By | September 10, 2017
fungsi manajemen pemasaran

FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN

Manajemen pemasaran seringkali digunakan dalam perusahaan khususnya perusahaan profit-oriented dan memiliki fungsi utama manajemen pemasaran. Sedangkan kegiatan pada fungsi manajemen pemasaran dalam perusahaan biasanya berupa pengembangan produk, penetapan harga, komunikasi, promosi, strategi distribusi, pemberian pelayanan untuk memenuhi dan memuaskan konsumen.

TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran dalam perusahaan memiliki tujuan tersendiri. Kegiatan dalam Fungsi Manajemen Pemasaran dalam perusahaan yang meliputi perencanaan, penganalisaan, implementasi dan pengawasan bertujuan agar tujuan perusahaan tercapai. Tujuan perusahaan dari implementasi manajemen pemasaran adalah memperoleh keuntungan atau laba.

Selain itu perusahaan juga harus melaksanakan audit pada proses fungsi manajemen pemasaran pada perusahaan. Tujuan audit manajemen fungsi pemasaran dalam perusahaan perlu diketahui untuk memastikan tujuan manajemen pemasaran perusahaan sesuai yang diharapkan. Adapun tujuan manajemen pemasaran perusahaan antara lain :

  1. Mensosialisasikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan agar lebih dikenal
  2. Memperoleh customer atau konsumen
  3. Menambah jumlah pelanggan atau konsumen
  4. Mampu bersaing dengan perusahaan pesaing
  5. Memperoleh keuntungan atau laba

Baca Juga : Contoh Tugas Manajemen Pemasaran Pada Perusahaan

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Fungsi manajemen pemasaran oleh para ahli lebih sering diterjemahkan sebagai pengertian manajemen pemasaran itu sendiri. Berikut definisi manajemen pemasaran yang dikemukakan oleh para ahli :

  1. Winardi

Arti manajemen pemasaran menurut Winardi ialah proses dalam memutuskan, merencanakan, dan pengawasan pada aspek pemasaran suatu perusahaan yang berkaitan dengan konsep pemasaran pada sistem pemasaran.

  1. Peter R. Dickson

Peter menjabarkan bahwa manajemen pemasaran merupakan kegiatan organisasi dalam memahami keinginan dan perilaku konsumen.

  1. Philip Kotler dan Amstrong

Manajemen pemasaran dijabarkan sebagai proses menganalisis, merencanakan, pengimplementasian, dan controlling atas program yang disusun untuk membentuk, mendirikan dan menjaga pertukaran yang memberikan keuntungan dengan pembeli serta bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi.

  1. Buchari Alma

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan perencanaan, pengarahan dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan ataupun di unit/bagian pemasaran dalam perusahaan.

  1. Ben M. Eny

Manajemen pemasaran yang dikemukakan oleh Ben adalah proses peningkatan keefektifitan dan keefisiensian pada aktivitas pemasaran yang dilaksanakan oleh individu maupun perusahaan.

  1. Sofyan Assauri

Sofyan mengemukakan manajemen pemasaran dalam perusahaan sebagai proses analisis, perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian segala aktivitas yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, komunikasi, promosi dan proses distribusi, penetapan harga, dan proses transaksi yang bertujuan untuk memuaskan konsumen serta untuk mencapai tujuan jangka panjang suatu perusahaan.

  1. William J. Stanton

Penjelasan manajemen pemasaran adalah proses analisa, merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi berbagai aktivitas yang memiliki tujuan untuk melaksanakan pertukaran dengan pasar yang menjadi sasaran, dengan maksud untuk meraih tujuan organisasi.

  1. American Marketing Association

Menurut American Marketing Association, manajemen pemasaran adalah hasil prestasi dari kegiatan usaha yang berkaitan dengan aliran barang dan jasa dari produsen hingga Konsumen.

  1. Dharmmesta dan Handoko

Pengertian manajemen pemasaran ialah suatu kegiatan pokok yang dilaksanakan oleh perusahaan untuk menjaga keberlangsungannya, untuk dapat berkembang dan mendapatkan laba. Kegiatan pemasaran dilakukan sebelum barang diciptakan dan tidak berakhir pada penjualan.

  1. John W. Mullins

Definisi manajemen pemasaran adalah proses analisis, penerapan, pengkoordinasian dan pengendalian program yang melibatkan konsepsi, penetapan harga, dan distribusi barang dan jasa serta ide yang telah disusun untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan melalui target pasar untuk mencapai tujuan organisasi.

 

Baca Juga : Aspek Pemasaran dalam Pengelolaan Usaha

 

FUNGSI UTAMA MANAJEMEN PEMASARAN

Fungsi utama manajemen pemasaran pada perusahaan terdiri dari beberapa kegiatan. Kegiatan pada fungsi pokok manajemen pemasaran yaitu :

  1. Melaksanakan riset terhadap konsumen
  2. Mengembangkan produk yang diinginkan konsumen
  3. Melakukan kegiatan distribusi
  4. Menetapkan harga
  5. Memberikan pelayanan terhadap pelanggan dan konsumen

FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN

Fungsi pemasaran pada perusahaan terdiri dari 3 fungsi utama. Berikut 3 Fungsi manajemen pemasaran :

  1. Fungsi Pertukaran

Pada fungsi pertukaran dibagi kembali menjadi 2 fungsi yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan.

  1. Fungsi Fisis

Pengangkutan, penyimpanan dan pemrosesan termasuk aktivitas pada fungsi fisis

  1. Fungsi Penyediaan Sarana

Penyediaan sarana dikelompokkan ke 7 fungsi yang terdiri dari info pasar, penanggulangan resiko, proses mengumpulkan, komunikasi, penstandaran, penyortiran, dan pembiayaan.

Fungsi Pertukaran

Konsep Pertukaran berkaitan dengan pemindahan (pengalihan) kepemilikan barang dari satu pihak ke pihak lain dalam suatu sistem pemasaran. Sebagai contoh, pedagang, distributor, atau agen akan memperoleh keuntungan atas jasa mempertemukan penjual dan pembeli. Mereka terlibat dalam kegiatan pemasaran. Adapun fungsi pertukaran pada manajemen pemasaran dibagi menjadi 2 macam fungsi yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan.

  1. Fungsi Pembelian

Fungsi pembelian adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh produk baik barang atau jasa dengan kualitas dan jumlah yang diperlukan sebagai persediaan dalam memenuhi kebutuhan para konsumen/pembeli. Selain itu kegiatan itu berusaha agar produk yang diperoleh merupakan produk yang siap digunakan pada waktu dan tempat tertentu dengan harga yang sesuai.

Fungsi pembelian pada prinsipnya ialah proses untuk mencari penjual dan proses timbal balik dari aktivitas penjualan. Oleh karena itu diperlukan pemahaman mengenai kegiatan yang terkait dalam hal yang mampu membuat konsumen melakukan pembelian produk.

Kegiatan yang termasuk pada proses pembelian adalah :

  1. Perencanaan
  2. Pencariaan kontak konsumen
  3. Assembling
  4. Perundingan
  5. Kontrak

 

  1. Fungsi Penjualan

Fungsi penjualan meliputi aktivitas untuk mempertemukan pembeli dan penjual. Proses ini dapat dilaksanakan secara langsung ataupun melalui perantara. Kegiatan penjualan adalah proses awal dari pembelian karena kegiatan pembelian tidak akan terjadi apabila tidak ada kegiatan penjualan.

Kegiatan yang termasuk pada proses penjualan adalah :

  1. Perencanaan dan pengembangan produk
  2. Pencarian kontak pelanggan
  3. Menciptakan permintaan
  4. Negosiasi
  5. Menghubungi calon pelanggan

Fungsi Fisis

Fungsi fisis pada fungsi manajemen pemasaran fokus pada kegunaan waktu, lokasi, dan bentuk. Kegunaan tersebut ditambah pada suatu produk ketika produk tersebut diangkut, diproses, dan disimpan untuk melengkapi keinginan para konsumen.

Fungsi fisis dibagi menjadi beberapa fungsi lainnya, yaitu fungsi pengangkutan, fungsi penyimpanan, dan fungsi pemrosesan.

  1. Fungsi Pengangkutan/Distribusi/Transportasi

Fungsi pengangkutan ialah proses memindahkan produk dari satu tempat ke tempat lainnya. Misalkan pemindahan barang dari pabrik menuju ke tempat konsumen atau distributor.

  1. Fungsi Penyimpanan

Fungsi penyimpanan pada manajemen pemasaran adalah kegiatan penyimpanan suatu produk dari ketika telah di produksi hingga waktu produk tersebut akan dikonsumsi. Pengertian lain fungsi penyimpanan dalam manajemen pemasaran adalah proses penyimpanan produk yang telah dibeli sebagai persediaan agar mampu terhindar dari resiko kerusakan ataupun resiko lainnya yang mungkin terjadi.

  1. Fungsi Pemrosesan

Fungsi pemrosesan ialah proses pengolahan suatu barang menjadi barang yang mendapatkan nilai tambah. Sebagai contoh pengolahan buah nanas menjadi selai nanas sehingga menambah nilai/harga dari produk sebelumnya.

Fungsi Penyediaan Sarana

Pengertian dari fungsi penyediaan sarana adalah segala kegiatan yang mampu memperlancar kegiatan operasional pemasaran. Beberapa fungsi penyediaan sarana adalah sebagai berikut :

  1. Informasi Pasar

Informasi pasar merupakan hal yang sangat diperlukan bagi calon pembeli sebelum melakukan transaksi. Informasi pasar menyajikan berbagai info mengenai situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang berkaitan dengan produk, harga jual, dan situasi secara keseluruhan. Informasi pasar dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti internet, media massa/cetak, pemerintahan, maupun pihak swasta.

Penguasaan matang terhadap informasi pasar mampu menjadi bahan pada perencanan manajemen pemasaran supaya fungsi utama manajemen pemasaran dalam perusahaan dalam dijalankan secara optimal. Selain itu informasi tersebut dapat disajikan untuk memenuhi tujuan audit manajemen fungsi pemasaran dalam perusahaan.

  1. Penanggulangan Resiko

Selama proses pemasaran berlangsung, pemilik harus mampu menanggung resiko dan melakukan proses penanggulangan terhadap resiko tersebut. Oleh karena itu proses perencanaan wajib disusun untuk mengatasi resiko pada segala fungsi manajemen pemasaran.

  1. Standarisasi dan Grading

Proses standarisasi dilakukan untuk memudahkan produk untuk dijual dan dibeli. Sedangkan grading adalah kegiatan pengklasifikasian atau penggolongan produk ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan kualitas yang berbeda. Pada setiap kelompok memiliki label dan nama tertentu.

  1. Pembiayaan

Tiap kegiatan pada fungsi pemasaran memerlukan modal seperti keperluan mesin pada fungsi pemrosesan, pergudangan di fungsi penyimpanan pada manajemen pemasaran, transportasi pada fungsi pengangkutan, dan lain-lain.

Incoming search terms:

  • fungsi manajemen pemasaran
  • fungsi pemasaran
  • 3 fungsi pemasaran
  • fungsi manajemen pemasaran dalam bisnis
  • fungsi manajemen pemasaran bagi perusahaan
  • fungsi manajemen yang berkaitan dengan pemasaran
  • fungsi pemasaran dalam manajemen pemasa
  • 3 fungsi pemasaran pembelian
  • 3 fungsi pemasaran menurut para ahli
  • 10 fungsi pemasaran