By | October 5, 2018
ciri ciri organisasi

Apa Saja Ciri ciri Organisasi?

Dalam dunia Manajemen termasuk dalam hidup kita, kita harus tahu tentang ilmu organisasi. Anda harus memiliki ilmu ini karena dalam hidup tentu saja kita tidak akan bisa lepas dari organisasi. Jadi, sebaiknya Anda mempelajari ilmu organisasi yang bisa dimulai dari lingkungan terdekat Anda yaitu organisasi keluarga. Baru kemudian ke struktur yang lebih besar. Berikut ciri-ciri organisasi yang harus Anda pahami.

Ciri-Ciri Organanisasi yang Efektif

Dengan kehadiran organisasi, maka hal tersebut bisa berpengaruh untuk mengembangkan suatu komunitas dengan baik. Adapun pencapaian yang diinginkan bisa diwujudkan dengan adanya organisasi. Dalam tiap organisasi tentu akan ada perekrutan anggota. Hal inilah yang merupakan tujuan dari organisasi tersebut. Ada beberapa tujuan dari organisasi. Ciri-ciri organisasi sosial yang baik juga bisa dilihat dari tujuannya. Tujuan tersebut antara lain:

  1. Sebagai wadah dimana tiap anggotanya bisa mencapai tujuan bersama yang lebih optimal karena semua dilakukan bersama-sama.
  2. Bisa mengatasi kekurangan dari tipa anggota dalam mencapai tujuan bersama.
  3. Berguna sebagai tempat untuk mendapatkan keuntungan bersama
  4. Sebagai tempat dimana tiap anggota bisa menjadi pengurus dan mempunyai tugas.
  5. Menjadi tempat untuk mendapatkan penghargaan.
  6. Sebagai tempat untuk mengelola suatu hal dan anggota bersama-sama.
  7. Bisa menambah teman dan membuat waktu luang menjadi lebih positif
  8. Tempat untuk bisa berpartisipasi dan berkontribusi.

Ciri Ciri Organisasi Lini

Pada ciri-ciri organisasi lini adalah pentingnya kehadiran orang yang ada di tingkat paling bawah. Hal tersebut karena di posisi itulah anggota tersebut mempunyai andil yang sangat besar untuk menentukan kelangsungan dari organasasi. Organisasi lini juga turut membantu mewujudkan mimpi bersama dari tiap anggota.

Meskipun tiap anggota mempunyai tujuan yang berbeda-beda dalam mengikuti organisasi lini. Namun tetap saja mereka semua mempunyai tujuan besar yang sama saat mengikuti organisasi terebut. Mereka ingin mendapatkan pengalaman, jabatan yang tinggi, dan juga ilmu organisasi. Meskipun ada pula yang mengikuti organisasi karena ingin menambah teman.

Ciri Ciri Organisasi Yang Baik

Bagaimana ciri ciri organisasi yang baik? Jika kami diminta untuk sebutkan ciri ciri organisasi, maka ada beberapa ciri yang harus ada pada sebuah organisasi.

  1. Mempunyai Tujuan Yang Sama

Dalam tiap organisasi tentunya ada tujuan yang ingin dicapai oleh semua anggotanya. Tujuan tersebut tentu saja harus bisa diwujudkan dengan bantuan dari para anggota. Seseorang yang memang pantas dan layak dijadikan sebagai pemimpin yang harus bisa membimbing para anggota organisasi.

Namun bukan berarti tiap anggota organisasi tidak mempunyai hak untuk meyampaikan pendapat mereka. Tentu saja tiap anggota mempunyai hak untuk menyuarakan pendapatnya. Dengan hak inilah maka tujuan dari suatu organisasi bisa diwujudkan dengan bantuan semua anggotanya. Organisasi bisa mewujudkan suatu hal yang ingin dicapai. Organisasi yang baik tentu saja harus mempunyai tujuan yang sama antara semua anggotanya.

Contohnya jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang baru berdiri tentunya tujuan utama yang harus diwujudkan adalah mendapatkan keuntungan dan juga mensejahterakan para karyawan di perusahanaan tersebut. Karena itulah para pemimpin dan anggotanya harus bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Saling Bekerjasama

Ciri-ciri organisasi selanjutnya adalah adanya kerjasama. Jika organisasi ingin berjalan dengan baik, tentu saja harus ada kerjasama yang baik juga antara anggotanya. Organisasi yang sehat tahu bagaimana mengembangkan tim yang bekerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Tiap anggotanya siap menawarkan bantuan mereka satu sama lain untuk memenuhi tujuan organisasi.

  1. Berbagi Tujuan Yang Efektif

Organisasi yang baik berbagi tujuan dari dibentuknya organsiasi tersebut dengan anggotadi setiap divisi organisasi. Tiap divisi berbagi tujuan dengan divisi lain dan membuat mereka bergabung dengan misi dan visi organisasi. Tiap anggota divisi memahami apa yang diperlukan untuk mencapainya.

  1. Menawarkan Peluang Pelatihan

Ciri-ciri organisasi formal seperti perusaahn juga menyediakan pelatihan di tempat kerja dan peluang bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan terkait pekerjaan mereka. Organisasi membawa individu lain untuk memberikan pelatihan di tiap departemen dan perusahaan yang diperlukan. Perusahaan juga menawarkan kesempatan untuk mengejar sertifikasi dan pendidikan berkelanjutan.

  1. Moral Karyawan Tinggi

Ciri ciri organisasi garis dan staf juga mempunyai moral karyawan yang tinggi. Organisasi yang baik memiliki moral karyawan yang tinggi. Karyawan menghargai posisi mereka di organisasi dan ingin bekerja di sana untuk waktu yang lama. Produktivitas adalah acara yang tinggi dan organisasional yang menyenangkan dan sukses.

  1. Kepemimpinan Yang Kuat

Kepemimpinan yang baik adalah salah satu ciri utama dari organisasi yang baik. Tiap anggota memiliki hubungan baik dengan pemimpin ataupun anggota lain yang didasarkan pada kepercayaan. Pemimpin tahu bagaimana membuat semua anggota berfungsi bersama. Ketika kritik dan saran diperlukan, tiap anggota siap menerima kritik konstruktif yang ditawarkan oleh para pemimpin. Hal ini juga merupakan ciri ciri organisasi sekolah. Jadi, tiap kepala sekolah, guru, dan keryawan harus memiliki hubungan yang baik.

  1. Menangani Kinerja Yang Buruk

Ciri-ciri organisasi juga tak bisa lepas dari menangani kinerja anggotanya. Organisasi menghadapi kinerja yang buruk alih-alih mengabaikannya. Organisasi mengambil tindakan korektif untuk meningkatkan kinerja. Pemimpin harus bisamenghargai masukan dari anggotanya yang memberikan saran tentang cara meningkatkan produktivitas dan mencapai tingkat kinerja tinggi. Organisasi bahkan dapat mendatangkan konsultan untuk mendeteksi masalah dan menawarkan solusi.

  1. Memahami Risiko

Organisasi yang baik memahami risiko yang mereka hadapi dan mengambil langkah untuk melindungi diri terhadap segala risiko. Ketika suatu peristiwa terjadi karena risiko organisasi, organisasi yang baik belajar dari pengalaman tersebut. Organisasi menggunakan tindakan pencegahan tetapi memahami bahwa risiko diperlukan untuk membuat organisasi semakin baik.

  1. Beradaptasi Dengan Peluang Dan Perubahan

Organisasi yang baik tahu bagaimana mengenali dan memanfaatkan peluang yang baik. Organisasi yang baik selalu mencari peluang untuk tumbuh. Mereka juga tahu bagaimana beradaptasi dengan perubahan teknologi atau operasional. Mereka mencoba untuk tetap di depan atau sejalan dengan perubahan dalam industri dan lingkungan bisnis.

  1. Struktur Jelas Ditetapkan

Tiap badan atau organsiasi memiliki rasa keteraturan dan struktur organisasi. Struktur dan urutan organisasi tidak membatasi inovasi dan pertumbuhan. Anggota dari suatu organisasi tidak keberatan mematuhi perintah pemimpinnya karena mereka memahaminya dan memanfaatkan penerapannya.

  1. Kebijakan Organisasi

Organisasi yang baik membuat dan menerapkan kebijakan organisasi yang sudah tersedia untuk anggota mereka. Organisasi yang baik mengikuti kebijakan dan peraturan yang berlaku di tempat tersebut. Ketika pemimpin atau anggota melanggar kebijakan, masalah ini ditangani segera dan secara profesional.

  1. Mempunyai Anggota Yang Jelas

Ciri-ciri organisasi yang terakhir adalah mempunyai anggota yang jelas. Anggota diperlukan dalam organisasi dan tiap anggota mempunyai tugasnya masing-masing. Setidaknya ada dua orang dalam suatu organisasi. Tentu saja untuk mendapatkan anggita harus melewati tes terlebih dahulu agar bisa mendapatkan anggota yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.

Incoming search terms:

  • ciri ciri organisasi
  • ciri ciri organisasi yang baik
  • ciri-ciri organisasi yang baik dan buruk
  • Sebutkan ciri-ciri organisasi yang baik

3 Replies to “Ciri Ciri Organisasi”

  1. Pingback: Penjelasan Lengkap Organisasi Formal Beserta Contohnya

  2. Pingback: Berbagai Pendekatan Kepemimpinan dalam Organisasi

  3. Pingback: Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Teori, Karakteristik, dan Contoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *