By | July 11, 2018
kelompok kerja organisasi

Artikel ini akan membahas kelompok kerja organisasi dan komunikasi dalam organisasi, yang sebagai mana kelompok kerja organisasi merupakan sekumpulan orang individu yang bekerja di sebuah instansi kelompok yang salah satunya menjadi ujung tombak dalam fungsi implementasi dan pengarahan, yang karenanya di dasarkan kelompok kelompok kerja yang ini lah yang bisa menjalankan suatu program program yang telah di rencanakan sebelumnya yang sudah di tentukan bagian bagiannya. Oleh karenannya ke efektifan kelompok kerja organisasi ini lah yang akan sangat menentukan keberhasilan tujuannya dari suatu Manajemen organisasi. Konflik sangat mungkin timbul di antara kelompok kerja di dalam sebuah organisasi. Untuk bisa merendam timbulnya konflik antar kelompok kerja di dini peran komunikasi sangat penting untuk mewujudkan kelompok kerja organisasi yang efektif. Ada beberapa faktor yang mungkiin terkait dengan komunikasi dalam kelompok kerja sampai dengan teknologi informasi dalam komunikasi yang akan di bahas di artikel ini.

Setelah mengkaji pembahasan ini secara menyeluruh, di harapkan pembaca mampu memahami hal hal berikut ini:

  1. mengetahui bahwa kelompok kerja dan komunikasi adalah sebuah bagian yang penting untuk implementasi dan pengarahan.
  2. Mengetahu bagaimana sih kelompok kerja yang efektif dan dapat terhindar dari konflik kelompok kerja dalam organisasi.
  3. Mengetahu cara mengelola konflik organisasi
  4. Mengetahui peranan komunikasi dalam kelompok kerja
  5. Mengetahui proses dan pola komunikasi dalam organisasi
  6. Mengetahui manfaat teknologi informasi dalam mendukung komunikasi dalam organisasi

PENDAHULUAN

 Artikel ini akan membahas segala hal dalam pembahasan kelompok kerja organisasi dan komunikasi dalam organisasi yang memfokuskan pada fungsi implementasi dan pengarahan dari manajemen. Untuk bisa menngingat kembali dari kesinambungan yang telah ada dari apa yang sudah di coba pembelajarannya yang mengenai manajemen oleh karena itu marilah kita mengingat dari isi isi pembahasan dan pokok pokok dari topik yang sudah dibahas. Setelah Tujuan Organisasi telah di tetapkan, rencana disusun, semua sumber daya di alokasikan dan struktur organisasi perusahaan di disain, kemudian pembagian tugas wewenang  di distribusikan , maka yang bisa menentukan tercapainnya tujuan organisasi itu yaitu kesamaan kelompok kerja yang telah di implementasikan.

 

Baca Juga : Komunikasi Dalam Organisasi Beserta Fungsi dan Hambatan

 

KONSEP DASAR MENGENAI KELOMPOK KERJA ORGANISASI

Pengertian kelompok dan kelompok kerja

Menurut stoner,freeman dan gilbert pada tahun 1955 menyatakan bahwa kelompok sebagai kumpulan kumpulan antara 2 orang atau lebih yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi untuk suatu tujuan tertentu untuk memahami bersama sama. Berdasarkan dari definisi ini, maka kelompok memiliki karakteristik  sebagai berikut:

  1. merupakan sekumpulan orang yang anggotanya lebih dari 2 yang mungkin memiliki karakteristik yang berbeda pula di setiap individu.
  2. Adanya hubungan interaksi atau komunikasi di antara kumpulan orang tersebut
  3. Adanya tujuan bersama untuk mencapai sebuah kesuksesan bersama.

Berdasarkan karakteristik ini jika benar benar mamahami ini bahpa pekerja an adalah segala sesuatu yang telah direncanakan dari organisasinya untuk mencapai suatu tujuannya. Oleh karena itulah kelopok kerja dapat di definisikan sebagai kelompok yang sudah disusun oleh organisasi dengan tujuan menjalankan berbagai kegiatan pekerjaannyayang terkait dengan pencapaian tujuan organisasinya.

Kelompok kerja organisasi perlu di rancang dengan baik yant paling utama jika organisasi atau instansi perusahaan beranggotakan dalam jumlah yang sangat besar , daerah kegiatannya luas, dan banyanya pengolahan sumber daya. Untuk organisasi yang anggotanya sedikit orang yang bisa di hitung 5 sampai 10 , barangkali kesemua anggotanya itu merupakan juga suatu kelompok kerja , dan ada juga untuk organisasi yang yang mempunyai ribuan manusia anggota maka kelompok kerja itu yang di rancang dapat berjumlah lebih besar atau banyak. Kelompok kerja organisasi bisa di susun dengan cara tujuan jangka pendeknya , jangka menengah, maupun jangka panjangnya, semua tergantung pada alasannya dan tujuan dari kelompok itu sendiri yang telah di susunnya.

kelompok kerja organisasi dan komunikasi

KELOMPOK KERJA ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

secara ilmiahnya maupun prakteknya kelompok kerja organisasi di bagi menjadi 2 yaitu kelompok kerja formal dan kelompok kerja informal.

  1. KELOMPOK KERJA FORMAL

Kelompok kerja formal adalah sebuah kelompok kerja organisasi yang didirikan dan di susun secara resmi oleh manajer kelompoknya yang kemudian di beri tugas dengan bagian bagiannya sendiri yang terkait dengan tujuan suatu organisasinya. Kelompok kerja formal biasa di sebut juga kelopok kerja langsung , kepanitian, kelompok kerja temporal atau khusus.kelompok kerja langsung merupakan suatu kelompok kerja yang sudah disusun oleh menejer yang beranggotakan bahawahnya yang mana pekerjaannya itu berada di bagian tugas manajer itu sendiri. Kelompok kerja langsung ini biasanya di bentuk atau didirikannya dengan sendirinya(pada saat departementalisasi dilakukan)sebagai konsekuensi langsung yang telah di susun untuk terbentuknya sebuah struktuk organisasi.  Kegiatan kegiatan yang biasanya di lakukan oleh kelompok kerja langsung itu adalah biasanya akan mengadakan kegiatan yang bersifata ke utamaan dan rutin artinya yaitu selalu di lakukan oleh organisasi itu. Kepanitian adalah kelompok kerja yang di buat dan di susun langsung oleh manajer yang beranggotakan nya terdiri beberapa anggota yang bersal dari bagian yang sama atau juga bagian lainnya dari organisasi. Kepanitian di rancang berdasarkan tugas tugasnya yang tidak rutin namun di rancang untuk mencapai tujuan organisasinya pula. Kepanitian biasanya di buat untuk jangka tertentu yang telah di tetapkan nya.

Kelompok kerja temporal atau khusus adalah kelompok kerja yang disusun untuk keperluan keperluan kepentingan banget yang bersifat sementaraperusahaan atau organisasi perlu membentuk kelompok kerja ini untuk pentingan internalnya oleh karena itu banyak organisasi dan perusahaan yang mendirikan kelopok kerja ini.

Artikel TerkaitArtikel Terkait
Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para AhliPengertian Koordinasi Dalam Manajemen Organisasi
Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para AhliPenjelasan Lengkap Organisasi Formal Beserta Contohnya
Pengertian Perencanaan Manajemen Dalam OrganisasiPengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Teori, Karakteristik, dan Contoh
  1. KELOMPOK KERJA INFORMAL

Kelompok kerja informal adalah kelompok kerja organisasi yang di susun atau sudah tersusun dengan sendirinya ketika beberapa anggota dari organisasinya yang kegiatannya tidak terkait langsung akan mengaruhi kinerja dari orang orang dalam organisasinya. Ada contoh dari kelompok kerja informal adalah kelompok olahraga yang beranggotakannya terdiri dari para pegawai termasuk juga manajer ,kelompok hobi, kelompok masih banyak lainnya. Kelompok ini terbentuk untuk memelihara kebudayaannya dari organisasi itu sendiri. Tentunya mendukung terpeliharanya kebudayaan ke kompakan , persatuan dan kinerja dari kelompok kerja formal. Ada 4 tujuan kelompok kerja informal di dirikan , di antaranya adalah :

  • Untuk menjaga dan memelihara persatuan yang kemudian kekuatan perilaku pun tumbuh menjadi positif dari para anggotanya
  • Untuk menciptakan dan memelihara interaksi anggota sesama , sehingga merasa nyaman,aman dan puas.
  • Untuk membantu para anggota untuk berkomunikasi sesama rekan kerjanyadan berinteraksi dalam bentuk yang informal dan fleksibel
  • Untuk membantu manajer dalam meneyelesaikan persoalan persoalan yang mungkin dalam kondisi formal tidak dapat diselesaikan kadang kala dalam kondisi formal tidak dapat di selesaikan, kadang kadang seseorang lebih dapat berkomunikasi ketika tengah bermain tenis misalnya.

Sumber referensi :

– buku                             :    Pengantar Manajemen

– Penulis                         :    Ernie tisnawati sule & Kurniawan saefullah

Incoming search terms:

  • kelompok kerja
  • apa yang dimaksud dengan kelompok kerja?
  • pengertian kelompok kerja
  • macam macam ukuran kelompok kerja
  • konsep dasar mengenai kelomppok kerja
  • konsep dasar kelompok kerja dan kelompok kerja efektif manajemen
  • kelompom kerja dan kerja kelompok
  • apa yang dimaksud kelompok kerja dalam organisasi
  • apa yang dimaksud kelompok kerja
  • Pengertian PDEC dalam organisasi kerja

One Reply to “Kelompok Kerja Organisasi dan Komunikasi Organisasi”

  1. Pingback: Penjelasan Lengkap Berbagai Fungsi Pengarahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *