manusiawi, saaling membutuhkan, saling meguntungkan, hormat menghormati, cinta mencintai, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.

 

Komunikasi

              Komunikasi merupakan hal yang paling terpenting dalam manajemen, karna proses manajemen baru terlaksana jika komunikasi berlangsung atau di lakukan. Di berikannya perintah, laporan, informasi, berita, saran dan menjalin hubungan hubungan hanya dapat di lakukan dengan komunikasi saja, tanpa komunikasi oroses manajemen tidak terlaksana.

Untuk jelasnya pengertian komunikasi akan di kutip menurut definisi masing masing.

Drs. H. Malayu S.P Hasibuan

Komunikasi adalah sesuatu alat untuk menyampaikan perintah, laporan, brita, ide, pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan agar di antara merekaa terdapat interaksi.

Harold Koontz dan Cyril O’Donnel

Komuikasi di gambarkan pemindahan informasi dari seseorang ke orang lain terlepas dari di percayai atau tidak. Tetapi informasi yang di berikan haruslah dapat di pahami oleh si penerimanya.

R.C Davis

Komunikasi adalah sesuatu tahapan untuk proses kepemimpinan, yang memindahkan ide dan informasi dari seseorang ke orang lain untuk di gunakan dalam fungus fungsinya memimpin pekerjaan.

Fungsi fungsi koomunikasi

  • Intruktive, artinya komunikasi dalam hal ini berfungsi untuk memberikan perintah dari atasan kepada bawahannya
  • Evaluative, artinya komunikatif berfungsi untuk menyampaikan laporan dari bwah kepada atasan
  • Informative, adalah komunikasi dalm hal ini berfungsi untuk menyampaikan informasi, berita, dan pesan pesan lainnya
  • Influenching, artinya komunikasi dalam hal ini berfungsi untuk memberikan saran saran, nasihat nasihat dari seseorang kepada orng lain.

Baca Juga : 

 

Kepemimpinan

 

JUDUL BUKU : MANAJEMEN ; DASAR,PENGERTIAN DAN MASALAH. (Edisi Revisi)

PENULIS         : Drs. H Malayu S.P. Hasibuan

DI TERBITKAN OLEH PT BUMI AKSARA

Jl, Sawo Raya No 18 Jakarta 13220

Incoming search terms:

  • fungsi pengarahan
  • uraikan manfaat dari adanya pengarahan
  • fungsi pengarahan dalam manajemen
  • hambatan dalam proses pengarahan
  • jelaskan fungsi pengarahan dan implementasi
  • pengarahan
  • sebutkan dan jelaskan fungsi pengarahan dan implementasi
  • soal tentang tipe tingkah laku manusia dalam materi fungsi pengarahan di manajemen

2 Replies to “Penjelasan Lengkap Berbagai Fungsi Pengarahan”

  1. Pingback: Pengertian Pengendalian Terlengkap : Tujuan, Jenis, Cara

  2. Pingback: Penjelasan Lengkap Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *