By | July 15, 2018
akuntansi manajemen

Mempelajari akuntansi manajemen takkan lepas dari hal-hal mendasar seperti pengertian, perbedaannya dengan akuntansi keuangan, fungsi, tujuan serta ruang lingkupnya. Mempelajari materi akuntansi manajemen memang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal akuntansi manajemen. Materi ini sangat penting untuk sebuah manajemen yang ingin mencapai Tujuan Organisasi khususnya di bidang keuangan. Pada artikel ini akan mencoba membahas secara menyeluruh hal yang berkaitan dengan akuntansi manajemen.

 

Pengertian Akuntansi Manajemen

Pengertian akuntansi manajemen sendiri ialah sistem akuntansi yang memiliki tujuan dalam menyajikan laporan keuangan untuk kepentingan tertentu, di antaranya adalah untuk pihak internal perusahaan, contohnya adalah manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer produksi serta pihak internal lainnya. Informasi ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk dijadikan pedoman dalam pengambilan kebijakan di masa yang akan datang dengan didasarkan pada data historis serta laporan keuangan.

 

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Dan Jenis-Jenis Akuntansi Terlengkap

 

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

Akuntansi manajemen juga berbeda dengan akuntansi keuangan, walau sekilas mirip. Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan terutama adalah dari tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan tersebut. Jika pada akuntansi manajemen, laporan keuangan akan ditujukan untuk pihak internal perusahaan, maka pada akuntansi keuangan, sistem informasi akan lebih ditujukan pada kepentingan eksternal perusahaan. Termasuk di antaranya adalah kreditor, investor, pemegang saham, serta beberapa pihak eksternal lain yang sama-sama memiliki kepentingan terhadap data laporan keuangan dari perusahaan tersebut. Akuntasi keuangan akan menyajikan data secara garis besar, sementara akuntansi manajemen memiliki sajian data yang lebih detail serta terperinci. Nantinya, laporan akan diklasifikasi berdasarkan wilayah pemasaran, departemen serta produk.

akuntansi manajemen

Fungsi Akuntansi Manajemen

Setelah mengetahui perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen di atas, saatnya menyimak apa saja fungsi dari akuntansi manajemen ini. Fungsi, tujuan serta ruang lingkup dari akuntansi manajemen terutama ialah penyajian data serta informasi penting yang masih ada kaitannya dengan data historis dalam melaksanakan proses Manajemen. Di antaranya ialah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengarahan serta penilaian kinerja. Manajer Keuangan nantinya akan butuh informasi terkait aktifitas keuangan perusahaan, termasuk di antaranya adalah pendanaan modal kerja, beban biaya cost of fund terhadap modal kerja yang dibutuhkan perusahaan, tingkat pengembalian modal, investasi, rasio keuangan dan lain-lain.

Sementara itu, Manajer Produksi akan membutuhkan data seputar rincian cost of good sold atau yang disebut juga sebagai harga pokok produksi. Termasuk di antaranya ialah total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya overheat, beban tenaga kerja dan lain-lain secara langsung dalam proses produksi. Manajer Pemasaran akan butuh data seputar seluruh komponen biaya yang terkait dalam penetapan harga jual suatu produk, penentuan sistem penjualan, beban komisi penjualan, marketing fee hingga informasi nilai diskon bagi produk tertentu. Semuanya akan turut berpengaruh pada peningkatkan volume penjualan dan pastinya turut bersumber dari manajemen akuntansi.

Selain itu, pihak Top Manajemen akan butuh rangkaian informasi di atas dalam rangka pengambilan keputusan strategis bagi perusahaan, misalnya dalam hal penyusunan anggaran, diversifikasi produk, ekspansi usaha, serta aneka kebijakan investasi. Dapat dikatakan bahwa fungsi akuntansi manajemen adalah untuk menyediakan data-data internal perusahaan yang akan sangat berpengaruh pada peningkatan volume penjualan perusahaan. Sementara ruang lingkup akuntansi manajemen hanya terbatas pada internal perusahaan, tidak seperti akuntansi keuangan yang hingga ke eksternal perusahaan.

Artikel TerkaitArtikel Terkait
Pengertian Deviden, Jenis, dan Cara MenghitungPengertian Manajemen Kas dan Penjelasannya Lengkap
Pengertian Biaya Peluang dan Cara MenghitungnyaModal Kerja : Pengertian, Manajemen, Konsep, Jenis, dan Contoh

Tujuan dan Manfaat Akuntansi Manajemen Bagi Manajer

Mempelajari materi akuntansi manajemen juga takkan lepas dari manfaat yang didapat dari materi ini. Ada manfaat yang diperoleh perusahaan serta manfaat yang diperoleh manajer perusahaan serta oleh perusahaan secara keseluruhan. Berikut adalah manfaat yang akan diperoleh manajer perusahaan.

  1. Peran akuntansi manajemen selanjutnya adalah membantu penyusunan perencanaan yang efektif. Rencana ini umumnya disebut pula sebagai penganggaran. Dalam tiap program bisnis tentu dibutuhkan perkiraan dana yang dibutuhkan supaya kegiatan bisnis bisa terus berjalan. Maka dari itu, tiap kegiatan bisnis harus disertai estimasi anggaran dana yang dibutuhkan. Anggaran dana ini sendiri biasanya akan disiapkan per tahun serta bisa saja tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.
  2. Adanya akuntansi manajemen juga akan membantu proses pengawasan serta pengendalian. Dalam Manajemen Bisnis, sangat mungkin terjadi penyimpangan seperti operasional tak sesuai standar, pengeluaran dana bisnis di atas anggaran, kesalahan prosedur kerja dan lain-lain. Aneka hal di atas akan menyebabkan kegiatan usaha menjadi tidak lancar serta berujung kerugian materiil. Proses pengawasan serta pengendalian sangat diperlukan agar hal-hal tersebut tidak terjadi. Manfaat akuntansi manajemen akan memberi suatu sistem informasi dalam mengatasi permasalahan terkait penyimpangan pada perusahaan.
  3. Tujuan akuntansi manajemen selanjutnya adalah sebagai acuan operasional atas usaha sehari-hari guna mendapat sistem kerja efektif serta efisien. Hal ini akan dapat terpenuhi dengan adanya akuntansi manajemen. Manajer memiliki kebutuhan konstan akan informasi yang disediakan akuntan dalam memimpin serta menjalankan operasional perusahaan. Ada banyak kegiatan operasional manajer perusahaan yang menyandarkan program kerjanya agar tercapai pelaksanaan sistem kerja yang efektif, efisien serta tepat sasaran.
  4. Akuntansi manajemen akan mempermudah proses pengambilan keputusan terkait penyelesaian masalah operasional perusahaan. Standar operasional prosedur yang diterapkan manajer umumnya tidak selalu berjalan mulus. Manajer perusahaan dituntut dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul agar kerugian yang diderita tidak terlalu signifikan. Caranya ialah mengambil keputusan yang tepat melalui informasi dari akuntansi manajemen. Tanpa informasi ini, manajemen dapat kesulitan menentukan keputusan yang tepat.

 

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Akuntansi Biaya Terlengkap

 

Manfaat Akuntansi Manajemen Bagi Perusahaan

Selain bagi manajer perusahaan, manfaat lain dari akuntansi manajemen adalah bagi perusahaan itu sendiri secara keseluruhan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan informasi keuangan relevan bagi perusahaan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan. Akuntansi manajemen terutama memiliki fungsi utama dalam penyediaan data serta informasi keuangan berupa biaya serta anggaran apapun yang relevan terhadap kepentingan perencanaan manajemen.
  2. Makalah akuntansi manajemen sekaligus akan dapat menyediakan alat analisa yang bersifat kualitatif serta kuantitatif. Informasi dalam bentuk laporan tertentu akan membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan masalah-masalah perusahaan. Akuntansi manajamen juga dapat digunakan sebagai bentuk umpan balik pada pihak manajemen perusahaan sehingga nantinya akan bermanfaat pada pemanfaatan sumber ekonomi perusahaan.
  3. Buku akuntansi manajemen bermanfaat pula dalam penyediaan informasi, terutama menyediakan informasi pihak eksternal dalam bentuk pelaporan usaha. Perusahaan takkan mungkin tidak berhubungan dengan pihak lain dalam urusan kelancaran usaha. Karena itulah, sebuah perusahaan akan perlu untuk menjadi anggota suatu asosiasi yang masih sesuai jenisnya dengan perusahaan tersebut.  Asosiasi ini tentu akan membutuhkan informasi tertentu yang terkait perusahaan anggota. Akuntansi manajemen memiliki tanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan itu.
  4. Adanya akuntansi manajemen juga akan bermanfaat dalam menyediakan informasi guna menetapkan pelaporan pertanggungjawaban masing-masing unit kerja serta manajerial perusahaan. Terutama dalam perusahaan besar yang umumnya akan terbagi dalam unit kerja serta manajerial yang lebih kecil. Fungsi dari adanya akuntansi manajemen ini adalah memudahkan pembagian kerja sehingga nantinya kegiatan usaha akan semakin berjalan lancar. Masing-masing unit kerja serta manajerial akan wajib membuat laporan pertanggungjawaban kinerjanya masing-masing. Informasi ini nantinya akan disusun serta disediakan bagian akuntansi dari unit kerja tersebut sesuai skripsi akuntansi manajemen.

Incoming search terms:

  • akuntansi manajemen
  • fungsi akuntansi manajemen
  • akuntansi manajerial
  • akuntansi manajemen terutama menyajikan laporan untuk ? Jelaskan !
  • AKUNTANSI MANAJEMEN ADALAH
  • manajemen akuntansi
  • akuntansi manajemen beserta contohnya
  • akuntansi manajemen terutama menyediakan laporan untuk
  • tujuan kegiatan akuntansi manajemen
  • akutansi

2 Replies to “Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen”

  1. Pingback: Mengetahui Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilan

  2. Pingback: Pengertian Dan Tujuan Akuntansi Biaya Terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *