By | September 15, 2018
Komunikasi Pemasaran

Memahami Lebih Jauh Apa Itu Komunikasi Pemasaran

Belakangan ini, Teori komunikasi pemasaran telah menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan dan terbilang membantu dalam membentuk kesadaran akan merk yang positif bagi konsumen. Konsumen akan dapat mengartikan informasi produk yang disampaikan perusahaan dalam bentuk persepsi dan posisi produk dalam pasar. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut terkait pengertian komunikasi pemasaran, proses, bauran hingga strateginya.

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Pengertian Komunikasi Pemasaran menurut para ahli adalah sebagai berikut, agar kita lebih paham tentang pengertian bidang ilmu satu ini.

  1. Berdasarkan Business Dictionary, marketing communication ialah suatu pesan promosi yang telah dikoordinasi serta dikirim melalui satu ataupun lebih saluran, misalnya radio, media cetak, televisi, surat serta penjualan personal.
  2. Menurut Olujimi Kayode, marketing communication ialah interaksi antara produsen dan konsumen yang telah ditarget dan menggunakan satu ataupun lebih media, misalnya adalah surat kabar, televisi, radio maupun internet.
  3. Menurut Philip Kotler, komunikasi pemasaran adalah sarana yang dipakai dalam menginformasikan, membujuk serta mengingatkan konsumen, baik secara tidak langsung maupun secara langsung, terkait produk serta merk yang dijual.

Ruang Lingkup Komunikasi Pemasaran

Kegiatan komunikasi pemasaran terpadu akan fokus di pengalaman khalayak termasuk pelanggan, serikat buruh, pemegang saham, pemasok hingga masyarakat lokal. Komunikasi yang dimaksud bisa berupa komunikasi yang telah direncanakan sebelumnya maupun tidak direncanakan. Komunikasi ini juga dapat didasarkan pada produk maupun jasa tertentu. Semua aktivitas ini akan saling berkaitan satu sama lain.

Dalam mempengaruhi khalayak selaku sasaran dari marketing communication, akan digunakan aneka alat tertentu, seperti iklan, pemasaran langsung, personal selling dan lain-lain. Elemen lainnya ialah penggunaan media yang menjadi saluran komunikasi. Pemasar sangat perlu untuk memahami pesan yang hendak dikirimkan pada khalayak sasaran. Semua ini akan dapat berdampak langsung pada pemahaman khalayak sasaran terkait pesan yang disampaikan.

Proses Komunikasi Pemasaran

Proses dari adanya komunikasi pemasaran terintegrasi tak jauh beda dari proses komunikasi secara umum. Akan ada beberapa elemen penting yang mempengaruhi, seperti sumber, pesan, komunikator, saluran, komunikan, efek, decoding, transmisi, encoding, gangguan, respon serta umpan balik. Berikut beberapa elemen dari marketing communication tersebut.

  1. Pertama ada sumber, yaitu individu ataupun organisasi yang memiliki kepentingan dalam mengirim pesan, gagasan maupun sikap.
  2. Kedua ada pesan, yaitu informasi yang sudah melalui proses encoding serta siap dikirim.
  3. Ketiga ada encoding, yaitu suatu proses di mana sumber telah mengartikan gagasan, emosi maupun informasi dalam bentuk pesan. Dalam tahapan ini, sumber telah menggunakan keterampilannya dalam melakukan encoding.
  4. Keempat ada transmisi, yaitu proses di mana pesan telah membawa simbol yang dikirim dengan menggunakan saluran pada pihak penerima pesan.
  5. Kelima ada media, yaitu saluran yang dimanfaatkan guna mentransmisikan pesan.
  6. Keenam ada decoding, yaitu proses yang akan melibatkan penerimaan serta pemberian makna maupun interpretasi pada informasi yang didapat oleh penerima pesan.
  7. Ketujuh ada penerima pesan atau receiver, yaitu individu maupun kelompok yang sejak awal menjadi sasaran dari penyampaian pesan.
  8. Kedelapan ada umpan balik atau feedback, yaitu reaksi maupun tanggapan atas pesan yang telah dikirimkan sumber. Reaksi ini bisa berupa non verbal, verbal, negatif maupun positif. Bisa juga berupa tindakan langsung atau tidak langsung.
  9. Proses komunikasi pemasaran juga bisa mendapat gangguan atau noise, yaitu aneka faktor yang mengganggu komunikasi antara pemberi dan penerima pesan. Gangguan bisa berupa hambatan komunikasi seperti kendala teknis, bahasa dan lain-lain.

Adapun untuk Model Penyampaian Komunikasi yang Sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :

 

Proses komunikasi pemasaran

Proses komunikasi pemasaran

Tujuan Komunikasi Pemasaran

Berikut adalah beberapa tujuan komunikasi pemasaran yang hendak dicapai:

  1. Pertama adalah informasi serta promosi. Komunikasi akan digunakan dalam mempengaruhi konsumen serta calon konsumen agar mereka bersedia membeli produk yang diiklankan.
  2. Kedua ialah proses dalam pembentukan citra. Komunikasi akan mempengaruhi aneka tahapan proses yang dilakukan konsumen.
  3. Ketiga adalah integrasi. Komunikasi akan digunakan secara efektif serta efisien supaya konsumen bisa mendapat gambaran jelas akan suatu produk.
  4. Keempat adalah hubungan. Melalui komunikasi, akan terjalin sarana yang dapat menyatukan aneka bentuk hubungan antara konsumen dan perusahaan.

Bauran Komunikasi Pemasaran

Pada Bauran komunikasi pemasaran atau marketing mix pada dasarnya masih merupakan bagian bauran pemasaran.

Bauran pemasaran sendiri didefinisikan sebagai 4P yaitu Place, Price, Promotion dan Product. Perlu diketahui bahwa bauran pemasaran juga adalah bagian paling penting dalam strategi pemasaran, di mana bauran ini akan jadi kerangka dalam mengelola pemasaran serta menggabungkannya dalam konteks bisnis.

Dalam bauran pemasaran ini juga terdapat bauran promosi atau promotion mix. Hal ini tak lepas dari peran komunikasi pemasaran yang kegiatannya berpusat pada khalayak di mana sebelum produk diposisikan pada pikiran pembeli, maka yang harus dilakukan pemasar sebelumnya adalah mengembangkan kesadaran melalui bauran promosi tersebut agar dapat terbangun sikap positif terkait produk ataupun pemasaran.

Dalam makalah komunikasi pemasaran, terdapat setidaknya lima elemen bauran promosi. Kelimanya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama ada periklanan termasuk aneka bentuk presentasi non personal berbayar maupun promosi gagasan.
  2. Kedua ada promosi penjualan, yaitu bentuk singkat intensif dalam penjualan produk maupun jasa.
  3. Ketiga ada public relations, yaitu seni serta ilmu sosial yang fungsinya adalah menganalisis tren, konseling organisasi maupun kepemimpinan, memprediksi konsekuensi hingga melaksanakan aneka program yang telah direncanakan dalam rangka pelayanan pada satu organisasi serta kepentingan publik.
  4. Keempat ada personal selling yatu presentasi oral yang dilakukan dalam bentuk percakapan pangsung antara satu orang dengan satu calon pembeli atau lebih yang bertujuan menjual produk atau jasa.

Strategi Komunikasi Pemasaran

Arti dari strategi ialah perencanaan serta Manajemen yang dilakukan dalam mencapai tujuan tertentu. Sehingga strategi komunikasi pemasaran adalah paduan perencanaan komunikasi agar dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Pada marketing communication, strateginya adalah paduan panduan perencanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi pemasaran. Strategi ini dikenal juga sebagai komunikasi pemasaran terpadu.

Komunikasi pemasaran terpadu sendiri ialah suatu strategi yang ditujukan pada konsumen. Penyusunan strategi ini akan memerlukan pemikiran yang memperhitungkan aneka faktor pendukung serta penghambat. Harus pula diperhatikan komponen dalam marketing communication yang bisa mendukung proses nantinya.

Contoh Komunikasi Pemasaran

Tahapan proses dari strategi marketing communication sebagaimana terdapat dalam jurnal komunikasi pemasaran ialah dimulai dari menetapkan tujuan komunikasi, menentukan peran dari masing-masing media, memulai proses penyusunan pesan, penempatan pesan di media yang sesuai, hasil pesan terlihat serta membuat aneka penyesuaian dalam media maupun pesan.

Contoh komunikasi pemasaran sendiri termasuk sangat mudah ditemukan. Sebagai contoh adalah iklan yang bisa kita lihat di aneka media cetak seperti koran, televisi dan radio maupun di pinggir jalan. Iklan berisi ajakan menggunakan produk atau jasa tersebut ialah salah satu bentuk dari marketing communication yang dilakukan suatu perusahaan agar khalayak yang menjadi sasaran mau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

3 Replies to “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Beserta Contohnya”

  1. Pingback: Contoh Tugas Manajemen Pemasaran Pada Perusahaan

  2. Pingback: Aspek Pemasaran Dalam Pengelolaan Usaha Lengkap

  3. Pingback: Strategi Promosi Penjualan Produk Beserta Tujuan dan Klasifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *